22 Cafe & Tempat Nongkrong di Batam yang Unik dan Hits

22 Cafe & Tempat Nongkrong di Batam yang Unik dan Hits

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Batam kerap menjadi tujuan wisata bagi para pelancong dari dalam maupun luar negeri. Ibukota Kepuluan Riau ini tidak hanya terkenal dengan wisata bahari dan juga pusat perbelanjaannya saja. Namun, Kota Batam juga terkenal dengan cafe-cafenya yang instagramable yang cocok untuk disambangi selepas mengunjungi objek-objek wisata terkenal di kota ini.

Sejumlah tempat nongkrong tersebut mengusung desain interior dan eksterior yang menarik, sehingga tak heran apabila pengalaman berkumpul bersama teman atau keluarga di tempat tersebut akan lebih seru.

Sama seperti di kota metropolitan lainnya, tren warung kopi atau cafe juga menjamur di hampir setiap sudut Kota Batam. Untuk memudahkan pilihan Anda dalam menentukan tempat nongkrong mana yang wajib dikunjungi, berikut beberapa cafe yang paling direkomendasikan di Kota Batam.

1. The Smith

The Smith
Image Credit: Google Maps (Dinoto Huang)

Cafe ini sangat populer hingga memiliki tiga cabang di pusat perbelanjaan ternama di Batam, seperti Nagoya Hill Shopping Mall, Mega Mall, dan Batam City Square. Berbagai jenis kue dengan cita rasa yang beragam dan presentasi yang cantik bisa dicicipi di The Smith.

Kue-kue yang wajib dicoba di cafe yang satu ini antara lain adalah red velvet, classic cheese, mille crepes, dan macaroon. Kudapan manis tersebut tentu mampu memanjakan lidah setiap pengunjung cafe ini.

Lokasi: Jl. Bunga Raya No.99, Baloi Indah, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

2. Pantai Cafe

Pantai Cafe
Image Credit: Google Maps (Joni Wu)

Ingin menikmati secangkir kopi sekaligus menikmati suasana pantai? Pantai Cafe jelas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur di Batam. Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak tak jauh dari pantai.

Di sini, pengunjung bisa menikmati pertunjukan live music yang diadakan hampir setiap harinya. Mengenai makanan, cafe ini menawarkan aneka jenis hidangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Jenis kopi yang ditawarkan pun juga cukup beragam.

Lokasi: Komplek Pantai Permata, Tj. Uma, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

3. Anchor Cafe & Roastery

Anchor Cafe & Roastery
Image Credit: Google Maps (Masaaki Mariyama)

Tempat nongkrong yang satu ini adalah surganya bagi para pecinta kopi di Batam. Semua jenis kopi yang ditawarkan merupakan hasil racikan sendiri dengan berbagai jenis seni latte yang menarik. Keunggulan Anchor Cafe & Roastery terletak pada cita rasa menu kopinya.

Hal tersebut karena pengelola cafe menggunakan biji kopi lokal, seperti Toraja, Mandailing, Gayo Aceh, dan masih banyak lagi. Soal makanan, pilihan menunya sangat beragam mulai dari makanan ringan seperti kue hingga makanan berat.

Lokasi: Dermaga Culinary Paradise RF No. 11, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

4. Cafe Otomotif

Cafe Otomotif
Image Credit: Facebook.com @Bid4d4rit3rluka

Seiring menjamurnya tempat nongkrong di kota ini, banyak pemilik cafe yang mengusung tema-tema unik untuk menarik banyak pengunjung, salah satunya adalah Cafe Otomotif ini. Sesuai namanya, interior cafe tersebut dihiasi dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan otomotif.

Menariknya, tempat ini menyediakan dua jenis tempat duduk, yakni lesehan atau dengan kursi. Sembari bercakap-cakap, pengunjung bisa memesan aneka makanan ringan lengkap dengan berbagai jenis minuman yang menarik.

