15 Air Terjun Cantik & Hits di Provinsi Lampung

15 Air Terjun Cantik & Hits di Provinsi Lampung

Lampung yang merupakan provinsi paling selatan Pulau Sumatra memiliki berbagai macam destinasi wisata alam, seni dan budaya, juga memiliki Taman Nasional Way Kambas yang menjadi tempat perlindungan gajah. Jika Anda berada di Lampung, Anda dapat mendatangi banyak sekali pilihan destinasi wisata yang tidak akan membuat Anda bosan.

Salah satu destinasi wisata alam yang banyak tersebar di Lampung adalah air terjun. Anda dapat memulai petualangan Anda dengan mengunjungi deretan air terjun cantik di provinsi ini. Tempat yang eksotis dapat menjadi spot yang bagus untuk menghabiskan waktu menikmati alam bebas atau berburu foto-foto cantik.

Memang ada banyak sekali air terjun yang tersembunyi di Lampung. Semakin jarang terjamah, maka semakin alami dan indah pula tempatnya. Anda air yang jernih dan juga pemandangan sekitar yang akan memanjakan Anda, wisata air terjun bisa menjadi tempat yang cocok untuk menyegarkan badan dan menenangkan pikiran. Berikut rekomendasi air terjun yang menarik dijelajahi di Provinsi Lampung.

1. Air Terjun Curup Gangsa

Air Terjun Curup Gangsa
Image Credit: Google Maps (Yopie Frasz)

Air Terjun Curup Gangsa merupakan destinasi wisata alam yang baru saja dibuka. Air terjun ini cukup tersembunyi sehingga keindahan alamnya masih terjaga. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan air terjun ini. Apalagi, tersedia bumi perkemahan sehingga Anda dapat mendirikan tenda dan bermalam di alam bebas.

Air terjun ini berada di ujung barat laut Lampung. Berada di Kabupaten Way Kanan, perjalanan yang harus ditempuh jika Anda berada di Bandar Lampung kira-kira menghabiskan waktu 4 sampai 5 jam. Sepanjang perjalanan, Anda akan menyusuri perkampungan dan juga perkebunan yang memanjakan mata. Tiket masuk hanya Rp5.000 per orang, namun Anda akan mendapat fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Way, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung.

2. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Instagram.com @waykananesia

Air Terjun Putri Malu saat ini menjadi cukup populer di kalangan pecinta wisata alam. Dengan ketinggian 100 meter di atas permukaan laut, air terjun ini memberikan pesona keindahan alam yang sangat mempesona. Dikelilingi dengan pepohonan, kawasan di sekitar air terjun terasa sangat alami dan asri, membuat Anda akan merasa nyaman menghabiskan waktu di tempat ini.

Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Banjit, Way Kanan. Lokasi Air Terjun Putri Malu cukup jauh dari perkampungan dan cukup sulit dijangkau, namun menyajikan pemandangan dari perkebunan warga dan hutan tropis di sekitarnya yang masih asri. Jika Anda berada di Lampung, maka destinasi wisata ini harus Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjit, Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.

3. Air Terjun Way Tayas

Air Terjun Way Tayas
Image Credit: Instagram.com @triferdi1731

Air Terjun Way Tayas berada di Kabupaten Lampung Selatan, merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Raja Basa. Air terjun ini masih alami dengan pepohonan di sekitarnya. Debit airnya kadang juga menimbulkan pelangi yang indah. Menuju lokasi, Anda harus menyusuri sungai yang bebatuannya cukup licin namun sepadan dengan pemandangan alam yang akan memanjakan mata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

4. Air Terjun Rejosari

Air Terjun Rejosari
Image Credit: Instagram.com @luckyferdianto_

Air Terjun Rejosari menjadi destinasi wisata yang terkenal. Hal ini karena wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Berada di Kabupaten Lampung Selatan, air terjun ini unik karena bentuknya yang melebar dan tidak terlalu tinggi. Karena itu air yang jatuh tampak melebar saat tumpah dari ketinggian.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rejosari, Kec. Natar, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

5. Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu Putu
Image Credit: Instagram.com @gusphots

Air Terjun Batu Putu berada di tengah kota, namun memiliki keunikannya sendiri. Untuk mencapai lokasi, Anda harus menyusuri jalan setapak dan menuruni anak-anak tangga di antara pepohonan yang rindang. Air terjun ini sendiri memiliki panorama yang indah. Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini cukup deras, namun dapat menyegarkan badan pikiran Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

6. Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi
Image Credit: Instagram.com @hasanjunior222

Air Terjun Lembah Pelangi memiliki keunikannya karena pembiasan dari air terjun yang terkena bebatuan dan sinar dari matahari memunculkan pelangi yang indah. Suara deburan air terjun juga memberikan sensasi yang menyejukkan. Memiliki dua tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, air terjun ini memberikan kesan eksotis yang sulit untuk dilupakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamaju, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus, Lampung.

7. Air Terjun Penantian

Air Terjun Penantian
Image Credit: Instagram.com @rahmat.aveiro

Air Terjun Penantian memiliki 5 tingkatan dengan tinggi yang bervariasi. Tingkatan ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, air yang mengalir akan menciptakan embun di bebatuan dan pohon-pohon di sekitarnya sehingga membuat pemandangan menjadi begitu memikat mata dan kesejukannya akan membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di kawasan wisata ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Way Papak, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

8. Air Terjun Talang Kenyanguan

Air Terjun Talang Kenyanguan
Image Credit: Direktoripariwisata.id

Air Terjun Talang Kenyanguan menjadi salah satu dari banyak air terjun cantik di provinsi ini yang tak boleh dilewatkan. Apalagi destinasi wisata ini menyajikan spot-spot cantik bagi para pecinta fotografi. Air terjun ini juga memiliki kolam yang dikelilingi oleh tebing dan pepohonan seperti payung alami, membuat Anda dapat berendam sambil menyegarkan badan dan pikiran di dalamnya.

