Air Terjun Pelaruga, Surga Tersembunyi di Langkat Dengan Pesona Kolam Abadi

Air Terjun Pelaruga, Surga Tersembunyi di Langkat Dengan Pesona Kolam Abadi

Air Terjun Pelaruga salah satu objek wisata alam di Langkat, Sumatera Utara yang menarik dijelajahi. Air terjun yang sejuk dan menyegarkan ini menyuguhkan pemandian Kolam Abadi yang terkenal, serta pemandangan di tengah hutan Sumatera yang memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Air Terjun Pelaruga merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Langkat Sumatra Utara. Tempat wisata ini memiliki keunggulan utama berupa airnya yang sangat jernih. Hal tersebut membuat banyak pengunjung yang tertarik untuk pergi ke sini. Pengunjung bisa berendam, berenang, atau bahkan mencoba mengikuti aliran air yang jernih dan segar di tempat ini.

Tempat wisata yang masih alami di Langkat ini juga memiliki pemandangan yang indah. Banyak pepohonan rindang dan berbagai tanaman yang menghiasi air terjun ini. Hal tersebut membuat suasana air terjun menjadi lebih sejuk dan rindang. Pengunjung bisa bersantai dan berjalan-jalan dengan nyaman di salah satu lokasi wisata alami Sumatra Utara yang satu ini.

Selain pemandangan yang indah, Air Terjun Pelaruga juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat area parkir yang memudahkan pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya. Selain itu, ada juga berbagai warung makan sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika kelaparan. Bahkan sudah ada beberapa penginapan terdekat yang bisa dimanfaatkan agar lebih leluasa untuk beristirahat.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Pelaruga

Daya Tarik Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Instagram.com @mytrails_2you

1. Pemandangan yang Indah

Salah satu daya tarik utama yang dimiliki Air Terjun Pelaruga adalah pemandangan indahnya. Tempat ini memiliki pemandangan alami yang menyejukkan mata. Selain itu, ada juga berbagai pepohonan dan tanaman yang tumbuh subur. Bahkan, pengunjung bisa menemukan bunga Rafflesia di lokasi tertentu jika masih ada di sini.

2. Suasana yang Sejuk

Suasana yang sejuk juga menjadi daya tarik destinasi wisata alami ini. Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan rindang sehingga pengunjung tidak akan kepanasan ketika berada di sini. Selain itu, keberadaan berbagai tanaman yang tumbuh di sini secara alami juga membuat suasana yang ada di sini semakin nyaman.

3. Air yang Jernih

Air menjadi salah satu daya tarik utama dari salah satu lokasi wisata yang ada di Langkat ini. Tempat ini sebenarnya terdiri dari dua air terjun dan satu kolam. Semuanya memiliki air yang sangat jernih sehingga membuat pengunjung tertarik untuk menikmati pemandangan ataupun bermain di dalamnya. Apalagi dengan dikelilingi tebing dan tumbuhan membuatnya semakin menarik.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Palaruga
Image Credit: Google Maps (Supriyadi Muhamad S)

4. Air Terjun Teroh-Teroh

Air Terjun Teroh-Teroh menjadi salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini. Air terjun ini masih menjadi satu lokasi dengan Peraluga. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung diharuskan untuk trekking terlebih dulu karena letaknya berada di ketinggian. Arus air terjun yang tidak terlalu deras membuat pengunjung bisa berenang di bawahnya dengan aman.

5. Kolam Abadi

Salah satu daya tarik utama dari lokasi wisata alami ini adalah keberadaan kolam Abadi. Kolam ini memiliki air yang sangat jernih. Karena airnya jernih, pemandangan yang ada di dasar kolam bisa terlihat jelas. Padahal, kolam ini memiliki kedalaman hingga 3 meter.

Selain itu, arus dari aliran sungai di sekitarnya yang tenang membuat pengunjung bisa berenang sekaligus berfoto dengan tenang dan nyaman.

6. Air Terjun Tongkat

Air Terjun Tongkat juga menjadi daya tarik utama yang ada di tempat ini. Sama seperti Teroh-Teroh, air terjun ini masih termasuk ke dalam kawasan Peraluga. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya kayu yang menyerupai tongkat melintang menuju ke bawah air dari atas tebing. Airnya juga cukup jernih. Hal tersebut membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Pelaruga

Alamat Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Tapaksumut.blogspot.com

Air Terjun Pelaruga berada di daerah Desa Rumah Galuh. Desa ini masih termasuk di kawasan Kabupaten Langkat. Tempat wisata ini bisa dikunjungi dari berbagai kota di Sumatra Utara. Jika pengunjung datang dari Kota Medan, maka perjalanannya akan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam tergantung dari kondisi lalu lintas ke sana.

Sedangkan dari Binjai memakan waktu perjalanan sekitar satu jam. Untuk pergi ke sini dari Medan, pengunjung bisa menuju Jalan Guru Patimpus dari pusat kota. Dari jalan ini, pengunjung bisa berbelok ke arah Jalan Gatot Subroto setelah itu langsung menuju Jalan Lintas Sumatera.

Ikuti terus jalan ini kemudian ambil arah ke Jalan Gajah Mada. Dari Jalan Gajah Mada langsung saja berbelok menuju ke Jalan Cendrawasih. Dari Jalan Cendrawasih, langsung saja menuju ke Jalan Sei Lepan. Setelah itu menuju ke Jalan Jamin Ginting.

