Geosite Sipinsur, Menyaksikan Panorama Danau Toba dari Ketinggian di Humbang Hasundutan

Geosite Sipinsur, Menyaksikan Panorama Danau Toba dari Ketinggian di Humbang Hasundutan
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parulohan, Kec. Paranginan, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Menyaksikan keanggunan alam dari tempat ketinggian memang merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan untuk Anda lakukan. Jika Anda pernah bepergian ke area puncak yang terdapat di Kota Bogor, maka tentunya Anda akan dapat melihat hamparan kota yang terbentang luas di depan mata Anda.

Melihat pemandangan dari perkotaan dengan ditemani oleh udara puncak yang begitu sejuk, tentu membuat siapa saja merasa nyaman. Anda nantinya bisa dengan puas menyaksikan panorama tersebut di tiap sudut kota yang ada. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Geosite Sipinsur yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Pemandangan itu berupa panorama dari Danau Toba yang sudah sangat melegenda. Dari tempat inilah nantinya semua sudut Danau Toba bisa Anda saksikan di atas ketinggian. Hal tersebut tentu tidak boleh dilewatkan, terlebih ketika sudah mendekati hari libur, maka mengunjungi tempat ini sangatlah direkomendasikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Geosite Sipinsur

Daya Tarik Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit:  Google Maps Nusantara Makmur

1. Dataran Tinggi yang Indah

Humbang Hasundutan di dalam Bahasa Batak sendiri memiliki arti tanah tinggi yang menjadi tempat tenggelamnya matahari. Perlu untuk Anda ketahui, lokasi dari Geosite Sipinsur tersebut ada di area yang cukup tinggi, yaitu mencapai 1.213 meter dari atas permukaan laut. Luasan area di tempat tersebut mencapai kurang lebih 2 hektar.

Geosite memiliki arti yaitu sebuah wisata yang terbentuk dari susunan biologi, geologi dan juga kebudayaan atau singkatnya disini adalah sebuah tempat wisata alam yang begitu mengagumkan. Tempat tersebut pernah memperoleh juara dalam Ajang Pesona Indonesia. Tak main-main, wisata ini meraih juara pertama yang dilangsungkan pada tahun 2018 lalu.

Ajang Pesona Indonesia tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata di daerah tersebut. Penilaiannya sendiri lebih pada suasana sekitar yang masih begitu alami dengan vegetasi alam yang begitu melimpah. Sipinsur memang merupakan dataran tinggi yang masih memiliki panorama begitu alami dan berawan, karena itu tak boleh untuk dilewatkan.

2. Spot Selfie

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Geosite Sipinsur tersebut yaitu Anda akan menemukan banyak sekali spot selfie di sana. Terlebih zaman saat ini karena tak lengkap rasanya jika pergi tanpa harus mengabadikan setiap moment yang dilalui. Saat berada di tempat tersebut, maka ada banyak sekali spot foto terbaik yang bisa Anda pilih.

Salah satu spot yang tentunya tidak boleh dilewatkan yaitu latar belakang berupa kemegahan Danau Toba. Selain itu, Anda juga bisa memakai latar berupa pohon pinus yang begitu rimbun dan tinggi, atau latar berupa posisi awan yang seolah berada di bawah kaki Anda.

3. Wahana untuk Tempat Bermain Anak

Untuk daya tarik berikut ini pasti akan membuat Anda yang sudah memiliki buah hati di rumah merasa sangat senang. Bagaimana tidak, di Geosite Sipinsur tersebut disediakan juga wahana untuk tempat bermain anak. Anda yang kebetulan berkunjung ke tempat tersebut dengan membawa buah hati Anda, maka tidak boleh melewatkan kesempatan bermain di tempat ini.

Tersedia berbagai macam permainan di wahana bermain anak tersebut, sehingga akan membuat buah hati Anda merasa begitu betah saat berada di geosite dan liburan pun tidak akan terganggu oleh rengekan anak Anda.

Daya Tarik Dimiliki Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit: Google Maps b.lamsihar sihombing

4. Tersedia Area Camping

Di tempat wisata geosite ini terdapat juga hutan pinus yang umumnya digunakan untuk aktivitas berkemah atau camping. Untuk Anda yang tertarik melakukan aktivitas tersebut, maka Anda tentunya harus mempersiapkan stamina lebih dulu. Karena memang udara di wilayah Ini terasa begitu dingin.

