Bukit Siguntang, Situs Bersejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bukit Siguntang, Situs Bersejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bukit Siguntang, bukit kecil di Palembang yang menyimpan banyak peninggalan sejarah dan arkeologi sebagai bukti kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Situs bersejarah ini berisi banyak makam dari keturunan Kerajaan Sriwijaya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Di daerah Palembang terdapat sebuah situs bersejarah yang saat ini banyak menarik perhatian orang awam ataupun para peneliti arkeologi dari dalam negeri. Pesona alam dan pemandangan sekitar adalah salah satu daya tariknya. Selain itu juga terdapat banyak sekali ditemukan bukti sejarah pada masa pemerintahan kerajaan Sriwijaya di masa lampau.

Kawasan ini dibuka untuk umum tanpa batasan orang dan kepentingan. Bagi Anda yang juga gemar melakukan kunjungan sejarah tentu akan menjadi satu referensi destinasi tujuan yang wajib masuk list. Akan banyak sekali ditemukan fakta-fakta menarik dan juga barang arkeolog untuk dilihat serta dipelajari.

Kapan lagi berwisata tapi tetap mendapatkan ilmu pengetahuan sejarah yang banyak, kalau tidak di Bukit Siguntang. Berikut beberapa informasi yang menjelaskan letak, rute, kegiatan menarik, dan juga beberapa hal terkait fasilitas yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Siguntang

Daya Tarik Bukit Siguntang
Image Credit: Instagram.com @orfaland

1. Dianggap Lokasi Persembayangan Masa Kerajaan Sriwijaya

Kisah dan latar belakang sejarah yang mendasari keberadaannya, menjadi satu daya tarik bagi pengunjung untuk datang. Banyak yang mengatakan bahwa berdasarkan temuan benda arkeologi di sekitarnya berupa arca ataupun artefak yang ada, memiliki hubungan erat dengan perkembangan yang terjadi di masa kerajaan Sriwijaya.

Bahkan karena banyaknya ditemukan artefak ataupun arca yang bernilai spiritual untuk agama Budha, maka muncul anggapan bahwa dahulunya merupakan tempat persembayangan. Sampai saat ini juga ada sebagian orang yang menganggap Bukit Siguntang sebagai tempat yang diberkati karena beberapa cerita dan juga legenda yang berkembang pada kalangan masyarakat sekitar.

2. Temuan Artefak Budhisme

Ahli arkeologi dan juga sejarah telah melakukan penelitian terkait dengan beberapa peninggalan bersejarah yang ada di sana. Seperti artefak budhisme yang banyak sekali muncul sebagai satu bukti sejarah keberadaan kerajaan Sriwijaya pada masa lampau.

Hal ini semakin diperkuat dengan ditemukannya arca berbentuk budha yang bergaya Amarawati. Pada mulanya hanya terdapat badannya saja. Kemudian setelah dilakukan pencarian lagi potongan lain seperti kepala juga berhasil didapatkan dan kemudian disatukan membentuk arca utuh. Namun, sayangnya sampai saat ini bagian kakinya tidak berhasil ditemukan.

BACA JUGA:  7 Rumah Adat Sumatera Selatan & Keunikannya
Daya Tarik Bukit Siguntang Palembang
Image Credit: Google Maps (Agustinus Prasetyoadi)

3. Udara Sejuk dan Pemandangan Hijau Pepohonan

Bukit Siguntang begitu banyak orang mengenal tempat dengan undukan setinggi 29 m – 30 m. Sebagai salah satu daerah perbukitan yang dikenal orang, tentu terdapat banyak sekali fakta unik yang menjadi daya tariknya. Seperti halnya sejarah, dan juga berbagai hal yang mengandung unsur edukasi telah ditemukan di sana.

Namun, selain itu semua, terdapat satu unsur yang bisa memikat dari keberadaannya yaitu pemandangan hijau taman dan pepohonan di sekelilingnya. Bagi Anda yang terbiasa dengan kehidupan perkotaan padat dan gedung dimana-mana, tentu ini adalah satu alasan untuk datang mengolah stress yang menumpuk. Ditambah lagi suguhan udara perbukitan yang sejuk menjadikan dingin pikiran yang panas atas kerjaan.

4. Makam Raja dan Tokoh Penting Kerajaan Sriwijaya

Pada salah satu spot di Bukit Siguntang terdapat satu komplek pemakaman yang dipercaya orang banyak sebagai tempat dikuburkannya Raja dan tokoh bangsawan pada masa kerajaan Melayu Kuno. Komplek ini dipenuhi dengan pemandangan hijau dari taman pohon yang menghiasi sekitarnya. Selain itu terdapat pula jalan setapak yang dibangun untuk memfasilitasi para pengunjung yang datang berziarah.

Beberapa nama Raja ataupun bangsawan yang dimakamkan di sana diantaranya adalah, Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Karang, dan juga Panglima Bagus Kuning. Selain itu, ada juga yang menyatakan bahwa di sana adalah tempat datangnya keturunan dari Iskandar Zukarnain yaitu Sang Sapurba.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Bukit Siguntang

Alamat Bukit Siguntang
Image Credit: Instagram.com @royifazulmaldy

Bukit Siguntang bisa dijangkau pada titik lokasi yang beralamatkan di daerah Bukit Lama, Wilayah Ilir Barat, Palembang. Saat ingin pergi untuk pertama kalinya Anda bisa memanfaatkan fasilitas umum yang ada tidak jauh dari lokasi yaitu Bus. Bila menggunakannya sebagai pilihan untuk mencapai lokasi maka rute yang harus di ambil yaitu melalui halte Simpang SMA 10 b dengan jarak sekitar 8 menit .

