Agrowisata Tenayan Raya, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Pekanbaru

Agrowisata Tenayan Raya, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Pekanbaru
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kadiran, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Objek wisata di Indonesia memang memiliki berbagai macam yang berbeda-beda. Sebagai negara yang memiliki luas perairan terbesar ini juga memiliki destinasi wisata darat yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Salah satu rekomendasi kali ini terdapat di Kota Pekanbaru, destinasi menarik Agrowisata Tenayan Raya.

Kegiatan wisata yang melibatkan lahan pertanian sebagai fasilitas untuk menarik daya tarik pengunjung ini menampilkan pemandangan yang sangat bagus dengan edukasi yang khas diberikan khusus pengunjung. Selain melihat perkebunan yang luas juga terdapat peternakan hewan yang menarik.

Wisata edukasi ini dapat menjadi salah satu pilihan yang harus anda kunjungi. Tempatnya juga sangat strategis dari pusat kota. Tempat yang menyediakan nuansa pedesaan khas diserta rekreasi pendidikan yang lengkap dengan menikmati keindahan pemandangan hijau. Yuk simak beberapa ulasan tentang wisata yang unik ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Agrowisata Tenayan Raya

Daya Tarik Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Blessing Indonesia

1. Perkebunan Taman

Agrowisata Tenayan Raya memiliki luas sepanjang 6 hektar. Di taman ini tersedia perkebunan-perkebunan yang ditanam dengan subur oleh pengelola. Anda dapat belajar bercocok tanam di kebun dengan mendapat panduan langsung dari pembimbing mulai dari penanaman bibit sampai panen dan pemeliharaan kebun.

Di dalam area, terdapat perkebunan yang sangat subur ditumbuhkan oleh berbagai jenis tanaman seperti sayuran dan buah. Beberapa tanaman tersebut adalah tanaman melon, pohon kelingking, deretan jagung yang menguning, pohon-pohon jambu madu yang manis, ada pohon mangga, kebun jeruk dan masih banyak buah lainnya.

Selain buah, tertanam juga dengan subur tanaman sayuran, seperti sayur ketimun, sayur kangkung, gambas, ada bawang merah dan bawang putih, serta cabai dan sayur-sayur hijau lainnya. Anda di perbolehkan untuk memetik langsung semua tanaman-tanaman ini langsung dari pohonnya.

2. Peternakan Taman

Selain daya tarik kebunnya yang menarik, Agrowisata Tenayan Raya juga menyediakan beberapa peternakan khusus dari berbagai hewan ternak. Beberapa peternakan yang terdapat di taman seperti kolam ikan. Pengunjung dapat berinteraksi langsung di dekat kolam dengan memancing atau memberi makan ikan.

Di sekitar kolam ikan terdapat tempat penangkaran khusus ikan, anda dapat belajar tentang edukasi ikan dengan petugas yang menjaga kawasan kolam. Selanjutnya terdapat peternakan kambing. Peternakan ini ada di area khusus yang luas. Anda dapat berkunjung ke kandang kambing dan melakukan aktivitas memberi makan kambing.

Selain peternakan kambing, pengelola juga menyediakan peternakan khusus sarang lebah kelulut. Pengunjung dapat berinteraksi dengan lebah ini karena lebah tidak berbahaya bagi manusia. Anda dapat membantu memanen hasil sarang lebih dengan mendapatkan madu yang sangat manis.

3. Wahana Menarik

Agrowisata Tenayan Raya mempunyai wahana permainan yang menarik bagi wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu tersedia area panahan di sekitar taman. Area ini khusus bagi anda yang ingin merasakan memegang busur panah serta menancapkan ke target dengan tepat. Tersedia juga para pendamping yang mengajari.

Selain area panahan, terdapat juga area flying fox. Wahana yang menantang memicu adrenalin ini dapat anda naiki. Pengunjung dapat merasakan keindahan taman dengan diliputi pemandangan perkebunan yang menghijau serta beberapa peternakan yang luas dilihat di atas permainan, ditambah dengan suasana khas yang masih asri.

Di sekitar taman juga terdapat wahana outbond, permainan ini dapat dilakukan secara kelompok, terlebih jika anda berkunjung bersama-sama. Permainan outbond seperti menyeberangi jembatan gantung, serta permainan tali yang menggantung. Pengunjung juga dapat merasakan berjalan di jerami di atas permukaan kolam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Tono Suhartono

Agrowisata yang menarik ini berada di Jalan Kadiran Kulim, Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau Sumatera Indonesia. Lokasi agrowisata ini cukup strategis.

Jarak tempuh perjalanan dari pusat titik Kota Pekanbaru menuju ke lokasi agrowisata adalah 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit di perjalanan. Rute perjalanannya, dari Kota Pekanbaru anda dapat memilih Jalan Parit Indah. Setelah itu anda dapat berjalan lurus mengikuti jalan sampai tiba di pertigaan.

Dari pertigaan tersebut, anda dapat belok ke kanan arah Jalan Kadiran. Setelah itu anda dapat terus menempuh perjalanan sampai terdapat papan gardu khusus tulisan Agrowisata Tenayan Raya. Anda dapat tiba di lokasi tersebut.

Sebelum memasuki lokasi taman, anda akan melihat hamparan kebun seperti kebun jagung maupun kebun kelengkeng yang menghijau tersedia di sepanjang jalan. Kebun ini sengaja di tanam masyarakat setempat.

