Air Terjun Situmurun, Air Terjun Cantik dengan Panorama Alam Memukau di Toba

Air Terjun Situmurun, Air Terjun Cantik dengan Panorama Alam Memukau di Toba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba, Sumatera Utara.

Air Terjun Situmurun tergolong sebagai tempat rekreasi di Sumatera Utara yang cukup terkenal. Masyarakat sekitar dan luar kota tidak asing lagi dengan wisata alam tersebut. Anda yang berkunjung ke destinasi pasti kagum dengan pemandangan yang masih natural. Apalagi air yang mengalir ke kolam penampungan tampak melewati tebing dan bukit.

Kecantikan Air Terjun menjadi keunikan yang membuat setiap tamu terkesima. Bahkan tidak sedikit yang bermain air ketika sudah berada di sekitar wisata. Ketinggian Air Terjun pun tidak membuat minat wisatawan menjadi surut untuk berenang sambil bersantai di area air.

Jika Anda mencari tempat untuk menikmati udara segar dapat melipir ke gazebo. Selain itu bagi yang suka mengoleksi hasil foto maka bisa berburu beragam obyek di kawasan. Berlibur ke Air Terjun Situmurun memang membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Situmurun

Daya Tarik Air Terjun Situmurun Toba
Image Credit: Google Maps Febry Tua Siallagan

1. Tempat Bersantai

Air Terjun Situmurun kerap menjadi sorotan para pelancong. Area wisata menawan itu cocok bagi traveller yang mencari tempat bersantai saat hari libur. Suasana yang ditawarkan Air Terjun masih alami dengan udara sepoi-sepoi. Bahkan area sekitar destinasi terlihat sepi serta jauh dari keramaian jalan yang membuat pengunjung nyaman saat melepas penat.

Anda bisa mencari beberapa spot untuk duduk menikmati pemandangan. Gemericik air yang jatuh pun pasti membuat setiap wisatawan senang. Wisata alam ini hampir tidak pernah sepi apalagi saat hari libur telah tiba pasti tampak semakin ramai. Pengunjung yang liburan ke Air Terjun dapat pula melihat bukit hingga danau saat duduk santai.

2. Aliran Air yang Bersih

Daya tarik Air Terjun Situmurun dapat dilihat dari aliran air yang begitu bersih. Pengunjung bisa menikmati air yang memiliki ketinggian berkisar 70 meter. Air yang turun pun masih melewati sejumlah bukit yang begitu hijau dan asri. Bahkan gunung yang menjulang tinggi mudah dilihat pelancong serta menjadi salah satu sumber air yang masih begitu jernih.

Tingkat Air Terjun diketahui ada 7 yang tersebar di setiap sudut. Para tamu pasti senang karena air yang bertingkat itu melintasi setiap celah tebing. Anda dapat berenang di bawah Air Terjun sambil merasakan angin yang begitu sejuk. Kecantikan yang terpancar dari wisata hits tersebut memang tidak pernah membuat traveller merasa bosan.

3. Panorama Alam

Air Terjun Situmurun menawarkan keindahan dari alam yang terlihat menakjubkan. Kecantikan Air Terjun yang bertingkat dikelilingi bukit hijau yang sudah tidak sedikit. Jika cuaca sedang bagus Anda dapat melihat semua pemandangan dari jarak dekat. Keindahan dari gunung pun tampak memukau karena ada di belakang bukit tersebut.

Pesona yang dimiliki wisata hits itu selalu membuat setiap orang betah. Bahkan bagi pengunjung yang hobi menjepret foto pasti lebih mudah mencari spot dimana saja. Tebing yang ada disana juga kerap dipotret karena cukup tinggi. Para tamu bisa melihat pemandangan sambil bermain di sekitar supaya kunjungan lebih berkesan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Situmurun Toba
Image Credit: Google Maps 10B1-18 Satria Dhesto

Air Terjun Situmurun tepat berada di Desa Jonggi Nihuta, Hatinggian, Sumatera Utara. Wisata menawan ini cukup dekat dengan danau toba yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk. Perjalanan kesana pun mudah karena aspal yang mulus bisa Anda temukan. Tetapi pengunjung disarankan datang ketika cuaca sedang bagus saja.

Melipir ke Jalan Parsoburan menjadi pilihan yang tepat jika wisatawan membawa kendaraan pribadi. Nikmati perjalanan dengan mengarah ke area Jalan Sisingamangaraja. Kemudian mulai masuk ke Jalan Lintas Sumatera sambil menikmati pemandangan di sekitar. Biasanya rute ini paling ramai karena strategis bisa menuju ke wisata mana saja termasuk Air Terjun.

