Borneo Waterpark, Taman Rekreasi Air Favorit Liburan Keluarga di Kampar

Borneo Waterpark, Taman Rekreasi Air Favorit Liburan Keluarga di Kampar
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karya Bersama No.14, Tanah Merah, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

Borneo Waterpark menjadi salah satu wisata air yang sangat terkenal di Kampar, Riau. Tempat rekreasi ini menempati area yang luasnya kurang lebih 16 hektar. Sehingga, siapa saja akan merasa puas saat menghabiskan waktu liburannya di tempat yang sangat luas ini. Banyak sekali wisatawan yang menjadikannya sebagai lokasi terbaik untuk bersenang-senang.

Tempat wisata air ini tidak hanya disediakan untuk anak kecil saja, melainkan juga untuk orang dewasa. Bahkan, wisatawan yang datang ke sana bukan hanya masyarakat Kampar saja, namun juga wisatawan dari seluruh pelosok Nusantara. Hal ini karena di sana ada banyak sekali keseruan yang bisa didapatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata air ini jika Anda sedang berada di Kampar. Apabila liburan ingin terasa lebih seru lagi, maka sebaiknya Anda mengajak teman, saudara, maupun pasangan. Untuk sedikit mengobati rasa penasaran Anda, di bawah ini terdapat berbagai hal yang berkaitan dengan Borneo Waterpark.

Daya Tarik yang Dimiliki Borneo Waterpark

Daya Tarik Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Sisie Aisyiah Az Zahrah

1. Adventure Pool dan Lazy River

Kolam petualangan atau Adventure Pool ini merupakan wahana yang santai. Sayang sekali apabila melewatkan wahana ini dikarenakan wisatawan bisa merilekskan tubuhnya. Badan yang pegal dan capek akan menjadi segar kembali.

Sementara, Lazy River menjadi wahana permainan yang pas sekali dimainkan ketika tenaga Anda sudah mulai terkuras. Wahana ini dapat dimainkan bersama anak-anak dan keluarga. Wisatawan cukup mengambil pelampung serta meletakkannya pada area wahana Lazy River. Nantinya, air yang mengalir akan membawa wisatawan mengelilingi tempat wisata.

2. Seluncuran dan Extreme Slide

Bersenang-senang di Borneo Waterpark ini memang belum afdol jika tidak mencoba seluncuran air. Wahana yang seru ini terdiri atas tiga unit waterslide dimana masing-masing memiliki ketinggian dan ukuran yang berbeda. Waterlide yang paling sering dicoba yakni perosotan yang ketinggiannya mencapai 15 m.

Naik tangga untuk menuju ke puncak menara, seluncur, meliuk, dan dibawa untuk melewati perosotan yang panjangnya 20 m akan menjadi momen yang dirasakan oleh wisatawan di wahana ini. Walaupun dapat dikatakan wahana yang umum, namun keseruan yang ditawarkan patut untuk dicoba.

Jika Anda masih menganggap bahwa wahana yang ada di wisata air tersebut terbilang biasa saja, maka cobalah untuk memacu adrenalin diri di extreme slide. Sangking ekstremnya, wahana air tersebut betul-betul mampu membuat jantung Anda berdegup dengan kencang.

Daya Tarik Dimiliki Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Sisie Aisyiah Az Zahrah

3. Tema Area Rekreasi Hijau

Borneo Waterpark menjadi tempat wisata air yang memiliki tema area rekreasi hijau. Oleh karena itu, semua area yang ada di sana ditata seperti Pulau Borneo yang mempunyai ciri khas berupa alam yang asri. Tema ini bahkan bisa Anda lihat saat beranjak ke kawasan kolam renang.

4. Taman yang Indah

Tempat wisata air yang seru ini memiliki taman yang terbilang indah sekali. Taman ini juga menambah udara segar yang ada di sana. Warna di taman ini didominasi dengan warna hijau yang cukup menawan. Sehingga, taman ini mampu memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Sisie Aisyiah Az Zahrah

Borneo Waterpark ini terletak di Kampar, Provinsi Riau. Lebih tepatnya lagi yaitu di Jalan Karya Bersama, Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu. Supaya lebih detail lagi Anda dapat mengetikkannya pada Google Maps. Untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berliburnya di tempat rekreasi ini, maka perjalanannya dapat diakses dengan mudah.

Terdapat 3 jalan pintu masuk untuk menuju ke lokasi tersebut. Perjalanan untuk menuju ke taman wisata air ini tidak akan membingungkan sama sekali karena telah terdapat petunjuk arah pada setiap jalan. Apabila diakses melalui Pekanbaru, maka Anda dapat mengambil jalan yang ada di samping kampus UIR.

Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan lagi melalui Jalan Karya, yakni kurang lebih 300 m dengan berkendara untuk bisa tiba di lokasi. Kondisi jalan yang Anda lewati pun sudah baik dan mudah untuk diakses. Jika nantinya Anda bingung arah atau tersesat saat melakukan perjalanan menuju ke tempat wisata, maka jangan segan untuk bertanya kepada warga setempat.

Harga Tiket Masuk Wisata Waterpark

Tiket Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Denmas Ju

Wisatawan yang ingin bermain air di Borneo Waterpark diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya. Bukan hanya untuk tiket masuk, ada biaya tambahan lainnya untuk wisatawan yang ingin coba permainan darat maupun memakai fasilitas tertentu.

