Alif Stone Park, Pesona Alam yang Indah dari Bebatuan Prasejarah di Laut Natuna

Alif Stone Park, Pesona Alam yang Indah dari Bebatuan Prasejarah di Laut Natuna
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sepempang, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

Nama Alif Stone Park terinspirasi dari sebuah batu besar yang berdiri tegak di antara bebatuan lainnya. Batu unik ini dipandang mirip seperti huruf Alif oleh kebanyakan pengunjung. Tak pelak, nama tersebut membuatnya populer dan tersebar dari wisatawan ke wisatawan di berbagai penjuru.

Taman batu yang eksotis ini lalu diresmikan sebagai bagian dari destinasi di Kabupaten Natuna. Berbagai macam fasilitas didirikan untuk membuat pengunjung betah sekaligus meningkatkan animo masyarakat. Publikasi terus bermunculan, khususnya dari para pelancong yang domisili di luar daerah.

Seiring berjalannya waktu, kini nama Alif Stone Park ini mulai diperhitungkan sebagai destinasi wisata potensial. Bahkan, ulasan atasnya di mesin pencari mencapai rating 4,6 dari total 719 pengguna. Memang tidak ada destinasi yang sempurna, tetapi banyaknya testimoni positif di baliknya cukup membuat taman estetis ini layak diperhitungkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Alif Stone Park

Daya Tarik Alif Stone Park Natuna
Image Credit: Google Maps Bucekk BudBucelly

1. Batu Unik Nan Eksotis

Jika kebanyakan pantai menghadirkan lanskap pasir putih yang menawan hati, lain halnya dengan Alif Stone Park. Saat pertama kali mendengarnya, Anda mungkin tidak akan berekspektasi bahwa destinasi ini merupakan sebuah pantai yang cantik memikat.

Batu-batu berbentuk unik dengan tekstur halus di bagian permukaannya tersebar acak di area pesisir. Sebagian tampak seperti punggung penyu atau kura-kura yang menyembul ke atas permukaan air.

Bahkan, saking uniknya batu-batu di sini, oleh wisatawan dikenal luas sebagai Taman Alif. Alasannya karena ada sebuah batu yang paling menonjol dan berdiri tegak di antara batu lainnya. Bentuknya seperti huruf Alif dalam daftar huruf Hijaiyah, bukankah terdengar menakjubkan?

Datang ke sini bisa membawa Anda berpetualang dari satu batu ke batu lainnya. Apalagi, ada jembatan-jembatan kecil berbahan kayu yang menghubungkan batu-batu tersebut. Menjadikan tempat cantik ini sebagai penambah daftar koleksi foto eksotis tampaknya tidak boleh dilewatkan.

Namun, bukan hanya untuk eksis, Anda bisa menjadikan batuan itu sebagai lokasi beristirahat saat lelah berjalan kaki. Bagian permukaannya yang halus seolah didesain secara alami untuk memanjakan pengunjung.

2. Laut yang Memikat

Tidak hanya batunya yang menawan hati, laut di Alif Stone Park juga tak kalah menakjubkan. Warnanya perpaduan antara hijau muda, biru langit, dan sentuhan warna keemasan saat tertimpa cahaya matahari.

Lautan ini akan berada di bawah kaki Anda saat berpijak dari satu batu ke batu lainnya. Itulah mengapa didirikan jembatan kecil sebagai penghubung agar memudahkan mobilisasi pengunjung.

Airnya cukup dangkal sehingga pengunjung boleh saja turun dan bermain-main di Alif Stone Park. Semilir angin yang berembus barangkali bisa membuat Anda merasa dingin. Namun, sensasi menyenangkan begitu kental dirasakan saat kegiatan bermain air dilakukan di siang hari.

Terlebih, kejernihan yang masih terjaga dan kelembutan pasir di bawah laut siap menyambut Anda. Ini bisa menambah pengalaman seru dalam hidup Anda di mana dapat mengunjungi pantai yang super unik.

Apakah itu untuk berenang, bermain air, berendam, mencari kerang-kerang kecil, lakukan apa pun yang bisa membuat hati senang. Air laut di kawasan cantik ini dijamin tidak mengecewakan Anda saat memutuskan melakukan penjelajahan.

3. Jajaran Pohon Kelapa

Kombinasi batu granit berukuran raksasa dan air laut yang kehijauan seolah belum cukup menawan. Ada jajaran pohon kelapa yang berdiri di daratan terdekat dari pesisir di mana sering dijadikan tempat persinggahan.

Alif Stone Park menyajikan keindahan visual yang susah ditemukan bila mampir ke destinasi lainnya. Jajaran pohon kelapa ini juga membuat udara tidak terlalu terasa panas meski di siang terik.

Saat Anda memilih duduk pada salah satu batu granit raksasa, cobalah menoleh ke bagian daratan. Pemandangan saat daun kelapa tertiup angin di bawah langit biru sungguh menakjubkan.

Selain pohon kelapa, sebenarnya ada pohon pelindung lain yang turut menyemarakkan lingkungan di taman batu ini. Anda bisa menikmati seluruhnya, menyimpannya dalam benak, dan mungkin menceritakannya kepada orang-orang terdekat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alif Stone Park Natuna
Image Credit: Google Maps Erwin Kurniady

Berada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Alif Stone Park dapat dikunjungi dengan memanfaatkan titik keberangkatan dari Tanjung Pinang. Penyeberangan laut diperlukan dalam prosesnya di mana bisa sampai menghabiskan waktu hingga enak jam di atas kapal.

