Bintan Blue Coral, Menikmati Panorama Alam Hutan Pinus Sembari Kulineran

Bintan Blue Coral, Menikmati Panorama Alam Hutan Pinus Sembari Kulineran
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Bintan Blue Coral atau biasa disingkat BBC merupakan salah satu destinasi wisata alam asal Kepulauan Riau yang berbentuk hutan pinus. Kawasan hutan pinus ini berada di tepi jalan dari pantai Desa Teluk Bakau tepatnya Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Obyek wisata ini termasuk obyek wisata yang tergolong baru, sebab pembukaannya dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2020 lalu oleh pengelola.

Hutan pinus yang berada disini tumbuh secara sendiri dari dulu, jadi bukan karena sengaja ditanam. Namun saat dahulu, keberadaan hutan ini terlihat sangat berantakan dan tidak terawat. Sehingga muncul ide untuk menjadikan kawasan hutan yang tidak terawat ini menjadi obyek wisata. Terlebih mengetahui bahwa belum ada tempat wisata yang menawarkan keindahan dair hutan pinus di Kabupaten Bintan ini.

Pengelola pun mulai membersihkan kawasan hutan pinus ini agar terlihat lebih rapi dan terawat tentunya. Hingga jadilah obyek wisata yang dikenal seperti sekarang ini. Bintan Blue Coral yang menawarkan keindahan dari pepohonan pinus yang menjulang tinggi sangatlah memikat pengunjung. Terlebih dengan suasananya yang sejuk dan asri menjadikan wisatawan betah untuk berlama-lama di BBC.

Daya Tarik yang Dimiliki Bintan Blue Coral

Daya Tarik Dimiliki Bintan Blue Coral
Image Credit: Google Maps (Yosani Fathil) Google Maps (Radi El Guitarista)

Blue Coral berlokasi di Kepulauan Riau tepatnya Kabupaten Bintan. Pengunjung yang tertarik menyambangi obyek wisata alam hutan pinus ini tidak hanya berasal dari dalam daerah Bintan saja, tetapi juga banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah. Dengan semua daya tarik yang dimiliki oleh hutan pinus ini, tidak heran kalau lokasinya selalu ramai didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

1. Keindahan Pepohonan Pinus

Pepohonan pinus yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh obyek wisata asal Bintan ini. Dengan keindahan yang sudah tidak bisa ditakar lagi, rimbunan pepohonan pinusnya mampu menciptakan kesan asri dan sejuk yang khas. Cahaya matahari yang panas tertutupi dengan rindangnya pepohonan pinus disini. Sehingga menciptakan suasana yang sejuk. Cocok sekali untuk bersantai.

Namun dibalik keindahan yang dimilikinya, obyek wisata Bintan Blue Coral ini dulunya hanya sebuah kawasan hutan dengan pemandangan yang terbilang biasa-biasa saja. Setelah hadirnya pengelola, kawasan hutan pinus yang dulunya tidak menarik disulap menjadi obyek wisata yang mampu meraup banyak wisatawan. Obyek wisata hutan ini menjadi satu-satunya obyek wisata hutan pinus yang berada di Kabupaten Bintan.

2. Dilengkapi Pondok-pondok Istirahat

Destinasi wisata alam yang berada di pinggir pantai ini juga tidak ketinggalan dengan keberadaan pondok-pondok istirahatnya. Dengan adanya pondok ini menjadi daya tarik lain dari para wisatawan. Keberadaannya yang berada di bawah rindang hutan pinus menjadikan waktu istirahat merupakan pilihan yang sangat tepat. Terlebih ditemani oleh suara kicauan burung yang berlalu lalang di rantingnya.

Wisatawan yang tertarik untuk beristirahat di pondok-pondok istirahat yang berada di hutan pinus ini tidak perlu merogoh kocek yang cukup mahal. Dengan memesan pondok ini, wisatawan sudah bisa beristirahat bersama keluarga dalam satu pondok dengan kapasitas maksimal 8 orang. Jadi, tidak ada alasan untuk melewati obyek wisata alam berbentuk hutan pinus satu ini bukan?

Image Credit: Google Maps (Radi El Guitarista)

3. Tersedia Berbagai Warung Makan

Untuk wisatawan pecinta makanan, maka obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang wajib dikunjungi. Berbagai warung makan dan cafetaria disini menyediakan beragam jenis makanan dan minuman yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, jadi wajib dicoba untuk wisatawan pecinta makan. Cocok juga jika dijadikan sebagai pengganjal lapar ketika berkunjung ke hutan pinus asal Bintan ini.

Beragam varian menu tersaji disini seperti halnya beragam jenis makanan ringan, gorengan, nasi goreng, makanan seafood layaknya sotong dan lain sebagainya. Makanan ringan disini bisa dinikmati untuk wisatawan yang membawa anak-anak, gorengan dan nasi goreng serta makanan seafood juga bisa dinikmati untuk wisatawan dewasa yang ingin menunda lapar saat disini. Tertarik untuk mencicipinya?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bintan Blue Coral

Alamat Bintan Blue Coral
Image Credit: Facebook.com @atika.nurhayati.790

Bintan Blue Coral merupakan obyek wisata hutan pinus yang terletak di Kabupaten Bintan tepatnya di Desa Teluk Bakau. Lokasi obyek wisata ini berjarak sekitar 36 km jika dihitung dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Akses menuju lokasi juga sudah memadai, jadi wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai akses jalan yang akan dilalui, walaupun lokasinya berada di area pedesaan.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi obyek wisata berbentuk hutan pinus yang rindang dan asri ini ialah sekitar 48 menit jika perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Walaupun cukup menyita waktu, wisatawan yang telah menginjakkan kakinya disini tidak akan merasa kecewa dengan beragam daya tarik yang akan wisatawan temukan di rindangnya area hutan pinus ini.

