Geowisata Batu Belimbing, Destinasi Wisata Alam Sarat Legenda di Bangka Selatan

Geowisata Batu Belimbing, Destinasi Wisata Alam Sarat Legenda di Bangka Selatan
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tj. Ketapang, Kec. Bang Toboali, Kab. Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Bangka Selatan terdapat sebuah obyek wisata berbentuk batu besar yang berdiri begitu megahnya dengan ukiran alaminya yang berupa garis-garis vertikal. Geowisata berbentuk batu yang berasal dari alam ini bernama Batu Belimbing. Asal-usul dari penamaan batu ini sangatlah menarik jika dibahas. Kisahnya, pada zaman dahulu hiduplah sepasang sahabat yang bernama Bang Belim dan Ko Abing.

Mereka kerap kali menghabiskan waktu sore dengan duduk diatas batu besar. Hingga datanglah wabah penyakit yang sulit disembuhkan dan banyak memakan korban. Lalu, sepasang sahabat ini mendapat mimpi berupa tabib dari seberang lautan yang dapat menyembuhkan penyakit itu. Mereka berdua pun membawa pulang buah sebagai obatnya. Satu buah obat ini hanya mampu menyembuhkan satu orang.

Sepasang sahabat ini lalu membagikan buah itu dan kekurangan dua buah untuk seorang ibu dan anak. Mereka pun memberinya buah itu lalu mereka meninggal karena wabah. Mereka berpesan untuk diwafatkan di batu besar tempat mereka menghabiskan waktu sore. Hingga suatu hari warga dihebohkan oleh timbulnya batu besar yang menyerupai obat buah diatas makam Bang Belim dan Ko Abing.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Belimbing

Daya Tarik Dimiliki Batu Belimbing
Image Credit: Google Maps (Haduao 1)

Cerita mengenai asal-usulnya yang sangat menarik untuk ditelisik menjadikan batu ini favorit sebagai destinasi wisata berkelas sejarah. Tidak hanya itu, geowisata ini juga sering disambangi oleh para wisatawan yang ingin merasakan destinasi wisata berbeda, lain dari yang lain. Mulai dari cerita asal-usulnya hingga semua daya tarik yang akan diuraikan dibawah tidak akan mengecewakan pengunjung.

1. Bentuk Batunya yang Unik

Daya tarik utama dari obyek wisata ini tentu saja batunya. Batu besar ini ialah jenis batu granit yang terjadi akibat pembekuan pada magma di dalam lapisan perut bumi. Fenomena ini terjadi pada sekitar 270 juta tahun yang lalu. Bentuknya yang unik hampir menyerupai belimbing dan memiliki kesan megah karena menjulang tinggi terlihat sangat menarik untuk dipandang. Batu-batu kecil pun ada di sekitarnya.

2. Dikelilingi Oleh Pepohonan Rindang

Obyek wisatanya yang termasuk alami menjadikan pepohonan rindang dapat dengan mudah wisatawan temukan ketika menyambangi Batu Belimbing. Wisatawan bisa menemukan area sejuk ini di bagian tengah obyek wisata. Disini terdapat lahan hijau kosong lengkap dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Udara sejuk dan asri tentu akan wisatawan rasakan. Semilir angin lembut pun menyertai lokasi ini.

Daya Tarik Batu Belimbing
Image Credit: Google Maps (Tony Beckman)

3. Gerbang Kece Berwarna-warni

Dulunya destinasi ini terlihat tidak terawat dengan lokasinya yang banyak ditumbuhi ilalang. Namun, ketika dikelola oleh tangan anak-anak muda di sekitar lokasi ini menjadikannya semakin terlihat cantik dan indah.

Kesan estetika dapat dirasakan ketika wisatawan datang kesini dengan gerbangnya yang terlihat berwarna-warni lengkap dengan ucapan selamat datang ke destinasi wisata satu ini. Menarik!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Batu Belimbing
Image Credit: Google Maps (Nurhadi Panca)

Destinasi wisata alam Batu Belimbing terletak di Kepulauan Bangka Belitung tepatnya di Kabupaten Bangka Selatan, Kecamatan Toboali. Obyek wisata ini berada di arah barat daya dari Pulau Bangka. Untuk menuju kesini, wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan berupa motor ataupun mobil. Sebab lokasi dari obyek wisata ini minim jika digunakan transportasi umum.