Kemudian, kapal akan berhenti di Kota Ranai yang bisa menjadi rute lanjutan Anda untuk menuju Kecamatan Bunguran Tim. Jika terlalu lelah, Anda dapat beristirahat dulu barang satu jam sebelum meneruskan tujuan hingga tiba di Desa Sepempang.

Dari Kota Ranai ke Desa Sepempang, tempat di mana destinasi tujuan Anda berada, bisa mengandalkan mobil sewaan selama kurang lebih 15 menit. Ini berlaku bagi pelancong asal daerah lain yang sangat penasaran dengan keindahan di taman batu Alif itu.

Harga Tiket Masuk Alif Stone Park

Tiket Alif Stone Park Natuna
Image Credit: Google Maps Eka Handa

Tidak ada sewa tiket masuk yang perlu Anda pikirkan saat melakukan perjalanan ke Alif Stone Park. Tempat unik nan eksotis ini terbuka untuk umum seluas-luasnya, kapan pun Anda ingin ke sana.

Hanya saja, pelancong dari daerah lain jelas memerlukan biaya transportasi yang bisa sangat beragam. Tergantung seberapa jauh jarak titik keberangkatan Anda dengan destinasi menawan ini. Ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu bila ingin menghabiskan waktu liburan yang berharga di sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alif Stone Park

Aktivitas Alif Stone Park Natuna
Image Credit: Google Maps Agung Setiadi

1. Aktivitas di Atas Batu

Terdengar membosankan jika dilakukan pada hari-hari biasa, tetapi berbeda saat Anda mengunjungi Alif Stone Park. Kegiatan ini akan terasa seperti liburan yang sesungguhnya, di mana Anda menghabiskan banyak waktu luang.

Agar pengalaman ini semakin optimal, cobalah untuk membawa cemilan saat hendak bersantai. Mungkin satu buah kelapa muda dan jajanan lokal bisa membuat hari Anda berjalan menyenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa berjemur di atas batu-batu eksotis ini. Pasalnya, mereka memiliki ukuran besar yang melintang di dalam air melebihi tinggi orang dewasa kebanyakan. Bukankah pengalaman berjemur di atas batu adalah suatu keunikan? Tidakkah Anda penasaran bagaimana sensasinya?

Bila Anda datang bersama teman atau keluarga, mengobrol di atas batu-batu cantik ini juga layak dicoba. Daripada menghabiskan waktu lama di warung yang mungkin membuat pengeluaran semakin banyak, lebih bagus meningkatkan keakraban di lanskap unik ini.

2. Menumpang Perahu Nelayan

Kabupaten Natuna adalah daerah nelayan yang kebanyakan warganya menjadikan laut sebagai sumber penghidupan. Saat ke Alif Stone Park, Anda bisa ikut menumpang di kapal mereka demi menjelajahi lautan.

Tentu dibutuhkan kepandaian negosiasi dalam konteks ini, jadi Anda perlu memberanikan diri. Apakah tersedia penyewaan perahu atau menggunakan negosiasi pribadi ke nelayan langsung, lakukan apa saja agar Anda bisa pergi mengarungi lautan.

Tidak perlu ke tempat yang jauh, cukup di sekitar lokasi destinasi cantik ini jika Anda merasa ragu. Bagaimanapun, melihat dari laut pemandangan utuh taman batu tersebut akan menambah sensasi seru bila diwujudkan.

3. Berkeliling di Desa

Desa nelayan akan mengantarkan Anda merasakan bau agak amis dari ikan-ikan yang diperjualbelikan. Ini bisa menjadi pengalaman baru bagi mereka yang tinggal jauh dari daerah pesisir.

Tantang diri Anda untuk menyusuri desa yang menaungi taman cantik ini. Pada aktivitas warga setiap harinya, pohon-pohon yang tumbuh di tepi jalan, kesenangan anak-anak saat bermain, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Alif Stone Park Natuna
Image Credit: Google Maps Yulianus Ladung

Ada penginapan yang bisa disewa saat Anda merasa ingin menjalani hari lebih lama di Alif Stone Park. Bentuknya memang sederhana dan terkadang hanya mengandalkan material kayu. Namun, pengalaman yang dijanjikan atas waktu luang Anda bisa dibayar tuntas secara mengesankan.

Warung-warung makan juga ada di kawasan yang cantik ini jika Anda ingin mengisi perut. Temukan makanan nasional sesuai selera, atau cobalah cicipi menu lokal yang mungkin ditawarkan oleh para pedagang. Perjalanan ke Kabupaten Natuna sudah semestinya menambah pengalaman cita rasa dalam hidup Anda.

Wahana hiburan seperti penyewaan perahu juga bisa ditemukan saat Anda mau mencarinya. Cobalah jelajahi laut bersama para nelayan sambil melihat-lihat kumpulan batu granit dari jarak jauh. Itu pasti bisa membuat mood meningkat, tidak peduli sinar matahari sedang panas-panasnya.

Alif Stone Park akan membawa Anda berpetualang ke taman yang super unik. Menyusuri lautan, melangkah di antara batu-batu granit berumur ratusan tahun. Cobalah setidaknya sekali seumur hidup untuk menjelajahi panorama Kabupaten Natuna yang terkenal di kancah dunia.

REKOMENDASI DESTINASI