Air Terjun Bayang Sani, Air Terjun 7 Tingkatan yang Memukau di Pesisir Selatan

Air Terjun Bayang Sani, Air Terjun 7 Tingkatan yang Memukau di Pesisir Selatan
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Berapak, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Sumatera Barat memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi. Salah satu destinasi ini berada di daerah pesisir selatan Sumatera Barat yang banyak menampilkan keindahan perbukitan yang menjulang. Di salah satu perbukitan tersebut memiliki potensi destinasi air terjun yang eksotis, seperti Air Terjun Bayang Sani.

Air terjun ini menampilkan keindahan alam yang asri. Sebelum memasukinya, pengunjung disuguhkan dengan berbagai pemandangan seperti perbukitan yang hijau maupun area persawahan yang membentuk petak-petak. Air terjun ini telah ditemukan sejak lama bahkan sejak zaman penjajahan Belanda.

Air terjun yang terkenal di masa penjajahan Belanda juga menyimpan pemandangan unik dan menarik untuk dipantau dan didatangi. Lokasi keberadaan di perbukitan membuat kawasan air terjun menjadi asri. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan kawasan air terjun yang sejuk.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Bayang Sani

Daya Tarik Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Rang Pasisia

1. Air Terjun dengan 7 Tingkatan

Air Terjun Bayang Sani memiliki 7 tingkatan yang sangat cantik. Dari ke tujuh tingkatan ini hanya 2 tingkatan saja yang dapat ditempuh oleh manusia. Untuk tingkatan ketiga sampai dengan ketujuh jarang dijamah manusia, karena aksesnya yang terlalu jauh dan berbahaya.

Walaupun hanya ada dua tingkatan yang dipergunakan tetapi tidak mengurangi rasa kesejukan dengan penampilan indah air terjun. Air terjun pada tingkatan pertama mempunyai ketinggian air yang meluncur kurang lebih sekitar 80 meter di atas permukaan air.

Air Terjun Bayang Sani mengalir secara lurus dengan ketinggian tebing yang menjulang. Saat air memasuki tepi bawah dasar kolam, terdapat bebatuan yang siap dihantam air yang meluncur. Lewat dari bebatuan tersebut, air mengalir dengan meliuk-liuk di atas batu yang cadas.

Air terjun tingkatan pertama memiliki tiga cabang air yang mengalir menuju ke kolam. Kolam air ini memiliki luas sekitar 50 meter. Di sekitar kolam terdapat bebatuan-bebatuan yang berwarna kecoklatan muda. Pengunjung dapat menaiki bebatuan tersebut sambil bersantai.

Akan tetapi harus tetap hati-hati, ada beberapa bebatuan yang ditumbuhi oleh lumut, artinya bebatuan tersebut sangat licin. Di sekitar bebatuan tersebut terdapat kolam air terjun yang membentang. Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan di kolam tersebut karena aman dengan aliran air yang tidak deras.

Selanjutnya, untuk dapat menempuh ke bagian tingkatan kedua harus melanjutkan perjalanan sejauh 500 meter dari tingkatan pertama. Air terjun di tingkatan kedua masih sangat lembab dan hijau, masih jarang terjamah pengunjung. Pendakian ke air terjun kedua ini dapat ditempuh dari bukit sebelah sisi kanan air terjun pertama.

2. Pemandangan Sekitar Air Terjun

Kawasan Air Terjun Bayang Sani memiliki lanskap pemandangan yang menakjubkan. Sebelum memasuki lokasi air terjun, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang hijau ditambah dengan perkebunan-perkebunan penduduk setempat. Selain itu juga terhampar bentangan area sawah yang menghijau.

Saat memasuki lokasi air terjun masih terhampar bentangan pepohonan yang menghijau dengan udara yang semakin segar dan sejuk. Pepohonan liar ini tumbuh dengan subur menambah keindahan yang sejuk. Selain pepohonan, ditumbuhi juga rerumputan yang menghampar di sepanjang jalanan kawasan air terjun.

Air terjun ini memiliki kolam yang besar dengan ketenangan aliran air yang aman. Walaupun deras air yang meluncur sangat kuat menghantam ke tepi bawah kolam. Terdengar suara deras aliran yang berjatuhan tersebut membentuk warna keputihan yang menghantam bebatuan keras.

3. Pesona Sunset

Pemandangan sore di sekitar Air Terjun Bayang Sani sangat indah. Bahkan banyak pengunjung yang menunggu momen-momen langit jingga. Sangat estetik untuk berfoto di momen tersebut ditambah dengan keindahan menarik air terjun yang selalu mengalirkan air.

Pesona sunset ini juga dapat menenangkan pikiran. Menikmati keindahan air terjun sejenak melupakan keluh kesah dan masalah yang terikat dalam otak. Menghabiskan pikiran dan tubuh bersenang-senang dahulu sebelum memulai pergolakan batin berikutnya di hari-hati biasa. Tak heran banyak yang datang untuk melepas penat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Rang Pasisia

Wisata alam air terjun yang eksotis dengan beberapa tingkatan ini letaknya berada di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya ada di Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan. Kawasan air terjun ini masih termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Untuk rute perjalanan, anda dapat menempuh rute perjalanan dari Painan yang berjarak sekitar 20 kilometer menuju ke lokasi wisata air terjun, sedangkan untuk rute dari Kota Padang membutuhkan perjalanan dengan jarak sekitar 60 kilometer di perjalanan.

