Pesona Keindahan Air Terjun Tongkat yang Unik di Langkat

Pesona Keindahan Air Terjun Tongkat yang Unik di Langkat

Air Terjun Tongkat salah satu objek wisata alam yang unik di Langkat, Sumatra Utara. Air terjun ini dekat dari Kolam Abadi dan wisata air lainnya yang terkenal dengan pesona alamnya yang masih asri di tengah hutan Pulau Sumatera.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Air Terjun Tongkat merupakan destinasi wisata yang paling banyak digemari. Air terjun ini penuh dengan legenda dan mitos yang berkembang di masyarakat. Meskipun demikian, pengunjung seakan terhipnotis dengan keindahannya. Sehingga segala bentuk mitos yang berkembang tidak mempengaruhi tepatnya untuk mengunjungi air terjun ini.

Tidak hanya hari libur saja, hampir setiap hari, air terjun ini selalu penuh dengan wisatawan. Baik lokal maupun asing. Tidak hanya sekadar penasaran dengan bentuk air terjun tongkat. Mereka juga tertarik untuk menikmati kederasan air terjun. Guyuran air terjun yang jernih seakan bisa menjadi terapi tersendiri bagi tubuh.

Tempat ini juga terkenal instagramable, sehingga banyak orang yang membuat konten dengan latar belakang air terjun ini. Banyaknya keistimewaan yang dimiliki wisata air terjun ini, membuat setiap orang tidak jenuh mengunjunginya. Selain lokasinya yang menarik, nyatanya banyak sekali aktivitas yang bisa dikerjakan di air terjun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tongkat

Daya Tarik Air Terjun Tongkat
Image Credit: Kompasiana.com

Air terjun ini tidak akan menjadi ikon wisata jika tidak memiliki daya tarik. Destinasi wisata dengan tema air selalu ramai pengunjung. Hal tersebut dikarenakan tempatnya yang unik dan memiliki keindahan dengan nuansa alam yang tidak terbatas. Seperti halnya Air Terjun Tongkat yang menjadi pusat perhatian masyarakat lokal atau pun interlokal.

1. Air Terjun dan Batang Pohon

Air terjun ini memiliki arus air yang deras namun sangat jernih. Memandangnya saja, sudah bisa merasakan kesegaran air terjun. Ciri khas dari air terjun ini adalah batang pohon yang melintang seakan bersandar melintasi air terjun. Batang pohon tersebut berukuran amat besar. Sehingga sangat mustahil untuk digeser atau pun dipindahkan.

2. Keindahan Bawah Air Terjun

Meskipun air terjun menunjukkan arus yang sangat deras, akan tetapi kondisi bawah air sangat mudah dilihat. Hal tersebut dikarenakan kondisi airnya yang sangat jernih. Bahkan air bisa memiliki warna kebiruan karena saking jernihnya. Bagi yang ingin berenang atau pun menyelam, tentunya hal tersebut menjadi kepuasan tersendiri. Adanya batu-batu memberikan background yang sangat menarik.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Tongkat
Image Credit: Google Maps (Supriyadi Muhamad S)

3. Nuansa Alam Asri yang Mendukung

Keindahan tidak hanya terletak pada air terjunnya saja, begitu juga keindahan bawah alamnya. Adanya pepohonan yang rindang dengan bebatuan besar turut memberikan nuansa alam yang sangat indah. Umumnya para pengunjung menikmati keindahan alam sembari menghangatkan tubuh setelah berenang di area air terjun.

Tapi hindari berenang di area bawah air secara langsung. Karena umumnya air terjun memiliki palung yang amat dalam tepat dibawahnya. Sehingga disarankan untuk berenang di area tepi saja.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Tongkat

Alamat Air Terjun Tongkat
Image Credit: Google Maps (Sopan Arifin)

Air Terjun yang indah ini berada di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Langkat Desa Rumah Galuh. Apabila Anda telah masuk ke Desa tersebut, maka akan terdapat petunjuk arah yang bisa diikuti. Sehingga nanti akan tiba di gerbang masuk menuju area air terjun. Sedangkan untuk rutenya bisa berangkat dari Medan menuju Binjai langsung ke Sungai Wampu.

Sebelum menjelajahi ke tempat air terjun, sebaiknya kendaraan baik roda empat atau roda dua di parkir di tempat yang telah disediakan. Karena untuk mencapai lokasi air terjun, para wisatawan harus melakukan tracking.

Waktu tracking ditaksir mencapai 1 jam. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir tersesat, karena selalu disediakan tim keamanan untuk setiap rombongan. Pada saat tracking terdapat beberapa level kesulitan yang dijumpai oleh para wisatawan.

Awal perjalanan jalur yang dilalui bisa dibilang mudah karena jalan masih luas dan datar. Selanjutnya para wisatawan akan memasuki kawasan yang sedikit licin dengan area bebatuan. Jalan tersebut menurun dan sempit. Biasanya di jalur inilah terjadi penumpukan pengunjung, karena area jalan tidak bisa dilalui banyak orang. Sehingga orang harus bergantian untuk menuju lokasi tersebut.

Setelah melewati jalan turunan, selanjutnya para wisatawan akan bertemu dengan jalan datar. Hal tersebut menunjukkan bahwa jalan ke air terjun tersebut sudah mulai dekat. Mulai tampak pepohonan yang hijau dan asri. Mulai tampak keindahan alam bahkan air terjun juga sudah mulai terlihat.

