Danau Lau Kawar, Danau yang Eksotis di Kaki Gunung Sinabung

Danau Lau Kawar, Danau yang Eksotis di Kaki Gunung Sinabung

Danau Lau Kawar salah satu destinasi alam yang menawan di Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Danau vulkanik yang menyuguhkan panorama alam nan indah, diapit alam pegununungan dan perbukitan hijau.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Danau Lau Kawar merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Sumatra Utara. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, sangat dianjurkan untuk mengunjungi danau satu ini. Berada pada ketinggian mencapai 2.450 meter di atas permukaan air laut, menciptakan suasana sejuk dan nyaman, serta bebas polusi.

Berada tepat di kaki Gunung Sinabung, memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan Sinabung yang indah. Hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitaran area danau semakin menambah kesan suasana yang tenang. Suasana seperti ini sangat cocok bagi Anda yang sengaja mendatangi danau cantik ini untuk melepas penat dan stress.

Ada cerita menarik dibalik terbentuknya wisata danau Pulau Sumatra ini. Konon pada jaman dahulu hidup dua bersaudara bernama Sinabung dan Sibayak. Keduanya selalu terlibat dalam pertengkaran dan tidak pernah akur. Pertengkaran keduanya membuat sang Ibunda menangis, dan tangisannya menjadi sebuah danau bernama Lau Kawar.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Lau Kawar

Daya Tarik Danau Lau Kawar
Image Credit: Facebook.com @green.tangkahan

Lau Kawar merupakan destinasi wisata air yang terletak di Pulau Sumatra, tepatnya Sumatra Utara. Berada di lereng Sinabung, menjadi salah satu daya tarik wisata ini. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Sinabung, pasti akan mengunjungi danau ini. Pada musim liburan, bisa dipastikan wisata alam ini akan padat pengunjung.

Diperkirakan Lau Kawar memiliki luas kurang lebih 200 hektar. Letaknya yang berada di sekitaran area pegunungan, wajar jika wilayah danau ini sangat asri dan sejuk. Hal ini disebabkan oleh rindangnya pepohonan yang tumbuh hampir di seluruh wilayah danau. Bagi Anda yang mengunjungi Sumatra, jangan lupa untuk mampir ke sini, ya.

1. Memiliki Pemandangan Alam yang Sangat Indah

Letaknya yang berada di kaki Gunung Sinabung, membuat Anda dapat dengan bebas menyaksikan keindahan Sinabung tanpa harus repot-repot pergi ke gunungnya langsung. Jernihnya air, serta luasnya danau membuat pengunjung puas dengan view yang ditampakkan. Menikmati pemandangan sudah menjadi kegiatan wajib di wisata ini.

Pemandangan akan tampak lebih indah saat matahari terbit atau saat menjelang matahari terbenam. Pihak danau juga memberi fasilitas gazebo di pinggiran danau yang sengaja disediakan demi kenyaman siapa pun yang datang ke Lau Kawar. Pengunjung dijamin tidak akan menyesal mengunjungi destinasi wisata satu ini.

2. Menikmati Spot Foto Alami

Keindahan yang tersaji seakan melukis karya Tuhan paling nyata yang begitu indah dan cantik. Ini menciptakan banyak spot-spot pengambilan foto yang sangat menyatu dengan alam. Pihak pengelola juga menyediakan spot foto buatan yang tidak kalah cantik. Tentu akan menjadi sangat instragramable jika Anda posting di feed instagram.

View danau vulkanik ini juga akan sangat ciamik jika dijadikan sebagai background foto pre wedding Anda. Ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai konsep alam dengan tatanan dekorasi outdoor. Tiket masuk yang diberlakukan di sini juga terjangkau, ini akan memungkinkan Anda dalam menghemat biaya foto pre-wedding.

Daya Tarik Dimiliki Danau Lau Kawar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Syahrial)

3. Beragam Aktivitas yang Disediakan Pihak Pengelola

Banyak cara yang bisa dilakukan pengunjung danau untuk menikmati pemandangan alam Lau Kawar yang jarang ditemukan di kawasan perkotaan. Tentu cara tersebut adalah dengan berkeliling area danau yang memiliki luas hampir 200 hektar ini. Wisatawan bisa menaiki perahu dan berkeliling area danau.

Ada banyak masyarakat sekitar yang menyediakan jasa persewaan perahu atau kendaraan apung lainnya sebagai bentuk pelayanan bagi pengunjung. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Bahkan bisa dibilang murah. Anda bisa request kemana Anda ingin pergi, juga akan ditemani selama berkeliling area danau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Lau Kawar

Alamat Danau Lau Kawar
Image Credit: Google Maps (Britosentiasa Manik)

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Danau Lau Kawar, akan sangat disarankan untuk berangkat dari pusat Kota Medan. Banyak pengunjung danau ini berpendapat bahwa berangkat dari Medan merupakan rute paling mudah untuk bisa sampai di lokasi danau. Nantinya dari Medan, pertama-tama Anda akan melewati Kota Berastagi.

Dengan menempuh jarak setidaknya 70 kilometer, serta memakan waktu kurang lebih selama 3 jam, Anda harus menuju persimpangan setelah berhasil melewati Berastagi. Di persimpangan ini akan mendapati sebuah informasi jika tujuan Anda, yakni Lau Kawar, perlu menempuh jarak 27 kilometer lagi.

Setelah persimpangan yang memberi informasi tersebut, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan terus mengikuti jalan utama yang Anda temui. Jalan itulah yang akan menuntun Anda untuk bisa sampai di lokasi danau ini. Sepanjang perjalanan pasti Anda akan takjub dengan indahnya area di sekitar danau yang sangat hijau dan asri.

