Amanzi Waterpark, Tempat Rekreasi Air Populer di Palembang

Amanzi Waterpark, Tempat Rekreasi Air Populer di Palembang

Amanzi Waterpark termasuk tempat rekreasi air yang populer di Kota Pelembang dengan menawarkan beragam wahana permainan menarik. Waterpark ini memiliki fasilitas seluncuran, kolam renang, penyewaan cabana dan kafe.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. By Pass Alang-Alang Lebar, Talang Klp., Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Amanzi Waterpark menjadi wahana bermain air yang berada di Kota Palembang yang sudah ada sejak bulan-bulan akhir tahun 2011. Tema yang diusung di tempat wisata ini yaitu berupa petualangan dengan nuansa alam yang liar seperti berada di Afrika. Destinasi wisata ini merupakan ikon wisata yang dimiliki Kota Palembang. Jadi, jangan lupa untuk mampir ketika Anda sedang berkunjung ke kota ini.

Tempat wisata ini pernah mendapatkan sebuah penghargaan dari pihak pemerintahan Sumatera Selatan sebagai wisata Adhikarya dengan kategori wisata air buatan yang paling baik di sepanjang tahun 2014 sampai 2015. Perlu Anda ketahui, bangunan-bangunan yang ada di tempat ini dibuat dengan konsep berupa istana yang terinspirasi dari istana yang ada di pedalaman wilayah Afrika.

Bangunan tersebut didirikan pada sebuah lahan yang memiliki luas wilayah mencapai 3,5 hektar. Pintu masuk tempat wisata Amanzi Waterpark terbilang unik. Selain itu, juga terdapat berbagai hiasan yang dibuat menggunakan daun palem, patung gorila, dan patung mamut. Hiasan inilah yang menambah keasyikan para pengunjung bermain di tempat ini, terutama bagi anak-anak.

Daya Tarik yang Dimiliki Amanzi Waterpark

Daya Tarik Amanzi Waterpark
Image Credit: Google Maps (Mukmin Samudera)

 

1. Taman Air dengan Nuansa Afrika

Amanzi Waterpark sebagai sebuah wahana bermain air, maka juga memiliki konsep khusus seperti wahana bermain air yang lainnya. Konsep yang diterapkan di tempat wisata yang satu ini yaitu hutan liar yang ada di Afrika. Itulah mengapa di tempat wisata ini Anda akan menjumpai berbagai macam tanaman hijau yang merupakan tanaman yang biasanya ada di Afrika.

Adanya tanaman-tanaman tersebut menjadikan tempat ini sejuk, teduh, dan membuat pengunjung bisa merasakan seakan berada di hutan belantara Afrika. Kota tempat wisata ini berada sebenarnya merupakan salah satu daerah yang panas di Indonesia. Dengan demikian, destinasi wisata tersebut dapat berperan sebagai oase.

2. Akomodasi yang Lengkap

Berwisata di tempat ini, Anda akan mendapatkan akomodasi yang cukup lengkap. Jika Anda berada di bandara maupun di terminal, maka akan ada mobil jemputan yang siap mengantarkan Anda hingga sampai di lokasi wisata. Di samping itu, bagi Anda yang ingin menginap, di sini sudah tersedia penginapan untuk 2 hari 1 malam.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lahat yang Populer

Bagi Anda yang ingin mengetahui banyak hal tentang tempat wisata ini, Anda juga bisa dipandu oleh tour guide. Sehingga, selain Anda berlibur sekaligus juga menambah wawasan Anda. Selain itu, ada pula akomodasi snack dan makan 3 kali dalam satu hari. Tentunya hal ini sangat menarik, sebab pengunjung tak perlu bingung akan menyantap makanan apa ketika sedang lapar di sini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Amanzi Waterpark

Alamat Amanzi Waterpark
Image Credit: Google Maps (Suriadi Nurdin)

Lokasi Wisata Amanzi Waterpark termasuk dalam wilayah Kompleks CitraGrand City. Untuk sampai di lokasi wisata, Anda dapat menggunakan jalur transmusi menuju bandara. Dari jalur ini Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal alang-alang. Bagi Anda yang tidak mengendarai kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan transportasi umum yang ada, yaitu taksi.

Tarif tiket masuk yang diberlakukan di tempat wisata ini sangat bervariasi. Rentang harganya mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 120.000. Macam-macam harga tersebut diberlakukan berdasarkan hari. Untuk hari Selasa sampai Jumat tiket masuk yang berlaku senilai Rp 60.000. Sedangkan di hari Sabtu harga tiket masuknya naik menjadi Rp 80.000, begitupula di hari Minggu yang semakin tinggi yaitu Rp 100.000.

Berbeda pula ketika memasuki musim liburan, maka tiket masuk yang harus Anda bayarkan merupakan harga yang paling tinggi, yakni Rp 120.000. Perlu Anda pahami tarif tiket tersebut berlaku bagi semua pengunjung, termasuk anak-anak yang tinggi badannya sudah lebih dari 80 cm. Sedangkan bagi anak yang belum memiliki tinggi badan lebih dari 80 cm, maka tidak akan dikenakan tarif normal.

Dengan membayarkan tiket masuk sejumlah itu, Anda sudah bisa menikmati asyiknya bermain di Amanzi Waterpark mulai jam 10.00 pagi hingga pukul 18.00 di hari Selasa hingga Sabtu, sedangkan di hari Minggu serta hari libur nasional, tempat ini sudah buka di jam 09.00 pagi. Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk penyewaan ban dan cabana.

