Air Terjun Tansaran Bidin, Air Terjun Indah dengan View Alam yang Memesona

Air Terjun Tansaran Bidin, Air Terjun Indah dengan View Alam yang Memesona
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tansaran Bidin, Kec. Bandar, Kab. Bener Meriah, Aceh.

Pesona alam di Kabupaten Bener Meriah selalu menawarkan kesegaran alami bagi pengunjung, tidak terkecuali Air Terjun Tansaran Bidin. Tempat estetis ini mampu membuat siapa pun betah menghabiskan waktu berjam-jam tanpa merasa bosan. Berada di tengah hutan di antara pohon-pohon tinggi, suasana di sekitarnya didominasi oleh warna hijau.

Menghabiskan waktu di salah satu sudut eksotis di Gayo barangkali bisa jadi alternatif terbaik saat Anda mengunjungi Aceh. Meskipun lokasinya cukup terpencil jauh dari pusat kota, tetapi dijamin tidak akan mengecewakan. Justru sebaliknya, destinasi alami ini adalah solusi bagi mereka yang mencari peristirahatan berbalut petualangan.

Namun, ingatlah selalu untuk memastikan kesehatan diri sebelum memutuskan datang ke sini. Pasalnya, jalur yang harus dilewati cukup sulit terutama karena belum banyak dimodifikasi oleh manusia. Anda akan menemukan lembah yang lumayan curam, tanah berbatu, hingga suara-suara serangga. Terdengar menantang, bukan?

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tansaran Bidin

Daya Tarik Air Terjun Tansaran Bidin
Image Credit: Google Maps Anizul Farmi

1. Jalur Pendakian Menantang

Bagi kebanyakan orang, rute pendakian dengan kontur tanah menantang mungkin cukup menyebalkan. Sementara di sisi lain, ada pula yang menganggap bahwa kesulitan mengakses sebuah destinasi alami merupakan keseruan tersendiri.

Apabila Anda termasuk orang dengan ketertarikan khusus pada jalur perjalanan yang cenderung berbahaya, Air Terjun Tansaran Bidin merupakan pilihan tepat. Tersembunyi di tengah hutan belantara sehingga tidak dapat diakses menggunakan kendaraan apa pun. Bahkan, objek wisata cantik ini jauh dari pemukiman penduduk setempat.

Selama proses pendakian, Anda akan disuguhi oleh lembah yang cukup curam tanpa pagar pembatas sehingga sangat butuh kehati-hatian. Kemudian, rumput dan pohon rimbun tersebar di hampir seluruh kawasan yang menyebabkan jarak pandang jadi lebih terbatas. Belum lagi, medan tanahnya tidak rata, melainkan disertai tikungan tajam dan tanjakan.

Atas dasar situasi tersebut, disarankan untuk menyewa jasa pemandu jalan dari penduduk demi menghindari bahaya. Meskipun tidak diharuskan demikian, tetapi alangkah baiknya jika ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman melintasi hutan belantara ini. Pasalnya, ada potensi tersesat terutama bagi pengunjung yang baru datang pertama kali.

2. Aliran Sungai yang Menenangkan

Perjalanan Anda tidak akan semakin seru berkat adanya aliran sungai kecil yang menghasilkan suara menenangkan. Apalagi, keadaan airnya juga masih sangat jernih dan hanya diisi oleh daun-daun yang berguguran. Ini tentu menciptakan kesan tak terlupakan bagi para pecinta petualangan.

Semakin dekat dengan pusat lokasi air terjun, maka aliran air yang terdengar semakin keras pula. Sebelum itu terjadi, Anda juga dapat menikmati keindahan bukit barisan dari jauh serta hamparan areal perkebunan. Namun, jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan rute yang Anda lalui.

3. Tebing Kukuh

Persis sebelum mencapai pusat jatuhnya air dengan ketinggian 50 meter, Anda akan mendapati lanskap tebing batu yang kukuh. Tebing ini sudah ditumbuhi oleh rumput liar dan lumut, tetapi pesonanya masih mampu mencuri perhatian pengunjung. Tidak jarang, orang menjadikannya sebagai spot foto pertama.

Air Terjun Tansaran Bidin memang bukan satu-satunya tempat yang menawarkan kealamian dan lanskap menawan di bilangan Aceh, tetapi daya tariknya sulit untuk ditolak. Apalagi jika Anda mengambil gambar menggunakan drone, pastinya bisa memotret lembah dan sungai yang terhampar di sekitarnya sehingga begitu memanjakan mata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Tansaran Bidin
Image Credit: Google Maps Anizul Farmi

Setidaknya perlu melintasi jarak sejauh 35 km jika Anda bertolak dari pusat Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Aceh untuk mencapai Air Terjun tansaran Bidin. Ini belum termasuk perjalanan dari pemukiman penduduk terdekat menuju titik lokasi air terjun.

Beralamat di Desa Tansaran Bidin, butuh upaya ekstra dan tenaga prima agar Anda tiba dengan selamat. Medan curam dan akses kendaraan terbatas seolah menjadi ajang uji adrenalin saat melintasi hutan belantara demi mengkesplorasi keindahan air terjun yang terpencil di Kecamatan Bandar itu.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tansaran Bidin

Tikey Air Terjun Tansaran Bidin
Image Credit: Twitter Aceh_Daily

Anda bisa datang dan pergi ke Air Terjun Tansaran Bidin tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Hal ini karena eksistensinya terjadi secara alami dan belum dilengkapi dengan fasilitas memadai. Jam kedatangan pun bisa dilakukan kapan saja menyesuaikan waktu luang Anda.

