Danau Maninjau, Danau Legendaris yang Kaya Pesona di Agam

Danau Maninjau, Danau Legendaris yang Kaya Pesona di Agam

Danau Maninjau termasuk danau legendaris yang menyimpan sejuta pesona dan keunikan di Kabupaten Agam. Wisata alam yang indah dikelilingi perbukitan hijau yang menarik dijelajahi di Sumatera Barat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Apabila membicarakan tentang Sumatera Barat, pasti akan segera terbayang akan aneka ragam budaya dan kulinernya yang sangat khas dan mewah. Salah satu pulau yang sangat sering memikat banyak wisatawan ini juga menyimpan beragam tempat wisata yang indah seperti Danau Maninjau.

Saking indahnya tempat ini, sastrawan besar Indonesia bernama Buya Hamka pun mengabadikan keagungan panorama tempat ini dalam novelnya yang sangat terkenal dan fenomenal di masyarakat Indonesia dengan cara yang sangat romantis.

Tentu saja hal tersebut semakin membuat para pengunjung penasaran dan tergoda untuk mengunjungi Danau Maninjau Agam ini. Berikut adalah beberapa informasi informasi yang dapat membantu Anda saat ingin menyinggahi tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Maninjau

Image Credit: Instagram.com @janto_hermantan

1. Danau Vulkanik

Danau Maninjau adalah sebuah danau yang memiliki sejarah yang cukup unik. Berdasarkan sejarah, danau ini terbentuk akibat adanya letusan Gunung Api Sitinjau yang terjadi beribu-ribu tahun yang lalu. Letusannya yang dahsyat itu pun akhirnya membentuk kaldera yang menyambung hingga akhirnya membentuk danau seperti sekarang.

2. Panorama Alam yang Indah

Karena letaknya yang dikelilingi oleh gunung, danau ini pun menawarkan pemandangan yang sangat indah. Anda pasti akan dimanjakan oleh pesona alam yang penuh warna hijau ketika mengunjungi danau ini. Di setiap sisi terdapat jajaran tebing yang menarik, dan kumpulan awan yang selalu menyelimuti tempat ini pun akan semakin mempercantik pemandangan yang ada.

3. Udara yang Segar

Kondisi alamnya yang masih sangat terjaga membuat danau ini memiliki udara yang sangat segar sehingga pasti akan membuat paru-paru Anda merasakan kenikmatan yang tidak bisa Anda dapatkan di perkotaan yang bising dan penuh kotoran. Saking segarnya, tempat ini kadang bisa menjadi sangat dingin dan membuat badan menggigil.

Daya Tarik Danau Maninjau Agam
Image Credit: Instagram.com @emmahaven90

4. Pemandangan Matahari Terbenam yang Indah

Meskipun saat ini pengunjung dapat berwisata secara bebas di tempat ini, namun ada waktu-waktu terbaik yang dapat menunjukkan keindahan tempat ini. Karena danau ini diapit oleh dua gunung, pemandangan yang dapat dilihat saat sore dan pagi hari akan terlihat sangat indah karena matahari perlahan muncul dan tenggelam sambil tertutupi oleh kabut dan gunung.

5. Airnya yang Menarik

Air yang berada di Danau Maninjau juga terlihat sangat menarik apabila dilihat dari puncak atas. Warnanya yang kebiruan disertai gradasi berwarna hijau tua juga akan membuat siapapun yang melihatnya terpesona. Tidak hanya itu, aliran airnya yang tenang juga akan membuat Anda merasa damai hanya dengan melihat permukaannya.

6. Suasana yang Asri

Sama seperti danau lainnya, suasana yang berada di danau ini sangat asri karena terdapat hamparan danau membentang dari sisi kiri sampai kanannya yang diapit oleh perbukitan yang berjejer rapi. Dari tepian danau, Anda pun dapat menyaksikan kegagahan Gunung Marapi dan Gunung Singgaang yang terlihat seperti dipayungi oleh awan putih tebal di atasnya.