Rute perjalanan yang dapat ditempuh dari Kota Padang menuju ke daerah Painan. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Simpang Ganting, dari persimpangan anda dapat mengarahkan kendaraan menuju belok kiri ke Jalan Pasar Baru. Lokasi wisata tidak jauh dari sekitar 4 kilometer untuk sampai ke lokasi wisata alam.

Air Terjun Bayang Sani juga berdekatan dengan objek wisata alam Jembatan Akar. Anda dapat melanjutkan perjalanan ke objek wisata tersebut dengan mudah. Selama perjalanan akan terlihat pemandangan yang menarik yaitu pepohonan-pepohonan menghijau, serta area persawahan yang membentuk kotak-kotak menghijau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bayang Sani

Tiket Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Twitter Padek

Adapun untuk biaya retribusi tiket masuk dibanderol dengan harga senilai Rp 5.000 per pengunjung. Dengan retribusi harga murah anda sudah dapat menikmati pesona air terjun yang menarik dengan udara segar khas perbukitan yang menyebar luas membentang.

Selain itu, dibebankan juga biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan bermobil dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 per mobil. Untuk kendaraan bermotor dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 per motor, sedangkan untuk bus dibanderol harga parkir sebesar Rp 10.000 per bus.

Sementara itu untuk waktu operasionalnya, wisata alam Air Terjun Bayang Sani memiliki banyak peminat pada akhir pekan ataupun hari libur. Air terjun dibuka setiap Hari Senin sampai dengan Hari Minggu dari pukul 08.00 WIB pada hari sampai dengan pukul 18.00 WIB sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Bayang Sani

Aktivitas Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Instagram Ayokepessel 

1. Berenang

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan adalah berenang. Air Terjun Bayang Sani memang memiliki aliran air yang deras tetapi di lokasi bagian sisi kolam air mengalir dengan tenang dan aman. Anda dapat berenang di kolam tersebut sambil menikmati pemandangan.

Bagi yang tidak bisa berenang, dapat bermain air dengan memakai sewaan ban yang diberikan oleh pihak wisata. Banyak yang menyewa dari anak-anak sampai orang dewasa untuk bisa merasakan sensasi berbeda di dalam kolam. Kolam ini juga tidak memiliki kedalaman yang tinggi sehingga aman untuk anak-anak.

2. Berendam

Aktivitas lainnya adalah berendam. Pengunjung dapat berendam di sisi tepi bagian bebatuan besar. Menikmati sensasi dinginnya air yang langsung berasal dari atas perbukitan. Saat berendam, anda dapat melihat beberapa binatang-binatang sungai berenang lincah di antara tepi sisi.

3. Hunting Foto

Berfoto adalah kegiatan wajib untuk mengabadikan momen perjalanan anda. Pengunjung dapat berfoto di sekeliling Air Terjun Bayang Sani. Dengan spot foto terfavorit adalah di atas bebatuan dengan pemandangan belakang langsung di air terjun. Pengunjung juga dapat berfoto di antara kolam dengan hijaunya pemandangan pepohonan.

Aktivitas Seru Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Instagram Ree_Doo_Wan

4. Menyusuri Air Terjun

Pengunjung dapat menyusuri kawasan Air Terjun Bayang Sani. Berjalan berkeliling di pesisir sungai kolam yang mengalir dengan mengikuti ritme. Selain pemandangan air terjun, terlihat juga panorama pepohonan yang rindang, dengan berjalan anda dapat berolahraga menikmati suasana segarnya perbukitan.

5. Bersantai

Aktivitas lainnya adalah bersantai. Ada beberapa tempat yang dapat dijadikan kawasan bersantai seperti di atas bebatuan. Sambil menikmati panorama pemandangan yang unik. Anda juga dapat bersantai di tepi pinggir kolam di atas rerumputan yang hijau sambil mendengar kicauan burung menari di atas pepohonan.

Terdapat juga beberapa kursi yang disediakan khusus untuk bersantai. Sambil bersantai dapat menikmati makanan dan minuman yang warungnya berada tak jauh dari lokasi kursi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps zul efendi

Di sekitar kawasan air terjun terdapat beberapa toilet yang dikelola dengan bersih oleh pihak pengelola, toilet ini juga disertai dengan kamar ganti pakaian basah karena mandi, berenang maupun berendam.

Kawasan ini juga menyediakan warung-warung yang memberikan fasilitas minuman dan makanan khas daerah maupun sekadar camilan bagi pengunjung yang kelaparan. Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini sangat lengkap dan lezat disertai dengan harga yang ekonomis.

Air terjun ini juga menyediakan beberapa tempat duduk seperti kursi untuk para pengunjung yang ingin beristirahat. Tetapi tak jarang juga para pengunjung duduk langsung di atas rerumputan ataupun bebatuan di sekitar air terjun. Disediakan jasa penyewaan ban untuk berendam maupun berenang dengan biaya yang ekonomis.

Itulah beberapa informasi menarik terkait dengan destinasi wisata Air Terjun Bayang Sani. Air terjun ini sangat layak untuk didatangi karena pesona yang diberikan sangat indah ditambah bagi para pecinta alam. Menikmati panorama yang unik lengkap dengan lanskap perbukitan.

REKOMENDASI DESTINASI