Selain bus juga bisa menggunakan Kapal Laut KM Bukit Siguntang. Namun untuk fasilitas umum ini, perlu dipastikan dulu jadwal pemberangkatannya jauh sebelum Anda akan datang ke lokasi. Jika keduanya terlalu rumit untuk dipilih dan dilakukan, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, jika bingung dengan arah mana yang harus di lalui, gunakan map elektronik di smartphone.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lubuklinggau yang Paling Populer

Jika Anda sudah merencanakan kunjungan wisata bersejarah ini, alangkah baiknya juga mempersiapkan budget untuk perjalanan dan biaya lainnya. Pertama yang perlu dipastikan dalam hal ini adalah mengetahui jam bukanya yaitu pada pukul 07.00 – 16.00 setiap hari. Sedangkan untuk tiket masuk yang dikenakan pada setiap orang adalah sebesar Rp 2.000,- sampai dengan Rp 3.000,-.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Siguntang

Kegiatan di Bukit Siguntang
Image Credit: Google Maps (Andika K. Nugraha)

1. Jogging

Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di area Bukit Siguntang, salah satunya yang paling banyak dilakukan terutama hari minggu yaitu jogging. Akan banyak orang berlalu-lalang dengan lari-lari kecil di area sekitar saat masa weekend tiba. Biasanya berasal dari warga yang tinggal di sekitar komplek tersebut.

Jika Anda juga bisa untuk melakukan jogging saat menginap di penginapan daerah yang dekat lokasi bukit. Berlari di antara komplek perbukitan dengan pemandangan hijau dan juga udara sejuk akan sangat menenangkan. Terlebih ditambah dengan pesona peninggalan bersejarah seperti arca dan artefak.

2. Foto

Berwisata tanpa melakukan swafoto tentu akan terasa tidak lengkap. Pada area wisata bukit siguntang, Anda diperbolehkan juga untuk mengambil gambar dan juga membawa kamera. Sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk berbagi cerita di sosial media ataupun mengenangnya sebagai koleksi.

Banyak sekali spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang, salah satunya yaitu hamparan luas hijaunya rumput dan pohon di sekitar perbukitan. Juga bisa menjadikan arca serta artefak yang ada sebagai objek untuk menjadi bagian dari jepretan gambar yang terabadikan. Tentu ini akan menjadi satu koleksi yang lebih bermakna dan memiliki nilai edukasi.

3. Jalan-Jalan dan Wisata Kuliner

Anda ingin datang untuk menghilangkan stres dengan menikmati sentuhan panorama alam yang hijau dan udara sejuknya, tentu bisa saja dilakukan. Selain berwisata sejarah, berziarah dan melakukan kegiatan serupa, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar komplek taman sembari menikmati keindahan yang ada. Ini adalah alternatif yang bisa lakukan saat sudah mulai bosan dengan aktivitas lainnya.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain jalan-jalan, tentu tidak lengkap tanpa menikmati sajian kuliner yang ada di sekitarnya. Akan Anda jumpai banyak sekali kedai yang menjual olahan makanan khas ataupun lainnya yang dijajahkan dekat lokasi Bukit Siguntang. Setelah seharian mengelilingi komplek wisata tidak ada salahnya mengisi kembali tenaga Anda dengan makan hidangan yang dijamin murah dan banyak pilihan.

4. Wisata Edukasi

Sebagai salah satu situs bersejarah yang banyak menyisakan puing-puing kenangan kejayaan kerjaan Sriwijaya dan Melayu kuno pada masanya, tentu tidak heran jika tempat ini banyak mendapat perhatian pengunjung. Orang-orang yang datang kebanyakan memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi atas pembuktian sejarah yang pernah berlangsung di lokasi tersebut.

Inilah salah satu kegiatan yang juga bisa Anda lakukan saat berada di lokasi. Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan hijau dan udara segar, tapi juga mendapat tambahan pengetahuan. Anda bisa belajar mengenai kebesaran pemerintahan pada masa kerajaan, dengan melihat beberapa artefak serta arca yang ditemukan di sana.

5. Ziarah Makam Raja

Selain bersenang-senang dengan jalan-jalan, dan juga jogging, Anda juga bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi makam yang ada di sana. Dipercaya bahwa di sana telah dijadikan tempat persemayaman bagi para Raja yang memimpin pada kerajaan Melayu dan Sriwijaya di Palembang. Serta beberapa sumber menyepakati bahwa tempat tersebut menjadi satu lokasi suci datangnya Sang Sapurba.

Setiap harinya komplek makam akan terlihat ramai kunjungan orang yang berziarah. Jika Anda tertarik untuk masuk sembari mengenang kejayaan kerajaan Melayu kuno, kegiatan ini menjadi satu alternatif yang bisa dipilih.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Siguntang

Fasilitas di Bukit Siguntang
Image Credit: Google Maps (Meez NiNa)

Fasilitas dari Bukit Siguntang yang semakin hari semakin ramai pengunjung saat ini sudah mulai dilakukan pengembangan. Banyak sekali dibangun sarana dan prasarana penunjang yang dikhususkan untuk kenyamanan pengunjung yang datang singgah. Seperti perbaikan toilet umum dan penambahan jumlahnya, juga dengan area parkir agar bisa menjamin keamanan kendaraan pribadi Anda.

Itulah ulasan yang ada dalam beberapa informasi terkait destinasi Bukit siguntang. Tidak ada salahnya mengambil jadwal untuk rencana kunjungan sejarah ke bukit ini saat liburan datang. Selain bisa menenangkan pikiran juga bisa menambah pengetahuan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.