Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Pesona Wisata Alam Eksotis Nan Indah

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Pesona Wisata Alam Eksotis Nan Indah
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit merupakan salah satu destinasi yang cukup banyak diminati di Deli Serdang, Sumatra Utara. Air terjun ini sendiri awalnya berasal dari letusan Gunung Sibayak yang terjadi ratusan tahun yang lalu. Setelah itu mengalir dua aliran air terjun dengan warna yang berbeda yang menjadi cikal bakal nama objek wisata ini.

Tidak hanya namanya saja, temperatur dari air ini juga berbeda. Air terjun yang berada di bagian atas bertemperatur dingin, sementara di bagian bawah air terjunnya terasa lebih hangat. Perbedaan warna dan temperatur ini dikarenakan adanya kandungan fosfor dan belerang yang berbeda. Kandungan dalam air ini juga yang membuatnya berbahaya jika dikonsumsi.

Dengan suasana alam yang sangat indah dan masih terjaga, air terjun ini sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Lokasinya yang jauh dari perkotaan sehingga dapat menenangkan pikiran dan melepas penat. Pada saat musim libur, Air Terjun Dua Warna Sibolangit akan ramai pengunjung. Jika ingin suasana yang lebih sepi, maka dapat datang saat hari-hari biasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Dua Warna

Daya Tarik Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Twitter Parfum Cinta

Air Terjun ini sudah menjadi wisata andalan di Sibolangit, Deli Serdang. Hal ini tidak lepas dengan daya tarik yang dimilikinya. Meskipun untuk sampai ke lokasi air terjun harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, namun semua itu tidak membuat destinasi wisata ini sepi oleh pengunjung yang ingin melihat keindahannya.

1. Air Terjun

Keunikan dari wisata alam ini merupakan daya tarik yang banyak membuat pengunjung ingin datang dan melihat sendiri keindahannya. Seperti namanya, air terjun dengan ketinggian 1270 mdpl ini memiliki warna yang berbeda, yaitu biru yang memiliki temperatur yang dingin dan putih keabu-abuan yang memiliki temperatur lebih hangat.

Jumlah air terjunnya sendiri juga tidak hanya satu, tapi ada tiga. Semuanya jatuh di antara tebing batu yang tinggi. Dengan adanya tiga air terjun ini juga menambah keunikan serta daya tariknya. Jika satu air terjun saja sudah indah, adanya tiga air terjun membuat pengunjung semakin dimanja dengan keunikannya.

Tidak seperti air terjun lainnya, pengunjung dilarang untuk mengkonsumsi air di kawasan ini karena kandungannya yang berbahaya untuk tubuh. Meski begitu, pengunjung diperbolehkan untuk berenang dan berendam di kolam sepuasnya. Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan akan langsung terobati saat tubuh menyentuh air dengan temperatur yang berbeda.

2. Pemandangan Alam

Berada di tengah hutan, pemandangan alam di sekitar Air Terjun Dua Warna sangatlah indah dan asri. Ada banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar sehingga tampak menyegarkan mata. Pemandangan yang masih sangat alami ini sudah tentu akan membuat penat Anda terobati. Anda juga dapat merasakan kesegaran yang sekarang jarang ditemukan di perkotaan.

Tebing-tebing tinggi di sekitar air terjung juga tidak kalah mencuri perhatian. Perpaduan air yang jatuh dari atas ketinggian dengan tebing batu yang ditumbuhi lumut merupakan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan ini pula yang akhirnya membuat banyak pengunjung datang. Pesonanya tidak akan membuat pengunjung menyesal walaupun harus menempuh perjalanan panjang.

3. Spot Foto

Keindahan alam di kawasan ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk tempat berfoto. Pengunjung dapat menelusuri sekitar air terjun untuk dapat menemukan spot-spot yang menarik. Dengan keindahan alamnya yang masih alami, spot-spot foto yang ada di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi pengunjung yang senang berfoto di tengah alam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook Edysaputra

Air Terjun Dua Warna Sibolangit berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Lokasinya terletak tepat di kaki Gunung Sibayak. Jarak air terjun ini dari Kota Medan kurang lebih 75 kilometer. Sedangkan dari pusat kecamatan menuju lokasi harus menempuh perjalanan kaki selama 3 jam. Agar tidak kehilangan arah, akan lebih baik jika menggunakan jasa pemandu lokal.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, Anda dapat menuju Bumi Perkemahan Sibolangit yang ada di Kabupaten Karo. Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau sewa, bisa juga menggunakan bus antar kota dengan jurusan Kabanjahe. Sesampainya di bumi perkemahan, barunya memulai perjalanan kaki yang sangat menantang dengan tanjakan, turunan juga sungai-sungai kecil yang ada dalam hutan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dua
Image Credit: Facebook VISIT SUMUT

Air Terjun Dua Warna Sibolangit buka setiap hari, namun hanya dari pukul 07.00 hingga 17.00 saja kecuali jika Anda ingin berkemah. Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 25.000 saja, Anda sudah dapat berendam di air sambil melihat pemandangan alam yang sangat indah di sekitarnya.

