Air Terjun Sipiso-Piso, Air Terjun Eksotis Dekat Danau Toba

Air Terjun Sipiso-Piso salah satu air terjun terindah dengan ketinggian 120 meter berada dekat dari Danau Toba, Karo. Wisata alam nan eksotis yang menawarkan keindahan alam, perbukitan hingga pulau samosir.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Destinasi wisata Air Terjun Sipiso-Piso merupakan salah satu dari 10 daftar air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Air Terjun tersebut menempati urutan tertinggi ke-6 setelah air terjun yang berada di Riau bernama air terjun Batang Kapas. Air terjun di Medan ini aliran airnya mengucur deras dan membentuk vertikal sempurna sehingga termasuk ke dalam air terjun tipe plunge.

Termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia karena memiiki ketinggian hingga 120 meter dan berada di atas permukaan air laut sekitar 1300 meter. Pemandangan yang tergambar jelas di sekitar air terjun ini berupa pepohonan hijau di samping kanan dan kiri air terjun. Perpaduan warna pepohonan hijau dan air terjun tersebut mampu menyegarkan mata pengunjung yang datang.

Air terjun tersebut terletak di bibir kaldera raksasa Danau Toba. Aliran air terjun yang deras berasal dari sungai bawah tanah bernama Sungai Pajanabolon yang mengalir melewati goa yang berada di sisi kawah danau. Sungai Pajanabolon merupakan salah satu sungai yang menyuplai air ke Danau Toba. Sehingga Air Terjun Sipiso-Piso terletak tidak jauh dari ikon kota Medan serta tempat wisata populer itu.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sipiso-Piso

Daya Tarik Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (sp budi setyarso)

Pemandangan alam di sekitar air terjun memberikan pesona keindahan yang tiada duanya. Destinasi wisata air terjun tersebut menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan karena daya tarik yang dimilikinya. Bahkan air terjun ini juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan Provinsi Sumatera Utara. Wisata alam yang disuguhkan tidak ada yang dapat menandingi.

1. Terletak Dekat Danau Terbesar di Indonesia

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan Danau Toba. Danau tersebut kerap menjadi background uang kertas rupiah karena keindahannya yang sangat memukau. Air terjun tersebut berada di satu kawasan dengan Danau Toba. Sehingga para wisatawan mancanegara maupun domestik pasti mengunjungi air terjun ini juga setelah puas berlibur ke Danau Toba.

2. Asal-Usul Nama yang Menarik

Masyarakat Sumetera setempat pada jaman dahulu memberi nama air terjun ini dengan sebutan ‘Piso’. Dalam bahasa Batak, Piso berarti pisau. Nama Piso dipilih karena air terjun satu ini jatuh dari puncak yang begitu tinggi dan airnya yang deras membuat air yang terjun dari ketinggian terlihat tajam dan curam seperti sebilah pisau jika dilihat dari kejauhan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Binjai yang Paling Enak

Nama ‘ Sipiso-Piso’ juga diambil dari nama gunung yang berada tepat di sisi timur laut air terjun. Gunung tersebut bernama Dolok Sipiso-Piso dengan ketinggian sekitar 1.860 meter mdpl di atas permukaan air laut.

3. Terdapat Sekitar 500 Anak Tangga untuk Sampai ke Air Terjun

Karena termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, maka untuk menuju ke Air Terjun Sipiso-Piso pun para wisatawan membutuhkan tenaga ekstra dengan menuruni sekitar 500 anak tangga yang lumayan melelahkan yang dibangun di bukit yang curam. Waktu yang ditempuh oleh para wisatawan saat menuruni tangga tersebut kurang lebih 45 menit-1 jam.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso-Piso

Alamat Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (Ivan lawag)

Wisata air terjun ini berlokasi di Desa Tongging. Jarak air terjun tersebut sekitar 24 kilometer jika ditempuh dari Kota Kabanjahe dan 35 kilometer jika ditempuh dari Kota Brastagi. Para wisatawan dapat melalui beberapa rute untuk bisa sampai di air terjun yang berada di kabupaten Karo ini. Para wisatawan dapat menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dapat Anda tempuh apabila berangkat dari Kota Medan adalah menuju ke Kota Kabanjahe dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam serta jarak sekitar 70 kilometer. Dari Kota Kabanjahe, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Danau Toba yang memakan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa berangkat dari Kota Medan dengan menaiki Bus dan turun di Simpang Merak. Setelah sampai di Simpang Merak, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau becak yang ada di sekitar Simpang. Perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar 3 jam.

Anda juga bisa berangkat dari Kota Brastagi dengan naik kereta api dan turun di stasiun Brastagi. Setelah sampai di stasiun Brastagi, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum dan turun di Simpang Merak. Kemudian Anda bisa menggunakan ojek atau becak menuju ke lokasi. Perjalanan Anda akan lebih cepat sampai karena hanya memakan waktu sekitar 1 jam.

Transportasi lain yang bisa Anda gunakan menuju Air Terjun Sipiso-Piso adalah dengan menaiki travel. Di Bandara Kualanamu dan Stasiun Brastagi ada banyak travel yang siap mengantarkan Anda ke lokasi tujuan. Dengan menggunakan travel, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp 400.000-600.000. Biaya tersebut tidak terlalu mahal jika Anda menaiki travel bersama dengan keluarga atau teman lebih dari 4 orang.

