Bukit Kaba, Destinasi Mendaki Favorit Dengan Pesona Kawah Biru di Bengkulu

Bukit Kaba, Destinasi Mendaki Favorit Dengan Pesona Kawah Biru di Bengkulu

Bukit Kaba salah satu tujuan mendaki favorit di Rejang Lebong, Bengkulu yang menawarkan keindahan kawah biru yang eksotis. Pesona Gunung Kaba dan pemandangan sekitarnya memang layak dieksplor jika butuh liburan yang menantang.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambirejo, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

Indonesia menjadi salah satu negara kepulauan yang kaya akan kenampakan alam. Tidak hanya Pulau pantai maupun laut saja tapi juga gunung-gunung yang menjulang tinggi bak pasak bumi. Tidak heran pula Indonesia menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Salah satu yang yang menjadi sorotan adalah Bukit kaba di Bengkulu.

Salah satu bukit yang ada di kawasan Sumber Urip ini memiliki kenampakan alam yang luar biasa. Bagaimana tidak bahannya yang hijau banyak menjadi objek pendakian. Wajar saja memang, pasalnya bukit cantik ini juga memiliki kenampakan alam yang begitu asri. Selain itu, dibalik keindahan dari Gunung Kaba yang memukau, nyatanya tempat ini juga menyimpan mitos yang menarik untuk ditelisik lebih jauh.

Keindahan serta keunikan yang dimiliki oleh Bukit Kaba bahkan sudah banyak dikenal para pendaki. Pasalnya jalurnya yang cukup tamah sering dijadikan objek pendakian. Apalagi, bukit yang satu ini juga dikelilingi oleh gugusan perbukitan lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Kaba Bengkulu

Daya Tarik Bukit Kaba
Image Credit: Twitter.com @ddyyyaaaa11

1. Wisata Alam Asri Dengan Berbagai Pesonanya

Bukit Kaba memang menarik dengan keindahan alam seperti perbukitan lainnya. Tempat ya yang luas dan menjulang tinggi membuat siapapun ingin menuju puncaknya. Bukit yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 1937 meter di atas permukaan laut.

Dengan ketinggian yang hampir 2 km tersebut, pesona alam yang dimiliki bukit ini sungguh tiada dua. Pesonanya seakan dapat membius siapa saja. Gugusan perbukitan yang menghijau, serta angin sepoi seolah memberikan persemahaan tersendiri kepada pengunjung yang datang.

Bahkan dengan beberapa jalur pendakian pengunjung dapat dengan puas menikmati keelokan alam Bengkulu dari ketinggian. Menjadi salah satu wisata Bukit di Indonesia Bukit Ka’bah menyimpan begitu banyak pesona alam.

Ketika sampai di puncaknya maka saksikan landscape alam Indonesia yang begitu memukau. Lahan menghijau, sawah sawah menguning, serta rumah-rumah warga yang nampak berjajar rapi di balik bukit.

2. Kawah Berwarna Hijau Tosca yang Unik

Titik saja yang dimiliki oleh Bukit kaba adalah adanya kawah berwarna hijau toska yang seakan siap memukau penglihatan Anda. Untuk bisa melihat kehadiran kawat tersebut pengunjung harus berusaha mendaki lebih tinggi.

Meski melelahkan namun panorama yang disajikan akan membuat kepenatan itu sirna. Yang terasa hanyalah rasa syukur sebab bisa melihat ciptaan tuhan yang begitu indah. Kawah ini berada cukup dalam dengan air unik berwarna tosca yang menenangkan.

Di sekelilingnya terdapat bukit-bukit kecil yang hijau. Seolah semua menjadi paket komplit bagi para pendaki juga bagi para penikmat keindahan alam Indonesia.

Tracking maju klip kenapa memang tidak bisa dibilang mudah dengan ketinggian yang hampir mencapai 2000 meter di atas permukaan laut di sekeliling Bukit Anda akan mendapati persawahan penduduk, perkebunan, hingga lalu-lalang masyarakat menjalankan aktivitas mereka.

Daya Tarik dari Bukit Kaba
Image Credit: Google Maps (Bagas Wibisono Unib)

3. Memiliki Pesona Matahari Terbenam

Dikenal memiliki kenampakan alam yang indah Bukit kaba nyatanya masih menyimpan banyak panorama yang luar biasa. Salah satu hal yang menjadi favorit pengunjung Bukit adalah adanya fenomena alam berupa matahari terbenam ketika sang surya hendak menuju peraduan.

Ketika malam mulai datang semburat jingga muncul di langit sore. Membuat bukit juga area di sekelilingnya menjadi begitu indah. Tidak heran banyak para pengunjung yang memutuskan untuk bermalam di atas bukit sambil menikmati detik demi detik terbenamnya matahari. Inilah yang membuat tempat wisata yang satu ini menjadi semakin mempesona.

Perlu Anda ketahui pula bahwa sebenarnya Bukit Ka’bah adalah salah satu pegunungan aktif dengan 8 kawah gunung berapi. Namun diantara kedelapan kawah tersebut 4 diantaranya telah tertutupi oleh vegetasi alam. Oleh karena itu, sebelum melakukan pendakian pastikan Anda memeriksa segala keadaan yang ada di kawasan bukit.

4. Misteri Bukit Kaba

Wisata alam yang penuh dengan keindahan ini nyatanya menyimpan misteri layak untuk diteliti lebih jauh, Bagaimana tidak, dibalik panorama alamnya yang begitu luar biasa, Bukit kaba masih dikelilingi oleh misteri yang katanya cukup menyeramkan.

