Desa Wisata Okura, Destinasi Wisata Hits Bernuansa Alam Pedesaan di Pekanbaru

Desa Wisata Okura, Destinasi Wisata Hits Bernuansa Alam Pedesaan di Pekanbaru
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Okura, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

Destinasi wisata tidak melulu soal pantai ataupun berbukitan. Masih banyak wisata lainnya yang tak kalah serunya. Contohnya di Pekanbaru Riau. Sebagai salah satu kota yang berada di pulau Sumatera Indonesia, Riau memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, seperti Desa Wisata Okura.

Tempat ini merupakan desa yang berada di salah satu daerah Riau. Mungkin desa yang ada di pikiran anda cuma hanya dipenuhi sawah-sawah petani saja tetapi berbeda dengan desa yang menjadi salah satu destinasi wisata sejak tahun 2014 ini. Desa unik yang menyimpan berbagai hal menarik.

Desa wisata ini menawarkan suasana pedesaan yang masih asri dengan alam lingkungan yang masih terjaga. Selain itu adat dan istiadatnya pun masih sangat kental. Desa tidak tergerus dengan kemajuan teknologi dan modernisasi. Cocok untuk mencari keindahan yang alami.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Okura

Daya Tarik Desa Wisata Okura Pekanbaru
Image Credit: Twitter News24XX

1. Lingkungan Desa

Desa Okura adalah salah satu desa wisata yang menampilkan sisi keindahan alami desa. Terlihat dari lingkungan. Saat memasuki desa, terdapat perkebunan sawit yang menghijau membentang secara luas. Kebun ini ditanam langsung oleh masyarakat setempat.

Desa ini juga memiliki banyak pepohonan yang menghijau. Tak heran, ketika menyusuri desa terpampang jajaran pohon-pohon yang menghiasi lingkungan. Selain itu, desa ini masih mengusung kebiasaan-kebiasaan lama seperti akrabnya permainan anak yang masih lekat. Berbeda dengan anak kota bukan?

Pengunjung dapat melihat anak-anak desa yang masih memainkan permainan tradisional seperti silat ataupun gasing. Anda juga dapat mendengar bahasa keseharian desa yang masih memakai bahasa Melayu yang kental. Tersedia juga beberapa makanan dan minuman kuliner khas Melayu yang dapat disantap.

2. Taman Bunga Impian Okura

Uniknya, di Desa Wisata Okura terdapat tanam bunga yang ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan bunga yang ditampilkan. Beberapa terlihat membentuk ornamen-ornamen yang menarik dan unik. Semua bunga yang ditanam di taman ini tersusun dengan rapi.

Taman ini sangat indah dengan formasi-formasi warna-warni yang menghiasi, ada yang berwarna merah, kuning bahkan yang menghijau. Sayangnya, anda tidak dapat selalu melihat mekarnya bunga ditanam ini karena ada beberapa bunga yang hanya mekar di salah satu musim saja.

3. Wahana Menarik

Desa Wisata Okura adalah salah satu desa islami yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat. Tak heran pengunjung akan disajikan beberapa kegiatan yang akrab dengan Rasulullah, SAW. Seperti menyediakan area khusus panahan, berkuda dan berenang.

Wahana ini mengusung konsep wisata yang syariah. Lokasi yang ditempatkan untuk ketiga wahana adalah di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wa Sunnah dengan luas tanah sekitar 5 hektar. Selain tiga wahana, terdapat wahana lainnya seperti motor cross, danau serta perkebunan yang menarik.

Setiap wahana dibebankan biaya yang berbeda-beda. Anda juga tidak perlu khawatir karena disediakan khusus petugas yang profesional untuk memandu wahana-wahana tersebut. Menarik bukan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Desa Wisata Okura Pekanbaru
Image Credit: Google Maps KamparSky TV

Wisata desa alam yang menarik ini hanya dapat ditemui di Provinsi Riau, tepatnya berada di Desa Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru. Lokasi desa ini sangat strategis.

Waktu tempuh di perjalanan jika melewati jalur sungai, yaitu ke Pelabuhan Sungai Duku dengan waktu 1 jam di perjalanan. Sedangkan Jarak tempuh ke lokasi desa dari titik pusat Pekanbaru hanya berlangsung selama 30 menit di perjalanan dengan kendaraan.

Rute perjalanan dari titik pusat Pekanbaru yaitu dari kota lanjut melewati Jembatan Siak, setelah itu masuk ke daerah Danau Butan menuju ke Jalan Pramuka dan Jalan Danau Buatan. Setelah sampai, anda dapat berbelok ke kanan sampai bertemu di Simpang Tiga lanjut belok kiri menuju Jalan Raya Panjang Okura.

Setelah sampai ke jalan itu, anda dapat meneruskan perjalanan sampai ke Desa Wisata Okura. Perjalanan dapat dilalui dengan kendaraan motor ataupun kendaraan mobil. Disarankan untuk membawa barang yang diperlukan dengan lengkap ya serta tetap menjaga protokol kesehatan. Pakai terus masker dan hand sanitizer!

Bagi para wisatawan yang baru memasuki wilayah Pekanbaru, tetap gunakan aplikasi google maps sebagai penunjuk jalan agar menghindari sesat di perjalanan. Selain itu mengingat perjalanan akan panjang siapkan stamina kesehatan anda ya! Jika sakit jangan dipaksakan untuk pergi.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Okura

Tiket Desa Wisata Okura Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Yusup F

Untuk berwisata di Desa Okura yang menarik ini anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sepeserpun. Artinya pengunjung dapat melihat pemandangan menarik desa disertai dengan adat istiadat yang masih kental ini secara gratis. Tetapi anda sedikit akan dibebankan biaya parkir.