Tidak perlu khawatir merasa kelelahan karena terdapat beberapa pos yang bisa digunakan untuk istirahat. Pos tersebut juga dilengkapi oleh para penjual makanan atau penjaja.

Air terjun ini buka setiap waktu bahkan 24 jam. Sehingga bagi para wisatawan, tidak perlu khawatir mengenai waktu operasionalnya. Karena kapan saja, tetap bisa mengunjungi Air Terjun Tongkat. Mengani harga tiketnya juga sangat terjangkau apabila dibandingkan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Apabila menggunakan mobil berapapun personilnya, maka biaya masuk yang dikenakan 100 ribu permobil. Sedangkan apabila perorangan, maka cukup membayar 20 ribu rupiah saja per orang. Harga tersebut dapat dibilang sangat terjangkau. Karena para pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang memesona tanpa batasan waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Air Terjun

Kegiatan di Wisata Air Terjun
Image Credit: Google Maps (Shania Ikhwani)

Tidak hanya sebatas menikmati keindahan alam saja, dengan mengunjungi Air Terjun Tongkat, para wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan. Setiap aktivitas selalu diperhatikan dan diarahkan oleh tim keamanan. Sehingga aktivitas yang dilakukan tidak membahayakan pengunjung.

1. Bermain Air dan Menikmati Kesegaran Air Terjun

Dikarenakan air dalam air terjun ini sangat jernih, maka banyak para pengunjung yang menggunakannya untuk bermain air. Bermain air di bagian tepi atau tengah air terjun. Perlu diingat bahwa hindari bermain di bagian bawah air terjun langsung. meskipun di bagian tepi, tetapi kesegaran air tetap sama. Sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung.

2. Berburu Foto Keren

Sangat sayang apabila mengunjungi lokasi wisata tanpa mengabadikan momen penting. Banyak sekali spot atau lokasi yang instagramable yang bisa digunakan untuk berfoto. Tidak hanya itu, latar belakang pepohonan yang rimbun dan asri menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk proses shoot.

Tidak hanya di lokasi air terjun saja, tetapi di jalan setapak menuju lokasi air terjun juga bisa menjadi lokasi yang rekomended untuk berfoto. Banyak pengunjung yang berfoto dan berpose di atas tongkat besar.

Kegiatan Dilakukan di Wisata Air Terjun
Image Credit: Google Maps (Einfuhlung Channel)

3. Berenang di Sekitar Air Terjun

Aktivitas yang satu ini pasti menjadi tujuan para pengunjung. Pasalnya tidak akan lengkap apabila mengunjungi air terjun, tanpa berenang. Dengan berenang, para pengunjung bisa merasakan nuansa alam yang asri dan keadaan air yang segar. Tidak perlu menyelam untuk melihat keadaan bawah air. Karena kejernihan air, keadaan bawah air terlihat dengan jelas meskipun tidak menyelam.

4. Tracking ke Air Terjun Tongkat

Bagi yang hobi menjelajah, akan sangat menarik mengunjungi lokasi ini. Para pengunjung bisa menikmati jalan setapak dengan pemandangan pepohonan yang asri dan hijau. Bahkan jalan yang terjal menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri. Sebelum menuju air terjun, telah terlebih dahulu disajikan pemandangan yang menarik dan memanjakan mata.

Pihak pengelola wisata juga telah menyediakan jasa pengamanan yang bisa digunakan sebagai penunjuk arah. Sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tongkat Langkat

Fasilitas di Air Terjun Tongkat
Image Credit: Kompasiana.com

Wisata ini menyediakan fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk lebih menikmati keindahan alam dari air terjun. Umumnya jalan menuju air terjun amat susah, sehingga banyak orang yang memilih tidak mengunjungi. Tetapi tidak perlu khawatir, lokasi Air Terjun Tongkat ini sangat mudah untuk d

Adanya fasilitas pemandu arah yang bisa hadir 24 jam tentunya menjadikan para pengunjung lebih mudah untuk menjelajah lokasi ini. Pemandu arah bisa menunjukkan berbagai lokasi atau spot yang indah dan bisa digunakan untuk berfoto. Umumnya jumlah wisatawan akan dibatasi untuk setiap satu orang pemandu wisata. Satu orang pemandu wisata untuk 10 orang pengunjung.

Adanya fasilitas tim keamanan yang bertugas untuk menjaga keamanan para pengunjung. Sehingga bagi pengunjung yang mengalami masalah atau kendala, terdapat tim keamanan yang selalu bersiap. Setiap tim keamanan telah dibekali dengan kemampuan pertolongan pertama untuk berbagai keadaan dan situasi yang dialami para pengunjung Air Terjun Tongkat.

Adanya fasilitas pos yang disertai penjaja bisa menjadi alternatif terbaik untuk setiap pengunjung yang merasa kelelahan karena melakukan tracking. Sehingga mereka bisa beristirahat sejenak untuk melepas penat saat menuju lokasi air terjun atau hendak pulang.

Adanya fasilitas sarana dan prasarana jika ingin melakukan arung jeram. Umumnya para pengunjung melakukan sewa atau membawa peralatan dari rumah. Lahan parkir yang amat luas menjadikan para pengunjung tidak perlu kesulitan untuk meletakkan kendaraannya.

Air Terjun Tongkat di Langkat memang memiliki nuansa alam yang sangat asri dan masih alami. Keindahan alam yang tidak terbatas ini bisa dinikmati kapan saja dan dalam waktu yang lama. masuk air terjun ini sangat mudah dan dilengkapi dengan sarana pra sarana yang lengkap.