10 Air Terjun di Sekitar Danau Toba yang Indah

10 Air Terjun di Sekitar Danau Toba yang Indah

Danau Toba memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Disana tidak hanya menyuguhkan kecantikan danau saja, namun tampak pula sejumlah Air Terjun. Traveller tidak akan merasa bosan karena banyak pilihan Air Terjun yang masih begitu natural.

Keindahan setiap Air Terjun dapat dinikmati siapa saja. Bahkan sudah tidak sedikit pengunjung yang selalu mencoba bermain air saat hari libur. Anda yang mencari beragam obyek foto juga tidak akan kesulitan.

Selama berkunjung para tamu bisa menyiapkan makanan. Selain itu pelancong juga dapat menggelar tenda jika ingin lebih lama berlibur. Anda dapat memilih Air Terjun mana saja ketika berada di sekitar Danau Toba.

1. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

Ketinggian Air Terjun Efrata diketahui sekitar 20 meter. Air yang berjatuhan ini berasal dari gunung dan resapan air hujan yang masih jernih. Suara gemericik air selalu membuat siapapun betah selama bermain di sekitar. Air Terjun Efrata memang begitu indah karena melewati batu dan celah tebing yang terasa begitu dingin saat Anda mencoba berenang.

Tempat rekreasi ini kerap digunakan sebagai pilihan spot berkumpul dengan kerabat dekat. Pemandangan alam yang ada di area memang masih dijaga. Apalagi aliran air tidak begitu deras yang cocok untuk sekedar bersantai sambil duduk di pinggir batu. Udara semilir pun terasa dingin karena banyak tumbuhan rindang yang cukup berjejer di kawasan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Janji

Daya Tarik Air Terjun Janji
Image Credit:Twitter @Wandystjk

Keindahan Air Terjun Janji selalu memanjakan mata pengunjung. Wisata alam itu cukup unik karena masih dikelilingi batu cadas yang cukup banyak. Tak hanya itu, suasana alam pun terasa alami dengan deretan tanaman liar yang terlihat subur. Anda yang berada di Air Terjun Janji dapat mencari spot yang tenang karena jauh dari hiruk pikuk pemukiman.

Obyek rekreasi itu juga dipercaya memiliki mitos yang dapat memanggil jodoh. Sesuai dengan namanya, Air Terjun tersebut memang menjanjikan kecantikan alam yang tidak akan membuat siapapun kecewa. Wisatawan bisa datang kapan saja bersama orang terdekat. Biasanya pada hari tertentu banyak pula traveller dari mancanegara yang berkunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tipang, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

3. Air Terjun Situmurun

Daya Tarik Air Terjun Situmurun Toba
Image Credit: Google Maps Febry Tua Siallagan

Perpaduan danau toba serta Air Terjun Situmurun tampak menyatu. Bahkan destinasi hits itu memiliki 7 undakan yang begitu indah dan membuat setiap mata kagum. Aliran yang mengarah ke danau toba memang membuat Situmurun semakin terkenal. Hampir semua masyarakat setempat dan luar daerah mengetahui wisata ini karena keunikan yang dimiliki.

Anda yang pergi kesana dapat menikmati keindahan Air Terjun dengan sailing boat. Kemudian para tamu juga bisa berenang di sekitar untuk menikmati aliran yang masih biru. Selain itu pengunjung dapat menghabiskan waktu liburan sambil masak makanan di pinggir Air Terjun. Menikmati kunjungan bersama keluarga memang begitu menyenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps Sp Budi Setyarso

Wisata menawan ini tampak mempunyai ketinggian berkisar 120 meter. Air Terjun Sipiso-Piso memang begitu tinggi yang diapit oleh tebing tinggi. Air yang jatuh terlihat begitu deras, wisatawan yang ingin bermain diharapkan jangan terlalu dekat dengan aliran ini. Anda dapat berenang di kolam penampungan saja dengan memakai pelampung atau ban.

Nama dari destinasi alam itu diambil dari kata Sipiso-Piso yang mempunyai arti tajam. Traveller yang bermain air akan melihat aliran yang cukup tajam. Disana ada pula gua yang dihuni beberapa burung serta dikelilingi tumbuhan hijau. Pengunjung dijamin terpukau dengan pesona Air Terjun, gua, bukit, hingga gunung yang terlihat menyatu.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Nai Sogop

Air Terjun Nai Sogop
Image Credit: Google Maps Fransiska Nadeak

Mata air yang ada di destinasi cantik ini berasal dari bukit barisan. Air Terjun Nai Sogop yang jatuh ke kolam sering melewati batu andesit yang dilengkapi deretan bukit. Selain itu wisata cantik tersebut juga mempunyai aliran yang tidak begitu tinggi hanya 12 meter saja. Pelancong yang suka bermain air disana pasti lebih senang karena aliran tampak bersih.