Kondisi jalan utama yang biasa dilalui wisatawan dari berbagai daerah ini sudah cukup baik, walau ada beberapa kerusakan yang tidak terlalu parah dan masih akan terus diperbaiki. Untuk itu, sangat disarankan lebih baik jika Anda membawa kendaraan pribadi. Hal ini disebabkan oleh hingga saat ini belum ada kendaraan umum menuju danau.

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar Karo

Harga Tiket Danau Lau Kawar Karo
Image Credit: Google Maps (Fitria Panjang)

Untuk menikmati pemandangan alam yang ada di Danau Lau Kawar, tentu pengunjung dikenakan biaya atau tiket masuk. Biaya ini sudah pasti tidak berbeda jauh dengan tempat-tempat wisata pada umumnya. Pastinya biaya ini juga akan digunakan untuk perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan pada suatu tempat wisata.

Hingga saat ini biaya yang diberlakukan untuk bisa memasuki area danau adalah sebesar Rp 15.000,00 per motor atau per dua orang. Rincian biaya ini, yaitu Rp 5.000,00 sebanyak tiga kali. Yang pertama di pintu gerbang utama, yang kedua di tempat parkir sebagai biaya parkir, dan yang terakhir saat di spot wisata alam ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Lau Kawar

Kegiatan Menarik di Danau Lau Kawar
Image Credit: Twitter.com @pariwisatasumut

1. Kegiatan Camping

Area Lau Kawar sangat cocok dijadikan sebagai tempat camping. Berada di lereng Gunung Sinabung, sangat memungkinkan pengunjung yang hobi melakukan camping ke wisata alam. Dan yang pasti pihak pengelola danau sudah memastikan terlebih dahulu bahwa danau ini aman digunakan sebagai tujuan Anda camping.

Anda bisa merencanakan kegiatan camping bersama teman-teman Anda atau keluarga. Lakukan di musim liburan akhir tahun sebagai perayaan tahun baru. Bawa peralatan yang memadai sebagai keselamatan utama bersama rombongan. Dan segera hubungi pihak terkait saat terjadi permasalahan.

2. Memancing di Area Danau

Pasti banyak sekali ikan yang hidup di perairan Danau Lau Kawar. Bagi Anda yang hobi memancing, tentu Anda juga bisa melakukannya saat berlibur ke danau Sumatra. Sambil menikmati pemandangan alam, Anda bisa memancing di area danau. Ikan yang dipancing pun pasti rasanya segar dan manis.

Setelah memancing Anda bisa memasak ikan hasil pancingan untuk disantap. Anda bisa meminta rumah makan di sekitar untuk mengolah hasil pancingan tersebut. Dengan begitu Anda juga bisa menikmati nikmatnya kuliner khas buatan masyarakat Sumatra Utara asli.

Kegiatan di Danau Lau Kawar
Image Credit: Google Maps (Fajar Pasha)

3. Mendaki Gunung Sinabung

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan mendaki, pengujung juga bisa melakukannya di Lau Kawar. Eits, bukan di danaunya, ya, tapi di Gunung Sinabung. Sudah menjadi rahasia umum jika danau hits Sumatra ini berada di lereng Sinabung. Tak hanya itu, area danau juga dijadikan sebagai pos peristirahatan para pendaki.

Area yang biasanya dipakai sebagai pos peristirahatan, biasanya juga digunakan sebagai area camping. Maka tak jarang, para pendaki Gunung Sinabung tidak hanya mendaki, tapi juga melakukan camping. Anda bisa memakai peralatan Anda sendiri atau menyewa di persewaan yang memang disediakan beberapa warga di sana.

4. Naik Perahu

Ada banyak persewaan perahu yang sengaja disediakan oleh pengelola Danau Lau Karwa. Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi area sekitar danau. Jangan heran jika perjalanan akan terasa sangat lama, namun mengasyikkan. Hal ini dikarenakan danau ini memiliki lebar yang panjang, sehingga area danau sangat luas.

Untuk biaya sewa perahu biasanya dihitung per orang. Namun, biasanya yang dihitung secara rombongan agar biayanya lebih murah. Tidak usaha khawatir biayanya mahal, penyedia jasa sewa perahu biasanya menetapkan harga yang cukup murah dan terjangkau. Biasanya sekitar Rp 10.000,00 – Rp 15.000,00 untuk sekali keliling.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Lau Kawar Karo

Fasilitas di Danau Lau Kawar Karo
Image Credit: Google Maps (Casey Choe)

Dengan beragam kegiatan yang bisa wisatawan lakukan selama berlibur di Danau Lau Kawar, maka banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati. Kebanyakan dari fasilitas tersebut, seperti persewaan perahu, peralatan mendaki, atau peralatan-peralatan lainnya yang memang sengaja disediakan demi kenyamanan pengunjung.

Fasilitas pendukung lainnya yang memang disediakan, seperti toilet, lahan parkir, hingga gazebo akan dengan mudah Anda temui di sini. Biasanya gazebo pinggir danau tidak pernah sepi pengunjung. Jika Anda ingin menikmati sensasi bersantai di gazebo, harus cepat-cepat agar tidak berebut.

Sudah lengkap bukan informasi Danau Lau Kawar di atas? Informasi singkat ini bisa Anda jadikan sebagai acuan sebelum memutuskan danau eksotis ini untuk dijadikan destinasi liburan Anda. Mengunjungi danau satu ini dijamin tidak akan rugi. Selain bisa menikmati pemandangannya yang indah, Anda juga bisa berlibur ke Sinabung sekaligus.