Meski demikian, mayoritas wisatawan berkunjung saat pagi untuk merasakan suasana keindahan yang maksimal. Mengingat lokasinya ada di tengah hutan rimba, barangkali butuh pertimbangan berulang kali bila ingin beremah di sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Tansaran Bidin

Aktivitas Air Terjun Tansaran Bidin
Image Credit: Instagram Pesonaairterjunindonesia

1. Swafoto

Kegiatan ini sudah tentu tidak boleh dilewatkan karena pesona Air Terjun Tansaran Bidin sungguh luar biasa. Bahkan, sempat dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler pada tahun 2019 lalu. Jika ini diakui oleh institusi pemerintah secara nasional, pasti keindahannya tidak diragukan lagi, bukan?

Apalagi, ada banyak spot foto yang bisa dijadikan fokus ketertarikan Anda. Mulai dari sungai, lembah, air terjun, batu-batu, atau bahkan sekadar daun yang gugur lalu terseret arus. Dipercantik pula dengan hamparan rumput liar pada tebing batu berukuran super besar sehingga kesan terpencilnya terasa sangat natural.

2. Melukis

Melukis tetap menjadi pilihan yang bagus untuk Anda dengan kemampuan mengabadikan momen secara manual. Tentu hasilnya akan berbeda dari hasil potret menggunakan kamera, tetapi kegiatan ini sangat layak dicoba. Anda bisa memilih salah satu sudut yang strategis di area Air Terjun Tansaran Bidin lalu mulai berfokus pada pemandangan di sekitarnya.

Perpaduan antara kehijauan pohon dan warna hitam pekat dari bebatuan cukup menarik diabadikan. Belum lagi, adanya air terjun setinggi 50 meter yang memiliki debit kencang akan membuat segalanya jadi semakin berkesan. Fokuskan diri Anda dan mulailah mencoret di atas kanvas atau layar digital.

3. Main Air

Apakah mandi, berenang, atau sekadar mencelupkan kaki di dalam sungai, semuanya patut dicoba. Sayang jika Anda melewatkan kesempatan bermain air saat sudah berada di Air Terjun Tansaran Bidin nan eksotis ini. Lagi pula, tidak ada larangan bagi pengunjung untuk melakukan eksplorasi ke dalam air.

Hanya saja, sebaiknya tetap berhati-hati dan pakai pelampung jika memungkinkan. Pasalnya, pernah ada kejadian tidak diinginkan dialami oleh pengunjung terdahulu di kawasan cantik ini. Disarankan memilih lokasi bermain air di bagian yang membentuk kolam, alih-alih langsung menantang diri dengan mendekati lokasi jatuhnya air.

Kemudian, ingat selalu bahwa batu-batu yang ada di destinasi menawan ini ditimpa air secara terus-menerus setiap harinya. Bisa dibayangkan betapa licin permukaannya, bukan? Maka dari itu, nikmati saja waktu Anda dengan tenang sambil melihat-lihat pemandangan yang tersaji di depan mata.

4. Piknik

Ajak teman karib Anda untuk sama-sama melewati hutan belantara demi bisa piknik di antara pepohonan rimbun. Bawalah perbekalan sedari rumah dan pastikan alas duduk juga tidak ketinggalan.

Air Terjun Tansaran Bidin menawarkan lanskap yang natural di antara keterbatasan manusia untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. Selagi situasinya belum dirusak oleh ulah oknum dan dimodifikasi sedemikian rupa, tidak ada salahnya menghabiskan waktu bermain di kawasan estetis ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Tansaran Bidin
Image Credit: Instagram Pesonaairterjunindonesia

Sebagai pemenang nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler dari Kementerian pariwisata RI di tahun 2019, tentu tidak banyak fasilitas yang dapat diharapkan saat mampir ke Air Terjun Tansaran Bidin. Lokasinya terpencil, jauh dari pemukiman penduduk, serta berada di tengah hutan belantara.

Di satu sisi kealamiannya memang menjadi daya tarik bagi wisatawan, tetapi di sisi lain juga akan cenderung menyulitkan bila ingin memenuhi kebutuhan dasar seperti ke toilet atau mencari makanan. Bahkan, untuk memarkirkan kendaraan pun, Anda harus melakukannya jauh dari air terjun, persisnya saat masih berada di pemukiman warga.

Sebaiknya kebutuhan seperti makanan sudah disiapkan sedari rumah atau dibeli selama di perjalanan menuju destinasi eksotis ini. Khususnya jika Anda berencana untuk menghabiskan hari dengan berlama-lama, maka membawa perbekalan sendiri adalah keputusan paling masuk akal.

Lokasi Air Terjun Tansaran Bidin yang tersembunyi di tengah hutan dan di antara himpitan lembah serta sungai bisa dibilang menjadi alasan terbesar atas minimnya pengembangan potensi wisata. Barangkali memang sulit melakukan pembangunan infrastruktur ketika medannya begitu sulit dilalui oleh alat berat, juga sarana transportasi pada umumnya.

REKOMENDASI DESTINASI