10 Air Terjun Cantik di Kampar yang Wajib Anda Kunjungi

10 Air Terjun Cantik di Kampar yang Wajib Anda Kunjungi

Kabupaten Kampar yang berada di Provinsi Riau menyimpan beragam tempat wisata alam dengan nuansa yang masih sangat alami. Salah satu wisata alam disana adalah air terjun. Ada banyak air terjun yang menawarkan keindahan serta keunikan masing-masing. Bahkan, panorama yang disuguhkan tiada duanya.

Meskipun termasuk kabupaten paling tua yang ada di Provinsi Riau, namun kabupaten yang lokasinya berbatasan dengan salah satu kota populer, Kota Pekanbaru, justru memiliki potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Penduduk sekitar dan wisatawan dari luar daerah pun tertarik untuk mengunjunginya.

Letak beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Kampar masih belum banyak diketahui wisatawan dari luar daerah karena lokasinya yang tersembunyi. Namun tidak sedikit juga wisatawan sengaja datang untuk explore wisata alam yang lokasinya sulit diakses ini karena memang memiliki panorama lama yang indah.

1. Air Terjun Alahan

Air Terjun Alahan
Image Credit: Facebook Desriani Lubis

Tempat wisata berupa air terjun ini berlokasi di tepian atau hulu Sungai Kampar. Disana terdapat beragam flora khas Riau yang dapat tumbuh dengan subur. Ketinggiannya kurang lebih 15 meter dengan pepohonan hijau dan bebatuan yang mengelilinginya membuat pesona tempat ini terlihat begitu eksotis.

Tak hanya keberadaan flora saja yang memberikan nuansa Air Terjun Alahan begitu alami, namun disana juga hidup beraneka ragam fauna yang bebas berkeliaran di kawasan tersebut. Menariknya, di tempat ini disediakan fasilitas arung jeram menggunakan perahu yang didesain khusus untuk arung jeram. Sungai di bawah air terjun begitu menarik dan seru untuk diarungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

2. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Twitter SAYA RIAU

Batang Kapas dikenal sebagai air terjun paling tinggi yang ada di bagian tengah Pulau Sumatera. Ketinggiannya mencapai sekitar 150 meter dan lokasi wisata ala mini berada di Desa Lubuk Bigau. Hal menarik di tempat ini adalah setiap sudutnya nampak begitu indah karena kealamiannya masih sangat terjaga.

Keberadaan air terjun dikelilingi oleh hutan yang masih perawan dengan flora serta fauna yang hidup di kawasan wisata ini. Di antara air terjun terdapat bukit yang tampak seperti beragam ukiran hasil buatan manusia. Ukiran tersebut membentuk sebuah relief yang garisnya terbuat dari lapisan batu.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

3. Air Terjun Putri Khayangan

Air Terjun Putri Khayangan
Image Credit: Facebook Rizal Veto(atang)

Kabupaten Kampar memiliki destinasi alam yang pernah viral yakni Air Terjun Putri Khayangan. Lokasinya terletak di Desa Tanjung dan dikenal dengan ‘surga tersembunyi’ karena keberadaannya yang sulit diakses. Siapapun yang ingin mengunjungi surga tersembunyi ini membutuhkan nyali dan perjuangan besar.

Rute yang bisa ditempuh para wisatawan maupun penduduk sekitar untuk bisa sampai di air terjun ini yakni melalui Desa Tanjung terlebih dahulu. Dari desa tersebut kemudian harus menaiki sampan lalu berjalan kaki untuk menyusuri jalan yang hanya setapak di pinggiran hutan dan juga pinggiran sungai berbatu.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Air terjun ini memiliki dua aliran yang mengalir dan jatuh melalui dinding bebatuan. Pengunjung yang mahir berenang pun bisa menikmati segarnya air sambil melompat dari bebatuan di lokasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Pekanbaru, Desa Tabing, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

4. Air Terjun Tambang Murai

Air Terjun Tambang Murai
Image Credit: Facebook I Nengah Sadiarta

Keindahan alam yang disuguhkan Air Terjun Tambang Murai begitu memukau meskipun akses jalan menuju ke lokasi terbilang sulit. Lokasi wisata ala mini terletak di Kabupaten Kampar, tepatnya di Desa Koto Mesjid. Untuk menuju ke lokasi, para wisatawan maupun penduduk sekitar membutuhkan transportasi perahu atau kapal.

Selain menggunakan perahu atau kapal, Anda harus berjalan kaki agar bisa sampai ke lokasi wisata alam ini. Yang menarik dari tempat ini yakni udara disana sangat bersih karena adanya banyak pepohonan yang mengelilinginya. Selain itu, di sisi air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 17 meter ini terdapat goa kecil.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

5. Air Terjun Kaboko

Air Terjun Kaboko
Image Credit:  Instagram CeritaAlam

Air terjun yang berlokasi di Desa Lipat Kain Selatan ini lokasinya tersembunyi sehingga masih sangat asri dan alami belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Perjalanan menuju ke lokasi bisa melalui Kota Pekanbaru dengan estimasi waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Sesampainya di Desa Lipat Kain Selatan, perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit bisa dilanjutkan untuk bisa sampai ke lokasi. Sungai Kaboko yang mengalir di bawah air terjun dan dihiasi dengan bebatuan alam seolah menyambut para wisatawan yang datang berkunjung dengan hangat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lipat Kain Selatan, Kec. Kampar Kiri, Kab. Kampar, Riau.

6. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan
Image Credit: Facebook SOAL RIAU

Di Kabupaten Kampar tepatnya Desa Tanjung terdapat Air Terjun Panisan yang berjarak sekitar 123 kilometer diukur dari ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Akses jalan menuju ke lokasi sudah beraspal dan jalanannya mulus sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir akan jalanan yang berlumpur dan berlubang. Ketinggian air terjun kurang lebih 50 meter dengan suguhan panorama alam berupa pepohonan hijau yang rindang, sungai kecil, dan Bukit Barisan menjulang tinggi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

7. Air Terjun Batu Tilam

Air Terjun Batu Tilam
Image Credit:  Instagram DreaM_KTSS

Destinasi wisata alam terbaru yang ada di Kabupaten Kampar ini pada mulanya ditemukan pada tahun 2009, tepatnya akhir tahun. Warga desa setempat lah yang pertama kali menemukan lokasinya. Tahun 2015 penjelajahan keberadaan lokasi air terjun dilanjutkan kembali dengan didampingi oleh tokoh masyarakat. Lokasi wisata alam ini tepat berada di Desa Kebun Tinggi, di mulut goa yang ada di dinding bagian puncak Bukit Barisan. Bukit tersebut melintas melalui Kabupaten Kampar.

Pemandangan di kawasan air terjun masih sangat asri dan udara disana terasa sangat sejuk karena dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau. Jadi, lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang jenuh dengan suasana kota yang bising. Anda pun bisa mengambil foto sesuka hati di spot-spot yang sangat natural.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

8. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Twitter Rifqy Faiza Rahman (Mas Papan)

Air Terjun Batu Dinding yang terletak di Desa Tanjung memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Perjalanan menuju ke lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam melalui Kota Pekanbaru. Dari Kota Pekanbaru para wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Lipat Kain sejauh 72 km untuk menuju ke lokasi.

Bagi Anda yang baru kesini, maka wajib untuk mempersiapkan berbagai hal dengan matang. Pasalnya, lokasi air terjun cukup jauh. Pastikan semua hal khususnya kendaraan yang Anda bawa dalam kondisi baik serta usahakan untuk mengisi bahan bakar secara full karena di perjalanan akan sangat jarang ditemui tempat pengisian bahan bakar.

Meski membutuhkan perjuangan yang ekstra, sesampainya di lokasi Anda akan disuguhkan pemandangan alam sekitar yang indah dan asri. Anda juga bisa menikmati segarnya dengan berenang di bawah guyuran air.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

9. Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo
Image Credit: Twitter Karya Riau

Di Desa Tanjung Alai yang terletak di Kabupaten Kampar terdapat Air Terjun Pulo Simo yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara. Wisata alam Pulo Simo ini sudah populer di kalangan para wisatawan.

Hal yang menarik dari air terjun ini adalah para wisatawan bisa berenang dan melompat dari bebatuan dengan aman. Ketinggiannya sendiri sekitar 12 meter dengan kedalaman air sekitar 5 meter. Jadi, jika ingin menikmati dinginnya air, pastikan Anda mahir berenang. Selain itu, disini juga telah disediakan kamar ganti pakaian, meski masih sangat sederhana.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Anda harus melakukan perjalanan selama 2,5 jam dari pusat kota Pekanbaru. Bagi yang menggunakan mobil, Anda harus berjalan sekitar 200 hingga 300 meter dari lokasi parkir mobil. Sedangkan bagi pengendara motor Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai di sebuah warung di sekitar lokasi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

10. Air Terjun Batu Hidung

Air Terjun Batu Hidung
Image Credit: Instagram VIA DEA

Destinasi alam yang berada di Desa Tanjung bisa dikunjungi dengan menggunakan perahu bermesin berukuran kecil. Penduduk setempat lah yang mengemudikan perahu tersebut. Menariknya, air terjun Batu Hidung setinggi 20 meter ini dikelilingi oleh pepohonan hijau dan bebatuan besar sehingga menciptakan suasana asri.

Nama air terjun ini berasal dari kontur tebing bebatuan yang ada di sekitar lokasinya yang sangat mirip dengan hidung. Anda bisa menikmati segarnya air dengan berenang di sekitar lokasi. Uniknya, tempat ini juga berdekatan dengan air terjun lain yakni Putri Khayangan. Jaraknya hanya sekitar 20 meter dari Batu Idung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Itulah beberapa wisata air terjun yang cantik di Kabupaten Kampar. Beberapa air terjun tersebut mempunyai keunikan masing-masing. Meskipun akses jalan menuju ke beberapa lokasi wisata alam masih belum bagus, namun pemandangan yang disuguhkan begitu memanjakan mata.