Tiket masuk umum yang harus dibayar setiap wisatawan yaitu sebesar 25 ribu rupiah. Biaya tambahan berupa sewa ban pelampung yaitu 15 hingga 20 ribu rupiah. Sedangkan, biaya tambahan berupa fasilitas gazebo yaitu sebesar 35 ribu rupiah.

Tiket ini diberlakukan untuk seluruh wisatawan tanpa adanya patokan usia ataupun periode kunjungan. Anak, remaja, dan dewasa akan dibandrol dengan harga yang sama. Akan tetapi, dengan wahana permainan yang terbilang banyak ini, maka biaya tersebut tergolong cukup bersahabat dan terjangkau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Borneo Waterpark

Aktivitas Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Febrina Riani

1. Bermain Air

Bermain air saat berkunjung ke tempat wisata air merupakan kegiatan menarik yang sayang apabila tidak dilakukan. Anak-anak dapat mencoba berbagai wahana permainan di kolam renang yang kedalamannya hanya berkisar 60 cm. suasana di kolam anak kecil ini memiliki suasana yang ceria karena semua area dicat dengan warna-warna yang cerah.

Demi menambah kesenangan saat bermain air di Borneo Waterpark, maka terdapat pula atraksi air pancur, wahana berbentuk payung, hujan buatan, serta tidak ketinggalan dengan atraksi ember tumpah. Dijamin anak-anak akan betah bermain air di sana.

Selain itu, bagi wisatawan dewasa maka juga sudah tersedia kolam renang khusus untuk orang dewasa, yaitu mulai umur 16 tahun ke atas. Kolam dewasa ini memiliki kedalaman mulai dari 60 cm hingga 120 cm. Wahana kolam renang tersebut luas sekali dikarenakan ukurannya mencapai 20 x 25 m.

2. Flying Fox

Di tempat wisata air yang sangat populer tersebut juga terdapat wahana outbond yang berupa flying fox. Wahana yang akan menguji keberanian Anda ini mempunyai jalur bentangan hingga 30 m.

Tentu saja hal ini semakin menguji keberanian diri sebab dimulai dengan ketinggalan 10 m dari permukaan tanah. Selain itu, wahana tersebut dapat dinikmati oleh anak kecil mulai umur 5 tahun sampai yang sudah dewasa.

Aktivitas Seru Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Syahrul Rohid

3. ATV Dewasa

Wisatawan dewasa juga dapat puas bermain di Borneo Waterpark ini. Pasalnya, di sana sudah tersedia ATV khusus untuk orang dewasa. Wahana tersebut tidak kalah menantang dikarenakan jalurnya dibuat dengan semi off road. Wisatawan yang datangnya rombongan pun dapat menjadikan hal ini sebagai arena balap yang tentu saja menyenangkan.

4. Hunting Foto

Spot foto guna mengabadikan setiap momen melalui gambar di waterpark ini terbilang variatif sekali. Para penyuka selfie tidak akan kehabisan spot untuk melakukan selfie. Selain taman hijau, ada pula jembatan cinta, patung-patung unik, dan danau biru yang cukup instagramable. Oleh sebab itu, siapkan kamera yang memadai sebelum Anda mengunjungi tempat wisata.

5. Mencoba Jembatan Goyang

Kegiatan menarik yang selanjutnya ini sangat cocok guna melatih ketangkasan dari anak Anda. Wahana jembatan goyang ini akan mengajak anak untuk selalu meniti langkahnya di jembatan yang terbuat dari jaring tali dengan ketinggian 5 m dari permukaan tanah.

Untuk masalah keamanan saat melakukan kegiatan ini sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya wahana ini telah dilengkapi dengan berbagai alat pengamanan diri serta instruktur yang profesional.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Borneo Waterpark Kampar
Image Credit: Google Maps Sisie Aisyiah Az Zahrah

Fasilitas merupakan hal yang cukup penting diperhatikan apabila Anda sedang berwisata ke suatu tempat. Begitu lengkap serta luasnya kawasan wisata yang ada di sana juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang tentunya lengkap dan memadai. Dengan begitu, setiap wisatawan yang ada di Borneo Waterpark akan merasa nyaman dalam melakukan setiap kegiatan di sana.

Berbagai fasilitas tersebut antara lain yaitu tempat parkir yang sangat luas, loker atau tempat penyimpanan barang yang aman, kamar mandi atau toilet yang bersih, kolam pancing, mushola, area berburu kuliner, danau asri atau kawah biru, dan lain-lain. Banyaknya wisatawan yang betah di sana salah satunya dikarenakan lengkapnya fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini.

Walaupun tidak semua, namun beberapa fasilitas yang telah disebutkan ini bisa digunakan oleh wisatawan secara gratis, tanpa harus membayarkan biaya tambahan. Akan tetapi, apabila Anda ingin bermain ATV atau memancing ikan di kolam pancing, maka masih ada biaya tambahan yang perlu Anda bayar.

Nah, itu tadi adalah berbagai hal yang berkaitan dengan Borneo Waterpark sebagai wisata air andalan di Riau. Dijamin tidak ada rasa sesal apabila Anda melakukan wisata di sana. Segala masalah yang menjadi beban pikiran Anda seketika akan menghilang ketika melakukan berbagai kegiatan yang seru di wisata tersebut.