Pesona Air Terjun Gulamo, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Kampar

Pesona Air Terjun Gulamo, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Kampar
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Riau merupakan salah satu kota di Pulau Sumatera dengan memiliki berbagai tempat destinasi yang indah. Beberapa diantaranya bahkan telah terkenal sampai ke luar kota. Destinasi ini meliputi perairan seperti laut, kebun binatang, danau atau destinasi lain yaitu air terjun. Salah satu air terjun yang menawan yaitu Air Terjun Gulamo di Kampar.

Air terjun yang berada di daerah Kampar ini memiliki pesona keindahan yang menarik. Bukan tidak mungkin, letaknya cukup jauh dari pusat kota yang bahkan tidak strategis serta susah di perjalanan tetapi kelelahan perjalanan akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang memiliki air sungai hijau.

Air terjun ini berada di bagian ujung dari Sungai Gulamo. Sebelum mendatangi air terjun, anda harus naik perahu mengitari danau terlebih dahulu. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar air terjun yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini ada beberapa ulasan menarik tentang air terjun ini, simak yuk!

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Gulamo

Daya Tarik Air Terjun Gulamo Kampar
Image Credit: Instagram Bangkinang Info & Sekitarnya

1. Pesona Air Terjun

Gulamo merupakan salah satu air terjun yang berada di daerah Kampar, tepatnya berada di Bukit Barisan. Bukit Barisan memang sudah terkenal dengan banyaknya hamparan sungai dan air terjun yang membentuk keindahan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 sampai dengan 5 meter di atas permukaan air.

Air Terjun Gulamo di kelilingi oleh pepohonan-pepohonan yang rimbun dengan khas warna hijau. Di air terjun terdapat bebatuan sedimen yang berwarna kecoklatan. Bebatuan ini yang membentuk air terjun. Air ini meluncur dari perbukitan yang asri sehingga masih sangat alami dan natural. Sangat cocok untuk berantai di antara air terjun.

Ketika arus air terjun turun menghantam ke tengah-tengah tebing batu besar. Bunyinya tidak terlalu keras tapi cukup terdengar oleh para pengunjung yang berada di sekitar. Debur air yang menghantam bebatuan ini terus mengalir ke sungai tepi bawah yang memiliki arus bersahabat, sungai ini adalah sungai Gulamo.

Sungai yang berada di tepi bawah Air Terjun Gulamo membentuk seperti sebuah kolam dengan air yang tenang, kemudian air ini terus mengalir ke aliran sungai yang akan terus menyempit sampai berada ke danau. Aliran air mengikuti irama. Pengunjung bisa mendengar gemericik aliran air yang turun ke sungai dengan khusyuk.

Di sekitar air terjun terdapat bebatuan yang berwarna kecoklatan dengan bermacam-macam bentuk. Ada batuan yang dapat di pegang, bahkan juga ada bebatuan yang dapat diinjak dan dinaiki. Berada di bebatuan membuat spot pemandangan yang menarik dengan menghadap langsung ke arah air terjun.

Anda dapat merasakan keindahan air terjun dengan menaiki beberapa bebatuan tersebut. Ada bebatuan kecil yang dapat dilompati kesana kemari. Menaiki bebatuan merupakan aktivitas pengunjung yang banyak diminati. Sambil merasakan keindahan air terjun yang memanjakan mata.

Tinggi air terjun ini hanya sekitar 3 sampai 5 meter yang artinya, pengunjung dapat berada di tepi bawah air terjun. Merasakan dinginnya air perbukitan asli menyentuh tubuh. Suasana yang menarik ini hanya dapat dirasakan dengan sensasi yang berbeda di air terjun ini.

Di sekitar Air Terjun Gulamo juga ditumbuhi rumput-rumput yang menghijau. Rumput ini tumbuh dengan subur secara alami. Selain rumput, terdapat juga tanaman lumut yang tumbuh di beberapa bebatuan besar. Tanaman ini sangat subur karena selalu lembab di basahi air terjun.

Sementara itu, Di sekeliling air terjun juga terdapat pepohonan. Pohon-pohon yang menghijau tumbuh secara subur, alami dan terlihat rapi. Pohon-pohon yang rindang ini sangat rimbun. Sekitar air terjun disuguhkan dengan udara segar khas perbukitan dan ditambah suara keras air terjun yang menghantam bebatuan.

2. Pesona Danau yang Menyatu ke Sungai

Air terjun yang berada di penghujung danau Gulamo, yang mengalir di sungai Gulamo. Selain itu, air terjun ini merupakan kesatuan dari Bukit barisan. Pesona danau tersebut juga menarik untuk menjadi daya tarik wisata anda kali ini dengan khas pemandangan yang menghijau.

Danau tersebut merupakan danau buatan dari PLTA. Saat menyusuri danau sebelum sampai ke air terjun. Pengunjung dapat melihat air danau yang jernih dengan pemandangan yang menghijau di sekitar perbukitan. Di sekeliling danau juga terdapat pohon-pohon besar yang sengaja direndam ke bawah oleh pihak PLTA.

Pohon ini direndam saat awal pembuatan danau. Danau memiliki air yang tenang dan damai. Di sekitar air ini juga terdapat ikan-ikan yang berenang. Saat menyusuri danau, anda dapat melihat beberapa penduduk setempat mencari ikan dengan memancing menggunakan perahu masing-masing.

Danau tersebut juga di kelilingi dengan perbukitan. Perbukitan ini nantinya juga bertemu di air terjun. Bukit yang menghijau ditumbuhi oleh tanaman-tanaman khas bukit dengan pepohonan yang rimbun. Di bukit juga terdapat hewan-hewan yang berkembang biak, seperti serangga pohon, semut besar, bahkan ular berbisa.

