Benteng Marlborough, Benteng Peninggalan Inggris di Bengkulu yang Menarik Dieksplor

Benteng Marlborough, Benteng Peninggalan Inggris di Bengkulu yang Menarik Dieksplor

Benteng Marlborough salah satu bangunan bersejarah yang menarik dijelajahi di Kota Bengkulu. Benteng peninggalan Inggris yang disebut terbesar di Asia Tenggara ini dikelilingi parit buatan di bagian luar, masih terlihat kokoh, terawat dan bersih.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Bengkulu mempunyai banyak bangunan bersejarah yang salah satunya adalah Benteng Marlborough. Bangunan tersebut merupakan peninggalan keluarga yang bersal dari Inggris pada zaman kolonial. Sampai sekarang pun, benteng ini masih dikelola dan didatangi oleh banyak pengunjung.

Keunikan yang dimiliki oleh benteng satu ini yakni mampu menarik banyak pengunjung. Pengunjungnya pun beragam mulai dari lokal hingga yang manca negara. Pengunjung manca negara yang sering mengunjungi tempat ini khususnya yang berasal dari Negara Inggris.

Benteng yang satu ini mulai didirikan dengan membutuhkan waktu selama 5 tahun, yaitu pada tahun 1714 sampai 1719. Untuk mengenal lebih jelas lagi, inilah berbagai macam informasi yang akan berkaitan dengan tempat yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Marlborough

Daya Tarik Benteng Marlborough
Image Credit: Google Maps (Roy Sitorus)

1. Parit Pertahanan

Daya tarik yang pertama dari Benteng Marlborough yaitu adanya parit pertahanan di tempat yang satu ini. Benteng yang satu ini dipakai ketika ada peperangan yang terjadi pada zaman dahulu.

Sehingga wajar apabila pengunjung akan melihat parit di sekeliling bangunan. Sebelum masuk ke kawasan benteng ini, para pengunjung akan disambut dengan pemandangan parit yang dipakai untuk alat utama pertahanan ketika perang.

2. Bastion

Bangunan yang ada di tempat ini dulunya mempunyai 4 benteng yang begitu tampak arsitetik. Kemudian, bastion yang berada di tempat yang satu ini bentuknya yaitu persegi panjang. Selain itu, dilengkapi pula dengan celah pengintipan dengan fungsi untuk memantau segala pergerakan musuh dahulu kala ketika ada perang.

3. Pantai Tapak Panderi

Pantai Tapak Panderi ini mempunyai letak yang tidak terlalu jauh dengan Benteng Marlborough. Sehingga, pengunjung bisa sekalian menikmati pemandangan yang ada di pantai ini. Apalagi, pemandangan matahari terbenam yang ditampilkan oleh Pantai Tapak Panderi ini tergolong sangat indah. selain itu, pantai ini mempunyai garis pantai panjang dan berbatasan langsung Samudra Hindia.

Daya Tarik Marlborough
Image Credit: Twitter.com @anjuf2

4. Meriam

Adanya meriam di benteng yang satu ini juga cukup menarik mata para pengunjung. Jumlah meriam juga tidak tanggung-tanggung, dimana ada 72 meriam. Para pengunjung juga akan merasakan nuansa perang karena meriam disusun dengan rapi. Hal tersebut menjadikan seolah-olah sedang mempersiapkan perang.

5. Halaman Tengah

Kemudian, daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini yaitu halaman depan. Di benteng tersebut juga mempunyai halaman yang ada di tengah benteng dan ukurannya terbilang luas.

Dulunya area tersebut memiliki kegunaan untuk pusat permukiman. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa digunakan untuk tempat berlindung, berkumpul, dan berlatih pasukan pada saat ada perang zaman dahulu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Benteng Marlborough

Alamat Benteng Marlborough
Image Credit: Google Maps (Tjiunggu Tjermin)

Pengunjung yang berniat akan berwisata ke tempat ini tidak perlu khawatir dengan kondisi kesehatannya. Tepatnya berada di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kec Tlk. Segara, Bengkulu. Namun, alamat tersebut umumnya akan terasa lebih baik jika memakai mobil atau motor semakin rutin.

Kemudian, rute yang akan dilalui juga sudah gampang untuk dijangkau oleh para pengunjung. Pengunjung yang ada di Bandara Fatmawati, dapat memakai mobil yang ada di Bandara Fatmawati. Perjalanan dari Bandara Fakmawati untuk menuju ke Fort Malborough memerlukan waktu kisaran 40 menit saja dengan jarak kisaran lebih dari 15 km.

Sedangkan, untuk para pengunjung Benteng Marlborough yang melakukan transit di Kota Bengkulu harus memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, yaitu kisaran 20 menit. Para pengunjung dapat memakai sepeda motor, bus, taxi, dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin berkunjung namun bingung dengan biaya yang harus diperlukan sebagai tiket masuk yang mahal. Salah satu tempat wisata berupa bangunan bersejarah yang satu ini merupakan jawaban yang tepat. Fort Marlborough akan mengenakan tiket masuk sekitar 3 ribu saja untuk satu orang.

