22 Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Terkenal Lezat

22 Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Terkenal Lezat

Sumatera Utara terkenal dengan budaya Jawa yang masih melekat dengan kental dan juga kuliner daerahnya yang lezat. Inilah rekomendasi makanan khas Sumatera Utara yang unik dan mampu memanjakan lidah penikmatnya.

Jika berkunjung ke Sumatra Utara untuk berlibur menikmati wisatanya alamnya seperti pugunungan maupun pantai jangan lupa untuk mencicipi kulinernya ya. Karena kuliner disini sangat beragam dan juga mempunyai cita rasa yang khas serta enak. Oleh sebab itu banyak pengunjung yang ketagihan dengan makanan khas daerah tersebut.

Makanan Sumut mempunyai ciri khas ada yang berkuah dan juga pedas. Sangat tepat sekali jika kamu pecinta makanan pedas karena bisa mencoba masakan ini ya. Selain itu cocok sekali buat yang lagi sedih ataupun sedang flu karena dapat melegakan tenggorokan.

Oleh sebab itu, makanan khas daerah ini sangat digemari oleh pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Karena akan rugi jika kamu sudah jauh-jauh berlibur ke Pulau Sumatera namun belum merasakan kulinernya.

1. Sayur Gurih Tauco

Sayur Gurih Tauco
Image Credit: Facebook.com @christy.agneta.9

Kuliner khas Sumatera Utara yang pertama ada Sayur Gurih Tauco. Masakan ini mempunyai ciri berkuah dan juga pedas serta rasanya yang berbeda dari umumnya menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat makanan.

Kuah tersebut bersumber dari santan kelapa yang kental sehingga menghasilkan rasa gurih pada makanan. Untuk isinya ada mie, tauco, daging, sayur, udang serta gorengan bawang merah untuk meciptakan rasa gurih dan juga dilengkapi dengan telur ayam di atasnya agar lebih komplit.

Bumbu yang dipakai dalam masakan ini yaitu cabai merah, jahe, bawang putih, cabai hijau, lengkuas, bawang merah dan juga serai.

2. Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu
Image Credit: Facebook.com @neisha.afham

Siapa sangka bahwa Kue Putu Bambu yang sering kita jumpai di sekitar rumah dengan suara khas yang dihasilkannya tenyata makanan tersebut khas dari daerah Sumatra Utara. Kue Putu ini berbahan dasar dari tepung beras yang tengahnya diisi dengan gula merah yang manis sehingga rasa yang diciptakan sangat lezat.

Aroma yang dimiliki kue ini juga sangat harum karena adanya daun pandan yang bercampur dengan kedua bahan tersebut saat proses pembuatannya. Walaupun begitu rasa dari kue ini sangat berbeda dan enak jika buatan langsung dari daerah asalnya ya.

Bentuk kue ini unik seperti tabung karena dicetak dengan bambu yang kecil-kecil. Setelah matang bambu tersebut akan berbunyi dengan merdu yang menjadi ciri khas dari makanan tersebut. oleh karena itu banyak sekali pembeli yang berdatangan.

3. Manuk Napinadar

Manuk Napinadar
Image Credit: Facebook.com @Backpacker-Nusantara

Makanan ini memang sangat unik dan jarang ditemukan walaupun kamu berkunjung ku Sumatera. Mengapa demikian karena makanan ini hanya dibuat pada saat hari-hari tertentu saja. Oleh sebab itu jika kamu pernah menghadiri kegiatan tradisi seperti pernikahan ataupun yang lainnya maka sangat beruntung karena dapat mencicipinya.

Walaupun nama kuliner ini kurang familiar tetapi sesungguhnya masakan ini berbahan dasar ayam kampung yang diberi rempah-rempah agar menghasilkan rasa yang enak. Bumbu yang diciptakan juga berbeda dari yang biasanya karena ada tambahan rempah andaliman dengan rasanya yang getir dan juga pedas.

Keperluan bahan dalam pembuatannya yang paling utama ada andaliman serta bawang merah, jahe, cabai merah, asam, cabai rawit, bawang putih, kencur dan juga kemiri.

4. Sate Kerang

Sate Kerang
Image Credit: Facebook.com @BeritaPakpakBharat

Sate kerang ini memang sudah tidak asing lagi dengan namanya. Biasanya yang sering kita jumpai ada sate kambing maupun ayam. Namun yang satu ini sangat berbeda karena berbahan dasar dari kerang serta rasanya juga lebih enak dan baik untuk kesehatan.

Biasanya penyajian sate ini dengan menusuk beberapa kerang yang telah dibumbui. Masakan tersebut juga dapat dimakan dengan nasi putih sebagai pengenyang ya.