Perlu diketahui, udara di area sekitar Geosite Sipinsur mencapai kurang lebih 17 derajat celcius. Hal itu wajar saja, karena tempat tersebut merupakan wilayah dataran tinggi. Bagi Anda yang memang sangat suka melakukan kegiatan camping, maka tak ada salahnya untuk mencoba melakukan hal tersebut di geosite ini.

5. Panggung Opera Batak Sipinsur

Daya tarik selanjutnya yaitu di tempat wisata tersebut terdapat panggung opera Batak. Panggung opera Batak memang termasuk dalam objek yang baru saja dibangun oleh pihak pengelola di geosite. Hal tersebut berawal dari beberapa batang pohon pinus yang roboh di lokasi.

Robohnya hutan pinus bukan dilakukan secara sengaja, melainkan disebabkan oleh angin kencang yang ketika itu menerjang area di Sipinsur. Melihat hal tersebut, maka akhirnya di lokasi geosite ini dijadikan area panggung yang untuk kemudian digunakan sebagai tempat melaksanakan berbagai macam event menarik, seperti pagelaran seni dan lain sebagainya.

6. Adat yang Masih Kental

Ada serta budaya dari warga sekitar Geosite Sipinsur memang masih sangatlah kental mereka jalani dalam aktivitas sehari-hari. Adat Batak yang kental tersebut seperti contohnya upacara pemakaman, perkawinan, upacara kelahiran, prosesi pernikahan, adat Batak, cara bertutur kata pada orang tua dan lain sebagainya.

Salah satu dari budaya Batak yang hingga saat ini masih dijalani dikenal juga dengan istilah Dalihan Na Tolu, yang mana artinya yaitu tiga prinsip yang wajib dan perlu untuk diketahui. 3 prinsip tersebut mencakup mengayomi serta menghargai wanita, hormat pada keluarga dari pihak istri, serta berhati-hati dalam bersikap terhadap orang yang masih satu marga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit: Google Maps Rizly Sinaga

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Geosite Sipinsur, maka Anda perlu segera meluncur ke Kabupaten Humbang Hasudutan yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Tempat wisata ini tepatnya yaitu berada di Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan.

Rute untuk menuju tempat berlibur ini hanya berjarak kurang lebih 8 km saja jika disini Anda berangkat dari Bandara Silangit yang terdapat di Siborong-borong. Sedangkan waktu yang Anda perlukan nantinya yaitu kurang lebih selama 30 menit saja.

Ketika Anda berada di bandara, maka Anda tinggal menuju ke arah utara menuju ke Jalan Silangit diteruskan ke arah kiri menuju ke arah Jalan Sisingamangaraja. Setelah nantinya Anda menempuh jarak kurang lebih sejauh 3,2 km, maka Andapun bisa berbelok ke arah kanan melintasi Jalan Sihonongar hingga tiba di area tempat wisata.

Setelah Anda memasuki Jalan Pariwisata serta menempuh jarak kurang lebih 2,1 km, maka Anda bisa berbelok ke arah kanan, dan tepat di sanalah nantinya Anda akan memasuki wilayah geosite ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Geosite

Tiket Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit: Google Maps suhir wijaya

Jika ingin memasuki Geosite Sipinsur tersebut, maka biaya tiket yang harus Anda bayar yaitu sebesar Rp 5.000 saja untuk tiap orang. Harga tersebut tergolong sangat murah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata edukasi maupun wisata keluarga yang hemat.

Perlu diketahui, di tempat ini dibuka pada pukul 07.00 dan akan ditutup ketika pukul 23.00. Anda bisa mengunjunginya pada Hari Senin hingga Hari Minggu, karena memang tempat tersebut dibuka setiap hari untuk para pengunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Geosite Sipinsur

Aktivitas Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit: Google Maps Sirianto Pasaribu

1. Menyaksikan Pemandangan Danau Toba

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Geosite Sipinsur, salah satunya yaitu menyaksikan pemandangan dari Danau Toba. Selain itu, Anda akan disuguhkan pemandangan dari Pulau Sibandang yang tampak begitu hijau hingga sangat menyejukkan mata.