Karena kondisi bukit yang masih asri dan jarang terjamah oleh manusia, hewan-hewan ini tetap hidup secara alami. Pengunjung juga akan melihat adanya kicauan dari burung-burung yang berada di sekeliling pohon sambil menari mengepakkan sayap bersama dengan kawanannya.

Sungai Gulamo memiliki air yang jernih dengan warna kehijauan. Air ini juga menyebar sampai ke air terjun. Air jernih bahkan pengunjung dapat melihat kondisi di dalam pedalaman air sungai.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Gulamo Kampar
Image Credit: Instagram Riau Expo

3. Pemandangan Sunset Sore

Air Terjun Gulamo juga menyajikan langit jingga yang menawan. Pengunjung dapat melihat pesona langit di sore hari. Terdapat beberapa spot yang bagus untuk diabadikan, terlebih di bawah air terjun langsung. Menikmati keindahan sore hari dari balik bebatuan besar dan perbukitan hijau air terjun.

Banyak juga pengunjung yang sengaja menunggu sore hari hanya demi untuk melihat langit jingga. Suasana ini justru sangat menarik. Anda dapat juga berkunjung dengan keluarga sambil menikmati pemandangan dan aura sunset. Biasanya wisatawan memilih duduk di atas batu sambil menunggu matahari terbenamkan oleh langit.

4. Destinasi Menenangkan dan Tentram

Air Terjun Gulamo yang menampilkan pesona menarik ini dapat menjadi pelipur lara untuk kelelahan dalam beraktivitas anda. Suasana yang tentram dan damai di air terjun menambah ketenangan. Bukan tidak mungkin, air terjun ini merupakan salah satu destinasi untuk melepas stress di kota metropolitan dengan polusi di mana-mana.

Pengunjung dapat merasakan keindahan air terjun yang dihiasi pepohonan yang rindang. Air terjun ini sekilas berwarna hijau dengan air yang juga kehijauan hal ini terjadi karena pantulan cahaya dari pepohonan yang menyentuh bebatuan. Susana tenang. Suara yang didengar hanya dari runtuhan air terjun atau kicauan burung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Gulamo Kampar
Image Credit: Google Maps selebkampar_ 

Wisata alam dengan pesona yang menyejukkan ini hanya dapat dikunjung di Provinsi Riau, tepatnya berada di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Lokasi Air Terjun Gulamo ini berada di kawasan PLTA Koto Panjang.

Waktu tempuh perjalanan dari pusat titik kota Pekanbaru menuju ke lokasi wisata air terjun adalah sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan di darat dan di air. Rutenya dari kota Pekanbaru menuju ke daerah danau PLTA. Waktu tempuh ke daerah danau PLTA tersebut adalah 2 jam di perjalanan, dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah sampai di danau PLTA, pengunjung meneruskan perjalanan dengan menyeberangi danau dan berjalan di sungai gulamo sampai menuju ke titik air terjun dengan menggunakan sewa perahu pompong sekitar kurang lebih 1 jam di perjalanan air.

Biasanya perahu ini muat menampung sampai sembilan orang dengan dilengkapi dengan alat pelampung yang dapat dipakai pengunjung. Selama perjalanan air, pengunjung dapat melihat pesona danau dengan pemandangan yang menghijau ditambah air yang jernih.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Gulamo

Tiket Air Terjun Gulamo Kampar
Image Credit: Google Maps Pak Say

Sebenarnya Air Terjun ini tidak mempunyai harga tiket masuk sama sekali yaitu gratis. Akan tetapi karena akses ke air terjun harus menggunakan perahu, jadi pengunjung dibebankan biaya perahu pompong yang sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas sebesar Rp 500.000 sampai dengan Rp 750.000 untuk pulang pergi.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, Air Terjun Gulamo Kampar ini dibuka dari Hari Sabtu sampai dengan hari Kamis pada pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 WIB sore dan tutup pada Hari Jum’at.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Gulamo

Aktivitas Air Terjun Gulamo Kampar
Image Credit: Instagram Gulamo Kampar

1. Berenang

Wisatawan dapat berenang di sekitar air terjun, pada sungai yang mengalir dengan jernih. Berenang dengan bebas sambil menikmati indahnya bawah sungai dirasakan dengan dinginnya air sungai.

2. Loncat dari Tebing

Bagi yang suka melakukan aktivitas menantang patut mencoba hal ini. Di sekitar Air Terjun Gulamo terdapat tebing yang menjulang tinggi mengarah ke sungai, anda dapat meloncat dari tebing itu untuk meluncur ke sungai.

3. Bersantai di Air Terjun

Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan air terjun. Bersantai dengan duduk di atas bebatuan besar sambil menatap indahnya air terjun yang turun ke tepi bawah batu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Gulamo Kampar
Image Credit: Twitter RiauOnline

Karena lokasi Air Terjun Gulamo yang berada jauh dari pemukiman jadi untuk fasilitasnya masih kurang memadai. Tidak terdapat toilet atau warung-warung yang tersedia di sekitar.

Tetapi, pengunjung diberi kebebasan untuk menyewa perahu yang akan mengantar anda berkeliling di sungai Gulamo sampai ke air terjun selama seharian penuh. Di atas perahu pengunjung juga diberi makanan dan minuman mengingat lamanya perjalanan menuju lokasi.

Air terjun ini untuk ke depannya mungkin akan semakin dikembangkan, terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke air terjun menikmati keindahan alam.

Air Terjun Gulamo merupakan salah satu air terjun terindah di Kabupaten Kampar, Riau, dengan menampilkan keindahan air terjun dibalut dengan pemandangan sekitar yang menarik tentu dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi!

REKOMENDASI DESTINASI