Lokasi: Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

5. Malaya Cafe

Malaya Cafe
Image Credit: Google Maps (Boby Gusnarso)

Bagi penggemar berat makanan khas Cina, Malaya Cafe bisa menjadi pilihan utama untuk disambangi. Meski menu utama yang ditawarkan adalah hidangan ala pecinan, cafe yang cukup populer di Kota Batam ini tidak kalah menarik dari tempat-tempat nongkrong bergaya kontemporer lainnya.

Tempat makan ini juga sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Mengenai makanan, tak perlu diragukan lagi kelezatannya, seperti yang paling terkenal adalah dimsum, capcay, dan mie.

Lokasi: Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

6. Chemistree Coffee & Eatery

Chemistree Coffee & Eatery
Image Credit: Google Maps (Delly Iswandi)

Pohon yang berukuran cukup besar dan berdiri tepat di tengah ruangan Chemistree Coffee & Cafe menjadi hal yang paling mencolok di tempat makan yang satu ini. Pengunjung akan dimanjakan dengan interior cafe yang sangat instagramable.

Selain desain ruangannya yang unik, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sajian spesialnya, seperti meatball dan smoothie bowl. Harganya pun juga tidak terlalu menguras kantong, yakni mulai dari 15.000 hingga 50.000 saja.

Lokasi: Jl. Raja H. Fisabilillah No.12B, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

7. Lee’s Cafe & Bar

Lee’s Cafe & Bar
Image Credit: Google Maps (Lee’s Cafe)

Sejumlah cafe di kota ini cenderung mengusung desain yang terkesan elegan dan macho, namun tidak dengan cafe yang satu ini. Konsep ke Lee’s Cafe & Bar lebih ke menggemaskan karena adanya boneka-boneka beruang yang dipajang di bagian dinding dan menggantung di langit-langit.

Bukan hanya ruangannya saja yang menggemaskan, hidangan yang disajikan di cafe ini juga menarik untuk dicicipi. Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Kampung. Sajian khas nusantara bisa menjadi menu andalan untuk disantap bersama keluarga maupun rekan.

Lokasi: Jl. Komp. Penuin Centre Block JA No.1-2, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

8. Meilleur Cafe & Patisserie

Meilleur Cafe & Patisserie
Image Credit: Google Maps (Meilleur Cafe & Patisserie)

Dengan konsep minimalis, Meilleur Cafe & Patisserie merupakan tempat nongkrong yang tidak hanya cocok untuk menyesap secangkir kopi, namun juga menikmati manisnya aneka dessert yang ditawarkan. Craquelin choux, blueberry yougurt cheesacke, dan avocado banana parfait adalah tiga dari sekian banyak dessert yang wajib untuk dicicipi di cafe ini.

Meski menawarkan sajian yang menarik, tetap saja daya tarik utama tempat ini adalah desain interiornya. Bahkan banyak pengunjung yang sengaja datang untuk membuat konten di spot-spot yang cukup instagramable.

Lokasi: Jl. Palm Spring Raya, Harbourfront – Batam Centre No.09, Taman Baloi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

9. House of Original Coffee

House of Original Coffee
Image Credit: Instagram.com @funbatam

Aroma kopi yang cukup pekat dan para barista yang sibuk meracik secangkir kopi langsung menyambut para pengunjung di House of Original Coffee. Cafe yang buka dari jam 10 pagi ini merupakan cafe dengan konsep open bar.

Sambil mengobrol, pengunjung bisa menyaksikan langsung para barista membuat aneka jenis minuman. Selain kopi, cafe berdinding kayu ini juga menawarkan aneka minuman dan makanan ringan yang bisa dipesan sebagai teman mengobrol.

Lokasi: Tanjung Ucang, Kec. Batu Aji, Kota Batam Kepalauan Riau.

10. Baresto Cafe

Baresto Cafe
Image Credit: Google Maps (Yeny Hartanty)

Cafe yang berada di Nagoya Hill Mall ini bisa menjadi tempat makanan yang ideal bagi para penikmat makanan laut dan tradisional. Konsep rumahan yang begitu kental membuat cafe ini cocok untuk menjadi tempat berkumpul bersama keluarga.