Untuk biaya parkir kendaraan mobil senilai Rp 10.000 per unit, sedangkan biaya parkir kendaraan motor senilai Rp 5.000 per unit. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi wahana-wahana di desa dibebankan biaya-biaya yang berbeda.

Seperti aktivitas panahan di area yang sudah ditentukan. Diperlukan biaya sebesar Rp 30.000 untuk 10 kali shot panah dan biaya Rp 50.000 untuk 20 kali shot panahan. Selama memanah pengunjung akan didampingi oleh instruktur yang berprofesional. Selain panahan, terdapat aktivitas berkuda.

Ada beberapa paket berkuda yang ditawarkan oleh penyelenggara yang terdiri dari beberapa paket. Pertama paket wisata satu putaran dibanderol dengan harga senilai Rp 30.000 per orang, selanjutnya paket khusus kelas privat dengan durasi 45 menit dibanderol dengan harga senilai Rp 150.000 per orang.

Terakhir paket kelas, dalam 8 kali pertemuan dengan durasi 45 menit dibanderol dengan harga senilai Rp 1.000.000 per orang. Selain panahan terdapat juga kebun buah jambu, biaya masuknya sebesar 10.000 per orang. Anda dapat memetik langsung buah dari pohonnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Okura

Aktivitas Desa Wisata Okura Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Horsebow Indoensia

1. Spot Foto di Taman Bunga

Sayang rasanya jika berwisata tapi tidak mengabadikan momennya. Kegiatan menarik yang dapat dilakukan adalah hunting foto di taman. Banyak spot menarik taman yang wajib untuk diabadikan. Warna bunga yang warna-warni ditambah beberapa spot gazebo di tanam menampilkan sisi yang menarik untuk diabadikan.

2. Memancing

Bagi pengunjung yang suka memancing kegiatan ini cocok untuk anda. Ada beberapa perahu yang khusus disediakan untuk disewa para pengunjung memancing. Desa Wisata Okura memiliki aliran sungai yang jernih mengalir di sepanjang hilir. Hasil tangkapan ikan dapat langsung dimasak atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Berenang

Sungai desa ini sangat jernih dan tidak kotor cocok untuk pengunjung yang ingin berenang merasakan dinginnya air sungai. Anda dapat berinteraksi langsung di bawah permukaan air, memandang ikan yang berenang secara lincah atau sekadar melepas kelelahan.

4. Bersepeda

Para pengunjung juga dapat bersepeda mengelilingi Desa Wisata Okura. Aktivitas ini dapat dilakukan sore hari di jingganya langit sore. Selama bersepeda anda akan menyusuri rimbunan pohon-pohon yang menghijau. Beberapa pohon tersebut adalah pohon khas tanaman desa yaitu pohon sawit dan sagu.

Aktivitas Seru Desa Wisata Okura Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Rafi Co

5. Panahan

Kegiatan olahraga yang dilakukan dengan cara menembakkan anak panah dengan bantuan busur panah untuk mencapai target dan sasaran tembak yang tepat. Desa Wisata Okura menyediakan olahraga khusus panahan pada salah satu area. Menariknya, setiap tahun selalu diadakan lomba panahan.

6. Berkuda

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah berkuda. Menunggangi kuda dengan bantuan instruktur andal. Anda dapat menyusuri area yang sudah disediakan khusus untuk berkuda. Kegiatan ini berbayar, dan ada beberapa paket-paket khusus yang memiliki biaya yang berbeda-beda juga.

7. Kebun Jambu

Desa Wisata ini menyediakan daerah khusus sebagai kebun jambu, tersedia berbagai macam tanaman jambu yang banyak. Tersusun secara rapi di sepanjang kebun. Pengunjung dapat langsung memanen jambu langsung dari pohonnya. Merasakan rasa manis jambu yang masih sangat segar.

8. Menyantap Kuliner

Berburu kuliner adalah aktivitas menarik yang dapat dilakukan. Desa ini memiliki banyak kuliner menarik yang sanggup untuk disantap. Seperti gobak sagu, asam buai, asam pedas, lemping sagu, bolu kembojo, penyek ikan pantau, manisan asam kelubi, serta yang lainnya. Untuk minuman ada kepuon sagu, cendol sagu dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Desa Wisata Okura Pekanbaru
Image Credit: Twitter PLS 100 FM Makassar

Desa Wisata Okura memiliki berbagai macam fasilitas yang cukup memadai seperti tersedia area parkir yang luas bagi para pengunjung. Tersedia juga toilet umum bagi pria dan wanita. Untuk area desa terdapat balai pertemuan khusus jika ada acara anda dapat berkunjung di balai ini.

Selanjutnya, tersedia tempat-tempat yang menjajakan souvenir khusus khas desa. Bagi muslim, disediakan musholla untuk beribadah dengan memiliki fasilitas air yang bersih. Terdapat juga tempat-tempat duduk seperti gazebo khusus sebagai tempat istirahat bagi pengunjung.

Desa ini juga terkenal dengan kulinernya, anda dapat jajan kuliner khas desa. Terdapat banyak warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman khusus untuk para wisatawan.

Desa Wisata Okura adalah salah satu wisata yang unik dengan memiliki khas yang beda dari yang lainnya. Desa ini menampilkan keindahan yang asri dibalur dengan fasilitas-fasilitas yang sangat memadai. Bagi anda yang Ke Pekanbaru jangan lupa untuk menghampiri destinasi desa ini ya!