Bukit Peramun, Spot Foto Keren dengan View Alam Eksotis di Belitung

Bukit Peramun, Spot Foto Keren dengan View Alam Eksotis di Belitung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peramun, Air Selumar, Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Bukit Peramun menjadi pilihan destinasi berlibur keluarga di Belitung yang memiliki lahan luas. Puncak Bukit cukup tinggi ketika dimanfaatkan untuk trekking. Namun, saat sudah di atas Anda akan menemukan pemandangan alam yang terlihat menakjubkan. Apalagi tempat masih dikelilingi udara bersih yang membuat nyaman.

Selama berkunjung para pelancong dapat melihat sejumlah pohon yang menjulang tinggi. Setiap spot menawarkan pohon berbeda dengan khasiat yang bisa dipakai sebagai obat. Tanaman lain pun juga ada yang tumbuh subur di tanah Bukit itu.

Pada bagian lain banyak tersedia tempat pengambilan gambar yang estetik. Siapapun boleh berfoto sekaligus melihat spot dari jarak dekat. Jadi liburan ke kawasan Bukit Peramun ini akan membuat Anda memiliki pengalaman seru.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Peramun

Daya Tarik Bukit Peramun Belitung
Image Credit: Google Maps Bukit Peramun

1. Keindahan Puncak

Bukit Peramun menyuguhkan kecantikan puncak yang berbeda dengan destinasi lain. Ketinggian menuju puncak tidak pernah membuat para tamu kecewa karena sering dipakai trekking. Bahkan disana sudah ada tempat khusus untuk bersantai. Wisatawan tentu harus mencoba trekking menuju puncak agar memperoleh keindahan yang memukau.

Selama menuju ke puncak Anda harus mengajak kerabat. Selain itu siapkan air minum yang cukup karena perjalanan ke puncak diketahui sangat menguras tenaga. Beberapa orang juga ada yang meminta untuk ditemani petugas selama trekking. Jika sudah diatas rasakan udara yang berhembus sambil melihat sekitar Bukit.

2. Tempat Foto

Bukit Peramun menyimpan sejumlah tempat yang cocok untuk memotret foto. Terdapat puncak yang sering dikunjungi dan tentu menarik dijadikan background. Jenis pohon yang tersebar luas pun menjadi spot yang tidak boleh dilewatkan. Wisatawan harus membawa kamera jika ingin memperoleh hasil gambar yang maksimal dengan latar alam.

Beranjak ke sudut lain tampak mobil sedan yang bisa dipakai pelengkap keunikan foto. Tak hanya itu saja, ada pula jembatan gantung dengan pegangan berupa tali untuk pengambilan spot bagus. Kawasan wisata memang tidak pernah mengecewakan saat ingin dipakai sebagai kenangan foto.

3. Spesies Tarsius

Daya tarik lain yang ada di Bukit Peramun yaitu tempat hidup tarsius yang cukup jarang ditemui. Hewan yang mirip burung hantu itu memiliki mata bulat yang indah. Jika Anda ingin melihat spesies tersebut maka perlu datang saat malam hari. Tetapi tidak semua orang boleh masuk karena kunjungan dibatasi agar tarsius tetap terjaga dengan baik.

Para tamu yang melihat tarsius tidak boleh memberi makan serta menyalakan flash. Spesies cantik ini memang dilindungi secara khusus supaya tidak punah. Anda bisa mengambil foto karena tidak semua wisata memiliki habitat tarsius. Bahkan jika beruntung traveller bisa melihat tarsius dalam jumlah banyak yang muncul secara bergerombol.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Peramun Belitung
Image Credit: Google Maps Antonius Daeli

Bukit Peramun Belitung berada di Desa Air Selumar, Bangka Belitung. Perjalanan memang cukup menguras tenaga karena Bukit jauh dari kota. Namun jalan tidak terlalu sulit saat dilintasi kendaraan pribadi meskipun masih banyak yang berupa tanah. Biasanya pengunjung lebih memilih naik sepeda untuk berkendara ke lokasi agar lebih cepat sampai.

Anda yang melakukan kunjungan dari arah Jalan Jenderal Sudirman bisa menuju Jalan Sijuk. Rute tersebut tidak jauh dari Bandara sehingga cocok bagi pelancong yang berasal dari luar Belitung. Selang beberapa menit Anda dapat menemukan Jalan Peramun. Disana sudah terlihat jelas Bukit bercorak hijau yang dikelilingi oleh pohon dan dipadati setiap tamu.

Selama berkendara traveller bisa menikmati pedesaan warga yang sangat sejuk. Apalagi banyak kebun yang dilengkapi tumbuhan segar. Meskipun berada di desa, papan petunjuk jalan sudah ada di sekitar untuk melihat jarak tempuh. Anda yang berlibur akan lebih mudah sampai jika mengikuti papan itu karena sudah ditulis secara jelas mengenai rute perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Bukit Peramun Belitung
Image Credit: Google Maps Achmad Farajallah

Bukit Peramun memiliki tarif masuk yang cukup aman di kantong. Pengunjung yang datang pada hari apapun dapat mengunjungi loket untuk membeli tiket seharga Rp 10.000. Tarif ini tentu tidak mahal karena tempat yang luas selalu dijelajah oleh tamu. Bahkan banyak yang merasa betah selama liburan dengan melakukan kegiatan seru bersama teman.

