Danau Kembar, Danau Cantik yang Memanjakan Mata di Solok

Danau Kembar, Danau Cantik yang Memanjakan Mata di Solok

Danau Kembar salah satu destinasi alam nan indah di Alahan Panjang, Kabupaten Solok, yang terdiri dari Danau di Atas dan Danau di Bawah letaknya berdampingan dengan luas yang hampir sama. Selain terkenal akan legendanya, keindahan yang ditawarkan pun mampu memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat.

Jika Anda sedang mengunjungi Kepulauan Sumatera, maka akan banyak tempat wisata berupa danau yang tersebar di beberapa daerahnya. Salah satunya adalah Danau Kembar, tempat wisata yang terkenal akan sajian pemandangan yang luar biasa ini berada di Solok, Sumatera Barat.

Tidak hanya pesona alamnya saja yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, namun juga karena banyaknya kegiatan menarik yang dapat dilakukan di danau tersebut. Lokasi wisata tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan, apalagi jika Anda berangkat bersama keluarga atau teman.

Lokasi danau ini cukup mudah ditemukan, karena berada dekat dengan jalur utama antar kota. Wisatawan yang berangkat menggunakan kendaraan pribadi pun dapat menempatkan kendaraannya di tepian danau. Jika Anda tertarik mendatangi tempat wisata satu ini, berikut ini ada informasinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Kembar

Daya Tarik Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERMIN)

1. Legenda Danau

Dibalik keindahan pemandangan alam yang ditawarkan oleh danau tersebut, terdapat sebuah legenda misteri yang berasal dari masyarakat sekitar. Bahkan cerita legenda ini diberikan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Diceritakan dulunya di kawasan danau tersebut masih berupa dataran landai dengan beragam vegetasi dan tidak ada sebuah perairan seperti yang dapat terlihat saat ini. Namun pada suatu saat, terjadi sebuah pertempuran antara seorang tokoh berpengaruh pada masa itu dengan seekor naga raksasa di lokasi tersebut.

Pertempuran sengit itu memenangkan sang tokoh, dan akhirnya naga raksasa itu pun mati karena terbunuh. Bangkainya pun masih berada di kawasan yang sekarang diberi nama Danau Kembar, dan dibiarkan begitu saja hingga membusuk dan melebur menjadi gundukan tanah.

Gundukan tanah dari bangkai naga raksasa tersebut membentuk angka 8 yang di salah satu bagiannya berada pada ketinggian yang berbeda. Karena dibiarkan begitu saja dengan waktu yang cukup lama, maka cekungan diantara gundukan yang melingkar tersebut pun terisi oleh air dari hujan.

Seiring berjalannya waktu, air yang menggenang pada cekungan tersebut membentuk sebuah perairan baru berupa danau dengan air tawar. Masyarakat sekitar pada akhirnya memberikan nama danau tersebut dengan istilah kembar, karena memang ciri fisiknya hampir sama.

Daya Tarik Dimiliki Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Afif Afandi)

2. Terdapat Perkebunan Sayur dan Buah

Jika Anda sedang berada di kawasan Danau Kembar, Anda dapat melihat sebuah perkebunan sayur yang ditanam secara terassering pada lembah Danau Di Bawah. Berbagai macam sayur dapat Anda temukan, namun yang dominan ditanam oleh para petani adalah wortel, kembang kol, atau kentang.

Hawa dingin pada kawasan danau yang mencapai suhu 16-14° C, membuat lokasi tersebut cocok digunakan untuk menanam berbagai macam sayuran. Tidak hanya sayuran saja yang biasa ditanam oleh para petani dari warga sekitar, namun juga beberapa jenis buah-buahan.

Wisatawan yang berkunjung di tempat wisata tersebut, dapat melihat bagaimana para petani ini melakukan proses penanaman hingga terjadinya panen. Hal ini menjadi daya tarik lain dari wisata danau yang berada di ketinggian lebih dari 1.500 mdpl tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Danau Kembar

Alamat Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Faza Noor)

Berada di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, danau ini berada dekat dengan salah satu jalan antar kota di Sumatera Barat. Jika Anda merupakan wisatawan yang berasal dari luar daerah, maka bisa berangkat dari arah Kota Padang terlebih dahulu. Namun sebelumnya, Danau Kembar berjarak 50-60 km dari kota tersebut, sehingga akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Dari kota tersebut, Anda bisa mengambil salah satu jalan yang mengarah ke Sitinjau. Kemudian akan sampai pada daerah Lubuk Selasih, yang kawasan sekitarnya masih ramai dengan berbagai macam aktivitas masyarakat. Dapat juga Anda temukan beberapa toko dan fasilitas umum lainnya.

Setelah menemukan pertigaan dengan jalan yang cukup lebar, dapat Anda lihat pada salah satu bagian jalannya yang agak menanjak. Arahkan kendaraan Anda untuk melewati jalan menanjak tersebut, dan pastikan kondisi kendaraan yang Anda bawa sebelumnya dalam keadaan yang baik.

Melewati jalanan ini, pemandangan yang akan disuguhkan berupa perbukitan hijau dan beberapa pohon yang menjulang tinggi di setiap tepi jalannya. Tak hanya itu, udara sekitar pun akan terasa lebih sejuk. Hal-hal tersebut dapat membantu Anda untuk melupakan perjalanan yang memakan waktu yang cukup lama, dan akan tergantikan oleh suasana yang terasa nyaman.