Dari Jalan Jamin Ginting, ambil jalan menuju ke arah Namu Ukur Tengah. Ikuti terus jalan ini hingga mencapai pintu masuk Air Terjun Pelaruga. Akan ada tempat parkir di mana pengunjung bisa memarkirkan kendaraan dengan mudah. Selain itu, tempat ini juga bisa dikunjungi dari berbagai tempat seperti Bandara Kuala Namu dan Pelabuhan Belawan.

Dari kedua tempat ini, ambil jalur ke arah Jalan Lintas Sumatra. Dari jalan Lintas Sumatra bisa menuju ke Jalan Gajah Mada. Dari Jalan Gajah Mada, bisa berbelok ke Jalan Diponegoro kemudian menuju Jalan Cendrawasih. Ikuti terus jalan ini hingga memasuki Namu Ukur Tengah dan pintu masuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Pelaruga Langkat

Harga Tiket Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Google Maps (Dedi Dedi)

Harga tiket masuk ke Air Terjun Pelaruga tidak terlalu mahal yaitu hanya 10.000 rupiah saja per orang. Harga ini tentu saja sangat terjangkau untuk pengunjung dibandingkan tempat wisata serupa dengan biaya yang lebih mahal. Tentu saja sebaiknya pengunjung membawa uang lebih ketika datang ke sini untuk berjaga-jaga jika ingin membeli kebutuhan tambahan.

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan jasa pemandu yang disediakan oleh berbagai travel yang ada di sekitar sana. Jasa pengunjung ini juga cukup terjangkau yaitu pada kisaran Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000. Jadi, pengunjung bisa mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai hal yang ada dalam tempat wisata alami di Langkat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Pelaruga

Kegiatan di Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Google Maps (Naufal Shamsul)

1. Menikmati Wisata Air Terjun

Wisata Air menjadi salah satu kegiatan menari utama yang bisa dilakukan di Air Terjun Pelaruga. Tempat ini memiliki berbagai tempat dengan air yang jernih seperti Torah-Torah, Tongkat, dan Kolam Abadi. Pengunjung bisa memilih salah satu atau bahkan mengunjungi ketiga tempat wisata air ini sekaligus. Selain itu, ada juga aliran sungai dengan air jernih yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang.

2. Trekking

Selain wisata air, trekking juga menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Tempat ini terdiri dari berbagai lokasi wisata air yang berada di ketinggian berbeda. Jadi, pengunjung harus trekking atau mendaki untuk menuju ke berbagai tempat tersebut. Tentu saja trekking akan menambah adrenalin pengunjung sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat.

3. Menikmati Keindahan Sekitar

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di destinasi wisata alami di kawasan Langkat ini adalah berjalan-jalan. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah serta suasana sejuk. Jadi, pengunjung bisa berjalan-jalan santai mengitari kawasan ini dengan tenang dan nyaman. Selain itu, pengunjung juga bisa berjalan-jalan sambil mengikuti aliran sungai jernih yang melintasi kawasan air terjun ini.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Instagram.com @pesonaairterjunindonesia

4. Bersantai di Gazebo

Sehabis menikmati wisata air dan berjalan-jalan, bersantai bisa menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan keindahan yang ada di tempat ini sangat menarik untuk dinikmati sambil bersantai. Apalagi, terdapat beberapa gazebo yang juga bisa digunakan pengunjung untuk bersantai. Jadi, pengunjung bisa bersantai dengan nyaman di sini.

5. Berburu Foto Keren

Berfoto juga menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di air terjun ini. Hal ini dikarenakan banyaknya tempat yang unik dan indah sehingga menghasilkan berbagai objek foto menarik. Pengunjung bisa mencari spot foto yang dirasa menarik untuk latar belakangnya. Selain itu, bisa juga mencari lokasi selfie yang tepat agar hasilnya menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Pelaruga Langkat

Fasilitas di Air Terjun Tongkat Langkat
Image Credit: Google Maps (Thomas Radcliffe)

Objek wisata ini juga memiliki berbagai fasilitas agar pengunjung semakin nyaman ketika datang ke sana. Ada lahan parkir yang disediakan pengelola sehingga pengunjung bisa memarkirkan kendaraan dengan mudah. Keberadaan lahan parkir juga membuat pengunjung bisa menjangkau lokasi air terjun lebih dekat sehingga efektif dan tidak melelahkan badan.

Selain lahan parkir, tempat wisata alami ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti adanya warung kecil. Warung kecil ini menjajakan berbagai jenis makanan dengan harga terjangkau. Jadi, pengunjung tidak perlu repot-repot mencari makanan. Selain itu, ada juga beberapa penginapan yang tersedia di sekitar air terjun ini. Jadi, tidak perlu repot-repot mencari tempat untuk bermalam lagi.

Itulah berbagai penjelasan mengenai daya tarik, alamat, tiket, kegiatan menarik, dan fasilitas yang ada di Air Terjun Pelaruga. Destinasi wisata alami yang satu ini memang memiliki keindahan alami sehingga pengunjung tertarik untuk datang ke sana. Selain daya tarik alaminya yang indah, fasilitas di dalamnya juga cukup lengkap sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika datang ke tempat ini.