Bandar Bakau Dumai, Wisata Hutan Mangrove & Sarana Edukasi Favorit

Bandar Bakau Dumai, Wisata Hutan Mangrove & Sarana Edukasi Favorit
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ratu Sima, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau.

Bandar Bakau menjadi tempat konservasi sekaligus wisata yang bisa dikunjungi di Kota Dumai. Tempatnya begitu luas dan tampak seperti hutan karena dikelilingi tanaman hijau khususnya bakau. Udara di sekitarnya pun terasa sangat sejuk karena adanya penghijauan tersebut. Apalagi letaknya juga jauh dari pemukiman warga dan hiruk pikuk perkotaan.

Destinasi alam ini menyuguhkan pemandangan yang akan membuat Anda takjub. Selain itu kebersihannya pun selalu terjaga dengan baik agar wisatawan merasa betah saat berlibur. Anda juga harus turut serta melestarikan tempat ini dengan tidak merusak atau mengotorinya. Hal itu tentu bisa membuat tanaman bakau menjadi terjaga keberadaannya.

Pada hari tertentu banyak pengunjung lokal yang berbondong-bondong menuju ke area ini. Apalagi tempatnya juga cocok dijadikan sebagai sarana edukasi untuk menambah pengetahuan tentang tanaman bakau. Tidak heran jika banyak traveller yang selalu mengajak keluarga untuk berkunjung ke destinasi alam itu.

Daya Tarik yang Dimiliki Bandar Bakau Dumai

Bandar Bakau Dumai
Instagram Qashmal Saifuddin Bantasyam

1. Memiliki Banyak Bakau

Sesuai dengan namanya Bandar Bakau Dumai memang digunakan sebagai tempat melestarikan tanaman bakau. Traveller dapat melihat tanaman ini di sudut kanan dan kiri yang tampak begitu banyak. Bakau memang sengaja ditanam untuk menjadi resapan air hujan dan wisata yang menghasilkan pasokan oksigen.

Biasanya petugas dan warga setempat mengadakan penanaman pohon bakau untuk mengganti tanaman yang sudah layu. Hal ini tentu bertujuan agar kualitas bakau tetap terjaga sebagai paru-paru kota. Anda yang berlibur bisa pula memotret tanaman bakau melalui ponsel. Hal yang terpenting jangan merusak bakau saat berada di kawasan ini.

2. Panorama Alam

Destinasi ini memang menarik untuk dikunjungi karena dikelilingi oleh panorama alam. Selain hutan yang tampak hijau, gunung dan bukit pun terlihat menghadap langsung ke arah wisata. Hal tersebut membuat suasananya terasa begitu alami karena pemandangan yang ada di sekitar. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bersantai agar tubuh menjadi fresh.

Saat cuaca sedang mendukung, sinar matahari yang menyinari membuat pemandangan terlihat begitu indah. Biasanya pengunjung banyak yang berjalan untuk menyusuri hutan sekaligus menikmati suasana wisata. Jadi jangan lupa melipir ke Bandar Bakau jika ingin melihat pemandangannya secara langsung.

3. Tempatnya Asri

Pohon bakau yang begitu banyak membuat tempat wisata ini terlihat asri. Wisata yang hijau ini memang sulit ditemukan di daerah lain. Apalagi sekarang banyak tempat alam yang sudah dibangun menjadi kawasan pemukiman untuk tempat tinggal warga. Hal tersebut membuat hutan semakin langka ditemukan di daerah perkotaan yang begitu padat.

Jika hutan sulit ditemukan, maka pasokan oksigen pun menjadi berkurang yang bisa berakibat buruk. Jadi kawasan Bandar Bakau memang sangat perlu dilestarikan dengan baik sebagai tempat wisata sekaligus penghasil udara bersih. Para pelancong pun akan merasakan kesejukan saat berada di sekitar kawasan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bandar Bakau Dumai
Image Credit: Google Maps Faisal Ijal

Wisata alam Bandar Bakau terletak di Jalan Nelayan Laut Ujung, Dumai, Riau. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga masih bisa dijangkau oleh kendaraan. Akses jalannya pun mudah dilalui karena sudah beraspal mulus. Anda dapat membawa kendaraan pribadi atau naik angkutan umum seperti ojek dan bus yang melewati kawasan wisata.

Jika berangkat dari arah bandara internasional Sultan Syarif Kasim, traveller bisa menuju ke Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian lurus terus ke arah kawasan Jalan Yos Sudarso. Lalu pengunjung bisa lewat tol supaya lebih cepat sampai ke lokasi wisata. Disana wisatawan akan melewati Jalan Tol Pekanbaru yang jaraknya sudah dekat dengan hutan bakau.

Sepanjang perjalanan disediakan papan petunjuk agar para tamu bisa menemukan letak destinasi alam tersebut. Anda juga bisa mengaksesnya melalui google maps atau bertanya langsung ke penduduk setempat. Hal ini tentu akan membantu pelancong untuk menuju ke Bandar Bakau. Jadi Anda tidak perlu takut tersasar meskipun baru pertama kali ke Riau.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Bandar Bakau Dumai
Image Credit: Google Maps Achmad Riyadh

Sebelum menikmati keindahan Bandar Bakau, traveller diharapkan membeli tiket terlebih dahulu. Harganya sangat terjangkau hanya Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan anak-anak. Tarif ini juga berlaku pada hari biasa dan hari libur. Namun biasanya untuk turis dari luar negeri akan dikenai harga tiket yang sedikit mahal yaitu sekitar Rp 30.000.

Bagi para pelancong yang membawa kendaraan pribadi dapat menaruhnya di lahan parkir yang ada di area pintu masuk. Tarif karcisnya juga masih ramah di kantong yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biasanya tamu yang membawa rombongan bus akan dikenai tarif karcis Rp 10.000 karena termasuk jenis kendaraan besar.

Biaya yang ada tersebut digunakan untuk pengelolaan tempat wisata. Anda bisa berlibur mulai pagi hingga sore hari karena jika sudah malam tempatnya akan ditutup. Harganya yang tergolong murah membuat destinasi alam ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan beberapa orang memilih untuk mengajak keluarga untuk menikmati area wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bandar Bakau

Aktivitas Bandar Bakau Dumai
Image Credit: Instagram Grand Zuri Dumai By ZHM

1. Melihat Bakau

Seperti yang telah diketahui bahwa wisata ini memiliki tanaman bakau yang sangat banyak. Bandar Bakau memang digunakan untuk keperluan penelitian dan konservasi tanaman itu sendiri. Petugas pun menyarankan pengunjung untuk tidak merusak kawasannya. Sehingga Anda harus menjaga perilaku saat berlibur ke hutan bakau ini.

2. Bersantai

Suasana destinasi alam itu memang begitu menenangkan karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tak hanya itu, udaranya pun sangat segar karena banyak tanaman bakau yang ada di sekitar. Suasana itulah yang membuat areanya cocok digunakan untuk sekedar melepas penat. Anda juga bisa bercengkrama santai dengan kerabat atau keluarga.

3. Berjelajah

Lahan wisata yang tampak luas banyak dimanfaatkan wisatawan untuk berjelajah. Anda dapat melihat tanaman bakau secara dekat dan detail dengan melakukan aktivitas tersebut. Hal yang terpenting jangan merusak atau mengotori lahannya selama berkeliling. Jangan lupa pula untuk membawa camilan dan air minum agar kegiatan ini semakin seru.

4. Menjepret Foto

Menjepret foto menjadi aktivitas yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Bandar Bakau Dumai. Apalagi disana menawarkan spot unik yang dapat dijadikan background foto. Anda dapat berfoto di sekitar pohon bakau atau di jembatan kayu yang terlihat estetik. Maka dari itu jangan lupa membawa kamera agar bisa mengambil foto sebanyak mungkin.

Aktivitas Seru Bandar Bakau Dumai
Image Credit: Instagram Grand Zuri Dumai By ZHM

5. Piknik

Sebagian orang yang berlibur ke wisata alam banyak yang menyukai kegiatan piknik. Anda dapat membawa makanan, peralatan masak, dan tikar agar piknik semakin seru. Selain itu traveller juga bisa piknik di gazebo yang ada dengan menikmati udara segar. Anda diharapkan tetap membuang sampah plastik ke tempat sampah usai melakukan piknik.

6. Melihat Pagelaran

Biasanya pada hari tertentu petugas akan mengadakan pagelaran seni di kawasan wisata ini. Pentas ini menampilkan tari tradisional, live musik, dan masih banyak lagi. Pagelaran tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya setempat dan menarik perhatian. Pengunjung bisa melihat sekaligus mengabadikannya melalui rekaman video atau foto.

7. Edukasi

Tanaman bakau yang ada di dalam wisata ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi. Anda dapat bertanya mengenai cara perawatan serta kegunaan dari tanaman tersebut. Kegiatan itu tentu bisa menambah wawasan mengenai bakau. Maka dari itu, jangan lupa bertanya mengenai bakau kepada petugas atau membaca informasi yang telah tersedia disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Mangrove

Fasilitas Bandar Bakau Dumai
Image Credit: Google Maps Achmad Riyadh

Bandar Bakau menyediakan fasilitas untuk memikat hati para pelancong. Terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan. Pada sudut lain ada jembatan yang terbuat dari kayu yang biasanya dipakai duduk. Selain itu jembatan ini juga sering dijadikan sebagai spot foto yang terlihat begitu estetik dan bagus.

Kawasan wisata bakau belum menyediakan kamar mandi umum, sehingga Anda yang ingin membasuh diri bisa mengunjungi rumah penduduk. Disana juga belum ada mushola atau tempat ibadah lainnya. Selain itu wisatawan yang berlibur diharapkan membawa beberapa perlengkapan dari rumah. Fasilitas yang ada disana memang masih sangat sedikit.

Saat hari libur tertentu tampak beberapa warung yang dibuka dan menjual aneka macam kuliner. Akan tetapi warung itu tidak buka setiap hari karena biasanya pengunjung tidak begitu ramai saat hari biasa. Jadi para tamu diharapkan membawa bekal makanan untuk persediaan selama berlibur. Wisata ini pun juga akan terus mengembangkan fasilitasnya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai Bandar Bakau Dumai yang dapat dijadikan pilihan berlibur. Anda bisa melihat tanaman bakau secara dekat dan dijamin akan kagum saat berada di areanya. Hal yang terpenting siapkan bekal, peralatan, dan kendaraan sebelum berkunjung kesana. Jangan lupa pula untuk mengajak keluarga atau kerabat dekat.