Kolam di bawah air terjun ini cukup dangkal sehingga aman untuk berendam atau berenang. Airnya juga sejuk dan jernih. Meski dangkal, kesegaran air akan membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di kolam ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Setia, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Barat, Lampung.

9. Air Terjun Lestari

Air Terjun Lestari
Image Credit: Instagram.com @si_nine

Air Terjun Lestari merupakan destinasi wisata yang sangat dijaga kelestariannya oleh masyarakat sekitar. Di kawasan ini, Anda dilarang membuang sampah atau membuat api unggun terutama saat musim kemarau untuk menghindari kebakaran hutan. Karena kelestariannya yang masih terjaga, air terjun ini menjadi destinasi wisata yang masih alami dan asri.

Air terjun dengan ketinggian 30 hingga 35 meter ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Gemericik airnya juga sangat menenangkan. Di kawasan air terjun ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat memakan bekal bersama rombongan, asal tetap menjaga kebersihan, atau berfoto sambil menunggu sunset.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Batu, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

10. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan
Image Credit: Google Maps (Daniel)

Air Terjun ini berada di kaki Gunung Tanggamus. Merupakan air terjun yang tersembunyi namun menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini memiliki banyak bebatuan besar. Air terjun turun menuju air kolam yang besar lalu mengalur ke sungai yang tidak terlalu dalam namun airnya sangat jernih. Banyak pengunjung yang berenang di sungai ini karena cukup aman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Baru, Kec. Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus, Lampung.

11. Air Terjun Sinar Tiga

Air Terjun Sinar Tiga
Image Credit: Instagram.com @irwanfauzi1

Air Terjun Sinar Tiga memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, namun debit airnya tidak terlalu besar. Suasana di sekitar air terjun sangat sejuk dan pemandangan di sekitar sangat indah. Air terjun ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Meski berpotensi, namun wisata ini belum ada yang mengelola sebagai destinasi wisata, bahkan parkir kendaraan juga menumpang di rumah warga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sinar Tiga, Harapan Jaya, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

12. Air Terjun Bakoman

Air Terjun Bakoman
Image Credit: Facebook.com @deniindra.saputra.129

Air Terjun Bakoman juga merupakan air terjun yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Karena itulah kawasan ini masih asri dan tenang. Memiliki struktur bebatuan yang unik dengan diapit oleh tebing dengan bentuk kotak memanjang dan air dari ketinggian membuat pengunjung sangat nyaman menghabiskan waktu di kawasan air terjun ini karena pemandangannya yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus, Lampung Selatan.

13. Air Terjun Curup Tujuh

Air Terjun Curup Tujuh
Image Credit: Google Maps (An Mo)

Seperti namanya, Air Terjun Curup Tujuh memiliki 7 tingkatan. Jika ditotal, ketinggian air terjun ini mencapai 75 meter menuju aliran Sungai Way Seputih. Air terjun ini berada di kawasan Hutan Lindung Register 39. Karena itu tempanya sangat sejuk karena berada di tengah-tengah hutan dengan pepohonan tropis di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marga Jaya, Kec. Selagai Lingga, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

14. Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang
Image Credit: Instagram.com @ewin_piyoe_wesuiranangalaz

Air Terjun Ciupang berada tidak jauh dari pemukiman warga sehingga untuk mencapai lokasi, Anda akan menyusuri rumah-rumah milik warga. Setelahnya Anda harus menaiki anak tangga yang cukup curam dan licin. Jalan setapak ini dikelilingi dengan pepohonan rindang sehingga perjalanan Anda tidak akan terasa melelahkan.

Air terjun Ciupang ini memiliki aliran air yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air yang turun akan mengalir melewati bebatuan tebing sehingga tampak berundak-undak. Dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, debit air yang tidak terlalu deras ini menghasilkan bunyi air yang berbeda-beda dan sangat menenangkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Kec. Hutan, Kab. Pesawaran, Lampung.

15. Air Terjun Talang Ogan

Air Terjun Talang Ogan
Image Credit: Facebook.com @JackBikerdotcom

Air Terjun Talang Ogan menjadi destinasi wisata yang tersembunyi namun berpotensi karena keindahan alamnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki air yang sangat jernih bahkan meski saat musim penghujan. Ditambah dengan susunan batu dan batang-batang pohon yang membuat aliran air jatuh dengan sangat indah.

Tidak jauh dari air terjun, terdapat pepohonan bambu. Di tepiannya juga dibangun jembatan bambu yang digunakan sebagai akses jalan bagi warga. Jembatan ini bisa jadi menjadi ikon sangat khas. Jika Anda ingin ke air terjun, Anda juga harus melewati hutan-hutan dan perkebunan kopi. Dengan suara-suara hewan khas hutan, petualangan Anda akan terasa menyenangkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tl. Ogan, Talang Beringin, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus, Lampung.

Itulah daftar rekomendasi air terjun terindah di provinsi Lampung, dimana sebagian besar masih tersembunyi sehingga tidak banyak dijamah oleh tangan manusia. Semakin tersembunyi, air terjun akan memberikan keindahan panorama dan keasrian yang masih alami. Jika Anda menyukai wisata alam dan petualangan, maka Anda dapat mengunjungi berbagai wisata alam di Lampung ini.