Air Terjun Batu Tilam, Air Terjun dengan Pemandangan Alam yang Memukau di Kampar

Air Terjun Batu Tilam, Air Terjun dengan Pemandangan Alam yang Memukau di Kampar
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

Berlibur ke Air Terjun Batu Tilam memang menjadi pilihan yang tepat saat berada di Kampar, Riau. Destinasi alam tersebut dilengkapi dengan beragam pemandangan cantik yang membuat wisatawan merasa betah. Selain itu area wisata mempunyai keunikan tersendiri karena ada tingkatan air yang bervariasi. Tingkatan yang ada tentu berbeda dengan destinasi alam lain.

Para tamu yang datang bisa melakukan berbagai kegiatan terutama berenang. Apalagi sumber air yang berasal dari gunung terasa sejuk dan segar. Kebersihan area juga dijaga dengan baik oleh petugas agar destinasi tidak tercemar.

Selama berada disana Anda diharapkan tidak membuang sampah atau merusak alam. Hal itu bertujuan agar Air terjun bisa dinikmati sepanjang masa oleh siapa saja. Nikmati liburan seru dengan mematuhi aturan yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Batu Tilam

Daya Tarik Air Terjun Batu Tilam Kampar
Image Credit: Google Maps Fitria_ Enjelika

1. Tingkatan Air

Air Terjun cantik ini mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dengan wisata alam lain. Disana tampak air dengan tingkatan yang berbeda-beda mulai dari 10 meter hingga 150 meter. Air yang jatuh dari ketinggian berbeda mempunyai tingkat kedalaman yang sama. Saat cuaca sedang mendukung pesona air yang bervariasi tersebut terlihat sangat cantik.

Para pelancong bisa bermain atau sekedar berfoto saat berada di bawah Air Terjun Batu Tilam. Apalagi disana menyuguhkan air yang begitu jernih dan bersih sehingga akan membuat pengunjung takjub. Sumber Air Terjun memang berasal dari resapan hujan dan pegunungan yang ada di sekitar. Maka dari itu jangan mengotori kawasan destinasi alam tersebut.

2. Tebing Cantik

Tebing yang ada di area Air Terjun diketahui memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Tebing tersebut tampak melengkapi keindahan wisata karena sering dijadikan objek memotret foto. Biasanya anak muda juga sering melakukan olahraga panjat tebing dengan membawa peralatan sendiri. Tetapi olahraga ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah mahir.

Jika Anda naik ke atas tebing akan terlihat kawasan destinasi yang masih natural. Air yang jatuh dari ketinggian berbeda tampak menarik saat dilihat dari atas. Tidak heran banyak wisatawan dari berbagai daerah dan luar negeri yang berbondong-bondong ingin menikmati liburan di Air Terjun ini.

3. Pemandangan Alam

Destinasi alam memang selalu dikelilingi oleh pemandangan yang menarik untuk dilihat. Ketika berada di sekitar Air Terjun Batu Tilam, Anda akan terpesona karena banyak tumbuhan yang mengelilingi. Tak hanya itu, ada pula pohon rimbun yang berasal dari hutan Sumatra. Hal itulah yang membuat wisata cantik ini mempunyai suasana yang asri dan sejuk.

Pada bagian lain tampak pegunungan yang menghadap langsung ke arah wisata. Saat pagi maupun siang hari pemandangan alam tersebut menyatu dengan indah. Traveller dapat duduk santai sekaligus menikmati panorama yang akan membuat mata terkesima.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Batu Tilam Kampar
Image Credit: Google Maps Muazir Azrin

Wisata Air Terjun Batu Tilam terletak di Lubuk Bigau, Kampar, Riau. Lokasi ini berada di tengah pedesaan dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota. Wisatawan yang datang dari luar daerah dapat naik pesawat atau kapal laut. Kemudian Anda dapat menyewa travel atau naik kendaraan umum seperti ojek yang melewati area destinasi alam tersebut.

Jika berangkat dari arah kota Pekanbaru bisa mengambil jalur ke daerah Kabupaten Kampar. Lurus terus sampai masuk kawasan Desa Kebun Tinggi. Jalan yang ada di sekitar desa ini masih berupa tanah, jadi Anda disarankan datang saat musim kemarau. Traveller dapat melanjutkan perjalanan menuju wisata yang jaraknya sudah beberapa meter dari desa.

Para pelancong yang baru pertama kali datang dapat mengakses rute melalui google maps atau bertanya langsung kepada penduduk. Disana juga sudah disediakan papan petunjuk jalan agar pengunjung bisa menemukan Air Terjun dengan mudah. Nikmati perjalanan seru dengan melihat panorama alam di sekitar dan hiruk pikuk suasana di pedesaan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Air Terjun Batu Tilam Kampar
Image Credit: Google Maps Ali Baba

Berlibur ke Air Terjun Batu Tilam memang menjadi hal yang menyenangkan karena tidak membutuhkan budget yang banyak. Tiket masuk wisata hanya Rp 5.000 saja untuk dewasa dan anak-anak. Namun, khusus untuk turis dari luar negeri akan dikenai tarif yang sedikit mahal yaitu sekitar Rp 15.000. Hal tersebut bertujuan untuk menambah pendapatan wisata.

