Mengintip Keindahan Bendungan Namu Sira-Sira di Langkat yang Asri & Menyegarkan

Mengintip Keindahan Bendungan Namu Sira-Sira di Langkat yang Asri & Menyegarkan

Bendungan Namu Sira-Sira salah satu destinasi pemandian alami yang sejuk dan asri di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Wisata alam yang bersih ini cocok untuk dijadikan tujuan liburan keluarga.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Durian Lingga, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Untuk diketahui, Namu Sira-Sira merupakan sebuah bendungan yang difungsikan sebagai irigasi bagi warga sekitar. Ada ribuan hektar sawah milik warga sekitar yang menikmati aliran air dari bendungan ini. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, nama bendungan pun dijadikan sebagai nama destinasi pemandian yang cukup terkenal ini.

Tidak mengherankan memang kenapa lokasi ini berubah menjadi sebuah lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Bendungannya yang sangat cantik dan juga suasana di sektiar bendungan sangat sejuk nan asri, membuat lokasi ini lambat laut dikenal banyak orang.

Tempatnya yang indah membuat wisata pemandian ini banyak dikunjungi para wisatawan yang datang ke Kabupaten Langkat. Dan pastinya destinasi wisata ini memiliki banyak sekali daya tarik yang menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin menyambanginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bendungan Namu Sira-Sira

Daya Tarik Bendungan Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERMIN)

Berikut ini adalah macam macam daya tarik yang berada di Namu Sira-Sira, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

1. Area dan Kawasan Wisata Cukup Luas

Karena lokasi wisata ini merupakan sebuah bendungan, jadi tidak heran jika memiliki area yang sangat luas. Luasnya área wisata ini membuat panorama alam yang disuguhkan sangatlah indah.

Selain itu, disini juga tersedia berbagai macam pemandian kolam dengan variasi kedalaman yang beragam. Ada yang mulai dari setinggi lutut orang dewasa sampai hanya mata kaki orang dewasa. Hal itu membuat tempat ini merupakan salah satu wisata yang sangat ramah bagi anak-anak, karena anak-anak tidak akan takut akan tenggelam ketika bermain air.

2. Memiliki Pasir di Tepi Bendungan

Tempat wisata yang satu ini sekilas mirip dengan pantai. Karena di tepian pemandian terdapat pasir yang mirip sekali dengan sebuah wisata laut. Hal ini menjadi keunikan tersendiri karena tidak semua pemandian umum memiliki sebuah daratan pasir menyerupai pantai di pinggir dari pemandian. Keberadaan pasir ini bisa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain di pinggir bendungan.

3. View yang Sangat Mempesona

Keindahan yang dimiliki Namu Sira-Sira ini memang tidak bisa dipungkiri. Sampai-sampai banyak wisatawan yang berasal dari luar Sumatera Utara datang hanya untuk mandi disini. Ya, air yang jernih dan bersih, ditambah dengan pemandangan sekitar yang masih alami menjadi alasan banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini.

Daya Tarik Dimiliki Bendungan Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERNIN)

4. Arus yang Kuat dan Berbatu

Di salah satu tempat pemandian ini terdapat sebuah area kolam yang memiliki intensitas arus yang cukup tinggi. Tentu saja, hal itu sangat berbahaya jika digunakan berenang oleh anak-anak. Namun tujuan utamanya ialah untuk berolahraga rafting yang sangat cocok untuk mengasah adrenalin Anda dalam hal olahraga ekstrem.

Bebatuan besar yang menjadi rintangan, membuat suasana rafting semakin seru dan asyik. Namun pengamanan tetap menjadi prioritas pihak penyewa, karena takutnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika memulai olahraga rafting.

5. Tempat Wisata yang Murah

Jika Anda ingin berlibur tetapi tidak memiliki budget yang memadai, maka berwisata ke Namu Sira-Sira merupakan solusi yang sangat tepat. Tidak perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa menikmati wisata yang mengasyikkan dan menghibur ini. Walaupun harga yang dipatok cukup murah, namun pesona yang disuguhkan akan membuat Anda merasa puas.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Namu Sira-Sira

Alamat Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERMIN)

Jika Anda merupakan wisatawan dari luar Medan atau dari luar provinsi Sumatra Utara, maka Anda bisa menggunakan sarana transportasi udara. Misal jika Anda bersal dari Jakarta maka bisa langsung naik pesawat menuju Bandara Kualanamu, Deli Serdang.

Lalu setelah dari Kualanamu, Anda bisa menuju ke pusat Kota Medan yang berjarak kurang lebih 26 km dari bandara. Setelah nantinya sampai di Medan dan ingin menuju ke Namu Sira-Sira, maka Anda langsung menuju ke kota yang bernama Kota Binjai.

Jarak dari kota Medan menuju Binjai berjarak kurang lebih 19 kilometer. Setelah sampai di Binjai, maka harus melanjutkan perjalanan menuju ke Langkat, lebih tepatnya menuju ke kecamatan bernama Kec. Sei Bingai.

Kondisi jalanan dari Medan ke Langkat sangatlah mulus. Selaijn itu, Anda bisa mudah menemukan destinasi wisata yang ingin Anda tuju karena sepanjang jalan nantinya terdapat petunjuk arah yang mengarahkan ke tempat ini. Setelah masuk Langkat, maka diperlukan perjalanan kurang lebih sekitar 1 kilometer. Lalu Anda akan menemukan pintu masuk dari Bendungan Namu Sira-Sira.