Untuk menuju lokasi, Anda perlu masuk ke dalam hutan dan berpetualang. Agar tidak tersesat, Anda juga dapat meminta jasa dari pemandu lokal. Tarif jasa pemandu ini sekitar Rp 100.000 sampai Rp 300.000, namun harga ini dapat dikomunikasikan dan juga disesuaikan juga dengan jumlah rombongan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Dua Warna

Kegiatan Menarik Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Twitter Letsgonesia

Meskipun berada di tengah hutan dengan fasilitas yang minim, namun tidak akan mengurangi kegiatan-kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Jika Anda memiliki hobi berpetualangan dan menyukai alam, maka air terjun ini menjadi destinasi wisata yang harus Anda kunjungi dan melakukan berbagai kegiatan yang menarik.

1. Tracking

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Dua Wana Sibolangit, Anda harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Selain itu, perjalanan ini juga sangat menantang. Dengan begitu, jika Anda memang menyukai perjalanan yang menantang, datang ke air terjun ini bisa menjadi alternatif pilihan. Pemandangan di sepanjang perjalanan juga sangat memanjakan mata.

Air terjun ini berada di hutan hujan tropis yang sangat seru untuk ditelusuri. Hutan yang masih sangat alami tampak sangat eksotis, membuat kegiatan tracking Anda tidak akan terasa melelahkan. Apalagi jika sudah sampai di lokasi, Anda akan merasakan lelah yang langsung hilang karena keindahan alam yang akan menyambut Anda.

2. Berendam

Sampai di air terjun, tentu saja akan sangat sayang jika tidak berendam di kolam air terjun. Kolam ini tidak terlalu dalam, namun tetap memuaskan sebagai tempat untuk berendam. Jika tidak puas berendam, Anda juga dapat berenang atau sekedar bermain air di sekitar air terjun. Namun, perlu diingat untuk tidak meminum air yang memiliki kandungan yang cukup berbahaya untuk tubuh.

Anda juga dapat merasakan perbedaan temperatur di air kolam. Jika ingin menikmati air yang segar, maka tinggal menuju air berwarna biru. Sementara jika ingin berendam di air yang lebih hangat, maka dapat menuju ke air yang berwarna putih keabu-abuan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Google Maps Dedek Gunawan

3. Berkemah

Kawasan air terjun ini merupakan tempat yang cocok untuk berkemah. Anda dapat juga melakukan aktivitas lainnya seperti menyalakan api unggun dan lain sebagainya. Anda dapat merasakan keseruannya bermalam di tengah-tengah suasana alam sambil mendengarkan suara air terjun yang menenangkan pikiran.

Meski demikian, minimnya fasilitas membuat Anda harus mempersiapkan bekal yang cukup. Anda tidak akan menemukan warung-warung sehingga perlengkapan serta logistik yang diperlukan harus benar-benar lengkap sebelum menuju lokasi. Selain itu, berkemah di kawasan ini harus tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan tetap terjaga.

4. Berfoto

Berada di tempat wisata dengan alamnya yang indah, mengabadikan momen memang sangat penting. Anda dapat mencari spot foto terbaik di kawasan air terjun ini. Cukup mudah karena kawasan ini memang memiliki spot foto alami yang banyak tersebar. Bagi Anda yang hunting foto, destinasi air terjun ini pasti akan memuaskan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Air Terjun Dua
Image Credit: Google Maps Ageng Raditya

Air Terjun Dua Warna Sibolangit menjadi tempat wisata yang saat ini cukup populer dan memiliki banyak pengunjung terutama saat musim liburan. Sayangnya, tidak banyak fasilitas-fasilitas umum untuk pengunjung yang ada di kawasan ini. Hal ini dikarenakan lokasi air terjun ini berada di dalam hutan sehingga hanya menyajikan pemandangan alam yang asri dan alami.

Tidak tersedia tempat-tempat umum seperti kamar mandi atau warung-warung makanan. Karena perjalanan menuju air terjun cukup menguras tenaga, maka lebih baik untuk membawa bekal sebelum datang. Anda dapat menikmati makanan dan minuman yang Anda bawa sebelumnya di antara hutan-hutan alam yang indah.

Kawasan air terjun ini memiliki lahan landai yang dapat digunakan untuk membangun tenda. Pengunjung harus menyiapkan sendiri peralatan untuk berkemah, termasuk juga dengan logistik. Kawasan ini sangat bersih dan masih sangat alami, sehingga pengunjung sudah seharusnya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit menjadi destinasi wisata yang cukup unik dengan perbedaan warna airnya. Menjadi tempat wisata favorit, air terjun ini juga memiliki keindahan alam yang akan memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Meskipun tidak ada fasilitas yang memadai, namun Anda akan dibawa kembali ke alam.