Danau Buatan Pekanbaru, Objek Wisata Alam yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

Danau Buatan Pekanbaru, Objek Wisata Alam yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembah Sari, Kec. Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Riau.

Liburan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan liburan dapat meningkatkan keakraban dalam anggota keluarga. Tentunya pemilihan tempat yang akan dijadikan spot liburan tidaklah sembarang ditentukan. Wisatawan dapat berkunjung ke Danau Buatan Pekanbaru yang bisa dijadikan sebaga tempat liburan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

Danau ini sempat terkenal pada PON tahun 2012 lalu. Danau ini dulunya hanyalah berupa area irigasi sungai tepatnya Sungai Ambang. Aliran ini pun melebar hingga akhirnya membentuk sampai membentuk sebuah danau. Seiring berjalannya waktu danau yang dulunya berupa area irigasi ini disulap menjadi obyek wisata buatan.

Danau Buatan memiliki luas danau yang cukup besar yaitu sekitar 14 hektar. Pemandangan asri juga masih sangat terasa di sekitar kawasan danau. Hal ini didukung oleh banyaknya pepohonan rindang yang berdiri menjulang tinggi di bagian tepinya. Rerumputan hijau yang pendek-pendek pun akan semakin menambah suasana sejuk saat berlibur disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Buatan

Daya Tarik Dimiliki Danau Buatan
Image Credit: Google Maps Frederick Tarigan

Walaupun danau ini bersifat buatan, wisatawan tidak akan menemukan modernisasi ketika berkunjung disini. Sehingga benar-benar dapat mengalihkan pikiran anda mengenai hiruk-pikuk kota dan semua kesibukannya. Dengan berkunjung kesini, wisatawan akan merasakan liburan yang sesungguhnya tanpa takut terganggu oleh pekerjaan.

1. Perairan Danau yang Tenang

Perairan yang berada di kawasan Danau Buatan ini memiliki keadaan yang relatif tenang. Tidak ada ombak, tidak ada suara gemuruh, dan tidak ada hempasan sampah begitulah situasi yang berada di danau ini. Hanya ada perairan yang tenang yang berdampak juga pada suasana tenang disini. Jadi, cocok didatangi untuk anda para pejuang ketenangan.

Suasana tenang di kawasan danau akan semakin terasa dengan sedikit suara kicauan dari burung yang bersahut-sahutan di atas pepohonannya. Seperti sedang menceritakan betapa indahnya pesona dari danau satu ini. Airnya yang tenang juga terkadang menimbulkan suara gemericik air dari ikan-ikan yang hidup berada di bawah perairannya.

2. Rerumputan dan Pepohonan Rindang di Bagian Tepi

Kebanyakan obyek wisata berkonsep buatan memiliki daya tarik yang lebih cenderung ke arah modern. Tetapi, berbeda dengan air terjun ini yang memiliki pesona rerumputan dan pepohonan di bagian tepinya. Keberadaan rerumputan dan pepohonan ini akan menghasilkan udara yang sejuk dan asri. Belum lagi jika ditambah oleh ketenangan yang diulurkan dari perairan danaunya.

Wisatawan tidak perlu khawatir kepanasan saat menyambangi danau ini pada waktu siang hari. Sebab, keberadaan rerumputan dan pepohonan rindangnya akan meneduhkan teriknya matahari. Jadi, wisatawan tidak akan merasa kepanasan ataupun merasa kulit terbakar karena sinar matahari. Justru, wisatawan akan mendapatkan suasana sebaliknya yang berupa kesejukan dan keasrian dari pohonnya.

3. Tersedia Berbagai Wahana Air

Menentukan lokasi ini sebagai area liburan keluarga merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, danau buatan ini memiliki wahana air yang tersedia di dalamnya. Wahana air ini dapat dinaiki bersama keluarga dan akan menambah rasa keakraban dalam tiap anggota keluarga tentunya. Jadi, wisatawan yang berkunjung dapat lebih banyak cara dalam mengeksplor tempat ini tanpa takut merasa bosan.

Beragam wahana air tersedia disini mulai dari sepeda air hingga getek. Getek disini berupa perahu yang ditarik oleh mesin. Perahu ini memiliki kapasitas yang cukup untuk sebuah anggota keluarga. Sepeda airnya pun bisa dinaiki oleh dua sampai dengan empat orang. Sangat cocok dinaiki oleh para muda-mudi yang tengah memadu kasih. Dari rincian tersebut, apakah sudah tersirat di benak anda untuk kesini?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Danau Buatan
Image Credit: Google Maps Dedek Iskandar

Dari judulnya saja mungkin anda sudah bisa menebak dimana lokasi danau ini berada. Danau Buatan bertempat di Kota Pekanbaru tentu saja, lebih tepatnya di Kelurahan Lembah Sari dan Kecamatan Rumbai Timur. Jika anda menempuh perjalanan dari Pekanbaru, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai ke danau ini. Itulah kenapa danaunya menjadi begitu favorit.

Wisatawan bisa membawa kendaraan pribadi berupa motor ataupun mobil. Atau untuk anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menyewa kendaraan umum yang disewa untuk berkunjung kesini. Mengenai akses jalan yang akan dilewati, wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Sebab hampir semua jalur menuju ke danau ini sudah dilapisi oleh aspal. Jadi tidak ada lagi kesulitan dalam perjalanan.