Selain desain yang menarik, menu yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Tempatnya pun sangat luas, jadi pengunjung yang membawa anak kecil bisa merasa lebih leluasa untuk menikmati menu yang sudah dipesan.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

11. Teras Cafe

Teras Cafe
Image Credit: Google Maps (Teras Cafe)

Teras Cafe merupakan salah satu cafe eksklusif di Batam yang kerap menampilkan pertunjukan live music. Tempat ini cocok bagi para pengunjung yang ingin mengadakan acara keluarga, ulang tahun, dan perayaan lainnya.

Meski kelihatannya mewah, harga menu yang ditawarkan tidak terlalu menguras kantong. Selain itu, jenis hidangan yang disajikan juga beragam, mulai dari makanan khas Indonesia hingga luar negeri.

Lokasi: Jl. Baloi Kusuma Indah No.23, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

12. One Dozen Cafe

One Dozen Cafe
Image Credit: Google Maps (Jack Merson)

Penduduk asli Batam mungkin lebih mengenal cafe ini dengan sebutan Kopi Raya. Meski sekarang sudah berubah menjadi One Dozen Cafe, menu yang disajikan tidak berubah dan tetap menyuguhkan aneka hidangan laut.

Selain hidangan laut, masih banyak jenis makanan yang ditawarkan. Bahkan ada aneka makanan ringan khas nusantara seperti bakwan, ubi goreng, tahu goreng, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Fisabilillah, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

13. Bintang Kopi

Bintang Kopi
Image Credit: Google Maps (Riyandi Jon)

Tidak semua orang bisa menikmati suasana minum kopi di cafe modern. Banyak dari mereka yang lebih memilih warung kopi tradisional, seperti Bintang Kopi yang berada di Kota Batam. Hal yang paling disukai dari cafe tradisional ini adalah kopinya.

Biji kopi khas nusantara ditumbuk kasar, lalu direbus kemudian disaring sebelum akhirnya disajikan ke pengunjung. Selain kopi, tempat ini juga menyajikan penganan khas Aceh seperti apom, timpan, mie aceh, bingkang ubi, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Raja Alikelana, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

14. Caffein

Caffein
Image Credit: Google Maps (SeungJun Kim)

Ingin menyantap makanan ringan bercita rasa manis di Batam? Caffein tentu bisa menjadi tujuan yang tepat. Di sini para pengunjung bisa menikmati secangkir kopi dan sepotong pastry dengan harga yang cukup terjangkau.

Cafe ini buka setiap hari hingga pukul 10 malam, sehingga cocok bagi pengunjung yang lebih menyukai suasana cafe pada malam hari. Letaknya juga cukup strategis, yakni masih berada di kawasan Nagoya Hill Mall.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

15. Piccola Stella

Piccola Stella
Image Credit: Google Maps (Oryza Taringan)

Tempat nongkrong yang berikut ini merupakan destinasi bagi pengunjung yang ingin mencicipi hidangan khas Italia. Berlokasi di kawasan Dermaga Sukajadi, cafe ini menawarkan aneka hidangan Italia yang keotentikan rasanya tak tertandingi.

Selain dari segi makanan, Piccola Stella memiliki interior yang unik seperti gaya arsitektur Eropa. Selain untuk nongkrong, tentu cafe ini juga bisa menjadi spot yang menarik untuk berfoto.

Lokasi: Jl. Sudirman, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

16. Ombak Bar

Ombak Bar
Image Credit: Google Maps (Fatkhul Karochmah)

Ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di Kota Batam? Ombak Bar bisa Anda kunjungi untuk menikmati pemandangan tersebut. Tempat ini masih berada di kawasan Resort Batam. Jadi, apabila Anda menginap di sini, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi Ombak Bar.

Di sini pengunjung tidak hanya bisa menikmati indahnya bahari Kota Batam saja. Namun juga mencicipi berbagai jenis kuliner ala barat dan khas Batam yang siap menggoyang lidah.

