Air Terjun Batang Kapas, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Kampar

Air Terjun Batang Kapas, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Kampar
Biaya Wisata: Mulai Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

Riau adalah salah satu kota besar di pulau Sumatera Indonesia. Sebagai kota besar banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di waktu libur. Banyak objek wisata baik yang strategis maupun yang harus melalu jalanan yang terjal, salah satu objek wisata terkenal bagi pecinta alam di Riau adalah Air Terjun Batang Kapas yang terletak di Kabupaten Kampar.

Air terjun ini berada di dataran tinggi Bukit Barisan. Ketinggian air terjun sekitar 150 meter, merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Pemandangan air terjun dengan batuan berwarna putih menjulang jauh ke atas mata memandang. Air terjun ini berasal dari perbukitan yang tinggi.

Debur suara air yang menghantam bebatuan di tepi bawah membuat suasana menjadi menarik. Anda dapat merasakan langsung keindahan air terjun yang menarik ini. Menikmati keindahan air terjun bersama hamparan kehijauan yang terpampang. Berikut beberapa ulasan kenapa Air terjun ini wajib untuk dikunjungi!

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Batang Kapas

Daya Tarik Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Facebook Arz Sinaga

1. Pemandangan Air Terjun

Air Terjun Batang Kapas terdapat di salah satu ketinggian yang menjulang. Ketinggian air terjun ini dapat mencapai 150 meter di atas permukaan kaki. Air terjun dikelilingi oleh hamparan bebatuan sedimen yang berwarna keputihan. Ketika arus air turun menghantam ke tengah-tengah tebing batu besar.

Debur air yang menghantam bebatuan mengalir ke sungai tepi bawah yang memiliki arus bersahabat, mengalir mengikuti irama. Di sekeliling air terjun terdapat beberapa bebatuan yang berwarna kehitaman. Batu ini bermacam-macam, ada yang kecil seperti kerikil, ataupun sedang serta besar.

Pengunjung dapat merasakan keindahan air terjun dengan menaiki beberapa batu-batu besar ini. Selain bebatuan, di sekeliling air terjun juga ditumbuhi rumput-rumput yang hijau, seperti lumut, dan sebagainya. Rerumputan ini tumbuh dengan subur bersamaan dengan turunnya air terjun.

Di sekeliling air terjun juga terdapat pohon-pohon. Pepohonan yang menghijau tumbuh dengan subur dan tertata rapi. Pohon-pohon yang rindang ini membuat suasana semakin asri. Sekitar air terjun disuguhkan dengan udara segar khas perbukitan dan ditambah suara keras air terjun yang menghantam bebatuan.

2. Perbukitan Alami

Air Terjun Batang Kapas berada di dataran tinggi bukit barisan. Akses untuk dapat sampai ke lokasi air terjun adalah dari perjalanan yang ditempuh di perbukitan. Di sekeliling air terjun terdapat hamparan perbukitan yang menghijau, disertai hutan-hutan belantara yang perawan.

Anda juga dapat menikmati keindahan air yang menghantam bebatuan ini dari atas puncak bukit dengan pemandangan yang sangat menarik dengan spot berada membelakangi guyuran air terjun. Masyarakat dan Pemerintah setempat tetap melestarikan hutan bukit barisan sehingga udara di hutan ini masih sangat asri.

Pohon-pohon hutan yang tersebar di sepanjang bukit memiliki ketinggian yang menjulang serta sangat rindang jika ingin berteduh di pohon-pohon ini. Selain perbukitan yang memiliki hutan belantara, di sekitar Air Terjun Batang Kapas juga terdapat fauna-fauna khas hutan.

Seperti kera maupun monyet yang masih berkeliaran. Anda juga dapat bertemu banyak jenis serangga hutan, kawanan semut yang berkumpul maupun hewan-hewan buas lainnya, seperti berbagai jenis ular, bahkan harimau dan beruang. Karena lokasi hutan yang masih alami sehingga masih banyak fauna hutan yang berkembang biak.

3. Suasana Sunset

Berkunjung ke air terjun rasanya tak enak jika tidak menyaksikan suasana sunset. Air Terjun Batang Kapas menyajikan suasana sunset yang sangat menarik. Anda dapat menikmati suasana sore di atas perbukitan dengan spot air terjun yang membelakangi atau dapat menikmati langsung di sekitar air terjun dengan bebatuan yang hitam.

Jingga di sore hari memanglah indah, terlebih menyaksikannya bersama dengan guyuran air yang mengalir deras dari atas bukit. Pengunjung dapat menyaksikan langit jingga yang berbaur dengan air terjun, ditambah bebatuan yang berwarna keputihan diapit pepohonan yang menghijau.

Anda dapat bermalam di sekitar Air Terjun Batang Kapas untuk menikmati suasana senja di sore hari. Tersedia tempat khusus untuk mendirikan tenda sambil menikmati spot pemandangan sore hari bersama air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Twitter Saya Riau

Objek wisata yang menarik ini berada di Desa Lubuk Bigau Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar Kota Riau. Tempat ini cocok dikunjungi bagi anda pecinta alam, karena area lokasi berada di pedalaman hutan belantara jadi harus menggunakan stamina yang kuat saat berkunjung.

Adapun rute perjalanan dari Jalur Pekanbaru. Pusat titik dari kota Pekanbaru menuju ke desa Lipat Kain dengan jarak 71 kilometer. Setelah ini menemui simpang Rakit gadang belok ke kanan menuju arah Desa Gema. Setelah sampai, belok lagi ke kanan arah Pangkalan Kapas.

