Danau Linting, Danau Indah & Unik Sarat Cerita Mistis di Deli Serdang

Danau Linting, Danau Indah & Unik Sarat Cerita Mistis di Deli Serdang

Danau Linting salah satu wisata alam yang kaya pesona di Deli Serdang. Danau indah nan asri dengan air terasa hangat, sering berubah warna dan dikelilingi pepohonan hijau yang menambah kesan eksotik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rumah sih, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Danau Linting merupakan sebuah danau yang menyuguhkan pesona alam yang magis. Danau tersebut dapat menjadi alternatif para wisatawan yang membutuhkan suasana alam yang tenang. Kawasan danau begitu asri sehingga para wisatawan betah berkunjung kesini. Pemandangan hijau oleh pepohonan beringin seolah menyambut kedatangan para wisatawan dengan ramah.

Asal mula terbentuknya danau ini adalah akibat dari retakan vulkanik dari bukit yang mengeluarkan air panas. Pesona magis danau tersebut sangat populer sehingga membuat para wisatawan penasaran dengan penampakan danau tersebut. Danau seluas 1 hektar tersebut merupakan danau yang unik karena tidak ada satupun orang yang mengetahui seberapa kedalaman danau ini.

Karena asalnya dari retakan vulkanik, maka air Danau Linting merupakan air panas. Selain itu, air danau juga mengeluarkan uap panas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Konon kabarnya, uap panas dari danau tersebut dapat menyegarkan tubuh serta menyembuhkan penyakit gatal-gatal. Sehingga para wisatawan banyak yang berendam di danau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Linting

Daya Tarik Dimiliki Danau Linting
Image Credit: Google Maps (Suhir Wijaya)

Sumatera Utara tak hanya memiliki danau vulkanik terbesar di dunia seperti Danau Toba saja, akan tetapi Sumatera Utara juga mempunyai danau lain yang tak kalah menariknya untuk dijelajahi yaitu Danau Linting. Pepohonan hijau yang besar mengelilingi danau tersebut sehingga pemandangannya semakin terlihat indah.

1. Asal Nama yang Unik

Kabarnya, danau ini dahulu merupakan kawasan perbukitan. Kemudian kawasan perbukitan tersebut lenyap dan berganti dengan hamparan air akibat suara ledakan keras yang disusul gempa yang kemudian menjadi sebuah danau. Karena bentuk danau tersebut bulat nyaris sempurna, maka dinamakan Linting dari kata melinting yang memiliki arti melingkar.

2. Mempunyai Keunikan Kadang Berubah Warna

Danau ini tergolong unik karena dibandingkan dengan air danau lainnya, bau belerang di air danau ini tidak begitu menyengat. Letaknya cukup jauh dari gunung berapi namun danau ini mengandung belerang yang asalnya masih menjadi misteri. Warna air danaunya juga sering berubah dengan sendirinya. Terkadang air danau ini berwarna biru, hijau tosca, bahkan biru kehijauan.

3. Kedalaman Danau yang Misterius

Pihak pengelola Danau Linting tidak memperbolehkan para wisatawan untuk berenang dan mandi ke tengah danau karena kedalaman danau ini sangat misterius. Bahkan belum ada satupun orang yang mengetahui kedalaman danau tersebut. Masyarakat sekitar danau menduga bahwa danau ini kemungkinan bentuk danau ini seperti sumur yang begitu dalam.

Daya Tarik Danau Linting
Image Credit: Google Maps (Itcan Nasution)

4. Mistos yang Berkembang di Masyarakat

Danau yang terkesan mistis ini mempunyai berbagai kepercayaan yang berkembang di masyarakat. Kepercayaan tersebut antara lain adanya seorang putri cantik yang menghuni danau, larangan anak laki-laki mandi di danau, larangan untuk tidak berbicara kasar dan kotor serta larangan untuk bersikap sombong.

Kepercayaan tersebut dipatuhi oleh masyarakat sekitar karena jika ada yang melanggar pantangan-pantangan yang telah disebutkan di atas, maka penghuni danau akan menghukum pelaku pelanggaran dengan menenggelamkannya ke danau. Anak laki-laki dilarang mandi di danau karena anak tersebut akan dibawa ke dasar danau jika penghuni danau menyukainya.

5. Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Air panas yang dihasilkan oleh danau yang terbentuk akibat retakan vulkanik ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal kulit. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Para wisatawan banyak yang berendam ketika berkunjung di danau ini namun hanya berendam di tepi danaunya saja.

6. Salah Satu Danau Langka di Indonesia

Danau ini termasuk salah satu danau langka di Indonesia karena sangat jarang sekali ditemukan danau air panas di Indonesia. Kabarnya, hanya ada dua danau hydrothermal di Indonesia, salah satunya adalah Danau Linting ini. Danau hydrothermal yang lain adalah Danau Segara Anak yang letaknya berada di Gunung Rinjani.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Linting

Alamat Danau Linting
Image Credit: Facebook.com/julyanto.ijoel.7

Lokasi danau air panas ini berada di ketinggian 2.003 mdpl. Letak danau tersebut di daerah Kabupaten Deli Serdang. Suasana yang disuguhkan sangatlah berbeda dengan suasana perkotaan karena suasana di danau ini begitu tenang dan jauh dari kebisingan hiruk pikuk perkotaan.

Kabupaten Deli Serdang mempunyai dua kecamatan yaitu Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu dan HIlir. Danau vulkanik tersebut berada di STM Hulu. Sehingga Anda yang berasal dari luar daerah bisa lebih mudah menemukan letak tempat wisata tersebut.

Danau tersebut secara administratif berada dalam tiga wilayah yakni desa Gunung Manumpak, Desa Durian IV Mbelang, dan desa Sibunga-bunga. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jarak danau dengan Kota Medan sekitar 70 km dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam.

Karena Danau Linting ini belum terlalu populer dan belum terlalu familiar di telinga para wisatawan, sehingga perjalanan yang Anda tempuh menuju ke kawasan wisata ini akan banyak menemui persimpangan dan cukup berliku. Belum banyak papan petunjuk arahan menuju ke lokasi sehingga Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar ketika akan menuju ke lokasi.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa berangkat dari pusat Kota Medan dengan memilih salah satu di antara dua rute. Rute pertama adalah melewati Delitua lalu menuju ke Patumbak. Setelah itu, Anda masuk ke perkampungan Talun Kenas, Siguci, Kurajurung, kemudian Tiga Johar. Tidak jauh dari situ Anda akan sampai di lokasi.

Rute yang kedua adalah melalui Simpang Terminal Amplas. Dari terminal Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Talun Kenas kemudian melewati Desa Siguci dan Kota Jurung. Tidak lama Anda akan sampai menuju ke lokasi.

Perjalanan yang Anda tempuh adalah sekitar 2 jam. Selama perjalanan Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar untuk mendapatkan arahan yang jelas menuju ke lokasi. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati jalanan dengan beberapa kelokan yang tajam dengan kondisi jalan yang Sebagian rusak dan sebagian jalan lainnya terdapat lubang yang menganga.

Meskipun sepanjang perjalanan Anda menemui kondisi jalan yang tidak begitu bagus seperti itu, Anda tentu dapat melupakan rasa kesal seketika saat melewati jalanan yang terdapat hamparan sawah hijau, kebun karet, perbukitan, perkebunan kakao, serta perkebunan kelapa sawit yang terbentang di sisi sebelah kiri dan kanan jalan.

Dengan adanya pemandangan yang terbentang di sebelah kiri dan kanan jalan yang menyejukkan mata, tentunya Anda akan menjadi lebih bersemangat sepanjang perjalanan dan Anda pun dapat menikmati perjalanan kembali serta keinginan Anda untuk sampai di tempat wisata tujuan semakin besar.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa berangkat dari Terminal Amplas Medan dengan menaiki angkutan pedesaan. Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp 20.000 untuk biaya angkutan pedesaan tersebut. Namun, angkutan pedesaan tidak dapat mengantar Anda langsung menuju ke titik lokasi sehingga Anda harus berjalan kaki cukup jauh menuju ke tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Linting

Harga Tiket Danau Linting
Image Credit: Google Maps (Armaizal Dalil)

Wisata alam Danau Linting dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 10.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu ketika musim liburan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke danau tersebut adalah saat pagi hari karena udara segar di danau dapat Anda nikmati dengan leluasa dan belum terlalu terik mataharinya.

