Danau Kaco Kerinci, Surga Tersembunyi di Tengah Hutan Jambi

Danau Kaco Kerinci, Surga Tersembunyi di Tengah Hutan Jambi

Danau Kaco salah satu wisata alam yang unik dan eksotis yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Provinsi Jambi. Air danau yang jernih kebiruan mampu memancarkan cahaya di malam hari, pemandangan alam nan indah dan legenda yang berkembang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, Jambi.

Salah satu tempat wisata yang mempunyai pengunjung yang tak pernah sepi yaitu Danau Kaco. Tempat wisata yang satu ini juga memiliki julukan lain yaitu Mirror Lake. Kawasan ini selalu menjadi favorit para wisatawan yang berasal dari lokal maupun manca negara. Hal tersebut tidak lain karena mereka ingin menikmati secara langsung pesona dan panorama yang disajikan oleh danau yang satu ini.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran sembari beristirahat dari hiruk pikuknya aktivitas sehari-hari. Tempat wisata yang satu ini akan memanjakan para pengunjung dengan hamparan alamnya yang sangat hijau. Hal tersebut dapat membuat liburan Anda semakin rileks dan nyaman. Tempat tersebut juga memiliki cerita legenda yang tersebar dalam masyarakat yang di sana.

Mengunjungi Danau Kaco ini akan sangat menyenangkan apabila beramai-ramai dengan mengajak teman atau sahabat. Berbagai macam hal seru bisa Anda temukan saat menghabiskan waktu liburan di danau tersebut. Supaya tidak penasaran dengan danau yang satu ini, inilah beragam informasi yang membahas mengenai tempat wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Kaco

Daya Tarik Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @wotonnie

1. Warna Air Unik

Danau yang satu ini mempunyai warna air yang tampak sangat biru serta kontras jika dibandingkan dengan warna lain yang ada di sekitarnya. Selain itu, airnya sangat jernih hingga beberapa ikan semah yang ada di dalam danau dapat disaksikan langsung oleh para pengunjung. Warna air danau pun juga tak kalah cantik pada saat malam hari karena bercampur dengan sinar bulan.

2. Memiliki Legenda

Tak dipungkiri bahwa legenda yang ada pada suatu tempat wisata sering kali bisa menjadi salah satu daya tarik yang kuat untuk menarik wisatawan. Demikian pula dengan legenda yang dimiliki oleh tempat wisata Danau Kaco ini.

Konon, masyarakat mempercayai bahwa hiduplah seorang putri yang menjadi anak dari seorang Raja Gagak. Putri tersebut mempunyai kecantikan yang membuat banyak pemuda ingin melamarnya.

3. Udaranya Bersih

Udara yang dihasilkan di sekitaran tempat wisata danau tersebut sangat bersih, segar, dan sejuk. Hal tersebut karena disana banyak sekali pepohonan hijau yang masih alami. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir tentang pencemaran atau polusi udara apabila ingin mengajak anak kecil untuk mengujungi tempat wisata ini. Liburan pun akan lebih terasa sangat menyenangkan.

Daya Tarik Dimiliki Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @ferdiruliantara

4. Berada di Tengah Hutan

Daya tarik lain yang dimiliki danau yang satu ini yaitu letaknya yang berada di tengah hutan belantara. Tak heran apabila suasana yang disajikan di tempat tersebut benar-benar tenang, sunyi, dan damai. Sehingga, menjadi salah satu tempat wisata yang pas untuk menghilangkan stress dan penat dengan berbagai masalah yang dihadapi.

5. Terdengar Beragam Suara Hewan

Karena terletak di tengah-tengah hutan belantara, maka beragam jenis hewan tentu hidup di kawasan tersebut. Suara-suara dari berbagai hewan yang berbeda pun senantiasa mengiringi liburan para pengunjung. Misalnya saja seperti suara burung, jangkrik, katak, ayam hutan, dan masih banyak lagi. Nuansa alami pun akan sangat terasa di tempat wisata danau yang satu ini.