Terkadang, kabut tampak singgah di puncak gunung lalu tumpah ke kaki perbukitan karena disapu angin. Pemandangan tersebut terlihat sangat cantik dan tidak akan dapat Anda saksikan di tempat lain dengan begitu mudah karena tempat ini memiliki pesona yang membuat pengunjungnya enggan untuk meninggalkannya cepat-cepat.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Maninjau

Alamat Danau Maninjau
Image Credit: Instagram.com @soedarwanto77

Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Posisinya cukup strategis karena hanya memiliki jarak yang cukup dekat dengan beberapa pusat kota seperti Bukittinggi dan Padang. Bahkan tempat ini hanya memiliki jarak kurang dari 30 km apabila ditempuh dari Kota Lubuk Basung.

Apabila Anda memiliki rencana untuk melakukan kunjungan wisata ke sini, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan transportasi pribadi saja seperti motor atau mobil. Hal tersebut karena saat ini masih belum ada transportasi umum yang memadai untuk memudahkan pengunjung mencapai lokasi ini.

Ada dua rute yang bisa Anda pilih untuk mengunjungi Danau Maninjau, yaitu jalur barat dengan melewati kota Pariaman atau jalur timur dengan melewati kota Bukittinggi. Melalui jalur manapun, Anda nantinya masih akan tetap melewati jalan sepanjang 8 km yang menurun dan berliku-liku sebelum sampai lokasi. Jalan tersebut sering dikenal dengan nama Tikungan 44 atau Kelok 44.

Pada saat ini, tidak ada tiket masuk yang ditetapkan untuk memasuki area wisata ini sehingga Anda bisa masuk lewat beberapa pintu masuk. Karena itulah, destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari hiburan atau relaksasi diri dengan biaya yang minimalis tanpa harus khawatir mengeluarkan uang yang terlalu tinggi.

Saat memasuki tempat ini, pengunjung yang datang hanya perlu membayar uang parkir kendaraan saja. Apabila Anda membawa motor, maka hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Tak banyak berbeda, saat membawa mobil Anda pun hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Maninjau

Kegiatan di Danau Maninjau
Image Credit: Instagram.com @iqbalftrhh

1. Memancing Dengan Nyaman

Danau Maninjau Agam ini memang terkenal sebagai tempat budidaya ikan dengan metode Keramba Jaring Apung (KJA). Oleh karena itulah, tempat ini sangat cocok untuk digunakan spot memancing ikan. Bentuk ikan yang bisa ditangkap pun bervariasi, kebanyakan pun lebih sering menangkap ikan dengan ukuran yang relatif lebih besar.

Jenis ikan yang sering didapat oleh para pengunjung yang memancing ini adalah ikan Mas dan ikan Nila. Anda dapat memancing di area tepi danau atau bisa pula dengan menyewa perahu yang dimiliki oleh para nelayan sekitar.

2. Mengunjungi Museum Buya Hamka

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik lain di danau ini seperti mengunjungi Museum Kelahiran Buya Hamka. Salah satu sastrawan besar yang harum namanya di Indonesia maupun mancanegara ini memang berasal dari daerah sekitar danau ini, sehingga tak ayal terdapat museum untuk mengenangnya.

Museum ini telah selesai direplikasi pada tahun 2001 dengan mengikuti wujud asli dari bangunan asalnya. Anda bisa melihat banyak peninggalan dan dokumentasi hidup seorang Buya Hamka. Dari sekian potret, terdapat satu foto yang sangat menarik hari. Foto itu adalah sebuah foto tentang lautan manusia yang mengantarkan Buya Hamka ke peristirahatan terakhirnya.

3. Menikmati Tapian Panyinggahan Maninjau

Sesuai dengan namanya, objek wisata yang satu ini juga terletak tepat berada di sekitar tepi Danau Maninjau. Tempat yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menikmati pemandangan danau dari sisi bawah. Riak air danau yang tenang akan memberikan nuansa yang harmonis bagi Anda terlebih saat Anda sedang membutuhkan inspirasi.

4. Linggai Park

Salah satu kegiatan yang paling disukai oleh wisatawan saat berkunjung ke sini adalah bermain di Linggai Park. Letaknya yang berada di kawasan pinggiran danau ini akan membuat Anda tidak perlu kesusahan untuk mencapai tempat ini.