Harga tersebut tergolong cukup murah apabila dibandingkan dengan kebanyakan tempat wisata lainnya. Meskipun murah, tetapi apa yang akan Anda lihat dan temukan di tempat itu akan menjadi pengalaman yang berharga seumur hidup. Benteng yang satu ini buka mulai jam 8 pagi hingga 6 sore. Oleh karena itu, jang mempunyai pikiran mengunjungi tempa ini saat malam hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Benteng Marlborough

Kegiatan di Benteng Marlborough
Image Credit: Twitter.com @titiwakmar

1. Belajar Sejarah

Liburan Anda ke tempat yang satu ini dijamin akan sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan, khususnya tentang sejarah. Hal itu karena di tempat ini Anda dapat sekaligus belajar dan mengetahui lebih detail fungsi dari benteng ini pada masa kolonial Inggris zaman dahulu. Benteng ini memang menjadi salah satu saksi bisu dari berbagai momen yang telah terjadi pada masa tersebut.

2. Mengambil Foto

Siapa sih yang tidak akan tergoda untuk mengambil foto ketika sedang berada di tempat wisata Benteng Marlborough ini. Banyak sekali spot foto yang menarik dengan bertemakan bangunan masa lalu yang akan mempercantik hasil jepretan Anda. Selain memotret berbagai benda dan bangunan yang ada disini, Anda juga bisa berswa foto dengan latar belakang yang cukup estetik di tempat yang satu ini.

3. Menjelajahi Benteng

Menjelajahi seluruh area benteng merupakan kegiatan yang wajib dilakukan ketika berwisata ke tempat tersebut. Di sana, pengunjung akan banyak menemukan hal baru mengenai masa kolonial Inggris. Hal tersebut dijamin akan membuat seluruh pengunjung tidak akan merasa bosan selama berwisata. Banyak sekali hal menarik dan unik yang akan membuat siapapun merasa kagum dengan bangunan tersebut.

4. Mengunjungi Pantai

Beberapa pantai yang lokasinya sangat berdekatan dengan Benteng Marlborough ini misalnya saja seperti Pantai Tapak Panderi serta Pantai Pondok Jodoh. Kedua pantai tersebut sudah cukup terkenal di mata para penduduk yang ada di Bengkulu. Anda hanya cukup berjalan kaki saja untuk bisa sampai ke pantainya. Bahkan, dari lokasi benteng saja pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan pantainya.

5. Melakukan Penelitian

Tempat yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu lokasi dan objek untuk penelitian. Bahkan, buktinya sudah ada banyak sekali penelitian yang sudah dilakukan yang berkaitan dengan tempat yang satu ini. Penelitian yang bisa dilakukan tentang tempat ini misal membahas dari segi sejarah maupun pengeruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu.

Fasilitas yang Tersedia di Benteng Marlborough

Fasilitas Benteng Marlborough
Image Credit: Instagram.com @sudibyoy2o281

1. Mushola

Di tempat wisata yang satu, fasilitas tempat ibadah yang tersedia adalah mushola. Para pengunjung yang beragam Islam dan ingin berwisata ke tempat ini bisa menjadi lebih santai. Pasalnya, sewaktu- waktu jika pengunjung ingin beribadah, maka sudah ada alat canggih yang bisa Anda gunakan. Musholanya juga tidak dibiarkan begitu saja, melainkan tetap dikelola dan dirawat dengan sangat baik.

2. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi di salah satu tempat bersejarah tersebut tentunya sudah disediakan oleh pengelola disana. Kamar mandi pun tidak dipungut biaya menggunakan sama sekali, alias gratis.

Walaupun tidak dipungut biaya, namun kebersihan dan kerapian di dalam kamar mandi senantiasa dijaga oleh pengelola dan para pengunjung. Kamar mandi menjadi salah satu fasilitas paling penting yang sering digunakan oleh pengunjung Indonesia.

3. Pondok Sandal Jodoh

Fasilitas selanjutnya yang disediakan oleh Benteng Marlborough yaitu terdapat pondok sandal jodoh. Pondok Sandal Jodoh merupakan dindik pondok yang digantungi banyak sandal yang hanya sisi sebelah saja. Banyak orang yang datang ke sana dengan harapan agar dapat menemukan siapa jodoh mereka. Spot yang satu ini juga menjadi salah satu keunikan saat Anda mengunjungi Benteng Malborough.

4. Warung Makan

Anda tidak perlu kebingungan tentang makanan saat sedang berlibur di tempat yang satu ini. Pasalnya, di sana sudah banyak warung makanan yang berjajaran. Berbagai macam menu makanan yang sangat lezat juga banyak ditawarkan. Begitu pula dengan harganya yang sangat bervariasi, mulai dari yang mahal ataupun sampai yang termurah.

5. Oleh-Oleh

Saat berlibur, tak lengkap rasanya apabila tidak membawakan buah tangan untuk keluarga atau teman yang ada di rumah. Jika Anda ingin mencari atau membeli oleh-oleh saat berkunjung ke tempat yang satu ini, telah banyak sekali yang menjualnya. Kebanyakan oleh-oleh yang dijual merupakan produk yang memang khas dengan Daerah Bengkulu. Mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang unik.

6. Area Parkir

Area parkir merupakan salah satu fasilitas yang juga tidak kalah penting dengan fasilitas lainnya yang ada di tempat ini. Di sini, area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung kendaraan bermotor Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan kendaraan pribadi yang dibawa saat berkunjung ke tempat ini. Tarif parkir yang harus dibayar pun juga masih tergolong murah.

Nah, itu tadi berbagai macam informasi yang berkaitan dengan tempat wisata bersejarah, Benteng Marlborough di Bengkulu. Untuk bisa menjawab rasa penasaran Anda, sebaiknya langsung mengunjungi tempat yang satu ini apabila berkesempatan berlibur ke Bengkulu.