Pada area pintu masuk juga disediakan lahan tempat parkir yang cukup luas. Karcis parkir sepeda motor Rp 3.000 dan kendaraan roda empat Rp 10.000. Bagi wisatawan yang datang dengan rombongan bus bisa pula menaruh di tempat parkir tersebut. Apalagi lahan ini sudah dijaga oleh petugas setempat, jadi kendaraan aman dan tidak akan hilang.

Destinasi alam Air Terjun memang cocok digunakan untuk tempat rekreasi bersama keluarga. Anda dapat menikmati keindahan wisata mulai pagi hingga sore hari. Biasanya saat hari libur Air Terjun ini akan ramai dipadati pengunjung. Maka dari itu, jangan lupa melipir untuk melihat keindahan alam yang tidak akan ditemukan di daerah lain.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Batu Tilam

Aktivitas .Air Terjun Batu Tilam Kampar
Image Credit: Instagram PEKANBARU RIAU

1. Camping

Ketika hari libur wisatawan sering menggunakan wisata Air Terjun Batu Tilam untuk tempat camping. Pada sudut lain disediakan lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Para pelancong dapat membawa peralatan masak dan baju ganti. Namun, Anda diharapkan izin kepada petugas terlebih dahulu sebelum berkemah atau camping di sekitar Air Terjun.

2. Berenang

Destinasi alam yang memiliki beragam tingkatan air cocok digunakan untuk berenang. Traveller bisa membawa baju renang, kacamata, hingga pelampung agar kegiatan tersebut semakin seru. Akan tetapi Anda juga harus berhati-hati karena di dalam air banyak batu-batuan yang licin. Air yang jernih dijamin akan membuat pengunjung merasa senang.

3. Berfoto

Kamera dan smartphone menjadi barang yang wajib dibawa saat berkunjung ke destinasi cantik ini. Disana menyuguhkan tingkatan air yang sangat unik dengan pemandangan alam. Para tamu dapat menjadikan panorama itu sebagai background foto agar semakin estetik. Anda juga bisa mengajak kerabat dekat untuk menjepret foto selama berada di wisata.

4. Berjelajah

Kawasan Air Terjun Batu Tilam yang dekat dengan hutan dan desa memang menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan dapat berjelajah di area pedesaan tersebut untuk melihat hiruk pikuk masyarakat. Keindahan pohon rimbun yang ada di hutan juga bisa Anda telusuri. Maka dari itu, jangan lupa berjelajah jika ingin melihat panorama alam yang begitu cantik.

Aktivitas Seru Air Terjun Batu Tilam Kampar
Image Credit: Twitter Informasi Pekanbaru

5. Piknik

Air Terjun yang mempunyai suasana alami sering dimanfaatkan traveller untuk piknik. Apalagi udara di sekitar terasa sejuk karena banyak tanaman hijau yang mengelilingi Air Terjun. Para pelancong dapat membawa tikar dan camilan untuk menghabiskan waktu berlibur. Anda juga bisa bercengkrama bersama keluarga supaya piknik tidak membosankan.

6. Bersantai

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat dapat duduk di sekitar Air Terjun. Disana menyediakan gazebo yang nyaman untuk tempat menikmati keindahan pemandangan. Udara yang sejuk dan jauh dari polusi memang sangat cocok untuk bersantai. Tidak heran banyak traveller yang melakukan kegiatan ini saat berada di area Air Terjun.

7. Menikmati Kuliner

Pada sudut lain wisata tampak warung yang menjual makanan dan minuman. Warung tersebut dilengkapi dengan tempat duduk agar para tamu merasa nyaman. Anda bisa mencicipi kuliner khas setempat yang begitu lezat dan memanjakan perut. Akan tetapi warung ini tidak buka setiap hari, jadi Anda dapat mengunjungi saat hari libur saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

fasilitas Air Terjun Batu Tilam Kampar
Image Credit: Google Maps Dhany Poetutama

Destinasi Air Terjun Batu Tilam menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk sekedar melepas penat atau istirahat. Gazebo ini tampak unik karena terbuat dari kayu yang berwarna cokelat. Ada pula tempat sampah yang disediakan untuk menjaga kebersihan agar destinasi ini tidak kotor.

Pada sisi lain terdapat kamar mandi umum yang terlihat bersih. Anda yang menggunakan kamar mandi diharapkan tidak mengotori dan gunakan air secukupnya saja. Bagi yang membawa kendaraan juga bisa menaruh di lahan tempat parkir. Lahan tersebut sudah dilengkapi dengan penjagaan yang aman dan dapat menampung hingga 30 kendaraan.

Kawasan Air terjun tampak disuguhi warung pedagang yang menjual aneka makanan. Rasa kuliner tersebut sangat enak karena diolah dengan bumbu khas oleh warga setempat. Anda dapat menggunakan fasilitas yang ada agar betah berada lama-lama disana. Hal yang terpenting jangan merusak atau mengotori fasilitas tersebut agar tetap terjaga.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Air Terjun Batu Tilam yang bisa dijadikan list wisata saat berada di Kampar. Traveller yang berkunjung dapat membawa perlengkapan bermain air, budget, dan kendaraan. Ajak keluarga atau kerabat dekat agar liburan terasa menyenangkan. Nikmati Air Terjun yang jernih dengan melakukan berbagai kegiatan seru.