Destinasi alam tersebut memang tidak cukup jauh dari pusat angkutan umum. Namun Anda yang dari luar kota dapat berhenti di Bandara Sisingamangaraja XII lalu menyewa travel. Papan petunjuk pun telah disiapkan bagi traveller yang sulit menemukan wisata cantik itu. Biasanya sebagian orang yang membawa kendaraan pribadi juga kerap melihat navigasi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Situmurun

Tiket Air Terjun Situmurun Toba
Image Credit: Google Maps Reza Horisman

Air Terjun cantik ini tersedia untuk semua pengunjung yang ingin menikmati keseruan bersama keluarga. Masuk ke dalam wisata Air Terjun Situmurun tersedia gratis bagi siapa saja yang liburan. Panorama yang indah pasti mudah Anda lihat saat datang kesana. Apalagi tiket berkunjung ke destinasi tidak berbayar sama sekali meskipun pada hari sabtu dan minggu.

Pengelola telah menetapkan biaya retribusi parkir kendaraan yang masih aman di kantong. Wisatawan yang datang dengan kendaraan roda empat bisa menyiapkan budget untuk membayar karcis sebesar Rp 5.000. Sedangkan kendaraan roda dua masih Rp 2.000 sejak wisata ini buka sampai tutup. Harga yang berlaku tentu membuat semua orang senang.

Biaya lain dibutuhkan untuk menyewa perahu penyebrangan menuju Air Terjun. Harga setiap perahu bervariasi mulai 1 juta hingga 2,5 juta. Lalu biaya menikmati kuliner di kawasan cukup murah hanya Rp 5.000 hingga Rp 25.000. Makanan memang tidak mahal karena warung masih dikelola oleh warga sekitar dengan menu andalan khas Sumatera.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Situmurun

Aktivitas Air Terjun Situmurun Toba
Image Credit: Google Maps Andhy Marpaung

1. Bermain Air

Air Terjun Situmurun begitu indah dengan aliran yang mengarah ke bawah kolam. Ketinggian aliran ini selalu memikat hati setiap wisatawan. Bermain air disana pasti menyenangkan karena aliran dari atas tebing terlihat jernih. Biasanya pengunjung juga sering duduk santai di batu cadas untuk bermain air.

2. Naik Perahu

Perahu penyebrangan yang disediakan untuk menuju Air Terjun memang ada yang masih kuno. Traveller sering naik perahu ketika keliling wisata sambil mampir ke danau toba. Tenang saja Anda tidak perlu takut ketika naik perahu karena akan ditemani oleh petugas dari warga setempat. Selain itu para tamu juga akan diberi pelampung yang aman.

3. Camping

Air Terjun Situmurun menjadi spot paling favorit untuk menggelar sebuah tenda. Berkemah ramai-ramai dengan orang terdekat dijamin membuat liburan semakin seru. Apalagi Air Terjun memberikan pemandangan yang begitu menakjubkan. Selama camping bawa makanan secukupnya serta alas tidur dan hammock untuk bersantai.

4. Mengabadikan Momen

Obyek foto yang menawarkan background kecantikan alam selalu menarik perhatian pengunjung. Berfoto atau membuat video dapat dilakukan semua traveller yang liburan. Bahkan Anda bisa membawa drone untuk mengambil rekaman dari atas yang tampak semakin cantik. Air Terjun memang cocok sebagai spot foto yang mengagumkan.

5. Piknik

Membawa tikar sekaligus sejumlah makanan bisa menjadi kegiatan yang membuat kunjungan seru. Anda yang piknik di sekitar Air Terjun bisa menikmati suasana alam. Bahkan area destinasi juga memiliki tanaman yang cukup rimbun. Sehingga piknik sambil berfoto semakin menyenangkan karena saat siang hari tidak akan terasa panas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Situmurun Toba
Image Credit: Google Maps Darmawi Hanafiah

Air Terjun Situmurun menyediakan kemudahan untuk pelancong dengan fasilitas yang memadai. Toilet telah tersebar di setiap pojok yang bisa dipakai semua pelancong. Kamar mandi itu tidak terlalu banyak, namun memiliki tempat yang bersih. Disana belum ada ruang ganti atau loker penitipan barang karena wisata alam masih memiliki fasilitas yang minim.

Destinasi wisata alam ini cukup jauh dari mushola atau tempat ibadah lain. Namun Anda bisa menumpang ibadah ke beberapa gazebo atau kios makan. Pada setiap sudut pun sudah disediakan bangku yang memiliki tempat begitu nyaman. Rumah makan dengan olahan yang mampu memanjakan perut telah tersedia dengan warung yang masih terlihat tradisional.

Pengunjung juga bisa menemukan fasilitas lahan parkir yang cukup luas. Kendaraan motor, bus, hingga mobil dapat diletakkan pada lahan yang disediakan ini. Tempat untuk mendirikan tenda telah tersedia dan boleh dipakai siapa saja yang ingin berkemah. Kemudian perahu untuk menyebrang ke Air Terjun tentu telah disediakan cukup banyak.

Air Terjun Situmurun terlihat begitu cantik dengan beragam pesona alam. Traveller yang mencari tempat rekreasi untuk melepas penat bisa datang ke wisata ini. Menikmati liburan sambil berkemah atau piknik bersama rombongan keluarga pasti terasa seru. Maka dari itu, datang saja ke destinasi hits ini ketika Anda memiliki waktu luang atau pada hari libur.

REKOMENDASI DESTINASI