Menurut penuturan dari warga sekitar, bukit ini termasuk tempat yang paling angker di Bengkulu. Konon katanya kawasan bukit dihuni oleh berbagai makhluk tak kasat mata yang ditugaskan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa makhluk mitos seringkali didengungkan oleh masyarakat sebagai penjaga atau penduduk asli dari bukit yang ada di Bengkulu ini. Makhluk gaib tersebut dikabarkan berada di titik-titik tertentu di Bukit Kaba. Diantaranya adalah adanya Malim Bagus dan Elang berantai yang menduduki puncak bukit.

Sedangkan di kaki Bukitnya sendiri dipercayai telah dihuni oleh Putri Saudari. Oleh karenanya sebelum mendaki biasanya warga setempat akan memperingati para pengunjung untuk tidak berkata kasar, sombong, mengumpat, maupun bertingkah laku tidak senonoh ketika berada di bukit. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Kaba

Alamat Bukit Kaba
Image Credit: Twitter.com @istiqlalpg

Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan tempat wisata eksotis Bukit kaba bisa langsung menuju ke Desa sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Di tempat inilah Anda bisa menikmati liburan dengan berpuas diri menyaksikan panorama alam yang diciptakan Tuhan. Berbagai hal menarik pun bisa dilakukan di sini.

Untuk sampai di bukit Anda harus menempuh berapa rute. Anda juga bisa menaiki angkutan umum yang menuju Curup. Ambil rute menuju terminal Curup. Setelah itu naiklah angkutan desa dengan tujuan Sumber Bening.

Untuk sampai disana Anda memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek untuk sampai di gerbang utama Bukit Kaba.

Sebelum melakukan pendakian Anda harus registrasi terlebih dahulu. Setiap orang akan didata juga diberikan petunjuk dasar beberapa rute pendakian.

Menjadi salah satu tempat yang menarik, bukti menawan ini akan mulai dipadati penduduk. Apalagi saat musim liburan tiba. Bisa dipastikan tempat yang satu ini akan menjadi objek wisata alam yang recommended.

Seperti tempat wisata pada umumnya, bukit ini mematok harga spesial untuk para pengunjung. Tentunya harga tersebut juga dimanfaatkan untuk menunjang fasilitas para pendaki. Meski begitu harga dibanderol untuk bisa menaiki Bukit sangatlah murah. Pengunjung hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 2.500 untuk menikmati segala keindahan alam di bukit Kaba.

Dengan harga tersebut sudah bisa express segala keindahan alam di sana, dijamin perjalanan Anda yang melelahkan akan terbayar lunas setelah sampai di puncak bukit. Untuk yang ingin sampai puncak lwbih cepat, bisa menaiki ojek dengan membayar sekitar Rp 80000 untuk ongkos naik turun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Kaba

Kegiatan di Bukit Kaba
Image Credit: Facebook.com @bisnis-gila2an-papa-muda-online

1. Mendaki

Kegiatan yang tidak boleh ketinggalan saat Anda berkunjung ke Bukit Kaba adalah hiking atau mendaki. Dengan begitu Anda bisa menikmati panorama alam dari puncak bukit di ketinggian 1937 mdpl. Aktivitas ini tentunya akan banyak dilakukan oleh pengunjung.

Tidak heran berpuluh-puluh tenda akan nangkring di puncak Gunung Kaba ini. Apalagi, saat musim liburan tiba, Anda harus saling mendahului agar mendapat spot yang tepat menikmati keindahan alam Bengkulu.

Untuk itu usahakan mengunjungi tempat ini saat hari biasa. Sebab pada saat itulah Anda dapat menikmati syahdunya puncak juga semilir angin yang menenangkan.

2. Berjalan Santai

Bagi yang memiliki fisik tidak cukup kuat untuk mendaki, Anda juga bisa loh menikmati Bukit Kaba dengan cara lain. Yaitu dengan berjalan santai agak tinggi.

Tidak perlu sampai di puncaknya, sebab bukit yang satu ini sudah indah dipandang meski tidak berada di ketinggian. Pastinya Anda tidak akan kecewa saat berada disini. Nikmati pula panorama dari jajaran bukit di sekeliling Gunung Kab, Rejang Lebong.

3. Hunting Foto

Selama liburan memang tidak afdol rasanya jika tidak mengabadikan moment. Apalagi jika berada di tempat wisata yang indah dan memukau. Pastikan Anda hunting foto sepuasnya agar bisa dikenang kelak. Ada berbagai spot menarik untuk berfoto misalnya di tulisan besar “Wisata Alam Bukit Kaba”. Atau berfoto dengan latar belakang jajaran bukit juga landscape alam yang hijau.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Kaba Bengkulu

Fasilitas Bukit Kaba
Image Credit: Google Maps (Riki Ardiansah)

Menjadi salah satu lokasi wisata alam yang mengharuskan pengunjung untuk mendaki terlebih dahulu, Bukit kapal memang belum memiliki fasilitas yang memadai selain rute mendaki yang sudah bisa ditempuh. Jadi para pendaki tidak akan kebingungan lagi ketika ingin sampai di puncaknya.

Sebab hanya dengan mengikuti rute perjalanan saja Anda tidak akan tersesat. Selain itu, Anda juga harus membawa perlengkapan mendaki sendiri. Yang terpenting adalah menjaga kesehatan fisik juga mental.

Berbagai hal mengenai Bukit Kaba di atas tentunya membuat Anda semakin terpesona dengan kekayaan alam Indonesia. Selain bisa menikmati keindahan alam, Anda juga bisa belajar untuk melindungi kelestarian alam negeri ini. Jangan lupa untuk membawa perbekalan saat ingin berkunjung kesana.