Bagi pengunjung yang ingin menyewa ban single maka harus membayarkan biaya tambahan senilai Rp 30.000 dan ban double senilai Rp 40.000. Sedangkan bagi Anda yang ingin menggunakan cabana, maka Anda perlu membayarkan biaya sewa sejumlah Rp 150.000 jika Anda berkunjung di hari Selasa hingga hari Jumat. Berbeda dengan tarif sewa di Sabtu dan Minggu yang mencapai Rp 200.000.

BACA JUGA:  8 Wisata Kuliner di Muara Enim yang Murah & Enak

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Amanzi Waterpark

Kegiatan di Amanzi Waterpark
Image Credit: Google Maps (Gunady Wirawan)

1. Meluncur di Papan Luncur

Destinasi wisata yang satu ini mempunyai berbagai wahana yang dapat digunakan untuk meluncur. Itulah mengapa di sini pengunjung dapat menikmati sensasi meluncur dari ketinggian pada sebuah papan luncur. Wahana tersebut terbilang cukup ekstrim, sebab dapat memacu adrenalin siapapun yang mencobanya.

2. Bermain Voli Air

Bagi Anda yang suka dengan olahraga, di sini Anda bisa bermain voli air. Tempat wisata ini menyediakan wahana khusus untuk pengunjung yang ingin bermain voli air. Dengan demikian, Anda bisa menikmati waktu berlibur Anda dengan maksimal di tempat ini.

3. Menyusuri River Nille

Bagi Anda yang ingin menikmati rindangnya pepohonan dan tanaman yang ada di destinasi wisata ini, Anda dapat menyusuri river nille dengan memakai ban yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Wahana yang Tersedia di Amanzi Waterpark Pelembang

Wahana di Amanzi Waterpark Pelembang
Image Credit: Google Maps (Mukmin Samudera)

1. The Raft

Wahana the raft termasuk dalam medan untuk meluncur yang mempunyai panjang hingga 120 meter. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba wahana yang satu ini, maka Anda harus naik Tower Puncak Kilimanjaro dan memakai ban yang telah tersedia. Tower tersebut tingginya mencapai 15 meter. Di sini Anda dapat meluncur hingga kecepatan 45 km per jam.

2. The Velocity

Di sini Anda akan terhibur dengan asyiknya wahana meluncur sepanjang 60 meter dengan tingkat ketinggian sampai 11 meter. Jika Anda ingin menikmati wahana ini, Anda bebas apakah akan memakai matras atau tidak. Di wahana ini Anda bisa merasakan serunya meluncur dengan kecepatan hingga 30 km per jam.

Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan hal-hal menantang dan memacu adrenalin. Di Amanzi Waterpark desain dari medan peluncuran yang lurus dengan 4 jenis warna. Perpaduan warna inilah yang juga menjadi salah satu hal yang membuat tempat ini semakin menarik.

3. Zimba dan Cora Pool

Wahana yang satu khusus disediakan bagi Anda yang ingin bermain voli air bersama dengan rombongan berlibur Anda. Di sini ada pula pijatan menggunakan arus air. Pijatan tersebut dapat memberikan Anda sensasi rileks dengan adanya family slide, water volley, dan stone henger.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Lahat yang Paling Enak

4. Zimba Zone

Bagi Anda yang berlibur di tempat wisata ini bersama anak-anak, maka tempat inilah yang paling cocok untuk mereka. Sebab, zimba zone memang didesain untuk anak-anak, sehingga tingkat kedalaman kolamnya juga telah disesuaikan dengan usia mereka. Di wahana tersebut, mereka dapat menikmati berbagai permainan seperti mini jump, tong tumpah, dan children waterground.

5. River Nille

River Nille merupakan sebuah wahana yang sengaja didesain dengan menggunakan konsep seperti yang ada di Afrika. River Nille diibaratkan menjadi sungai Nil, dimana alirannya melalui hutan yang tersebar di wilayah Afrika. Kedalaman dari river nille ini mencapai 90 cm, sedangkan panjangnya mencapai 500 meter. Anda bisa menikmati wahana ini dengan menggunakan ban.

6. The Cyclone

Sebagian besar wahana yang ada di Amanzi Waterpark memang berupa tempat peluncuran. Tempat yang satu ini merupakan tempat meluncur yang didesain berbentuk torpedo atau spiral. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berputar-putar sembari meluncur, maka Anda bisa mencobanya.

Bagi Anda yang ingin mencoba the cyclone, maka harus memakai ban. Tingkat ketinggian yang dimiliki dari peluncuran tersebut mencapai 17 meter dan bisa mencapai kecepatan hingga 60 km per jam.

7. Flying Fox

Flying fox menjadi salah satu wahana terbaru dari tempat wisata ini, yakni baru ada di tahun 2017, tepatnya di bulan Juli. Lintasannya sepanjang 100 meter dengan ketinggian mencapai 15 meter. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi meluncur menggunakan flying fox maka harus membayarkan biaya sewa terlebih dahulu.

8. The Falls

Di sinilah Anda bisa menikmati meluncur dengan ketinggian 14 meter sepanjang 90 meter. Khusus di wahana ini, Anda bisa tidak memakai ban ketika ingin meluncur. Kecepatan meluncur di tempat ini mencapai 40 km per jam.

Itulah daya tarik yang dimiliki Amanzi Waterpark. Bagi Anda yang gemar melakukan travelling maupun senang dengan wisata air yang menantang, maka tempat ini bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya. Setelah mengetahui berapa tiket masuk dan harga sewa dari fasilitas yang ada di tempat ini, maka Anda dapat menyiapkan anggaran wisatanya terlebih dahulu.