6. Warisan Dunia

Hebatnya, tempat wisata Danau Kaco telah resmi menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO yang dimiliki PBB. Keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh danau inilah yang menjadi alasannya. Untuk menjaga dan melestarikannya, maka danau ini sekarang telah dikelola oleh pihak dari Taman Nasional Kerinci.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Danau Kaco

Alamat Wisata Danau Kaco
Image Credit: Google Maps (Sugianto Sentosa)

Destinasi wisata yang telah dinobatkan sebagai warisan dunia tersebut terletak di Dsn. Baru Lempur, Gunung Raya, Kab. Kerinci, Prov. Jambi. Tantangan yang harus dihadapi untuk bisa sampai ke tempat ini pun tidak tergolong mudah. Hal itu karena lokasinya ada pada ketinggian 1.289 mdpl dan susah ditemukan karena terdapat dibalik hutan rimbun, pohon tinggi, dan semak yang lebat.

Rute untuk bisa sampai ke Danau Kaco, bisa dilalui mulai dari Jambi. Waktu untuk menempuh perjalanan biasanya membutuhkan sekitar 8 sampai 10 jam. Anda dapat memakai berbagai macam jasa travel yang menawarkan wisata ke danau tersebut. Kemudian, perjalanan masih harus dilanjutkan lagi menuju Kelurahan Lempur.

Dari situ, gerbang masuk untuk menuju tempat wisata dapat dicapai dalam waktu sekitaran 90 menit. Perjalanan dapat terasa sedikit lebih cepat dan ringan jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor.

Apabila Anda tersesat di tengah jalan, maka bertanyalah pada masyarakat atau pengunjung lain yang dijumpai di jalan. Anda juga bisa mengantisipasi kejadian tersebut dengan menyiapkan peta menuju lokasi tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Bagi Anda yang berniat mengunjungi Danau Kaco, maka tidak perlu repot-repot menyiapkan uang untuk membayar tiket masuknya. Pasalnya, tempat wisata tersebut sampai saat ini tidak pernah memungut biaya apapun alias gratis.

Biaya yang harus dikeluarkan kemungkinan hanya untuk parkir saja bagi yang membawa kendaraan bermotor. Walaupun gratis, tetapi suasana dan pemandangan alam yang ada di danau yang satu ini mampu membuat Anda terpesona dengan keindahannya.

Hal ini pastinya cocok sekali untuk para pengunjung yang ingin menikmati liburan ke tempat menarik namun dengan biaya yang terjangkau. Kendati demikian, Anda harus tetap membawa sejumlah uang untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga yang harus memerlukan biaya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Kaco

Kegiatan di Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @enciktravel

1. Trekking

Supaya dapat melihat Danau Kaco, pengunjung harus melakukan kegiatan trekking terlebih dahulu. Jalan yang akan dilewati pun sedikit menanjak dan lumayan berbatu. Selain itu, juga banyak lumpur dan juga harus melewati banyak tanjakan.

Umumnya, tracking ini akan dilakukan dalam waktu sekitar 2 jam, namun bisa kurang atau lebih juga tergantung dengan berapa banyak Anda beristirahat di tengah perjalanan. Meskipun akan merasa capek, namun kegiatan tracking ini baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Pemandangan yang dapat dinikmati selama tracking yaitu hijaunya pepohonan besar dan semak-semak yang sangat lebat dan rimbun. Pengunjung juga harus selalu berhati-hati terhadap jalanan yang licin dan tidak rata saat melakukan tracking, apalagi jika sebelumnya ada hujan turun.

2. Berenang

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat dilakukan oleh para pengunjung di tempat wisata ini yaitu berenang. Siapapun yang sampai di danau ini, pasti ingin langsung berenang dan menceburkan diri ke air. Hal tersebut karena tampilan air danau yang sangat jernih dan segar. Selain itu, juga karena pengunjung merasa lelah karena sebelumnya melakukan tracking.

Dijamin seluruh penat dalam menempuh perjalanan akan langsung hilang dan sirna setelah merasakan dinginnya air danau. Kegiatan berenang pun akan semakin seru dan menyenangkan karena bakal ditemani oleh segerombolan ikan yang hidup di dalam air danau. Apalagi suasananya yang disajikan berpadu indah dengan pemandangan alam yang hijau dan alami.