Keluar dari kawasan jalan yang memberikan rasa nyaman tersebut, perjalanan Anda selanjutnya adalah melewati Simpang Tanjung Nan IV. Lalu dalam perjalanan melalui Simpang Tanjung ini, Anda akan bertemu dengan persimpangan yang akan mengarahkan Anda pada tempat wisata tujuan Anda.

Jika Anda memilih jalan yang berbelok ke arah kanan, maka Danau Di Bawah menjadi tujuan pertama yang Anda datangi. Sebaliknya, jika Anda mengambil jalur kiri, maka Anda akan menuju kawasan Danau Di Atas. Agar dapat mendatangi seluruh tempat wisata dari kedua danau tersebut, maka Anda bisa mendatangi Danau Di Bawah terlebih dahulu, baru kemudian turun menuju Danau Di Atas.

Untuk tiketnya sendiri, wisatawan harus membayar Rp 5.000 untuk dapat memasuki kawasan Danau Kembar. Harga tersebut sudah termasuk untuk dua danau sekaligus, bahkan Anda bisa mendapatkan beberapa fasilitas yang cukup memadai dengan harga yang murah meriah tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Kembar

Kegiatan Menarik di Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Viky Ezelva)

1. Berkeliling Danau Menggunakan Perahu

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di danau ini adalah berkeliling menggunakan perahu yang nantinya dikemudikan oleh salah satu warga setempat. Ukuran dari perahu itu sendiri cukup beragam, ada yang berkapasitas 2 orang saja, ada juga yang lebih dari 5 orang.

Anda akan diajak berkeliling mengitari perairan tersebut dengan sajian pemandangan keindahan dari beberapa pohon yang tumbuh tinggi di tepian danau. Cukup dengan membayar biaya sebesar Rp5000 per orangnya, Anda dapat merasakan berkeliling danau tersebut dengan waktu yang cukup lama.

2. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan pemandangan alam yang ditawarkan oleh Danau Kembar tersebut, dapat Anda abadikan melalui sebuah jepretan gambar. Dengan mengambil latar belakang kawasan perairan atau pepohonan yang dibingkai oleh perbukitan, maka hasil foto Anda akan terlihat semakin sempurna.

Bagi Anda yang hobi bermain drone dan suka menerbangkannya di kawasan terbuka lain, keindahan danau bisa Anda abadikan melalui menggunakan drone tersebut. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menambahkan sebuah kamera kecil yang dipasang pada bagian tengah drone.

Sebuah video yang memperlihatkan keindahan alam danau dari atas ketinggian tersebut, dapat Anda gunakan sebagai dokumentasi selama liburan Anda di tempat wisata danau ini. Tidak hanya itu, hasil foto yang Anda dapatkan sebelumnya bisa digunakan untuk kebutuhan unggahan sosial media Anda.

Kegiatan di Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Iyan Pangkas)

3. Rekreasi dan Bersantai

Bersantai sambil menikmati kesejukan lingkungan danau, bisa menjadi kegiatan lain yang dapat Anda lakukan saat berada di kawasan wisata danau tersebut. Udara sejuk dan hawa dingin khas dari danau ini, dapat menjadi solusi tepat untuk melepas penat.

Jika Anda berangkat bersama keluarga atau teman, rekreasi menjadi pilihan kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan di wisata danau tersebut. Gasebo-gasebo yang berdiri di sekitar tepian danau, menjadi tempat yang tepat untuk duduk sembari menikmati bekal makanan yang Anda bawa.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Kembar Solok

Fasilitas di Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Masril Rustam)

Kawasan Danau Kembar baik yang Di Atas maupun Di Bawah, memilki beberapa fasilitas cukup lengkap yang akan didapatkan oleh para pengunjungnya. Mulai dari toilet dengan ruangan yang bersih, hingga beberapa gasebo yang bisa digunakan untuk beristirahat bagi para wisatawan.

Selain itu, Anda akan menemukan beberapa rumah makan yang menawarkan menu sajian yang beragam. Jadi untuk mengatasi masalah perut, Anda tidak perlu khawatir karena rumah makan tersebut dapat memberikan solusinya. Harga dari setiap sajiannya pun terbilang cukup murah, untuk sepiring nasi yang lengkap dengan lauk dan minuman.

Dapat juga Anda temukan sebuah toko souvenir yang menawarkan berbagai macam hiasan. Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, dapat menemukannya di toko tersebut. Pernik-pernik yang cantik dan beragam souvenir lainnya, bisa Anda pilih dengan berbagai pilihan warna sesuai selera Anda.

Ada satu fasilitas lain yang dapat Anda temukan di Danau Di Atas, yakni sebuah ruang pertemuan yang memiliki ukuran ruangan yang cukup luas. Dengan kapasitas lebih dari 300 orang, ruang pertemuan ini bisa Anda pesan sebelumnya untuk melakukan suatu kegiatan acara.

Itulah informasi mengenai Danau Kembar di Solok yang terbagi menjadi dua kawasan perairan dengan pemberian namanya yang terbalik. Selain karena cerita legenda terbentuknya kawasan danau yang tersebar luas di masyarakat sekitar, daya tarik lain dari danau ini adalah keindahan pesonanya.c