Selama perjalanan pengunjung dapat menggunakan kendaraan motor ataupun mobil pribadi karena belum tersedia akses angkutan umum untuk sampai ke lokasi wisata. Alternatif lain, anda dapat menggunakan aplikasi ojek online tetapi biaya ongkosnya cukup mahal untuk sampai ke lokasi.

Perjalanan akan semakin seru karena jalanan yang bagus beraspal serta tidak berkelok-kelok. Selain itu karena pandemic covid, disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan selalu memakai masker di tempat terbuka serta membawa persiapan hand sanitizer.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Tenayan Raya

Tiket Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Nety Hairany

Wisata edukasi Taman Agrowisata Tenayan Raya yang menarik ini memiliki biaya retribusi tiket sebesar Rp. 10.000 per pengunjung. Selain itu, ada paket khusus rombongan per anak sebesar Rp. 50.000 per anak. Paket ini khusus anak sudah termasuk semua kegiatan-kegiatan di dalam kawasan taman.

Selain itu, ada biaya parkir kendaraan, untuk kendaraan motor biaya parkir sekitar Rp. 3.000 per unit sedangkan untuk kendaraan mobil biaya parkir sekitar Rp. 5.000 per unit. Selanjutnya, untuk dapat menikmati wahana-wahana menarik anda cukup membayar Rp. 10.000 per wahana. Retribusi ini juga termasuk kegiatan memetik buah dan sayur.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, taman ini dibuka dari Hari Sabtu sampai dengan Hari Kamis pada pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 18.00 WIB sore hari. Satu hari libur hanya di Hari Jum’at.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Agrowisata Tenayan Raya

Aktivitas Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Meutia Rafit

1. Memetik Buah dan Sayur

Kegiatan menarik ini dapat dilakukan di semua perkebunan Agrowisata Tenayan Raya, anda memiliki kebebasan untuk dapat memetik buah dan sayur secara langsung. Memanen tanaman bersama-sama. Pengunjung juga dapat membawa hasil petikan tersebut sebagai oleh-oleh wisata.

2. Memberi Makan Ternak

Aktivitas menarik ini dapat anda lakukan di kawasan taman. Pengelola membolehkan para wisatawan untuk memberi langsung makan ternak. Terdapat beberapa ternak seperti hewan ikan yang berada di kolam khusus ikan, ternak kambing dapat langsung berinteraksi di kandang kambing serta hewan lainnya.

3. Belajar Teknik Bertani dan Berternak

Hal menariknya, pengunjung dapat langsung belajar bagaimana proses teknik-teknik dalam bertani seperti dari menanam sampai mengelola panen serta perawatan setiap tanaman. Ada beberapa petugas profesional yang bertugas memberikan edukasi tentang teknik-teknik tersebut.

Sama halnya dengan bertani, pengunjung juga dapat belajar cara-cara berternak dengan baik. Pengembang biakan hewan ternak serta perawatan. Semua proses tersebut membutuhkan tenaga serta waktu yang sangat penting. Pengunjung akan diajari bagaimana memiliki hewan ternak dengan perawatan yang benar.

4. Bermain Flying Fox

Taman Agrowisata Tenayan Raya menyediakan beberapa permainan, salah satunya flying fox. Aktivitas menggelantung di ketinggian ini menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung saat datang. Anda dapat merasakan langsung sensasi berada di ketinggian taman dengan spot pemandangan yang menarik.

Aktivitas Seru Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru
Image Credit: Twitter Informasi Pekanbaru

5. Ikut Outbond

Bagi yang datang secara kelompok atau berombongan dapat melakukan kegiatan ini. Banyak permainan outbond yang menantang memicu adrenalin anda salah satunya dengan menyeberangi jembatan tali, berjalan di jerami serta berjalan di atas tali dengan ketinggian beberapa meter.

6. Memancing

Agrowisata Tenayan Raya menyediakan kolam ikan khusus untuk memancing. Anda juga dapat menyewa alat pancing dengan petugas yang tersedia. Terdapat beberapa ikan di kolam tersebut seperti ikan lele dan ikan-ikan lainnya. Air kolam ini berwarna kehijauan khas air ikan.

7. Berenang

Di dekat kolam ikan terdapat juga kolam khusus untuk berenang bagi pengunjung yang ingin merasakan dinginnya air kolam. Anda dapat berenang dikolam ini. Waktu terbaik untuk berenang adalah pagi hari dan sore hari. Jangan berenang siang ya karena udara terik matahari yang panas dapat membakar kulit.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Agrowisata

Fasilitas Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Royhul Akbar

Taman ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti di kawasan taman tersedia beberapa restoran yang mengapung dengan spot air dan pemandangan yang hijau. Tak jauh dari restoran tersedia Musholla khusus yang juga berada di tengah kolam terapung.

Selain itu, tersedia juga beberapa pondok-pondok yang tersebar di sepanjang kawasan untuk tempat istirahat para wisatawan. Kemudian terdapat juga kantin-kantin di sekitar pondok tersebut menyediakan makanan dan minuman.

Taman ini juga menyediakan beberapa toilet yang bersih untuk pria dan wanita. Tersedia juga tempat ganti pakaian bagi yang basah. Selain itu terdapat area parkir yang luas khusus pengunjung taman.

Agrowisata Tenayan Raya merupakan salah satu wisata edukasi khas agrowisata yang sangat menarik. Banyak pengetahuan yang didapat khususnya mengenai perkebunan dan peternakan. Wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terkhusus juga bagi anak-anak.