Air Terjun Bidadari, Air Terjun Tersembunyi & Eksotis di Lahat

Air Terjun Bidadari, Air Terjun Tersembunyi & Eksotis di Lahat

Air Terjun Bidadari salah satu wisata alam memukau di Lahat, Sumatera Utara. Air terjun yang memiliki pemandangan alam sekitar yang indah menarik untuk dimasukkan dalam daftar tujuan rekreasi Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

Provinsi Sumatera Selatan terdapat banyak sekali kabupaten dan salah satunya adalah Kabupaten Lahat. Kabupaten yang satu ini sangat terkenal dengan wisata Air Terjunnya, yang bahkan sampai saat ini masih tetap dikunjungi oleh para wisatawan.

Memiliki nama Air Terjun Bidadari, pastinya keindahan yang dimiliki oleh wisata ini cukup menarik. Bisa dikatakan jika wisata ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal yang berada di perkotaan.

Terlebih lagi dengan kawasannya yang cukup sejuk dan indah membuat siapapun ingin datang ke destinasi ini. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan lengkap terkait destinasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Bidadari

Daya Tarik Air Terjun Bidadari
Image Credit: Okezone.com

1. Ketinggian Air Terjunnya

Air terjun yang satu ini cukup unik karena mempunyai sekitar 7 puncak yang pada setiap air terjunnya mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Air Terjun Bidadari ini mempunyai ketinggian kurang lebih.

Lalu pada sekitar area lokasi Air Terjun ini terdapat 6 air terjun lagi, yang pada setiap tingkatnya memiliki tinggi berbeda-beda dimulai dari 4 m, ketinggian 10 m bahkan sampai ketinggian 35 m. Karena memiliki ketinggian yang berbeda-beda pada setiap tingkatnya. Tak heran jika banyak yang meluangkan waktu untuk menikmati segarnya air terjun ini.

2. Cerita Sejarah

Destinasi wisata yang satu ini memang memiliki nama Air Terjun Bidadari, yang konon katanya menurut cerita dari masyarakat sekitar air terjun ini adalah tempat mandi para Bidadari. Maka dari itu, air terjun ini dinamai dengan menggunakan nama tersebut.

3. Memiliki Kolam yang Lebar

Pada area bawah air terjun terdapat kolam yang dapat dipakai untuk berenang bagi siapapun yang berkunjung ke sana. Apalagi kolam yang dimiliki pada wisata ini cukup lebar yaitu sekitar 10 meter.

Sehingga meskipun terdapat banyak sekali wisatawan yang datang. Namun, kolam ini masih terasa cukup luas digunakan untuk berenang dengan leluasa.

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Jhansenmartogi.wordpress.com

4. Pemandangan Hijau

Bisa dikatakan jika di sekitar area air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Dengan banyaknya pohon yang menjulang tinggi serta rerumputan yang berwarna hijau, membuat siapa saja akan merasa lebih segar.

Pemandangan hijau seperti ini sangat cocok untuk Anda yang selalu berada di depan komputer saat bekerja. Karena bisa membuat mata lebih rileks, kemudian hal tersebut bisa meminimalisir adanya penyakit pada mata. Itulah mengapa, ketika datang ke wisata ini Anda tidak akan merasa rugi.

5. Memiliki Udara yang Sangat Sejuk

Udara segar bisa Anda nikmati ketika sudah memasuki kawasan hutan sampai ke air terjunnya. Udara yang segar ini sangat cocok untuk Anda yang yang memiliki tempat tinggal di perkotaan. Di mana, udara yang segar ini tentu akan menyehatkan serta membuat tubuh lebih segar.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Bidadari

Alamat Air Terjun Bidadari
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk Anda yang berniat menghabiskan waktu liburan ke wisata ini. Agar lebih mudah untuk mencarinya, alamat dari wisata ini berada di Desa Karang Dalam, Kabupaten Lahat dan berada di Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk rute yang bisa Anda lalui ketika ingin berkunjung ke wisata ini memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Apabila dari kota Lahat maka jarak yang ditempuh 16 km, akan tetapi ketika Anda berangkat dari kota Palembang maka jarak yang harus ditempuh adalah 231 km.

Perjalanan bisa ditempuh dengan mudah meskipun menggunakan roda dua ataupun roda empat kali pun. Karena akses menuju ke wisata sudah beraspal dan kondisi jalan sudah sangat mulus. Umumnya ketika sudah memasuki area Desa karang. Para wisatawan diharuskan untuk berjalan kaki untuk bisa menuju ke air terjun dan memarkirkan kendaraannya di dalam desa.

Ketika Anda ingin berkunjung ke air terjun ini, harus mengetahui biaya masuk kedalam Air Terjun Bidadari Lahat. Untuk biaya masuknya tergolong cukup terjangkau, yang pastinya tidak akan menguras kantong meskipun berkunjung bersama dengan keluarga.