Jika ingin berburu spot di Bukit ada sebagian tempat yang dikenai harga khusus. Anda perlu membayar Rp 10.000 untuk spot foto mobil sedan serta Rp 5.000 khusus spot lain. Kawasan memang masih dijaga dengan ketat sehingga diberi harga tersendiri. Namun biaya yang dikenakan petugas sebanding dengan spot yang akan diperoleh selama berada di area Bukit.

Disana ada hewan tarsius atau burung hantu yang selalu mendapat perhatian. Pelancong yang ingin berkunjung ke area tarsius harus mengeluarkan uang Rp 100.000 per kelompok. Selain itu Bukit menyediakan tempat parkir di dekat gapura. Harga Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 bagi mobil atau bus yang ingin parkir dengan aman saat liburan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Peramun

Aktivitas Bukit Peramun Belitung
Image Credit: Google Maps Desti Sevtiani

1. Mengabadikan Momen

Bukit cantik ini yang kerap dikunjungi traveller dari daerah manapun memang menawarkan keindahan. Tempat terbuka yang dikelilingi pohon besar ini mampu membuat para tamu ingin mengabadikan momen. Bahkan banyak orang yang membawa drone untuk merekam kecantikan Bukit. Anda juga bisa berfoto di puncak Bukit dengan aksesoris di area.

2. Bersantai di Bukit Peramun

Wisata yang indah ini memang selalu mendapat perhatian dari tamu. Apalagi suasana desa masih terasa sepi dan asri yang dapat dipakai bersantai. Pengelola sengaja menyediakan gazebo untuk berteduh yang dikelilingi pohon rimbun. Sehingga melepas penat di area itu menjadi hal yang membuat tubuh menjadi rileks di tengah kesibukan yang sedang melanda.

3. Menikmati Kuliner

Sejauh mata memandang tidak banyak warung yang berjejer di Bukit. Tempat ini masih dipenuhi tanaman serta pohon yang bernuansa alam. Namun jangan khawatir karena siapapun boleh sekedar membawa bekal saat datang ke kawasan. Banyak spot nyaman yang bisa dipakai duduk atau sekedar piknik untuk mencicipi makanan yang telah Anda bawa.

4. Trekking

Medan menuju puncak Bukit diketahui cukup menantang. Namun hal itu tidak membuat traveller patah semangat untuk menuju ketinggian puncak 129 mdpl. Banyak kalangan muda yang selalu ingin mencoba trekking karena Bukit cukup indah saat dilihat dari atas. Bahkan disana ada tempat berbentuk kotak yang bisa digunakan bersantai saat di atas.

Aktivitas Seru Bukit Peramun Belitung
Image Credit: Google Maps LED MK Channel

5. Melihat Tarsius

Spesies hewan tarsius sudah mulai langka di Bukit Peramun Belitung. Pengunjung hanya boleh datang ke habitat tarsius pada jam tertentu. Tetapi tidak semua orang boleh menuju kesana karena setiap hari ada batasan tamu. Selama melihat tarsius Anda tidak boleh memakai lampu flash karena bisa merusak mata hewan sehingga harus didampingi petugas.

6. Menikmati Panorama

Area Bukit dipenuhi pohon sebanyak 147 dengan jenis yang berbeda. Setiap pohon ini diketahui memiliki khasiat sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Pelancong bisa berkeliling untuk melihat beberapa pohon yang tersebar. Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan panorama lain seperti gunung ketika berada di atas Bukit.

7. Bermain Sepeda

Sebagian pengunjung yang suka berolahraga sering membawa sepeda ontel. Apalagi kawasan Bukit Peramun memiliki trek khusus yang dapat dipakai gowes. Anda boleh bersepeda untuk berjelajah ke setiap spot di Bukit sambil membawa air minum. Lakukan kegiatan ini saat pagi karena jika sudah siang akan terasa panas terik dan jangan lupa mengajak sejumlah kerabat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Peramun Belitung
Image Credit: Google Maps Ploteus

Bukit Peramun menyediakan fasilitas yang tidak terlalu minim di beberapa sudut. Toilet yang bisa dipakai sudah disediakan untuk tamu yang berkunjung. Setiap orang yang memakai toilet harus tetap menjaga tempat agar tetap bersih. Tempat parkir tampak cukup luas yang menjadi penitipan mobil, bus, hingga sepeda motor selama menikmati liburan.

Spot mengambil foto di Bukit terlihat sangat banyak mulai jembatan gantung, mobil sedan, serta habitat tarsius. Semua boleh dipotret dan bisa membuat foto semakin unik. Gazebo yang berbentuk kotak sudah tersebar di area untuk tempat duduk. Sebagian orang juga sering piknik di gazebo karena tampak luas untuk menampung rombongan keluarga.

Kios yang menawarkan makanan tidak terlalu banyak tersedia. Pelancong memang sering membawa bekal sendiri untuk dinikmati di Bukit Peramun. Sejumlah fasilitas kawasan memang tidak banyak karena wisata masih bernuansa alami. Pengelola akan terus berupaya dalam pengembangan fasilitas, namun Anda jangan ragu lagi jika ingin liburan.

Demikian penjelasan mengenai destinasi Bukit Peramun di Belitung yang cukup memikat hati. Sejauh mata memandang akan disuguhi pohon dengan beragam jenis. Apalagi jika berhasil sampai di puncak Bukit Anda dijamin merasa kagum. Maka dari itu pastikan memiliki tubuh yang fit ketika datang kesana serta ajak kerabat dekat untuk melepas penat.