Dari arah pusat Kota Pekanbaru wisatawan dapat menuju Jalan Jendral Sudirman untuk selanjutnya menuju ke bagian arah utara melewati Jembatan Siak IV. Jembatan Siak IV ini cukup terkenal di telinga para masyarakatnya. Bahkan bukan hanya masyarakatnya saja tetapi juga oleh para wisatawan pelancong dari mancanegara. Bagaimana tidak, jembatan ini merupakan salah satu ikon dari Pekanbaru.

Setelah melintasi Jembatan Siak IV, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Sembilang. Ketika wisatawan sudah menemui Jalan Sembilang teruskan perjalanan hingga 1 km kedepan hingga menemui Jalan Pramuka. Dari jalan ini wisatawan terus masuk sampai menemui pertigaan yang lengkap dengan petunjuk arah yang akan membawa wisatawan menuju danau tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Danau Buatan
Image Credit: Twitter Calon Isterimu

Jika sudah terlintas di benak anda untuk berlibur bersama keluarga disini. Namun belum berani mencatatnya dalam daftar destinasi wisata karena harga tiketnya. Maka lanjutkan saja pencatatan tersebut. Sebab, danau ini memiliki harga tiket yang sangat bersahabat bahkan tidak lebih satu dolar Amerika. Jika dipikir-pikir sangat murah bukan untuk sebuah obyek wisata seperti danau buatan satu ini

Cukup keluarkan selembar uang berwarna coklat muda dari dompet anda, anda sudah bisa menikmati kesan bersantai disini. Tepatnya Rp 5.000, dengan uang ini wisatawan akan dibawa ke salah satu obyek wisata populer asal Pekanbaru. Danau yang luas sejauh mata memandang lengkap dengan pepohonan dan rerumputan akan memanjakan anda selama berada di kawasan danau cantik ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Buatan

Kegiatan Menarik di Danau Buatan
Image Credit: Google Maps Efrizal Effendy

1. Memancing di Perairan yang Tenang

Diam-diam mematikan seperti itulah Danau Buatan Pekanbaru. Walaupun memiliki perairan yang cenderung tenang bukan berarti hewan-hewan lautnya tidak banyak. Hewan-hewan laut yang berada di danau ini terbilang banyak bahkan melimpah. Wisatawan bisa berlibur sembari memancing. Kegiatan memancingnya bisa dilakukan dari atas perahu ataupun hanya sekedar memancing di bagian tepinya.

2. Piknik Diatas Rerumputan dan Dibawah Pepohonan

Piknik bersama keluarga ketika menyambangi suatu obyek wisata merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Seperti disini, suasana asri dan sejuk yang dihasilkan dari rerumputan dan pepohonan dapat wisatawan manfaatkan untuk piknik bersama keluarga. Menggelar tikar lengkap dengan makanan-makanan ringan sudah cukup untuk membuat piknik disini. Ditemani pemandangan danau yang indah.

3. Merasakan Keseruan Wahana Air

Berkunjung ke suatu obyek wisata tentu kurang lengkap jika tidak merasakan wahana permainannya. Hal bosan pun bisa saja menghampiri pengunjung jika tidak merasakan wahana ini. Wisatawan bisa merasakan keseruan wahana permainan sepeda air yang telah tersedia disini. Mengayuh bersama kerabat, orang terkasih ataupun keluarga akan menjadi kegiatan yang sangat mengasyikan.

Tidak hanya wahana sepeda airnya yang wajib anda coba. Wahana permainan air getek pun bisa menciptakan suatu keseruan sendiri jka dinaiki bersama keluarga. Perahu yang wisatawan naiki akan ditarik oleh mesin dan membawa para wisatawan menuju ke bagian tengah danau. Wisatawan bisa sekalian menikmati danau dari sisi yang berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Kawasan Wisata
Google Maps Efrizal Effendy

Tidak perlu merasa ragu ketika memutuskan berkunjung disini. Tidak ada masalah apapun selama anda memilih untuk berlibur di Danau Buatan Pekanbaru. Pemandangan? Sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Harga tiket? Bersahabat di kantong. Daya tarik? Bisa saja berjumlah ratusan. Lalu bagaimana dengan fasilitasnya? Fasilitas yang berada disini tersedia secara lengkap dan memadai.

Untuk anda yang menggemari foto-foto terutama kalangan muda, tempat ini telah tersedia jembatan kayu yang membentang diatas perairan lautnya yang tenang. Cocok jika dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Anda yang ingin merasakan piknik namun lupa membawa tikar bisa menggunakan fasilitas gazebo. Gazebo ini tentu saja memiliki view danau yang indah juga dengan perairannya yang tenang.

Sementara untuk anda yang hobby berbelanja bisa menyambangi fasilitas tempat penjualan souvenir yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Tempat kuliner disini cocok untuk anda yang manusia-manusia yang tidak pernah merasa kenyang. Sajian makanannya pun tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Wisatawan yang tidak ingin ketinggalan kewajibannya bisa melaksanakannya di fasilitas mushola disini.

Layaknya tempat untuk semua pecinta kegiatan, danau ini menyediakan semuanya. Entah itu untuk kalangan muda maupun sebaliknya. Seperti contohnya melimpahnya hewan-hewan laut yang bisa dijadikan surga bagi pecinta kegiatan memancing. Untuk yang hobby memakan, danau ini juga menyediakan fasilitasnya. Masih banyak hal lainnya yang wajib anda coba di Danau Buatan Pekanbaru.