Danau Laut Tawar, Danau yang Indah Sarat Cerita Mistis di Aceh Tengah

Danau Laut Tawar, Danau yang Indah Sarat Cerita Mistis di Aceh Tengah

Danau Laut Tawar salah satu kawasan wisata di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Danau yang indah sarat cerita mistis ini menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau dan udara sejuk. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan sekitar dengan berkeliling naik speedboat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Aceh Tengah, Aceh.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata Aceh menyimpan berbagai tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu dari sekian banyak destinasi tersembunyi yang begitu indah yaitu Danau Laut Tawar. Berada pada sebuah dataran tinggi yang populer, yakni Gayo, tempat tersebut nampak begitu indah menghiasi kawasan sekitarnya.

Tak ayal tempat tersebut menjadi primadona tersendiri ketika berkunjung ke daerah Aceh. Pemandangan yang tersaji sebenarnya hampir seperti Danau Toba, namun bedanya di sana tidak ada pulau besar di bagian tengah. Meskipun begitu, keberadaan danau tersebut begitu memukau dan menarik perhatian banyak orang. Tak jarang orang rela datang dari tempat yang jauh untuk ke sana.

Dengan luas kurang lebih 70 km2, tempat ini nampak seperti area air pegunungan yang indah berpadu dengan vegetasi alam di sekelilingnya. Kenampakan alam di sana semakin bertambah indah karena ada beberapa bukit yang menjulang tinggi tepat di beberapa titik pada samping danau tersebut. Berbagai hal juga dapat dilakukan oleh para wisatawan yang membuat liburan semakin mengasyikkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Laut Tawar

Daya Tarik Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Dian Nandang Herdiansyah)

1. Pesona Danaunya yang Cukup Luas

Area perairan ini nampak begitu luas, itulah sebabnya disebut sebagai Danau Laut Tawar. Ketika berada di sana, pengunjung juga bisa melihat beberapa ombak karena air yang terkena terpaan angin yang berhembus. Pada saat momen seperti itu juga merupakan waktu yang tepat untuk menikmati saat-saat berlibur ke tempat tersebut.

Pemandangan yang disajikan tidak hanya menampilkan permukaan airnya saja, namun hal itu menyatu apik dengan daratan di sekitarnya yang nampak berwarna hijau. Vegetasi alami memang hidup dengan subur di tempat tersebut. Hal itu lantaran danau itulah yang menjadi sumber kehidupan dari dataran tinggi Gayo. Banyak pepohonan juga nampak menghiasi sekelilingnya.

Selain itu, terdapat pula beberapa fauna yang hidup di dalam danau tersebut. Keberadaan ikan depik menjadi ciri tersendiri dari tempat itu. Dengan begitu, para wisatawan bisa saja melakukan penangkapan ikan sebagai alternatif dalam menghabiskan waktu rekreasi di sana. Hewan itu hidup pada danau dengan kedalaman yang bervariasi.

Beberapa tempat memiliki kedalaman kurang dari 10 meter. Biasanya lokasi tersebut ditemukan di bagian pinggir Danau Laut Tawar saja. Namun, ketika sudah melewati hingga ke bagian tengahnya, maka bisa dilihat gradasi warna yang apik. Hal itu lantaran kedalaman danau semakin menjorok ke bawah hingga kurang lebih 50 meter. Titik terdalam danau tersebut bisa mencapai 70 meter ke bawah dasar airnya.

Gradasi warna pada permukaan air danau yang bisa dipandangi pada beberapa waktu menjadi sesuatu yang memikat orang-orang untuk datang ke sana. Hal itu akan semakin bertambah jelas ketika melihatnya dari atas ketinggian. Beberapa titik yang ada di atas perbukitan sekelilingnya menjadi lokasi yang cocok untuk melakukan hal itu.