Rute yang Anda tempuh selama perjalanan akan melewati jalanan mulus beraspal yang berkelok-kelok. Di sepanjang perjalanan Anda akan menemui perkebunan jeruk dan bisa berhenti sejenak untuk singgah ke perkebunan jeruk tersebut. Anda bisa memetik jeruk langsung dari pohonnya dan memakannya langsung di tempat. Rasa jeruknya sangat segar sehingga sangat sayang jika dilewatkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Karo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk bisa menikmati kawasan wisata alam yang mengagumkan ini, Anda perlu menyiapkan budget Rp 10.000 per orang saat weekday maupun weekend. Tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu saat musim liburan. Wisata alam air terjun yang memukau ini dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Sipiso-Piso

Kegiatan di Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (Vincent Chandra)

1. Menyaksikan Keindahan Air Terjun dari Jarak Jauh

Dari lokasi parkir kendaraan, Anda bisa menyaksikan keindahan air terjun dari jarak jauh. Dari kejauhan, sumber air untuk Danau Toba tersebut bentuknya terlihat seperti pisau kecil dan memanjang karena debit airnya yang deras jatuh dari ketinggian yang tajam dan curam. Apabila Anda belum merasa puas, Anda bisa turun ke bawah dan melihatnya dari jarak dekat.

2. Trekking Menuju ke Air Terjun

Untuk bisa menikmati sensasi menyegarkan dari air terjun dengan pesona indah yang berada di Sumatera Utara ini dari jarak dekat, Anda diharuskan trekking menuruni bukit selama 45 menit-1 jam melewati bukit yang curam. Anda perlu menyiapkan bekal makanan dan air minum yang cukup supaya tidak kelelahan ketika perjalanan trekking.

Hal yang perlu diperhatikan ketika trekking menuruni sekitar 500 anak tangga disini adalah kondisi tubuh Anda harus benar-benar fit dan pastikan tidak mempunyai penyakit asma dan penyakit lainnya yang kondisinya bisa semakin parah jika kelelahan. Pastikan juga Anda menggunakan sepatu yang kuat dipakai untuk melakukan perjalanan trekking.

3. Melihat Pemandangan Air Terjun dari Gardu Pandang

Bagi Anda yang tidak kuat turun menuju ke dasar Air Terjun Sipiso-Piso, Anda bisa melihat pemandangan air terjun dari gardu pandang. Gardu pandang tersebut akan menyuguhkan pemandangan dua panorama alam sekaligus. Panorama air terjun dan Danau Toba yang luas dapat Anda lihat dengan jelas dari gardu pandang yang berada di puncak bukit.

Spot gardu pandang tersebut merupakan spot favorit bagi para wisatawan terutama para wisatawan yang tidak ingin berjalan jauh. Keindahan panorama kedua surga wisata Sumatera Utara sekaligus serta kecantikan alam pegunungan dan perbukitan di sekitar air terjun akan membuat Anda merasa terpikat dan semakin betah untuk berlama-lama disana.

4. Piknik Bersama Keluarga maupun Teman-Teman

Tempat wisata satu ini sangat cocok digunakan sebagai tempat piknik bersama keluarga maupun teman-teman. Perpaduan angin sepoi-sepoi serta suara gemuruh air terjun yang menenangkan jiwa membuat para wisatawan merasa tenang dan betah ketika berada disana. Anda bisa membawa tikar ketika ingin berpiknik di kawasan air terjun ini.

BACA JUGA:  Pulau Samosir, Pulau Unik & Menawan di Tengah Danau Toba

5. Bermain Air di Bawah Air Terjun

Satu hal menyenangkan ketika berkunjung ke air terjun tersebut adalah bisa bermain air di bawah air terjun. Sekujur tubuh Anda akan basah terkena gemericik air terjun dan sensasi segarnya dapat membuat Anda seketika lupa dengan segala kepenatan rutinitas dan pekerjaan Anda sehari-hari.

6. Berfoto di Spot-Spot Terbaik

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke destinasi wisata satu ini tanpa mengabadikan momen dengan berfoto. Keindahan air terjun yang tiada duanya ini banyak memiliki spot-spot foto yang tentunya akan membuat penasaran siapapun yang melihat hasil fotonya. Dari lokasi parkir saja keindahan pesona air terjun sudah terliat sangat menawan.

Keindahan pesona air terjun akan terlihat semakin menawan ketika dilihat dari jarak dekat setelah trekking menuruni bukit dengan melewati sekitar 500 anak tangga. Spot-spot foto yang akan menghasilkan foto ciamik dapat Anda dapatkan ketika di berada gardu pandang yang menyuguhkan dua panorama alam sekaligus dan ketika berada di area sekitar air terjun,

7. Berbelanja di Pasar Oleh-Oleh

Anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa oleh-oleh untuk diberikan ke tetangga maupun sanak saudara. Di tempat wisata ini terdapat pasar oleh-oleh berlokasi di sekitar gerbang air terjun berisikan lapak pedagang yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas tempat wisata ini. Anda bisa memilih dengan bebas oleh-oleh apa yang ingin Anda pilih.

Oleh-oleh yang dijual di pasar oleh-oleh tersebut antara lain celana hingga rok katun khas Tongging yang bergambar pemandangan ikan dan gunung, baju dingin rajutan, baju khas Brastagi, hingga kaos bergambar Air Terjun Sipiso-Piso. Harga yang ditawarkan beragam yakni sekitar Rp 35.000-150.000 tergantung jenis oleh-oleh yang Anda pilih.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sipiso-Piso

Fasilitas di Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (dermanson girsang)

Tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas yang memadai seperti warung makan, tempat parkir, spot foto, pasar oleh-oleh toilet, hingga pondok. Tentunya tempat wisata ini dapat menjadi alternatif wisata setelah Anda berkunjung ke Danau Toba.

Lokasinya yang tidak jauh dari Danau Toba membuat wisata alam air terjun Sipiso-Piso selalu ramai dipadati wisatawan. Pasar oleh-oleh yang berada di sekitar gerbang air terjun pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan luar daerah dan mancanegara karena mereka bisa membawa pulang oleh-oleh khas air terjun tersebut.