Lokasi: Jl. Kolonel Soegiono, Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

17. Asher Bistro & Roof Top

Asher Bistro & Roof Top
Image Credit: Google Maps (Asher Bistro & Roof Top)

Sesuai dengan namanya, Asher Bistro merupakan cafe roof top yang menyuguhkan pemandangan Batam dari ketinggian. Biasanya cafe dengan gaya seperti ini lebih cocok untuk dikunjungi pada malam hari.

Selain bisa menikmati Kota Batam dari ketinggian, cafe ini memiliki berbagai jenis kudapan dan makanan berat yang bisa menjadi teman menikmati kerlap-kerlip lampu di ibu kota Riau ini. Tenang saja, harga setiap menunya tidak terlalu mahal.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Seraya Atas, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

18. Rubeka

Rubeka
Image Credit: Google Maps (Rubeka Rumah Pamer  Kopi)

Cafe dengan spot instagramable memang menjadi daya tarik utama para pengunjung. Salah satu yang paling terkenal di Batam adalah Rubeka. Dengan nuansa klasik, pengunjung bisa memilih area luar atau dalam.

Selain kopi, Rubeka cafe menawarkan beragam jenis minuman non-kopi, makanan berat, hingga penganan yang mampu memanjakan lidah. Yang menarik adalah tempat ini juga menawarkan barang-barang bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Lokasi: Taman Baloi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

19. Okela Garden

Okela Garden
Image Credit: Google Maps (Ng Andika)

Satu lagi cafe yang menyajikan aneka hidangan laut yang masih segar. Untuk bisa menikmati sajian kuliner yang ditawarkan, pengunjung baru bisa datang mulai pukul setengah empat sore.

Okela Garden tidak seperti tempat makanan yang menyediakan olahan laut pada umumnya. Namun menu-menu yang disajikan diolah dengan rasa yang bisa dibilang kekinian, seperti mozarella, mayo, dan salted egg.

Lokasi: Jl. Pembangunan Kompleks Marina Park, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

20. De Patros

De Patros
Image Credit: Google Maps (Ajeem Aj)

Dengan konsep outdoor, De Patros merupakan cafe pertama di kota ini yang cocok bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan Singapura dari kejauhan sembari bersantap bersama rekan maupun keluarga. Pengunjung juga bisa memilih area indoor yang tentunya tertata rapi.

Sebagian besar menu andalan tempat ini adalah kuliner nusantara seperti hidangan laut, soto, mie goreng, dan sate. Tempat ini jauh lebih menarik jika dikunjungi pada malam hari, mengingat biasanya ada pertunjukan live music.

Lokasi: Jl. Harbour Bay, Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau.

21. Tea Box Cafe

Tea Box Cafe
Image Credit: Google Maps (Mas Hakim)

Cafe dengan dekorasi layaknya dapur rumah ini bisa menjadi pilihan tempat nongkrong bagi Anda yang lebih mengutamakan makanan daripada estetika bangunan. Meski terbilang minimalis, cafe ini masih bisa menjadi latar yang menarik untuk berfoto.

Menu yang disajikan juga beragam, mulai dari dalam negeri hingga ala mancanegara. Meski menu-menunya terdengar mahal, harga yang dipatok justru cukup terjangkau, setidaknya sesuai dengan dompet para anak muda.

Lokasi: Jl. Sudirman, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

22. Impresso Batam

Impresso Batam
Image Credit: Google Maps (Melysa Lin)

Cafe yang nyaman dengan pemandangan yang menyejukkan pikiran ini dilengkapi dengan ornamen kayu. Konsep tata ruang yang minimalis membuat suasana tempat nongkrong ini sangat nyaman untuk sekedar melepas penat dari kesibukan Kota Batam.

Pengunjung bisa menikmati aneka menu dalam negeri maupun mancanegara dengan cita rasa yang menggoyang lidah dan dengan harga yang terjangkau. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa langsung mengunjungi tempat ini di kawasan Batam Center.

Lokasi: Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Batam memang tidak hanya terkenal sebagai destinasi wisata belanja saja. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan teman dengan mengobrol sambil bersantap bersama. Beberapa rekomendasi tempat nongkrong dan cafe di Bata mini bisa Anda jadikan referensi saat berkunjung.