Wisatawan yang tertarik untuk menyambangi lembah ini, dapat memulai perjalanan dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah menuju Jalan Bandara. Teruskan perjalanan hingga menenui Jalan Nusantara, belok ke arah kiri menuju Jalan Tirtamadu. Lalu teruskan hingga ke Jalan Raya Kawal. Lurus hingga terus hingga menemui Jalan Pemukiman dan pelankan kendaraan saat mendekati obyek tujuan.

Dengan jarak yang terbilang cukup jauh yaitu 36 km serta waktu yang diperlukan cukup banyak sekitar 48 menit tentu akan menjadi sebuah kekecewaan tersendiri. Namun, terlepas dari hal itu semua, saat Anda menginjakkan kaki dibawah rimbunnya pepohonan pinus, rasa lelah serta kecewa tersebut seketika akan hilang dan terbayarkan oleh pemandangannya yang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Harga Tiket Masuk Bintan Blue Coral

Harga Tiket Bintan Blue Coral
Image Credit: Facebook.com @dika.ciawei

Lokasinya yang memiliki pemandangan asri dan udara yang sejuk dari pepohonan pinus menjadikan hutan ini favorit sebagai area untuk melepas penat. Selain itu tersedianya pondok dan berbagai warung makan yang menjajakan beragam jenis makanan dan minuman lezat membuat Bintan Blue Coral layaknya spot terbaik dengan suasana asri untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Oyek wisata alam ini terkenal akan tarif masuknya yang murah meriah, sehingga pantas saja kalau lokasinya tak pernah sepi. Wisatawan yang tertarik untuk menyambangi hutan dengan beribu daya tariknya ini bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 10.000 sebagai tiket masuk orang dewasa, sementara untuk anak-anak yang berusia dibawah umur 10 tahun dibebaskan dalam hal pembayaran tiket masuk.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bintan Blue Coral

Kegiatan di Bintan Blue Coral
Image Credit: Facebook.com @arie.norita

1. Berpose Kece Dibawah Rindangnya Pepohonan Pinus

Pepohonan pinus yang menjulang tinggi di Bintan Blue Coral ini menjadi incaran hangat bagi wisatawan penggila foto. Wisatawan bisa berpose diawah rindangnya pepohonan pinus disini. Wisatawan yang berfoto disini akan mendapatkan jepretan foto dengan kesan alami namun tidak ketinggalan kesan cantiknya. Bagi wisatawan yang hobby memotret pun tempat ini bisa menjadi surga memotret yang tepat.

2. Beristirahat Diatas Kasur Empuk Pondok Istirahat

Keberadaan pondok-pondok istirahat yang berada di obyek wisata ini ibarat tempat terbaik bagi wisatawan pecinta rebahan. Pasalnya, pondok-pondok istirahat disini juga dilengkapi dengan kasur yang tentunya empuk dan cocok jika digunakan sebagai tempat beristirahat. Wisatawan bisa beristirahat bersama keluarga tercinta disini setelah lelah menyusuri setiap jengkal keindahan dari pepohonan pinus.

3. Bersantap dengan Beragam Varian Menu

Selain cocok untuk tempat wisata penggila foto dan pejuang rebahan, obyek wisata hutan pinus ini juga cocok untuk wisatawan pecinta makanan. Beragam varian makanan sudah tersaji disini, jadi wisatawan hanya perlu memilih ingin memakan apa. Cita rasanya pun tidak perlu ditanya lagi, lezat adalah kata yang paling cocok. Wisatawan bisa bersantap makanan disini dengan dinaungi rindang pepohonan pinus.

Fasilitas yang Tersedia di Bintan Blue Coral

Fasilitas di Bintan Blue Coral
Image Credit: Facebook.com @dika.ciawei

Letaknya yang sedikit jauh dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah tepatnya hanya 36 km tidak menyebabkan hutan pinus ini kekurangan dalam hal fasilitas. Keberadaannya yang difungsikan sebagai destinasi wisata hutan pinus bagi para wisatawan menjadikan fasilitas yang ada disini tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Sehingga wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai fasilitasnya.

Beragam fasilitas yang tersedia di Bintan Blue Coral tidak lain bertujuan untuk menunjang beragam aktivitas para pengunjungnya dalam menghabiskan liburan di hutan ini. Seperti halnya fasilitas pondok-pondok istirahat yang mempunyai fasilitas tambahan di dalamnya berupa kasur empuk. Jadi wisatawan bisa bersantai selepas lelah menyusuri hutan pinus.

Selain itu, beberapa warung makan dan cafe juga tersedia disini. Jadi, wisatawan bisa menyantap makanan sembari melihat indahnya hutan pinus. Makanan yang disajikan pun cukup beragam tergantung dari selera para wisatawannya. Wisatawan juga tidak perlu khawatir kepanasan saat berada disini karena rindangnya pepohonan pinus akan menutupi berkas cahaya matahari yang masuk.

Demikianlah beberapa hal terkait Bintan Blue Coral yang telah diuraikan diatas. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang tidak perlu diragukan lagi keasriannya, selain itu harga tiketnya yang sangat murah dan didukung oleh beragam fasilitas lengkap di dalamnya merupakan alasan kenapa tempat ini populer sebagai destinasi wisata alam.