Wisatawan yang berasal dari Kecamatan Toboali dapat menempuh perjalanan hanya sekitar 4 km dengan waktu tempuh 10 menit saja. Sementara untuk wisatawan yang berasal dari Kota Pangkal Pinang bisa menempuh perjalanan selama 2 jam 17 menit dengan jarak tempuh 127 km. Perjalanan dari Kota Pangkal Pinang menuju tujuan dapat ditempuh dengan melewati Jalan Namang dan Jalan Raya Gadung.

Wisatawan dari Kecamatan Toboali bisa menempuh perjalanan dari Jalan Bend. Belok ke kanan menuju Jalan Teladan Baru. Lalu belok ke arah kiri menuju Gang Pelita dan ke arah kiri lagi ke Jalan Mayor Muniz IV. Belok ke arah kanan ke Jalan H Agus Salim. Lanjut ke kiri Jalan Mayor Syafrie Rahman. Belok ke kanan dua kali menuju Jalan Suhali Toha lalu ke kanan Jalan Batu Belimbing hingga menemui tujuan.

Sedangkan untuk wisatawan yang berasal dari Kota Pangkal Pinang bisa mengikuti Jalan Permata menuju Jalan Soekarno Hatta. Teruskan ke Jalan Pangkal Pinang – Namang. Saat bertemu bundaran, ambil jalan keluar kedua ke Jalan Kenanga Atas. Teruskan perjalanan hingga ke Jalan Mayor Munzir IV. Lalu dapat meneruskan perjalanan berdasarkan rute dari Kecamatan Toboali pada uraian sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Batu Belimbing
Image Credit: Google Maps (Dian M. S.)

Obyek wisata yang berbeda ini memang terlihat unik dan menarik untuk disambangi. Didukung oleh asal-usul sejarahnya yang melegenda serta beragam daya tariknya tidak akan bisa menjadikan seorang pun mampu melewatkannya. Terlebih jika kabar bahwa harga tiket masuk obyek wisata ini yang terkenal ramah dikantong. Jadi, tidak alasan lagi untuk mengabaikan destinasi wisata berupa batu besar satu ini.

Wisatawan yang berniat menyaksikan kemegahan Batu Belimbing bisa mempersiapkan sejumlah uang sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuknya. Wisatawan yang membawa kendaraan juga harus mempersiapkan dana Rp 2.000 sebagai biaya parkir. Menarik sekali bukan? Wisatawan dapat melihat panorama megah dari bebatuannya namun dengan tiket masuk yang terbilang bersahabat di kantong.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Batu Belimbing

Kegiatan di Batu Belimbing
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

1. Menikmati Sunset Diatas Batu Besar

Jika wisatawan merasa tertarik merasakan bagaimana menikmati sunset diatas batu besar ini seperti yang dilakukan oleh sepasang sahabat tersebut, wisatawan bisa mendapatkannya. Ada jalan setapak yang akan mengarahkan wisatawan menuju bagian atas batu. Dari sini terpampang jelas pemandangan memesona langit oranye lengkap dengan dekorasi matahari terbenam yang begitu menakjubkan.

2. Beristirahat Dibawah Rindang Pepohonan

Lahan hijau yang berada disini dapat dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat setelah lelah berkeliling Batu Belimbing. Wisatawan bisa merasakan semilir angin sejuk yang dibawa dari pepohonan rindang disini lengkap dengan udara yang asri. Bahkan ketika siang hari pun wisatawan tidak akan merasa kegerahan karena dedaunan rindang dari pepohonan ini akan sedikit menghalangi sinar matahari masuk.

