7 Air Terjun Cantik di Riau yang Wajib Anda Kunjungi

7 Air Terjun Cantik di Riau yang Wajib Anda Kunjungi

Daerah Riau menyimpan banyak destinasi bertema alam yang selalu menjadi incaran. Air Terjun menjadi salah satu wisata yang mudah ditemukan disana. Apalagi setiap Air Terjun mempunyai kecantikan natural yang memikat hati.

Wisatawan dapat berkunjung ke setiap pilihan Air Terjun untuk merasakan kesegaran. Beberapa tumbuhan hijau tersebar luas di setiap destinasi itu karena Air Terjun menawarkan tempat asri. Hembusan angin yang datang membuat suasana semakin menenangkan saat dipakai untuk bersantai.

Banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan siapapun saat disana. Kejernihan air akan menjadi spot utama dalam melakukan aktivitas. Anda bisa pula berburu tempat untuk mengabadikan foto karena wisata menyuguhkan kecantikan. Berikut beberapa air terjun cantik di Riau yang wajib Anda jelajahi.

1. Air Terjun Batang Koban

Air Terjun Batang Koban
Image Credit: Google Maps Wadi Wandi

Pesona alam yang ada di Air Terjun Batang Koban tampak memikat hati. Sejauh mata memandang banyak tanaman liar yang tumbuh menyebar. Udara tidak pernah terasa panas karena banyak bukit serta pohon hijau yang terlihat jelas di area. Pengunjung merasa betah ketika datang mulai pagi dengan merasakan hembusan angin serta panorama Air Terjun.

Keunikan destinasi alam ini dapat diamati dari air yang mengalir melalui tebing tingkat tujuh. Bahkan air tersebut mengalir ke arah Sungai Kuantan dan sering pula dijadikan sebagai irigasi sawah. Kesegaran Air Terjun diketahui berasal dari pegunungan yang dekat dengan wisata. Pelancong dapat bermain air dengan membawa baju ganti dari rumah.

Biasanya pada hari tertentu disana ada acara balimau yang digelar masyarakat. Wisatawan bisa melihat acara sambil merekam momen selama di area. Anda yang ingin berjelajah lebih luas dapat mengajak kerabat karena Air Terjun lumayan dekat dengan Sungai. Para tamu dijamin akan menemukan kecantikan alam dan tidak ingin segera pulang selama liburan.

Air Terjun yang mempunyai tingkatan tujuh tersebut juga menghasilkan pelangi. Ketika pengunjung berada di sekitar dapat menikmati pelangi yang muncul dengan indah. Bahkan panorama cantik itu abadi dan tidak pernah hilang. Hal itu membuat pelancong tertarik dalam melakukan liburan ke destinasi menawan ini untuk berburu spot gambar menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Ambacang, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi, Riau.

2. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Destinasi Air Terjun Batang Kapas diketahui sangat tinggi karena aliran mencapai 150 meter. Ketika mengalir ke bawah, air tersebut melewati bukit serta pohon hijau di sekitar. Bahkan udara terasa dingin karena Air Terjun yang mengarah ke bak penampungan. Pesona alam dapat dinikmati dari sudut manapun karena setiap spot menawarkan kecantikan tersendiri.

Siapapun yang datang boleh mencoba berenang atau sekedar bermain air. Namun Anda perlu hati-hati karena diantara bak penampungan air terdapat beberapa batu. Traveller juga bisa menyiapkan kamera dengan mengambil spot di setiap sudut. Anda dapat memakai background Air Terjun yang terlihat tinggi dengan kecantikan natural yang masih langka.

Air Terjun yang berada dekat hutan membuat wisata dikelilingi beberapa hewan. Tetapi tidak perlu khawatir karena hewan disana sudah tidak buas. Para tamu sering berkeliling ke sekitar untuk melihat flora yang tumbuh dengan lebat. Jika melihat ke sudut lain Anda akan dimanjakan dengan ukiran buatan yang memiliki bentuk relief di batu yang ada dekat air.

Selama datang ke tempat rekreasi itu pelancong dapat menyiapkan bahan masakan. Tempat yang mempunyai keindahan alam sering dipakai piknik karena terasa semakin seru. Anda tentu dapat melakukan sejumlah aktivitas lain selama berlibur. Apalagi Air Terjun menawarkan lahan yang tidak sempit sehingga cukup menunjang semua kegiatan traveller.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

3. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Twitter Informasi Pekanbaru

Berkunjung ke Air Terjun Guruh Gemurai di Provinsi Riau memang menjadi pilihan akhir pekan yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi wisata cantik itu memiliki dua tingkatan sebagai tempat jatuh air. Tingkat pertama diketahui mempunyai tinggi sekitar 20 meter. Air yang mengarah ke kolam tersebut sangat jernih saat dilihat dari dekat dan mampu membuat tubuh lebih segar.

Traveller yang beranjak ke spot lain dapat melihat jembatan dari kayu. Spot itu cocok dipakai sebagai latar foto yang unik karena dikelilingi tumbuhan cantik. Bahkan biasanya pengunjung sering bersantai di area jembatan sambil melihat Air Terjun yang jatuh. Siapapun yang liburan ke wisata Guruh Gemurai dijamin ingin bersantai lebih lama disana.

Kawasan Air Terjun tidak banyak menawarkan warung tempat berkuliner. Para tamu harus membawa sendiri sambil memilih tempat yang nyaman untuk menikmati makanan. Suasana yang asri dan sejuk bisa pula dimanfaatkan sebagai spot melepas penat. Anda dapat beristirahat sambil ditemani suara air yang mengalir yang terdengar begitu menenangkan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau.

4. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua
Image Credit: Google Maps Sarif Alamsyah

Air Terjun Aek Martua sebagai salah satu wisata menawan yang selalu dipadati semua orang dari daerah lain. Tiga tingkatan yang berada di kawasan membuat Air Terjun memikat mata ketika dilihat secara dekat. Bahkan setiap tingkat dikenal mempunyai ketinggian berbeda. Traveller bisa berdiri di bawah Air Terjun sambil menikmati kesegaran yang terasa rileks.

Pemandangan hutan semakin membuat suasana terlihat alami. Apalagi terdapat batuan cadas yang dilalui Air Terjun membuat aliran semakin deras. Beberapa orang bisa menikmati air dengan berenang atau bersantai di gazebo wisata. Setiap tempat duduk yang telah tersedia telah dilengkapi atap dari kayu agar tamu yang bersinggah semakin betah di area.

Disana masih belum banyak persewaan alat bermain seperti pelampung. Selain itu warung penjual makanan masih cukup jauh dari arah destinasi. Hal itu membuat pengunjung harus menyiapkan peralatan yang lengkap sebelum melakukan liburan. Siapkan pula kamera atau ponsel karena setiap ujung wisata terlihat menawarkan kecantikan alami yang sangat asri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangun Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu, Riau.

5. Air Terjun Alahan

Air Terjun Alahan
Image Credit: Facebook Desriani Lubis

Berlibur bersama kerabat ke Air Terjun Alahan tentu akan memanjakan mata karena tampak sangat eksotis. Bahkan kolam penampungan air yang jatuh terlihat sangat luas dan sering dipakai berkeliling. Disana memang menyediakan perahu untuk siapapun yang ingin menyewa. Petugas akan sigap dalam mengantarkan pelancong menyusuri kolam tersebut.

Biasanya kalangan muda yang datang melakukan kegiatan arum jeram. Air Terjun Alahan memang menyediakan spot khusus untuk arum jeram serta terdapat persewaan alat. Air yang jatuh melewati batu berwarna hitam semakin menarik perhatian. Hal ini membuat pengunjung sering berjelajah ke setiap ujung dengan arum jeram maupun sewa perahu.

Ketika berkeliling Anda perlu memotret foto sebanyak mungkin. Pastikan mengambil gambar di spot yang berbeda supaya koleksi foto selama liburan di Air Terjun Alaha semakin bervariasi. Keindahan tempat yang masih natural itu juga sering dimanfaatkan sebagai tempat berkemah. Siapapun boleh mendirikan tenda namun harus konfirmasi dahulu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hulu Sungai Kampar, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar, Riau.

6. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Twitter Riski Riau

Air Terjun hits ini mengalir diantara himpitan beberapa batu besar yang terkenal dengan nama Batu Dinding. Batu yang dilewati dilengkapi tumbuhan hijau yang membuat air semakin jernih. Meskipun tingkat Air Terjun tidak terlalu tinggi, tetapi pengunjung banyak yang tertarik. Apalagi wisata alam itu masih jauh dari keramaian yang menyebabkan polusi.

Ketika mencoba mandi di Air Terjun tersebut dipercaya bisa membuat tubuh awet muda. Bahkan air yang berasal dari gunung terasa dingin. Area sawah dan pohon yang rindang pun melengkapi kecantikan kawasan yang membuat liburan berkesan. Tumbuhan yang hijau memang dijaga dengan baik agar destinasi Batu Dinding tidak gersang dan semakin nyaman.

Selain tumbuhan disana ada pula spesies fauna seperti monyet. Traveller yang ingin melihat hewan itu dapat berkeliling sambil membawa kamera digital. Anda juga dapat memilih tempat duduk untuk sekedar melepas penat sambil melihat air yang berjatuhan. Jadi selama berlibur wisatawan tidak perlu takut terganggu karena banyak tempat yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

7. Air Terjun Kembar Denalo

Air Terjun Kembar Denalo
Image Credit: Google Maps Wirlis Lisman

Kecantikan Air Terjun Kembar Denalo sangat menarik jika diperhatikan dari setiap spot. Keunikan destinasi dapat ditemukan pada aliran dua Air Terjun yang terlihat seperti kembar. Banyak orang yang berbondong-bondong menuju area mulai dari pagi. Ketinggian 20 meter yang dimiliki Air Terjun memang mampu menjadi pusat perhatian setiap pengunjung.

Anda tidak disarankan berenang disana karena Air Terjun cukup dalam mencapai 10 meter. Tetapi tidak perlu khawatir karena traveller bisa menikmati keindahan dari gazebo. Anda juga dapat membawa bekal sambil melihat pesona keindahan alam. Biasanya wisatawan tidak melewatkan kecantikan alam begitu saja, namun dipotret melalui ponsel atau kamera.

Kawasan wisata tampak ada ayunan yang cukup dekat dengan Air Terjun. Orang yang datang sering bermain ayunan sambil merasakan angin sepoi-sepoi. Pemandangan yang tidak membosankan ini tentu mampu menunjang liburan agar Anda merasa betah dan terpesona. Maka dari itu nikmati aktivitas berlibur di Air Terjun Kembar Denalo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alim, Kec. Batang Cenaku, Kab. Indragiri Hulu, Riau.

Nah, itulah daftar Air Terjun cantik di Riau yang menyuguhkan keindahan masing-masing. Setiap wisata tentu mempunyai daya tarik tersendiri yang menarik perhatian. Pengunjung dapat berlibur dengan orang tersayang supaya tidak merasa jenuh. Selain itu persiapkan alat yang diperlukan selama berkunjung ke tempat rekreasi itu.