2. Keindahan Penampakan dari Dermaga Dedalu

Di sana terdapat salah satu dermaga yang seringkali menjadi tujuan para wisatawan yang berkunjung menghabiskan waktu liburan di tempat tersebut. Dermaga Dedalu seolah menjadi ikon tersendiri dari Danau Laut Tawar karena menampilkan sisi apik nan berbeda dari tempat itu.

Letaknya ada pada sebuah Desa bernama Dedalu, Kecamatan Lut Tawar. Kawasan itu pula menampilkan view yang menakjubkan seperti permukaan air yang nampak biru berpadu dengan Bukit Ujung Bale Atu hingga Bukit Ujung Toweran. Beberapa perahu nampak menghiasi area itu semakin menambah keindahannya.

Daya Tarik Dimiliki Danau Laut Tawar
Image Credit: Facebook.com @kitamuda.id

3. Hawa Sejuk Khas Pegunungan

Tempat ini memang menjulang cukup tinggi berada pada ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Karena hal itulah suasana yang ada di sana terasa cukup sejuk. Selain itu, keberadaan danau ini juga menjadikan kawasan tersebut menjadi lebih sejuk lagi.

Perairan di sana memiliki suhu yang jika diukur rata-rata 20º Celcius. Suhu akan semakin turun seiring dengan kedalaman Danau Laut Tawar. Semakin dalam maka akan semakin dingin dirasakan. Itulah sebabnya tidak semabarangan jika ingin menikmati air danau.

4. Beberapa Spesies Unik di Hutan Sekitarnya

Di sana juga hidup beberapa hewan yang dilindungi. Terdapat hutan tak jauh dari area perairan ini yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Ada beberapa kawanan rusa yang dapat dilihat secara langsung. Hal ini akan membuat momen berwisata menjadi semakin menyenangkan. Jika beruntung, maka bisa juga ditemukan trenggiling.

Banyak spesies khas tempat itu yang dapat menambah pengalaman wisata fauna di Danau Laut Tawar. Selain kedua hewan itu, ada juga musang, landak, dan juga siamang. Ada pula beberapa kelompok kucing hutan yang hidup. Beberapa penduduk siap untuk menemani wisatawan jika ingin mengeksplorasi kawasan hutan untuk sekadar melihat-lihat beberapa hewan tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Laut Tawar

Alamat Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Azzam Fadhil)

 

Secara teknis, Danau Laut Tawar masih ada di kawasan dataran tinggi yang terkenal akan hasil kopinya. Kawasan plato Gayo memang populer dengan hasil kopinya, namun ternyata ada pula tempat yang memiliki potensi pariwisata yang sangat menakjubkan. Area tersebut merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang membentang ke seluruh Pulau Sumatra.

Agar bisa mencapai lokasi objek wisata itu, pengunjung bisa menggunakan jalur darat. Kota terdekat untuk menggapai kawasan itu adalah Takengon. Ibukota dari Aceh tengah tersebut hanya berjarak kurang lebih 10 menit saja dari tempat yang menyuguhkan pesona alamnya yang luar biasa tersebut. Tapi, jika menempuh perjalanan dari Ibukota Provinsi Aceh, yaitu Banda Aceh, harus melewati jarak jauh.

Jarak kedua tempat itu berkisar 320 kilometer jauhnya. Dari kota tersebut, bisa menaiki angkutan umum untuk menuju Kota Takengon. Bisa juga dilalui menggunakan mobil pribadi. Hanya perlu melewati jalur Aceh bagian tengah dan tersaji pemandangan apik yang tak terlupakan. Jalanannya berkelok-kelok ditempuh selama kurang lebih 10 jam perjalanan.

Pengunjung juga dapat mencapai objek wisata yang menakjubkan ini dari Kota Medan. Cukup menuju kea rah utara mengikuti jalur yang mengarah langsung ke Aceh. Ikuti papan penunjuk jalan yang ada. Perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih selama tiga hingga empat jam lamanya.