Lanjutkan perjalanan menuju ke Desa Deras Tajak, sampai ke Desa Batu Sasak. Perjalanan sampai ke Desa Batu Sasak menempuh jarak 51 kilometer dengan jalanan aspal yang bagus. Setelah itu dari Desa Batu Sasak lanjutkan perjalanan sampai tiba ke Desa Lubuk Bigau dengan jarak sekitar 13 kilometer di perjalanan.

Sampai di Desa Lubuk Bigau menuju ke Air terjun Batang Kapas menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dengan jalanan yang terjal dan tidak terlalu bagus. Anda dapat berjalan kaki melintasi hutan belantara dengan waktu tempuh sekitar 3 jam untuk sampai di lokasi.

Memang perjalanan menuju lokasi sangat jauh dan penuh dengan rintangan tetapi semua akan terbayarkan dengan pemandangan yang akan disajikan saat tiba di lokasi. Disarankan jika berkunjung harus dalam kondisi sehat dan berstamina yang kuat ya!.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Batang Kapas

Tiket Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Wisata alam yang menarik ini dapat dikunjung dengan biaya retribusi sebesar Rp. 200.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk dalam biaya tiket masuk ke air terjun, biaya tarif parkir kendaraan yang dibawa, untuk biaya tim pendamping khusus, jasa pramuantar selama dua hari dan biaya makan.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, destinasi alam ini dibuka selama 24 jam dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu. Sayangnya, di sekitar air terjun tidak tersedia penginapan khusus bagi para pengunjung. Tetapi tenang saja, karena anda dapat bercamping khusus di lokasi yang sudah tersedia.

Kegiatan yang Menarik di Air Terjun Batang Kapas

Aktivitas Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Instagram Air Terjun Batang Kapas 

1. Camping

Perjalanan ke air terjun ini ditempuh hampir seharian lamanya, sayang jika berkunjung tapi tidak berkemah bukan? Pengelola menyediakan area khusus untuk mendirikan tenda. Tempat ini memiliki lebar sekitar 4 meter dengan panjang sekitar 50 meter.

Tempat khusus untuk bermalam ini berada di atas tebing bukit dengan ketinggian yang menjulang. Dari atas tebing ini, anda dapat menikmati suasana air terjun yang berada membelakangi lokasi. Selain air terjun, terhampar beberapa perbukitan yang menghijau dengan pesona alam yang asri.

2. Berenang

Aktivitas lainnya adalah berenang. Di sekitar Air Terjun Batang Kapas terdapat tempat perairan yang sedikit luas seperti membentuk sebuah kolam. Pengunjung dapat berenang di area tersebut. Sebenarnya, air yang meluncur dari atas ketinggian ini mengalir di kawasan yang seperti kolam, setelah itu terus mengalir di sungai yang menyempit.

Berenang ini adalah salah satu cara untuk melepas penat dan stress, merasakan sendiri dinginnya air sungai yang berasal langsung dari mata air perbukitan. Air itu berwarna jernih khas air sungai. Beberapa di sekitar air terdapat bebatuan besar-besar, cocok untuk bersantai sambil menikmati air.

Tetapi untuk para wisatawan disarankan untuk tetap berhati-hati dan menjauh dari tepi bukit yang meluncurkan air, karena air perbukitan yang dihantam sangat keras. Selain itu, bawa baju ganti ya!

3. Piknik di Atas Batu

Di sekitar air terjun terdapat batu-batu besar yang berwarna kehitaman. Batu ini dapat anda duduki. Pengunjung dapat duduk diatas batu sambil berpiknik. Makan bersama-sama. Spot pemandangan batu ini langsung menghadap ke arah air terjun, sambil menikmati makan sambil mendengar derasnya air yang menghantam batu.

Aktivitas Seru Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Instagram Repost Kampar 

4. Berjalan Berkeliling

Anda dapat berkeliling area Air Terjun Batang Kapas, melihat pemandangan yang tersaji. Terdapat beberapa bebatuan yang dapat dinaiki serta bebatuan putih hasil sedimen yang dapat dipegang. Pengunjung dapat menyusuri area air terjun sambil menikmati pemandangan yang masih asri khas perbukitan.

5. Bersantai

Setelah lelah berkeliling, pengunjung dapat bersantai di bawah air terjun indah ini. Menikmati pemandangan sungai yang menarik ditambah dengan spot pemandangan bukit. Sesekali juga terlihat hewan-hewan hutan yang bergelantungan di atas pohon ataupun serangga yang menghampar di sekitar tanah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Air Terjun Batang Kapas berdiri di atas dataran bukit baris. Memang fasilitas yang tersedia tidak terlalu memadai seperti objek wisata lainnya, tetapi tentu tidak membuat anda khawatir.

Area ini menyediakan beberapa tempat parkir kendaraan yang luas dengan penjagaan yang ketat. Selain itu pengelola juga menyediakan tim pendamping yaitu tim yang akan mendampingi anda selama di area air terjun, menjelaskan beberapa pengetahuan tentang area dan sebagai penuntun jalan anda saat menyusuri area air terjun.

Selanjutnya, area air terjun ini tidak memiliki warung-warung yang banyak menyediakan makanan dan minuman tetapi anda tenang saja, karena untuk biaya makan sudah ditanggung pengelola dari harga tiket masuk. Pengunjung juga dapat bersantai sambil menunggu pramuantar mengantar makanan di pusat area.

Air Terjun Batang Kapas adalah satu dari banyaknya objek wisata yang sangat menarik di Riau. Objek wisata ini menawarkan keindahan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan panorama perbukitan disertai hamparan pohon-pohon hutan. Jadi destinasi ini sangat sepadan untuk dinikmati saat waktu berlibur anda!