Umumnya untuk harga tiket hanya Rp 5.000 saja per orang. Akan tetapi, kisah jadi ketika hari weekend harga tiket akan naik.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Bidadari

Kegiatan di Air Terjun Bidadari
Image Credit: Liputan4.com

1. Menikmati Kesegaran Air Terjun

Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini pastinya para wisatawan akan mencari kesegaran dari air terjunnya. Karena seluruh wisatawan bisa dengan bebas bermain air dari yang anak-anak, remaja bahkan sampai dewasa bisa menikmati dengan bebas.

Selain itu, para wisatawan juga bisa berenang dengan leluasa dikarenakan terdapat kolam yang cukup lebar. Bahkan para wisatawan bisa menikmati guyuran air dari atas tebing yang pastinya akan menyegarkan kepala. Wisata yang satu ini, menjadi destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi karena dapat melakukan aktivitas tersebut.

2. Menikmati Keindahan Alam

Seperti yang diketahui jika air terjun selalu berada di tengah hutan, sehingga pemandangan alamnya bisa membuat siapapun terkesima. Menikmati keindahan alam yang ada di Air Terjun Bidadari Lahat menjadi salah satu kegiatan yang mampu membuat pikiran tenang.

3. Berfoto Ria

Siapa sih yang tidak suka berfoto? Terlebih lagi jika berfoto dengan pemandangan indah yang ada di Air Terjun Bidadari Lahat. Berfoto ria juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup asik dan menarik. Terlebih lagi jika bisa berfoto dengan seluruh rombongan ataupun anggota keluarga.

Dikarenakan wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Sehingga hasil foto yang di lakukan juga akan bagus, dikarenakan latar belakangnya yang cukup instagramable.

4. Kegiatan Piknik

Aktivitas piknik juga bisa dilakukan ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun ini. Dikarenakan tidak memiliki fasilitas tempat makan, maka para pengunjung dibolehkan untuk membawa makanan ringan bahkan sampai makanan berat ketika datang ke tempat ini.

Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan untuk berpiknik bersama dengan keluarga ataupun sahabat. Karena dengan kegiatan inilah yang akan membuat keratan dalam hubungan keluarga dan persaudaraan.

Akan tetapi, para pengunjung jika ingin membawa makanan ringan tentu harus membuang sampah pada tempatnya. Sehingga ketika sudah selesai menikmati keseruan yang ada di air terjun ini dan kembali turun maka sampah diharuskan untuk dibuang di tempat sampah.

5. Melakukan Camping

Camping menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan, dan kegiatan ini bisa berjalan lancar ketika Anda berkunjung ke Air Terjun Bidadari Lahat. Camping akan sangat seru ketika pada saat malam hari tiba sebab para wisatawan bisa menyalakan api unggun. Yang digunakan untuk menghangatkan tubuh serta pencahayaan.

Dengan kemping inilah, Anda bisa melihat pemandangan indah yang ada di air terjun tersebut ketika pagi hari. Sehingga suasana hati pun bisa lebih nyaman dan tenang sembari mendengar suara guyuran dari air terjun.

Akan tetapi, untuk bisa melakukan camping diwajibkan untuk melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pengelola. Karena tidak akan boleh melakukan aktivitas tersebut jika tidak memiliki izin dari pengelola wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Terjun Bidadari Lahat

Fasilitas di Wisata Air Terjun Bidadari Lahat
Image Credit: Triptrus.com

1. Area Parkir

Memang betul jika ingin menuju ke air terjun, para wisatawan diharuskan berjalan kaki dari desa Karangdalam sehingga kendaraan yang dibawa juga harus diparkir di dalam desa tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab masyarakat sekitar telah menyediakan lahan parkir luas dikhususkan bagi para wisatawan yang datang.

Apalagi dengan harga biaya parkir yang sangat terjangkau. Kendaraan Anda akan aman sekarang dijaga oleh masyarakat yang ada di sana.

2. Tempat Berganti Pakaian

Di sekitaran air terjun memang tidak memiliki fasilitas yang memadai. Akan tetapi, pada saat Anda kembali ke desa yang ada di sekitar air terjun tersebut maka akan menemukan tempat untuk berganti pakaian. Disini memang telah menyediakan fasilitas atau jasa tersebut untuk membuat para wisatawan nyaman.

Pasalnya, tidak mungkin bukan jika wisatawan pulang dengan menggunakan kendaraan dalam kondisi baju yang masih basah kuyup. Dikarenakan jarak air terjun dan desa tidak terlalu jauh, maka Anda bisa dengan cepat berganti pakaian agar tidak masuk angin.

3. Banyak Penginapan

Dikarenakan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dan diminati oleh kebanyakan orang, tak heran jika terdapat banyak sekali penginapan yang dekat dengan Air Terjun Bidadari Lahat ini. Penginapannya pun juga bervariasi dimulai dari hotel, villa dan lain sebagainya.

Selain itu, semua penginapan yang berada di dekat air terjun ini dipatok dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga sangat cocok sekali jika Anda berlibur bersama dengan teman ataupun bersama dengan keluarga.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai destinasi wisata Air Terjun Bidadari di Kabupaten Lahat. Pastikan jika Anda berkunjung ke sini untuk membawa peralatan serta makanan sendiri untuk bisa menunjang segala kegiatan yang akan dilakukan.