7 Air Terjun Cantik di Palembang yang Wajib Anda Kunjungi

7 Air Terjun Cantik di Palembang yang Wajib Anda Kunjungi

Liburan salah satu agenda wajib yang mesti dilakukan untuk kembali mencharger tubuh yang lelah setiap hari dipakai untuk bekerja. Jika bosan dengan city tour ada baiknya mencoba liburan wisata alam. Bagi yang sedang berada di Palembang datangi berbagai destinasi wisata kerennya mulai dari tempat sejarah, sampai bangunan ikonik.

Palembang terkenal dengan makanan khasnya berupa pempek, kota ini menjadi Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Selatan dan dahulu juga berperan sebagai Ibu Kota Kerajaan Sriwijaya lho. Selain terkenal sebagai kota bersejarah, Palembang ternyata juga menyimpan kekayaan alam berupa air terjun yang cantik dan menarik.

Deretan air terjun indah ini jadi salah satu daya tarik bagi pariwisata di Palembang. Ada berbagai jenis air terjun yang bisa didatangi, masing-masing air terjun punya karakteristik dan daya tarik yang unik dan berbeda. Berikut adalah rekomendasi air terjun cantik yang ada di Palembang yang siap memanjakan mata Anda.

1. Air Terjun Embun

Air Terjun Embun
Image Credit: Twitter Pesona Sriwijaya

Cughup embun jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Pagaralam. Cughup ini punya kondisi lingkungan yang segar karena memang lokasinya yang berada di Kaki Gunung Dempo. Air yang mengalir di Cughup ini adalah aliran dari Curup Mangkok yang lokasinya sulit untuk dicapai.

Air terjun indah ini punya karakteristik aliran Curup yang sempit dan juga tinggi hal ini memberikan deburan air yang jatuh suaranya semakin bergemuruh. Namun tidak perlu khawatir karena wisatawan relatif aman untuk mandi di curug cantik ini. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 100 meter.

Dibagian bawah air terjun ada sebuah kolam yang biasa dipakai oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu selama berada disini. Selain keindahan air terjun wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari perkebunan teh dan rimbunya pepohonan yang ada di sekitar kawasan air terjun. Kondisi alamnya masih sangat asri.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Embun seperti foto selfie, swafoto, hunting foto, main air, berenang, berendam dan bersantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam
Image Credit: Google Maps Air Terjun Temam 

Air Terjun Temam mendapatkan julukan sebagai Niagara Mini dari Palembang. Sebelumnya sudah tahu belum apa itu Air Terjun Niagara? Niagara adalah air terjun cantik yang berada di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat, yang merupakan air terjun dengan volume air terbesar di dunia karena air terjun ini adalah gabungan dari 3 air terjun.

Air terjun Temam dikatakan Niagara Mini karena punya view pemandangan air terjun yang mirip dengan Niagara. Meskipun ketinggian Air Terjun Temam hanya 12 meter dengan lebar 26 meter saja. Ketika pertama memandang air terjun ini pasti akan langsung jatuh hati dengan keindahannya.

Bagian bawah air terjun ada sebuah kolam dengan dalam 4 meter. Biasanya anak-anak penduduk lokal suka loncat dari atas jembatan ke kolam ini. Bagian atas air terjun memang terdapat jembatan gantung yang melintang sejauh 100 meter, adanya jembatan ini juga bisa menjadi tempat bagi pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun.

Air Terjun Temam pertama kali dikenalkan oleh pihak Belanda di tahun 20-an, karena memang air terjun ini adalah destinasi liburan favorit mereka. Jarak air terjun ini dari Kota Palembang perlu ditempuh dalam waktu 7 jam perjalanan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Air Teman, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

3. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung
Image Credit: Google Maps E. Siswanto

Tinggi Air Terjun Maung sekitar 80 meter. Bagian aliran air terbelah menjadi beberapa bagian yang dipisahkan dengan rerumputan hijau di dinding jurang. Adanya dinding penuh rerumputan hijau ini yang menjadikan Air Terjun Maung beda dari yang lain. Aliran airnya deras dan juga tinggi.

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Maung ini wisatawan perlu melakukan perjalanan tracking dengan kondisi medan jalan yang cukup curam namun tenang karena lelahnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan alamnya. Kegiatan menarik selama di Air Terjun Maung yaitu berfoto, mandi dan main air.

Wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Maung dari pagi hari jam 7 sampai sore hari jam 6. Air terjun cantik ini belum tersedia fasilitas seperti warung makan sehingga pengujung sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trans SP II Padang Muara Dua, Kec. Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

4. Air Terjun Panjang

Air Terjun Panjang
Image Credit: Google Maps Arga Enim

Air Terjun Panjang punya ketinggian 60 meter. Daya tarik dari air terjun ini adalah pepohonannya yang rimbun menyelimuti area air terjun. Selain mendapati keindahan air terjun disini pengunjung juga bisa melihat aneka hewan langka dari Sumatera Selatan seperti Kalong, Tapir, Siamang, Burung Enggang dan masih banyak lagi.