5. Dali ni Horbo

Dali ni Horbo
Image Credit: Facebook.com @moikin.rumahorbo.9

Nama yang cukup unik, seunik masakannya. Karena makanan ini hanya bisa dibuat oleh susu kerbau. Sedangkan zaman modern seperti sekarang ini kerbau jarang ditemukan. Oleh sebab itu jika berlibur ke Sumatera Utara jangan sampai menyekip olahan ini ya.

Masakan ini hampir mirip dengan keju namun tidak menggunakan bantuan mikroorganisme melainkan dibuat secara alami. Untuk memperoleh kualitas yang bagus maka cara pengambilan susunya juga dilakukan ketika pagi hari pada kerbau yang telah melahirkan.

6. Kue Ombus-Ombus

Kue Ombus-Ombus
Image Credit: Twitter.com @aisyahnur_m

Kue ini hampir mirip dengan kue putu namun yang membedakan yaitu pada bahannya. Biasanya kue ini berbentuk kerucut karena dibungkus dengan daun pisang. Bahan dasar dari kue ini yaitu gula merah dan tepung, namun tidak dicampur tetapi diisikan kedalamnya.

Saking populernya kue ini hingga dijadikan lagu loh. Untuk penyajiannya sendiri akan lebih nikmat jika ditemani dengan segelas kopi panas.

7. Sayur Daun Ubi yang Ditumbuk

Sayur Daun Ubi yang Ditumbuk
Image Credit: Facebook.com @Menu-Masakan-Khas-Sumatera

Masakan ini sangat menarik dan berbeda dari biasanya karena pengolahan daun ubinya ditumbuk. Uniknya lagi terdapat santan didalamnya yang menciptakan rasa gurih dan juga tekokak, bunga kecombrang serta teri medan sebagai pelengkapnya.

Bahan dasar pembuat bumbu masakan yaitu bawang putih, cabai merah, kunyit serta bawang bawang merah. Untuk menghasilkan masakan yang enak maka pilihlah bagian daun yang berwarna hijau muda. Terkadang Makanan ini dihidangkan bersama nasi dan ikan asin agar lebih nikmat.

8. Bubur Pedas

Bubur Pedas
Image Credit: Sumut.indozone.id

Bubur biasaya mempunyai rasa yang manis namun yang satu ini berbeda karena memiliki rasa pedas. Yang bikin tercengang lagi kuliner ini hanya bisa kita temukan saat musim puasa saja. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba masakan ini ya.

Bahan dasar bubur ini yaitu beras putih yang ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti sayuran,daging dan juga teri serta kacang merah agar tercipta cita rasa yang enak. Untuk pelengkapnya maka bisa diberi anyang.

9. Kolak Durian

Kolak Durian
Image Credit: Facebook.com @novieta.i.maniez

Yang suka buah durian mendengar namanya saja pasti sudah ngiler ingin langsung menyantapnya bukan. Namun, berbeda dari masakan ini karena perlu diolah terlebih dahulu. Makanan ini dibuat atas dasar pemikiran masyarakatnya yang melihat peluang karena daerah Sumatra banyak sekali menghasilkan durian.

Bahan dasarnya sendiri dari buah durian lalu ditemani dengan jagung manis,ketan rebus, gula aren, pisang kepok, dan dihiasi daun pandan agar tercium aroma yang menarik. Serta untuk kuahnya berasal dari santan.

10. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk
Image Credit: Facebook.com @(Ayu Bundanya Fazzar Abizard)

Sambal ini dinamai demikian karena proses pembuatannya harus di tumbuk dulu dengan suara Tuktuk. Sambal ini juga mempunyai rasa yang pedas dan berwana merah menyala karena salah satu bahan dasarnya ada cabai merah selain itu ada bawang merah, bawang putih, garam dan gula supaya lebih berasa.

Agar lebih nikmat lagi maka diperlukan ikan teri tawar maupun ikan aso-aso tergantung selera. Biasanya dalam penghidangannya akan ditemani dengan nasi serta ikan laut agar dapat mengenyangkan perut.

11. Itak Pohul-Pohul

Itak Pohul-Pohul
Image Credit: Facebook.com @lista.sinurat

Proses pembuatan makanan ini sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk bahan dasanya sendiri berasal dari kelapa yang diparut, beras yang sudah dihaluskan, dan juga gula pasir.

Rasa masakan yang diciptakan yaitu gurih dan manis. Karena berasal dari gula dan juga parutan kelapanya tersebut.