Tidak ada biaya spesifik untuk mendapatkan akses menikmati Danau Laut Tawar ini. Pengunjung bisa dengan bebas menjelajahi tempat tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya tertentu. Selain itu, tempat ini juga tersedia setiap waktu bagi siapapun yang hendak berkunjung. Terbuka pintu selama 24 jam untuk berlibur ke tempat itu.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Danau Laut Tawar

Kegiatan Serudi Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Uttama)

1. Menikmati Pemandangan Sekitarnya

Lawatan ke tempat indah ini akan sangat rugi jika tidak menikmati keindahan alamnya. Pengunjung bisa sesederhana berjalan di pinggir danaunya untuk melihat keelokannya. Atau bisa juga mengunjungi beberapa bukit menuju bagian puncaknya. Panorama yang disuguhkan memang akan semakin indah jika dilihat dari atas ketinggian.

Pemandangan air danau memang bisa menghipnotis siapapun yang singgah ke tempat tersebut. Hal itu seolah menyatu dengan serasi bersama dengan perbukitan hijau dengan beberapa pohon yang menjulang tinggi. Sekilas nampak seperti lautan karena areanya memang cukup luas. Itulah sebabnya tempat itu disebut sebagai laut.

2. Serunya Berburu Ikan

Seperti yang diketahui, bahwa Danau Laut Tawar juga terdapat beberapa kawanan ikan yang hidup di perairannya. Ikan Depik seolah menjadi komoditas kebanggaan karena mudah didapatkan. Ikan itu hampir seperti ikan wahder yang seringkali ditemui di beberapa pasar pada Pulau Jawa. Ukurannya memang tidak terlalu besar dan memiliki sisik yang mengkilat.

Penduduk sekitar memang menyediakan sensasi lain dari wisata di tanah Gayo tersebut. Beberapa perahu memang sengaja diletakkan di area danau agar wisatawan bisa melakukan pemancingan. Menyusuri danau juga menjadi aktivitas yang menyenangkan pula karena pengunjung bisa lebih dekat menikmati keindahannya.

Kegiatan di Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Amry Channel)

3. Asyiknya Berkemah di Pinggir Danau

Banyak pecinta alam yang bermalam di tempat tersebut dengan mendirikan perkemahan. Beberapa tanah lapang memang dapat dipakai sebagai alas tenda untuk tempat tidur para wisatawan. Hal ini akan membawa sebuah nuansa berbeda dan sangat seru dilakukan bersama-sama teman ataupun kerabat.

4. Berburu Foto Keren

Banyak titik bisa dijadikan sebagai latar belakang apik dari foto-foto yang dihasilkan dari tempat tersebut. Kenampakan air danau yang berkombinasi dengan perbukitan dan vegetasi alami yang tumbuh di sana menjadi sebuah latar belakang apik dari gambar-gambar yang dihasilkan.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Laut Tawar Aceh Tengah

Fasilitas Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps (Rezka Kenara Bp)

Ada banyak fasilitas yang menunjang kegiatan berlibur di tempat tersebut. Ada beberapa penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam dengan nyaman. Beberapa bangku tersedia pada beberapa titik di pinggirannya dapat digunakan wisatawan untuk rehat sejenak.

Selain itu, ada pula tempat-tempat makan yang disertai dengan area parkir yang memadai untuk banyak pengujung. Terdapat pula mushola untuk beribadah para wisatawan yang beragama Islam. Beberapa penduduk juga menjajakan cinderamata sebagai buah tangan dari tempat tersebut.

Keindahan Danau Laut Tawar sebenarnya sangat sulit dilukiskan dengan kata-kata. Tempat ini seperti sebuah gambaran surga yang ada di dataran Gayo. Pesonanya sangat menarik untuk dikunjungi dan beragam hal bisa dilakukan di sana. Jika berkunjung ke daerah Aceh Tengah, terutama kawasan Gayo, maka wajib untuk singgah sejenak ke objek wisata alam yang memukau ini.