3. Berfoto dengan Background Gerbang Warna-warni

Obyek wisata ini semakin cantik dengan gerbang masuknya yang berupa pagar berwarna-warni. Tidak lupa pula diatasnya tertulis kata “Welcome to Batu Belimbing”. Wisatawan bisa memanfaatkan gerbang cantik ini dengan berfoto di depannya. Gerbang ini lokasinya tidak jauh dari pusat batu besar, terletak persis di depannya. Jadi wisatawan bisa mendapatkan dua spot foto sekaligus dalam satu jepretan foto.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan di Sekitar Lokasi
Image Credit: Okeyboz.com

1. Homestay Jamboo Resindence

Penginapan ini terlihat sangat asri dengan pepohonan dan rerumputan hijau yang menghiasi dekorasi bagian luarnya. Penginapannya yang didukung juga dengan furniture dari kayu menjadikan Homestay Jamboo Residence memaparkan kesan rumah sendiri. Fasilitas AC dan ruangan yang bersih terlihat jelas disini. Cocok sekali jika digunakan sebagai tempat bermalam para wisatawan Batu Belimbing.

2. Penginapan Kita

Tertarik merasakan menginap dengan gaya hiruk pikuk kota namun tidak ketinggalan dengan kesan desa? Penginapan Kita adalah solusinya. Balkon yang berada di penginapan ini dapat wisatawan manfaatkan untuk bersantai dimalam hari sembari menyaksikan lalu lalang kendaraan yang menghiasi jalan. Lokasinya yang berdekatan dengan pasar menciptakan suasana desa yang masih sangat terasa.

3. Grand Marina Hotel

Hotel yang memiliki desain bangunan minmalis ini terlihat simple pun dengan bagian dalamnya. Kamarnya memiliki warna ruangan dominan putih dengan fasilitas AC dan televisi tentunya. Kamarnya pun sangatlah bersih dan nyaman untuk ditinggali. Lokasinya yang strategis pun mampu memikat siapapun bermalam disini. Bagaimana dengan anda, tertarik untuk beristirahat di Grand Marina Hotel?

Fasilitas yang Tersedia di Batu Belimbing Bangka

Fasilitas di Batu Belimbing Bangka
Image Credit: Google Maps (Engeline Henriette)

Berwisata ke Geowisata Batu Belimbing tidak perlu khawatir mengenai keberadaan fasilitasnya. Sebab, beragam fasilitas umum sudah disediakan disini. Walaupun lokasinya berada jauh dari pusat Kota Pangkal Pinang, obyek wisata unik ini tidak melupakan fasilitasnya. Jadi, benar-benar tidak ada alasan lagi untuk berpaling dari obyek wisata alam ini. Terlebih untuk Anda yang berada di Kepulauan Bangka Belitung.

Pada saat datang kesini, wisatawan diharuskan untuk membayar tiket masuk dan biaya parkir. Fasilitas tempat parkir yang cukup luas tersedia disini. Tempat parkir ini akan menampung kendaraan para wisatawannya. Selain itu disini pun terdapat toilet sebagai fasilitas yang paling penting. Wisatawan bisa memanfaatkan toilet ini untuk berbagai keperluan seperti mengganti pakaian ataupun membuang hajat.

Tidak sampai disitu saja, destinasi wisata ini juga difasilitasi oleh beberapa tempat duduk yang tersedia di beberapa titik. Wisatawan bisa duduk sembari menyaksikan kemegahan batu ataupun beristirahat selepas lelah berkeliling. Tempat duduk ini juga dinaungi oleh pepohonan rindang yang akan menambah sejuk suasana. Tidak lupa pula fasilitas tempat sampah untuk sama-sama menjaga kebersihan lokasi.

Itulah uraian mengenai Batu Belimbing di Bangka Selatan yang diharapkan dapat menciptakan daya tarik wisatawan untuk datang dan berlibur. Pengunjung tidak akan menyesal telah menyambanginya. Obyek wisata yang memiliki asal-usul yang melegenda ini menghasilkan batu besar dengan bentuk unik. Pemandangan hijau dan lokasi yang bersih karena ada fasilitas tempat sampah bisa wisatawan dapatkan.