Pada hari libur tertentu selalu ada saja traveller yang menginap di tenda. Pesona yang dimiliki Air Terjun Nai Sogop memang cocok dijadikan spot berkemah. Selama berada di area Anda juga dapat menunggu sunset untuk menghabiskan waktu liburan. Bawa camilan atau minuman dingin selama berlibur supaya kegiatan bersantai disana semakin lengkap.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sarimarrihit, Kec. Sianjur Mula Mula, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Lae Pendaroh

Air Terjun Lae Pendaroh
Image Credit: Google Maps Muhammad Fajar

Wisatawan yang datang ke Air Terjun Lae Pendaroh memang tidak begitu banyak. Namun destinasi menawan itu selalu menarik perhatian karena masih dikelilingi pemandangan alam. Bahkan air yang ada di kawasan masih cukup bersih dan bisa dijadikan tempat melepas penat. Siapapun pasti bisa merasakan angin sepoi-sepoi selama disana.

Tenang saja selama menuju Air Terjun Lae Pendaroh pengunjung tidak membutuhkan tenaga yang ekstra. Keindahan tempat yang muncul dijamin menjadi daya pikat yang membuat para tamu kagum. Air Terjun ini juga tidak begitu tinggi dan cocok sebagai spot berfoto. Anda dapat mengambil obyek atau background foto dari sisi mana saja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sitinjo I, Kec. Sitinjo, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Siraba-Raba

Air Terjun Siraba-Raba
Image Credit: Facebook Welvrin Banjarnahor

Batu yang tersebar di Air Terjun Siraba-Raba menjadi salah satu daya tarik destinasi. Dahulu wisata pernah dijadikan sebagai tempat meditasi ksatria. Kawasan Air Terjun masih terjaga dengan baik hingga saat ini sebagai tempat rekreasi yang kerap diincar. Wisatawan dari berbagai daerah bisa duduk di sekitar batu cadas sambil menikmati air yang mengalir.

Kecantikan Siraba-Raba tidak kalah dengan Air Terjun lainnya. Namun wisata cantik ini belum terlalu banyak dijamah oleh pelancong. Jika Anda mencari tempat berlibur yang menawarkan pesona alam untuk melepas penat bisa berlibur kesana. Pilih saja tempat yang disukai sambil membawa tikar untuk piknik bersama rombongan keluarga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Hutajulu, Kec. Onan Ganjang, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

8. Air Terjun Sigota-Gota

Air Terjun Sigota-Gota
Image Credit: Google Maps #BgsdLu Lin

Nama Air Terjun Sigota-Gota mempunyai makna tersendiri untuk menghormati jasa leluhur yang telah membangun aliran disana. Air Terjun mengalir dengan jernih ke beberapa desa serta sering digunakan sebagai pengairan sawah. Penduduk juga tidak pernah kekurangan air karena aliran dari Sigota-Gota masih cukup lancar mulai dibangun hingga saat ini.

Pengunjung yang menginjakkan kaki di kawasan dapat melihat dua sisi Air Terjun. Sudut bagian barat tampak air yang turun melewati celah tebing. Lalu sebelahnya terlihat anak Air Terjun yang begitu indah dengan aliran yang tidak terlalu deras. Wisatawan dapat berjelajah ke sudut mana saja sambil mengabadikan setiap momen melalui potret kamera.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tipang, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Lae Une

Air Terjun Lae Une
Image Credit: Google Maps Christian Advs Sltg

Gemuruh Air Terjun Lae Une di dekat Danau Toba dipercaya mampu membuat pikiran lebih tenang saat liburan kesana. Air ini mempunyai panjang sekitar 10 meter dengan kedalaman 15 meter. Traveller yang suka bermain air dapat menyiapkan peralatan seperti pelampung agar lebih aman ketika berenang. Tetapi para tamu boleh pula sekedar duduk santai di gazebo sekitar.

Kawasan wisata tampak cantik karena Air Terjun pernah mengalami beberapa perbaikan. Pengunjung tidak akan sulit mencari beragam obyek foto untuk hunting saat liburan. Selain itu Anda bisa mencari spot mendirikan tenda atau hammock jika ingin bersantai sejenak. Hal inilah yang membuat setiap tamu lebih nyaman selama menghabiskan akhir pekan disana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kecupak I, Kec. Pergetteng Getteng Sengkut, Kab. Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun Binanga Bolon
Image Credit: Instagram @imemcore

Destinasi alam tersebut diambil dari bahasa Batak yang memiliki makna tertentu. Nama Binanga mempunyai arti sungai serta Bolon artinya besar. Disana tidak hanya Air Terjun dengan kolam penampungan yang cukup besar, namun tampak 2 aliran yang berdampingan. Setiap air itu memiliki debit yang deras dan biasa dengan tingkat yang berbeda.

Hamparan bukit hijau serta tanaman liar yang tumbuh di sekitar juga menjadi pesona lain dari Air Terjun Binanga Bolon. Biasanya pelancong yang ingin mencicipi bekal sering duduk di gazebo yang tidak jauh dari pohon. Kawasan wisata memang masih asri dengan lingkungan yang terlihat bersih. Anda pasti merasa nyaman saat piknik atau berenang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purba Dolok, Kec. Purba, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

Rekomendasi Air Terjun yang ada di sekitar Danau Toba memang cukup banyak. Aliran air pun banyak yang mengarah ke Danau Toba yang membuat destinasi selalu dipilih keluarga. Bersantai sambil menikmati alam di area pasti terasa begitu menyenangkan. Jadi Anda jangan ragu lagi untuk mengajak sejumlah keluarga pergi ke salah satu Air Terjun tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI