Bangka Botanical Garden, Destinasi Agrowisata Hits & Sarana Edukasi Favorit

Bangka Botanical Garden, Destinasi Agrowisata Hits & Sarana Edukasi Favorit
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Selain memiliki koleksi wisata bahari yang sangat cantik, Bangka ternyata juga memiliki wisata darat yang tidak kalah cantik dan menarik. Bangka Botanical Garden merupakan agrowisata yang menjadi primadona destinasi wisata di Bangka.

Tidak disangka bahwa wisata cantik ini dulunya merupakan sebuah wilayah tanah gambut berpasir yang dijadikan sebagai tambang timah. Setelah lama terbengkalai, akhirnya warga dan pengelola wisata memutuskan untuk merubah wilayah ini menjadi sebuah wisata terpadu dengan berbagai daya tarik di dalamnya.

Agrowisata yang mengusung tema zero waste ini telah berhasil menarik perhatian banyak pengunjung. Tidak heran jika taman botani ini selalu ramai oleh para wisatawan, baik pada saat weekend maupun weekday.

Daya Tarik yang Dimiliki Bangka Botanical Garden

Daya Tarik Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Rizál

1. Jalan Pinus yang Indah

Salah satu daya tarik sekaligus ciri khas wisata cantik ini yakni adanya jalan yang dipenuhi dengan jejeran pohon pinus di setiap sisinya. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan jalan dengan pasir putih serta lorong pinus yang sungguh eksotis.

Cahaya matahari yang terhalang oleh pohon pinus berpadu dengan warna putih kecokelatan dari jalan tersebut menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Pemandangan bak suasana winter di tanah Eropa tersebut tentu membuat siapa saja merasa sedang tidak berada di Kota Bangka.

2. Kolam Ikan Raksasa

Selain identik dengan jalan pinusnya yang eksotis, Bangka Botanical Garden juga terkenal dengan berbagai kegiatan peternakan dan pertaniannya. Salah satu kegiatan peternakan yang sedang dikembangkan oleh wisata hits ini adalah budidaya ikan air tawar. Wisata keren ini memiliki 14 kolam dengan berbagai jenis ikan di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, wisata terpadu ini juga menyediakan sebuah kolam besar yang bisa dimanfaatkan sebagai arena memancing oleh wisatawan. Dilengkapi dengan gubuk-gubuk yang tersebar di sekitar kolam tentu akan membuat kegiatan memancing menjadi lebih nyaman.

3. Peternakan Sapi Perah Ramah Lingkungan

Peternakan sapi perah dengan tema ramah lingkungan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata keren ini. Terdapat sekitar 250 ekor lebih sapi yang diternakkan oleh pengelola wisata hits ini. Hal yang membuat peternakan ini unik adalah limbahnya yang tidak dibuang begitu saja, melainkan diolah dan dimanfaatkan kembali.

Limbah sapi seperti urine dan kotoran itu kemudian akan diolah menjadi pupuk organik dan dimanfaatkan kembali untuk kegiatan pertanian dan perawatan budidaya ikan. Proses kegiatan terpadu ini tentu menarik untuk dijadikan sebagai wisata edukasi bagi para wisatawan yang ingin mengetahui lebih detail mengenai proses kegiatan tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Catatan Sinine

4. Kebun dengan Beragam Tumbuhan

Selain peternakan, Bangka Botanical Garden juga memiliki tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi, yakni kebun dan green house. Terdapat banyak kebun dengan berbagai jenis tanaman di dalamnya, mulai dari buah naga hingga tumbuhan gurun pasir seperti kurma ada di sini.

Tidak hanya itu saja, wisata keren ini juga memiliki green house yang berisi beberapa jenis tanaman di dalamnya. Green house tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pembibitan untuk menjaga keberlangsungan proses regenerasi tanaman yang ada di sini.

5. Susana yang Asri

Pengelolaan yang dilakukan sedemikian rupa telah berhasil menyulap kawasan tambang yang tandus ini menjadi wisata alam yang sangat sejuk dan asri. Pengunjung tidak akan merasakan suasana terik dan panas Kota Bangka saat berkunjung kesini.

Rindangnya tanaman yang tersusun rapi ditambah dengan adanya kolam-kolam di sekitar area membuat suasana wisata keren ini semakin asri dan alami. Hembusan angin yang menggoyangkan pepohonan serta suara-suara sapi di peternakan pasti akan membuat siapa saja merasa damai dan tenang saat berada di sini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Hellen Eki

Wisata edukasi ini terletak tidak jauh dengan pusat Kota Bangka. Hanya diperlukan waktu sekitar 16 menit saja untuk tiba di taman Botani dari Kota Bangka tersebut.

Jika ingin berkunjung ke sini, maka anda bisa melewati Jl Pulau Bangka menuju ke Jl Pulau Gelasa. Ikuti saja Jl Pulau Gelasa hingga sampai pada pertigaan, lalu arahkan kemudi ke arah kanan. Pada pertigaan kedua, anda bisa memilih arah ke kiri menuju Jl Raya Pasir Padi.

Tetap ikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan Masjid Al-hikmah. Arahkan kendaraan ke arah jalan di sebelah masjid tersebut. Terus ikuti jalan tersebut hingga tiba di pertigaan, lalu belok ke kiri. Setelah berjalan kurang lebih 450 meter, maka arahkan kendaraan ke arah kiri.