Air terjun ini memang terkenal dengan hutannya yang dipenuhi dengan fauna. Aliran air terjun yang jatuh membentuk kolam yang kemudian airnya mengalir kembali ke sungai kecil di bawahnya. Sungai disini memiliki arus yang cukup deras dan dalam. Airnya berwarna hijau tosca serta punya warna tanah liat di bagian pinggirnya.

Wisatawan bebas bermain air disana dari mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Pastikan membawa pakaian ganti ketika berlibur ke air terjun panjang karena cipratan air terjun yang cukup deras sampai ke pinggiran kolam. Tersedia pula fasilitas penyewaan ban untuk pengunjung yang ingin bermain air.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

5. Air Terjun Tujuh Kenangan

Air Terjun Tujuh Kenangan
Image Credit: Twitter @mhkholis

Daftar rekomendasi air terjun cantik di Padang kelima ada Air Tujuh Kenangan yang tidak kalah indah. Daya tarik dari air terjun ini adalah adanya kolam yang jernih dan perosotan yang terbuat dari bebatuan alamnya, perosotan ini tidak pernah kering karena selalu dialiri air alami.

Disebut dengan Nama Air Terjun Tujuh Kenangan karena air terjun ini punya keindahan mempesona sehingga akan sulit dilupakan dan selalu dikenang oleh siapa saja yang sudah mengunjunginya. Terutama pada aliran air di bebatuan perosotannya yang unik.

Di Air Terjun Tujuh Kenangan ini pengunjung bisa melihat keindahan kupu-kupu berwarna kuning. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 500 meter dari pintu masuk. Jalur yang dilewati berupa area kebun kopi yang punya pemandangan hijau asri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa talang, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

6. Air Terjun Lematang

Air Terjun Lematang
Image Credit: Twitter GenPISumsel

Air Terjun Lematang yaitu air terjun yang rekomen dikunjungi terutama bagi wisatawan yang punya jiwa petualangan tinggi. Sebelum sampai ke lokasi air terjun terlebih dahulu pengunjung harus tracking melewati anak tangga turun yang cukup menguras tenaga.

Setelah sampai di pinggir sungai pengunjung bisa melihat Air Terjun Lematang yang letaknya berada di tebing. Ketinggian air terjun ini 40 meter dengan arus air yang sangat deras setiap waktunya. Tidak ada kolam dibawah air terjun karena airnya langsung menyatu dengan aliran sungai yang ada dibawahnya.

Setiap musim liburan air terjun cantik ini selalu ramai dikunjungi baik warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Meskipun tidak bisa merasakan mandi dibawah guyuran air terjun namun pengunjung cukup puas bisa merasakan kesegaran aliran airnya di sungai.

Banyak pula pengunjung yang datang kesini untuk sekedar mengabadikan momen liburan bersama dengan teman dan keluarga tercinta. Kegiatan menarik untuk dilakukan ada berenang, arum jeram di sungai, hunting foto, camping dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prahu Dipo, Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

7. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Twitter #dijadudi

Nama lain dari Air Terjun Bidadari adalah Air Terjun Ayek Asam. Air terjun terkenal di Palembang ini aliran airnya akan bermuara di Sungai Lematang. Ketinggiannya sampai 30 meter dengan lebar bagian atas 10 meter dan lebar bagian bawah 15 meter. Dinamakan Bidadari karena konon dulu air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari.

Selain Air Terjun Bidadari di sekitarnya ada air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga. Pada Air Terjun Bidadari terdapat sebuah kolam yang bisa dipakai pengunjung untuk berenang. Ada pula batu koral cantik yang tersusun secara alami.

Ketiga air terjun yang berdekatan dengan Air Terjun Bidadari lokasinya ada aliran bawah air terjun, yang penasaran dengan keindahan tiga air terjun lainnya bisa juga mampir. Ketiga air terjun ini punya ketinggian dan lebar yang berbeda.

Air Terjun Bujang Gadis punya ketinggian 4 meter berada 30 meter dari Air Terjun Bidadari. Air Terjun Sumbing punya ketinggian 80 meter jaraknya dengan Air Terjun Bujang Gadis sejauh 35 meter. Ketiga ada Air Terjun Naga punya ketinggian 10 meter, jaraknya dengan air Terjun sumbing yaitu 50 meter.

Suara dari air terjun bidadari mampu mengalihkan indra pendengaran karena sangat indah dan mampu menyejukkan hati. Tempat ini mampu menjadi destinasi liburan yang memberikan ketenangan bagi pengunjung yang datang. Waktu terbaik untuk berkunjung disaat musim panas karena ketika musim hujan tempat ini akan tertutup dengan kabut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Letnan Alamsyah, Karang Dalam, Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

Itulah rekomendasi air terjun cantik yang lokasinya ada di Sumatera Selatan lebih tepatnya daerah sekitar Palembang. Masing-masing air terjun memiliki karakter, bentuk dan daya tarik tersendiri. Jika ingin mengunjungi air terjun pastikan datang disaat cuaca sedang bersahabat supaya keindahan air terjun bisa dinikmati secara optimal.