Biaya parkir sepeda motor adalah Rp 5.000, sedangkan biaya parkir mobil adalah Rp 10.000. Lokasi wisata danau ini sudah diberi pagar pembatas di sekitar tepian danau sehingga tempat wisata ini sangat aman jika Anda mengajak anak-anak berkunjung kesini.

Untuk menikmati keindahan danau di tepian, Anda bisa menyewa tikar untuk duduk-duduk santai dengan biaya sekitar Rp 10.000-Rp 20.000. Anda juga bisa menyewa pondok dengan biaya Rp 25.000. Tidak perlu khawatir kelaparan karena di sekitar danau banyak masyarakat yang berjualan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Linting

Kegiatan Menarik di Danau Linting
Image Credit: Google Maps (A.R Simatupang)

1. Berendam Air Panas di Tepi Danau

Suh air yang dimiliki danau vulkanik ini adalah sekitar 30℃ dan mengandung belerang yang baunya tidak menyengat seperti danau vulkanik lainnya. Kandungan belerangnya dipercaya mampu menyembuhkan penyakit gatal-gatal kulit dan melancarkan peredaran darah. Berendam air panas disini hanya diperbolehkan di tepi danau saja, tidak sampai ke tengah.

2. Bermain Ayunan

Pohon beringin besar di sekitar danau dijadikan tumpuan alami untuk ayunan di pinggir danau. Anda bisa memanfaatkan ayunan ini untuk menikmati keindahan danau sambil bersantai. Ayunan tersebut dapat Anda jadikan sebagai spot foto yang instagramable karena sangat unik. Letak ayunan berada tepat di atas tepian danau sehingga kaki Anda pasti akan terendam air.

3. Bersantai di Pinggir Danau

Pohon beringin yang berjajar di pinggir Danau Linting menciptakan suasana nyaman dan teduh. Anda dapat bersantai sembari menikmati keindahan danau dengan menggelar tikar di pinggir danau. Anda juga bisa membeli makanan dan minuman sambil duduk bersantai di pinggir danau. Anda bisa menyewa tikar untuk Anda duduk bersantai sambil menyantap makanan dan minuman.

Kegiatan di Danau Linting
Image Credit: Google Maps (Sen Jingga)

4. Hunting Foto

Ada banyak spot di area danau yang dapat Anda jadikan sebagai latar belakang foto. Seperti contohnya, saat Anda bermain ayunan di pinggir danau, berfoto di spot dengan pagar pembatas yang beralaskan kayu, saat duduk santai di pinggir danau, saat duduk di pondok, dan lain sebagainya.

5. Bersantai di Pondok

Selain menyewa tikar untuk digunakan duduk bersantai di pinggir danau, Anda juga bisa menyewa pondok sambil memesan makanan dan minuman yang dijual di warung-warung sekitar danau. Untuk menyewa pondok, Anda diharuskan membayar biaya sewa. Ponsok yang Anda sewa bisa Anda gunakan dengan leluasa beberapa jam selama Anda berada disana.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Linting Deli Serdang

Fasilitas di Danau Linting
Image Credit: Google Maps (Fadley marthcello manalu)

Meskipun nama tempat wisata ini belum banyak diketahui wisatawan karena belum terlalu populer, namun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah cukup lengkap seperti lahan parkir, gazebo, pondok, penyewaan tikar, warung makan, toilet umum, mushola, penginapan hingga spot foto ayunan.

Dengan berbekal budget yang minimalis, Anda sudah bisa menghabiskan liburan Anda bersama keluarga di danau vulkanik ini. Bahkan, bukan hanya menikmati keindahan Danau Linting saja, namun Anda juga bisa merasakan manfaat berendam air panas yang dipercaya dapat menghilangkan penyakit gatal-gatal kulit dan melancarkan peredaran darah.