3. Camping

Rasanya ada yang kurang apabila tidak merasakan sensasi camping di Danau Kaco ini. Ketika malam tiba, Anda tidak perlu menyiapkan banyak penerangan karena cahaya bulan yang dipancarkan ke air danau mampu menerangi area di sekitarnya. Sembari bercengkrama dengan teman, Anda dapat api unggun untuk menghangatkan badan.

Semakin lengkap lagi apabila ditambah dengan meminum secangkir teh atau kopi panas. Jika merasa lapar, Anda juga dapat membakar jagung maupun ubi yang telah dibawa dari rumah. Kegiatan camping di danau yang satu ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dan menjadi momen yang tak terlupakan.

Kegiatan Menarik di Danau Kaco
Image Credit: Twitter.com @AdventureIdeass

4. Hunting Foto

Keindahan yang ditawarkan oleh danau ini akan rugi apabila tidak Anda abadikan dalam bentuk foto. Anda dapat menemukan berbagai spot cantik dan menarik dengan cara menyusuri area yang ada di sekitar danau. Supaya menghasilkan foto yang eksotis, Anda bisa memanfaatkan air danau yang berwarna biru sebagai latar belakang foto.

Segerombolan ikan yang berenang di dalam danau juga dapat kamu manfaatkan juga. Apabila mempunyai kamera yang waterproof ( tahan air), Anda bisa mengambil selfie bersama dengan ikan-ikan yang cantik. Selain itu, danau yang satu ini juga dapat menjadi referensi tempat untuk foto pemotretan prewedding.

5. Senam Yoga

Kegiatan menarik lain yang jarang terpikirkan oleh para pengunjung ketika ada di tempat wisata yang satu ini yaitu melakukan yoga. Bagi Anda yang menyukai kegiatan yoga, tempat wisata alam yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasinya.

Yoga biasanya akan memerlukan tempat yang segar, tenang, dan damai. Hal tersebut telah ditawarkan oleh tempat wisata Danau Kaco. Sehingga, Anda bisa fokus melakukan yoga sekaligus berwisata ke tempat yang sangat mengagumkan. Namun, Anda juga harus sudah siap dengan segala gangguan hujan yang tidak bisa dihindari.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Kaco Kerinci

Fasilitas di Danau Kaco
Image Credit: Google Maps (Mira)

Dengan tidak adanya biaya untuk tiket masuk dan juga terdapat di tengah hutan, maka Anda tidak dapat mengharapkan fasilitas yang lengkap. Bukan hanya tidak lengkap, bahkan fasilitas di Danau Kaco ini dikatakan masih sangat minim. Sebagai contoh, di sekitaran danau tidak terdapat fasilitas berupa tempat ibadah, ruang ganti, ataupun toilet.

Area parkir untuk kendaraan para pengunjung sudah tersedia di Desa Lempur. Warung maupun pedagang yang menjual makanan dan minuman pun sudah dipastikan tidak tersedia di area sekitar danau.

Sehingga, para pengunjung harus membawa bekal atau snack sendiri yang telah disiapkan dari rumah. Di Desa Lempur pun menawarkan berbagai macam paket wisata ke Danau Koca yang sudah lengkap dengan jasa pemandu wisatanya.

Jika para wisatawan ingin menginap atau bermalam, maka di Desa Lempur sudah tersedia banyak homestay untuk tempat menginap. Dengan begitu, pengunjung yang ingin berlibur lebih lama atau datang terlalu malam bisa menginap terlebih dahulu dan melanjutkan perjalanan ke danau keesokan harinya.

Nah, itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan tempat wisata alam Danau Kaco. Apabila berkesempatan datang ke Provinsi Jambi, jangan lupa untuk menghabiskan liburan Anda dengan mencoba mengunjungi langsung salah satu tempat wisata yang mengagumkan ini. Tempat wisata ini juga akan sangat menyenangkan bagi Anda yang gemar dengan hal yang berkaitan dengan petualangan.