Keseruan dan juga suasana mengasyikkan yang ada di pemandian bisa Anda nikmati sepuasnya. Harga tiket masuk yang dipatok juga sangat murah. Selain itu, Anda bisa menikmati tempat wisata ini tanpa adanya batasan waktu. Hal itu berarti dengan satu kali membeli tiket, maka Anda bisa menikmati wisata tersebut selama seharian penuh.

Tarif yang diberlakukan oleh pengelola wisata yakni sebesar 3.000 rupiah untuk satu orang saja. Biaya tersebut tidak termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda apabila membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun beroda empat. Biaya parkir wisata ini berkisar kurang lebih 5.000 rupiah untuk segala macam jenis kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Namu Sira-Sira

Kegiatan di Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (Putri Sari)

1. Rafting

Salah satu wahana yang paling diminati ketika berada disini adalah wahana rafting. Apabila Anda memiliki jiwa petualang dan penyuka olahraga esktrem, maka ini sangat direkomendasikan untuk dicoba ketika berkunjung ke Namu Sira-Sira. Anda dapat menyewa alat-alat untuk kegiatan rafting dengan harga yang relatif murah dibanding rafting di tempat lain.

Bebatuan besar dan aliran air yang deras semakin menambah keseruan, apalagi jika mencoba wahana rafting bersama rombongan pasti akan semakin lebih menegangkan dan juga asyik. Terlebih lagi ketika jatuh dari atas perahu, dapat membuat suasana semakin menegangkan.

2. Berswafoto

Di zaman tingginya peminat sosial media membuat para penggunanya semakin gencar mencari spot-spot foto terbaik supaya bisa dipamerkan ke sosial media ataupun digunakan sebagai promosi. Berfoto merupakan suatu hal yang wajib untuk saat ini, karena dengan foto Anda dapat menjadikan kenang-kenangan sampai kapanpun untuk selalu diingat.

3. Trekking

Di Bendungan Namu Sira-Sira ini terdapat sebuah perbukitan yang sangat indah dan hijau ditumbuhi pepohonan rindang. Tidak serta merta tempatnya indah, namun medan perjalanan bukit ini sangat menarik dan menantang untuk dicoba. Pastinya kegiatan trekking di lokasi ini akan menjadi sebuah kenang kenangan bagi Anda ketika pulang ke kota asal.

Kegiatan Dilakukan di Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (Hermiati Zheng)

4. Camping

Letak yang sangat strategis dan mudah diakses serta berdekatan dengan sumber air membuat tempat ini tak jarang dijadikan sebagai sarana para pecinta alam untuk sekedar bermalam sembari menikmati keindahan suasana di malam hari.

Namun perlu diingat ketika akan camping disini, maka harus membawa peralatan sendiri dari rumah. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya tempat untuk persewaan alat-alat camping. Karena sejatinya lokasi ini bukanlah bumi perkemahan.

5. Belajar Budidaya Ikan

Masyarakat disini banyak yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan sebagai mata pencaharian sehari-hari. Anda disini bisa melihat bagaimana cari membudidaya ikan hingga dapat menghasilkan ikan yang bisa dijual ke pasar. Disini mengembang biakkan ikan seperti ikan belida, ikan tawes, ikan nilem dan juga masih banyak ikan lainnya.

6. Berenang

Kegiatan paling lazim ketika berada di pemandian umum ialah berenang atau hanya berendam saja sambil menikmati indahnya panorama di sekitar. Di área pemandian terdapat air yang memiliki arus tidak cukup deras, hal itu dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bersantai, berenang, berendam atau hanya bermain air sambil melepas penat.

Bagi yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Pasalnya, di lokasi ini telah disediakan penyewaan ban dalam untuk mengapung. Jadi, yang tidak bisa berenang bisa bermain diatas ban dalam yang disewa. Bersantai diatas ban dalam sambil melihat pemandangan alam sekitar lokasi merupakan hal wajib yang harus dilakukan pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Namu Sira-Sira Langkat

Fasilitas di Namu Sira-Sira Langkat
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERMIN)

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan ketika akan berlibur ke suatu tempat destinasi wisata. Tak terkecuali fasilitas yang terdapat di Namu Sira-Sira. Sebelum Anda sempat menikmati wisata disini namun merasa lelah, disini disediakan beberapa pondok atau gazebo yang bisa Anda sewa. Untuk satu pondok sendiri memiliki tarif sekitar 20.000-40.000 rupiah.

Tidak hanya itu, di pemandian ini terdapat fasilitas umum seperti fasilitas pada lokasi wisata di tempat lain. Fasilitas itu berupa kamar ganti, toilet, area parkir yang sangat luas dan membuat nyaman, musholla untuk sholat, serta terdapat berbagai warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Bagi yang lapar, Anda bisa mampir di warung makan yang siap mengisi perut Anda ketika lapar.

Cukup menarik bukan apabila berwisata ke Namu Sira-Sira, tidak memerlukan biaya yang besar namun tetap bisa menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk kegiatan sehari-hari. Bagi yang penasaran dan tengah berada di sekitar Sumatra Utara, tidak ada salahnya untuk merasakan segarnya air di pemandian ini.