Dengan konsep wisata keluarga, Linggai Park sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan tambahan saat membawa anak-anak bersama dengan keluarga. Terdapat berbagai fasilitas dan arena yang akan membuat anak-anak merasa senang, ditambah dengan adanya air mancur yang membuat pengunjung duduk tenang menikmati keindahan Danau Maninjau.

5. Puncak Lawang

Bisa dibilang, Puncak Lawang adalah destinasi unggulan yang disajikan di danau ini. Berada di ketinggian yang sangat tinggi, Anda akan disuguhkan oleh keindahan panorama danau eksotis ini secara keseluruhan terlebih apabila cuaca sedang sangat cerah.

Dari titik ini, Anda bisa melihat seluruh kekayaan alam seperti hamparan hutan, laut, gunung, perbukitan, danau, hingga kawasan perkotaan dan pedesaan sekitar. Tidaklah mengherankan apabia banyak wisatawan yang rela menunggu kabut hilang dan cuaca cerah untuk dapat menikmati semua keindahan tersebut.

Lokasinya yang banyak dikelilingi oleh deretan pohon-pohon pinus yang rindang dan hijau juga tentunya akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan. Dengan lokasi yang tinggi ini, siapapun pasti akan berdecak kagum saat melihat pemandangannya.

6. Wisata Kuliner

Saat penat mantap danau, Anda pun tetap akan dimanjakan oleh ragam kuliner tradisional yang berada di dekat pinggir danau. Tidak hanya menyajikan lanskap yang elok dilihat, tempat wisata ini pun juga menyuguhkan kuliner khas Sumatera Barat yang pastinya akan membuat Anda merasa kenyang dan puas.

Banyak penduduk lokal yang memanfaatkan potensi wisata ini dan mendirikan kios yang menjadikan kuliner khas Danau Maninjau. Menu yang ditawarkan kebanyakan berasal dari ikan-ikan yang sebelumnya ditangkap dari danau, salah satunya yaitu ikan Rinuak.

Ikan ini memiliki ukuran sangat kecil seperti ikan teri dan merupakan binatang endemik khas danau karena mereka hanya bisa hidup di danau tersebut. Selain istimewa, ikan ini juga sering diolah menjadi hidangan dengan rasa yang lezat.

7. Fotografi

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan di danau adalah fotografi. Tak lengkap rasanya apabila tidak mengabadikan semua keindahan yang ditawarkan oleh danau ini dengan kamera. Ada begitu banyak spot-spot cantik yang dapat digunakan untuk dijadikan latar belakang pemotretan.

Selain itu, karena pemandangannya yang menawan tidak akan sulit untuk mencari sudut pengambilan tertentu saat ingin memotret lanskap di sekitar danau. Bahkan hanya daerah pinggirannya saja pun sudah sangat indah dan cocok untuk dibidik bagi Anda yang senang dengan fotografi.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Maninjau Agam

Image Credit: Instagram.com @arif_mjparfum02

Fasilitas yang disediakan di danau ini bisa dibilang cukup lengkap. Terdapat fasilitas umum seperti mushola, area parkir, toilet, dan taman bermain untuk anak-anak. Di sekitar danau juga terdapat berbagai macam penginapan dengan harga yang bervariasi. Tidak ketinggalan berbagai resto yang menyajikan berbagai menu khas daerah ini yang juga sayang untuk dilewatkan.

Ada tempat penginapan yang dimulai dari kelas ekonomis sampai dengan penginapan mewah dan sangat nyaman saat Anda menggunakannya untuk beristirahat. Selain itu, ada pula fasilitas penyewaan boat yang dapat membawa pengunjung untuk berkeliling mengitari Danau Maninjau.

Hamparan air yang jernih berwarna kebiruan yang berpadu dengan hijaunya pepohonan tentu akan membuat siapapun semakin betah berlama-lama di kawasan ini. Apabila Anda berencana menghabiskan liburan di Sumatera Barat, maka tempat wisata Danau Maninjau Agam ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan utama karena berbagai kelebihannya seperti uraian di atas.