12. Naniura

Naniura
Image Credit: Facebook.com @ticktab

Nama dari masakan ini hampir mirip dengan bahasa jepang ya. Tetapi memang tidak hanya namanya yang mirip bentuknya juga hampir mirip dengan kuliner khas jepang loh yaitu sashimi. Bahan dasar dari masakan ini yaitu pengasaman dari ikan mas.

Sejarahnya masakan ini hanya bisa disajikan oleh raja saja. Namun, sekarang telah bisa dinikmati oleh banyak orang. Penghidangannya bisa juga dilengkapi dengan minuman bersoda agar lebih lezat.

13. Bika Ambon

Bika Ambon
Image Credit: Facebook.com @rajakamar.indonesia

Bika ambon ini menjadi sangat populer hingga terkenal di luar pulau loh. Bahan dasarnya sendiri yaitu gula, tepung, kuning telur dan juga santan. Lalu tunggu hingga beberapa saat hingga mengembang.

Bika ini dapat dibuat dengan banyak varian rasa agar lebih menarik seperti cokelat, durian maupun keju.

14. Lemang Medan

Lemang Medan
Image Credit: Facebook.com @resepaku

Makanan ini tentu sudah tidak asing agi ditelinga kamu bukan. Rasa yang dimiliki lemang ini yaitu gurih dan juga asin karena berbahan dasar ketan serta santan.

Tetapi sekarang ini Lemang mempunyai bermacam-macam rasa seperti manis maupun gurih karena dapat diberi beberapa isian yang berbeda seperi kinca dan rendang.

15. Anyang Pakis

Anyang Pakis
Image Credit: Facebook.com @xherdan.olshop

Masakan ini mempunya rasa yang pedas dan juga enak. Serta berbahan dasar tanaman anyang yang ditambahkan toge dan parutan kelapa yang sudah disangrai. Dengan pemakaian bumbu yang cukup sama yaitu serai, bawang merah, ketumbar dan juga daun jeruk sebagai penyedapnya.

16. Mie Gomak

Mie Gomak
Image Credit: Twitter.com @Fokusnews_com

Makanan khas dari Sumatra utara yang selanjutnya ada Mie Gomak. Masakan ini tentu saja berbahan dasar mie dilengkapi dengan kuah yang berasal dari kaldu ayam. Cita rasa yang dihasilkan dari mie ini yaitu pedas.

Serta dalam penyajiannya dilengkapai dengan sayuran, bawang merang yang telah digoreng dan juga telur.

17. Arsik

Arsik
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Arsik ini terbuat dari ikan mas yang berukuran medium dihiasi dengan bumbu kuning yang berada diatasnya. Rasa bumbu yang dimiliki juga cukup unik karena bersumber dari asam cikala serta andaliman.

18. Bihun Bebek

Bihun Bebek
Image Credit: Facebook.com @mulutkeperut

Makanan ini sangat enak karena berbahan dasar daging bebek yang sudah disuwir ditambah dengan bihun serta sawi agar rasa yang dihasilkan lezat. Supaya lebih nikmat maka bisa diberi ampela ataupun yang lainnya sesuai keinginan.

19. Gulai Masam

Gulai Masam
Image Credit: Instagram.com @syamsul__fuad

Berbeda pada gulai umumnya sebab gulai ini mempunyai cita rasa yang masam karena berasal dari cabai yang sudah dicincang, belimbing wuluh dan juga air santan. Bahan dasarnya sendiri gulai ini yaitu dari ikan tawar.

20. Kofo-Kofo

Kofo-Kofo
Image Credit: Facebook.com @Selera-Bhinneka-Tunggal-Ika

Menu makanan ini sangat cocok sekali disantap ketika siang hari. Karena memiliki rasa pedas sehingga dalam penyajiannya bisa ditemani dengan air kelapa muda. Bahan dasar kuliner ini yaitu daging ikan yang lembut dicampur oleh beberapa rempah sehingga menghasilkan rasa yang enak.

21. Soto Udang

Soto Udang
Image Credit: Instagram.com @sindi.d.j

bumbu yang digunakan dalam mengolah masakan ini sama yaitu merica, serai, daun salam serta masih banyak lagi. Namun, yang membedakannya yaitu pada bahan baku yang digunakan karena sesuai dengan namanya yaitu udang.

22. Tambeye

Tambeye
Image Credit: Facebook.com @yulien.linda.9

Rempah untuk membuat olahan ini cukup mirip dengan ketupat, namun yang membedakannya yaitu pada bahan dasarnya saja. Karena menu ini berasal dari ketan sehingga rasa yang diciptakan lebih gurih.

Itulah beberapa daftar makanan khas dari Sumatera Utara yang harus kamu coba ketika berkunjung. Menu olahan dari provinsi ini sangat beragam dan mempunyai cita rasa yang khas dan juga enak.