Ikuti jalan sepanjang 600 meter hingga bertemu pada 5 persimpangan jalan. Kemudian pilih jalan lurus, maka anda akan tiba di Jl Pasir Padi Kelurahan Temberan yang merupakan lokasi wisata terpadu tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Bangka

Tiket Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Lina Wati https://www.google.com/maps/contrib/115260853698975606212

Wisata edukasi terbaik di Bangka ini justru tidak menarik tiket masuk bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Semua orang diberi kebebasan untuk masuk dan bermain di Bangka Botanical Garden sepuasnya.

Namun, jika ingin berkontribusi untuk membantu mengembangkan wisata edukasi ini, maka anda bisa membeli beberapa produk olahan yang ditawarkan di kantin miliknya. Ada banyak produk sehat olahan wisata keren ini yang bisa anda beli, seperti asinan buah, manisan buah, yogurt, es lilin, berbagai jus yang dibandrol mulai harga Rp 5.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Botanical Garden

Aktivitas Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps mahrita affria

1. Berfoto Ria

Salah satu spot favorit wisatawan yang bisa anda coba saat berkunjung ke Bangka Botanical Garden adalah jalanan berpasir dengan pohon pinusnya yang berjejer rapi di pinggir jalan. Berpose di tempat ini tentu akan membuat foto anda seolah sedang tidak berada di Kota Bangka, melainkan di belahan benua lain.

2. Piknik

Piknik merupakan salah satu kegiatan paling menyenangkan ketika sedang berlibur bersama keluarga atau sahabat. Apalagi jika pikniknya di tempat yang sangat asri dan indah. Rindangnya pepohonan serta kolam-kolam ikan yang ada di sekitar wisata kian menambah kesan sejuk dan nyaman untuk piknik.

Menggelar tikar di tengah rindangnya pepohonan bersama keluarga kian menambah suasana syahdu liburan anda. Selain itu, gubuk-gubuk yang telah disediakan oleh pengelolaan juga bisa anda manfaatkan sebagai tempat piknik.

3. Memancing

Bagi para pecinta olahraga memancing, tentu tempat ini sangat cocok untuk anda. Kolam besar lengkap dengan berbagai jenis ikan di dalamnya tentu akan menarik perhatian anda untuk segera memancing.

Tidak perlu khawatir kepanasan karena pengelola telah menyiapkan gubuk-gubuk kecil untuk berteduh di sekitar kolam. Memancing di sebuah gubuk ditemani dengan suasana alam yang begitu asri pasti akan menambah nikmat liburan anda.

Aktivitas Seru Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps R Utami

4. Belajar Beternak

Sebagai wisata edukasi, Bangka Botanical Garden menawarkan kegiatan pembelajaran mengenai sistem peternakan terpadu. Pengunjung bisa belajar mengenai proses pengolahan limbah ternak Sapi perah hingga pemanfaatannya sebagai tambahan nutrisi ternak ikan yang ada di sini.

Belajar sambil berwisata tentu tidak akan membuat liburan anda menjadi monoton. Selain itu, anda juga akan lebih paham dan bisa mempraktekan ilmu peternakan terpadu tersebut di rumah sehingga tidak akan ada sampah organik yang terbuang sia-sia.

5. Belajar Bertani dan Berkebun

Selain peternakannya, agrowisata ini juga memiliki sistem pertanian dan perkebunan terpadu yang masih terhubung dengan sistem peternakan tersebut. Anda bisa belajar bagaimana cara membudidayakan berbagai jenis tanaman mulai dari benih hingga bisa memiliki hasil dengan menggunakan sistem terpadu.

Tidak perlu khawatir kotor karena sistem pertanian dan perkebunan di sini sudah cukup modern sehingga. Anda bisa terjun langsung ke perkebunan buah ataupun berkunjung ke green house untuk melihat proses pembiakan generasi selanjutnya dari tanaman-tanaman yang ada di sini.

6. Berkuda

Selain semua keseruan di atas, wisata keren ini masih memiliki satu kegiatan menarik, yakni berkuda. Bagi yang belum mahir berkuda tidak perlu khawatir karena wisata keren ini telah menyiapkan pelatih berpengalaman yang siap mendampingi anda berkuda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bangka Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa wisatawan manfaatkan saat berkunjung ke sini. Berbagai fasilitas umum seperti toilet dan mushola telah disediakan oleh pengelola.

Selain itu, pengelola juga menyediakan gubuk-gubuk yang bisa digunakan untuk piknik ataupun bersantai. Fasilitas lain seperti kuda serta kolam pancing juga bisa dimanfaatkan untuk menambah keseruan berlibur anda.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke sini karena sudah ada warung makan dan kantin yang tersedia di dalam tempat wisata. Berbagai olahan makanan yang tersedia di sini tentu sangat terjamin keamanan dan gizinya karena diolah dari hasil ternak dan kebun milik wisata sendiri.

Wisata edukasi yang mengusung tema zero waste ini ternyata memiliki banyak sekali potensi menarik di dalamnya. Banyak sekali kegiatan seru dan bermanfaat bisa dinikmati saat saat berkunjung ke Bangka Botanical Garden dan tentunya akan membuat anda kerasan berlama-lama di sini.