Ditambah lagi pemandangan berupa lembah yang begitu indah jaga berkotak-kotak area persawahan yang tampak elok. Tidak hanya itu saja, area perbukitan dari Kabupaten Toba serta muaranya yang begitu cantik akan menyapa Anda dari kejauhan. Pulau yang begitu terkenal di wilayah Danau Toba, yaitu Pulau Samosir juga tidak akan luput dari sapuan mata.

2. Berkunjung ke Hutan Pinus

Kawasan hutan pinus yang terdapat di Geosite Sipinsur memang menjadi salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi wisatawan ketika berada di sana. Keindahan dari pohon pinus tersebut mampu menyuguhkan keelokan yang terasa sangat natural. Suasana tenang serta deru angin seolah menyapa dan berbisik pelan.

Bagi Anda yang tengah mencari tempat wisata yang begitu tenang, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota, maka kawasan hutan pinus inilah salah satu tempat yang sangat recommended untuk Anda kunjungi. Melakukan relaksasi raga dan jiwa di tempat tersebut memang sangat tepat untuk dilakukan.

Aktivitas Seru Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit: Google Maps Sirianto Pasaribu

3. Menikmati Kuliner di Food Court

Salah satu fasilitas yang tersedia di Geosite Sipinsur ini yaitu restoran dan juga foodcourt. 2 tempat tersebut memang menyajikan minuman serta makanan yang begitu menarik untuk Anda cicipi.

Food court dikelola oleh masyarakat sekitar dan memiliki desain yang sama, serta menggunakan ornamen berupa rumah batak. Menu yang disuguhkan di food court tersebut sangat beragam dan tentunya merupakan kuliner khas Batak yang tidak boleh Anda lewatkan.

4. Melihat Pertunjukan Seni di Open stage

Area ini sengaja dibangun oleh pihak pengelola Geosite Sipinsur untuk dipakai sebagai salah satu lokasi dilaksanakannya berbagai macam acara. Acara-acara yang umumnya dilakukan di Open stage tersebut seperti pertemuan, pentas seni, acara komunitas atau kelompok, serta acara-acara lain.

Setiap Hari Minggu di tempat tersebut Dinas Pariwisata daerah kabupaten umumnya akan melangsungkan pertunjukan seni budaya. Dalam pertunjukan itu nantinya akan terdapat penampilan dari sanggar seni yang ada di seluruh Mabupaten Humbang Hasundutan.

Penampilan-penampilan yang akan mereka tunjukkan dilakukan secara bergantian. Karena itulah, ketika Anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, maka sebaiknya memilih hari dimana pentas seni tersebut diadakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan
Image Credit: Google Maps trisna pardede

Fasilitas yang tersedia di Geosite Sipinsur ini memang sudah cukup memadai. Hal tersebut sengaja dilakukan supaya wisatawan yang datang akan merasa betah dan terfasilitasi selama berada di lokasi wisata. Anda akan menemukan toilet yang sudah berstandar internasional di tempat tersebut. Tidak hanya satu toilet, melainkan tersebar di beberapa titik tempat wisata.

Selain itu, area parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi cukup luas serta aman. Pengelolaan yang dilakukan untuk area parkir ini bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang tinggal area dekat tempat wisata Geosite Sipinsur. Untuk Anda yang ingin menginap, di tempat tersebut memang masih belum terdapat penginapan atau villa.

Namun, Anda masih bisa menemukan hotel dengan jarak terdekat dari lokasi yaitu 17 km. Harga yang ditawarkan di hotel sangat beragam, Anda bisa menemukan harga dari Rp 200.000 hingga harga Rp 900.000 dalam satu malam.

Keindahan panorama yang ditawarkan Geosite Sipinsur di Humbang Hasundutan memang membuat Anda tak akan mampu melupakan pengalaman yang begitu indah. Menyaksikan berbagai macam spot menarik dari atas ketinggian tentu sesuatu yang sangat seru untuk dilakukan. Terlebih bagi Anda yang hobi dalam hal fotografi.

REKOMENDASI DESTINASI