Goa Batu Kapal, Goa Eksotis dengan Panorama yang Indah di Solok Selatan

Goa Batu Kapal, Goa Eksotis dengan Panorama yang Indah di Solok Selatan
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Kunyit Barat, Kec. Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat.

Salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dikunjungi di wilayah Sumatera Barat yaitu Goa Batu Kapal. Jika dilihat sepintas, gua ini memang memiliki kemiripan dengan tebing. Goa tersebut mempunyai warna keputihan dan tingginya sendiri sekitar 80 meter. Bagi seorang fotografer, maka tempat tersebut sangat recommended.

Saat Anda tengah berkunjung ke tempat ini, maka disarankan Anda menggunakan jasa dari seorang pemandu. Karena memang di dalam gua terdapat banyak sekali lorong. Dan tak jarang hal tersebut menyebabkan para wisatawan yang datang jadi tersesat. Dengan menggunakan pemandu nantinya perjalanan wisata Anda akan jadi lebih aman.

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh goa tersebut. Karena itu, bagi Anda yang kebetulan berada di Provinsi Sumatera Barat, maka tidak ada salahnya untuk singgah sebentar di tempat wisata ini. Pemandangan yang bisa Anda temukan di goa tersebut tentu tidak akan Anda jumpai di tempat-tempat wisata lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Batu Kapal

Daya Tarik Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps Balang Nansati

1. Kumpulan Kelelawar dan Burung Walet

Seperti umumnya goa yang menjadi sarang dari kelelawar, maka di Goa Batu Kapal ini pun Anda juga akan menemukan banyak sekali kelelawar dan juga burung walet. Di bagian dinding sebelah atas dari goa merupakan area di mana burung walet dan kelelawar bersarang.

Suara-suara yang dikeluarkan oleh hewan-hewan tersebut menggema dan seolah terdengar seperti alunan musik. Anda bisa merasakan rileks ketika berada di tempat ini. Karena itu, bagi Anda yang telah penat dengan aktivitas kerja, maka bisa mampir sejenak di Goa Batu.

2. Terlihat Seperti Kapal

Daya tarik berikutnya yang juga dimiliki oleh tempat wisata ini yaitu gua tersebut terlihat seperti kabin kapal. Anda nantinya akan menemukan sebuah bongkahan batu kapur yang terdapat sebanyak 4 biji. Namun diantara ke 4 batu tersebut, hanya 2 batu saja yang memiliki ukuran sangat besar.

Bentuknya memang tampak seperti lorong di dalam sebuah kabin kapal. Berada di goa tersebut membuat Anda seolah tengah menaiki sebuah kapal besar. Hal itulah yang akhirnya membuat masyarakat sekitar menyebut tempat wisata ini Batu Kapal.

Daya Tarik Dimiliki Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps alasroban

3. Terdapat Lobang di Atas

Di bagian langit-langit goa atau di bagian atas gua juga menawarkan daya tarik bagi para pengunjung. Daya tarik tersebut yaitu Anda akan menemukan adanya sebuah lubang, sehingga membuat matahari dari luar bisa menembus ke dalam goa.

Pancaran dari sinar matahari nyatanya mampu menciptakan kesan indah yang begitu memukau. Pada umumnya Anda akan menemukan area gua di tempat lain yang gelap, tapi berbeda dengan Gua Batu. Oleh karena adanya lubang tersebut, maka cahaya matahari bisa menembus dan meneranginya.

4. Corak Goa yang Indah

Gua batu memang mempunyai warna putih pada bagian dinding-dindingnya. Namun tidak hanya putih saja, Anda bisa menemukan adanya kombinasi warna hijau pada dinding. Paduan antara warna yang begitu mengagumkan akhirnya mampu menciptakan kesan seperti sebuah lukisan tangan. Berkunjung ke tempat ini Anda akan dibuat terkagum-kagum.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps Yudha Mairestu

Goa Batu Kapal memang telah dikenal sejak beberapa tahun lalu, serta gua ini termasuk dalam salah satu lokasi wisata yang cukup populer di kawasan Solok Selatan. Jika Anda berangkat dari Kota Padang Aro, maka jarak yang harus ditempuh ke tempat wisata ini sejauh 35 km.

Selama perjalanan dari Kota Padang Aro menuju ke Goa Batu Andapun juga akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah. Di sanalah nantinya Anda bisa menyaksikan rumah-rumah gadang yang merupakan kearifan lokal Indonesia. Selain itu juga panorama dari gunung, bukit dan juga sungai semakin membuat perjalanan menuju tempat wisata terasa menyenangkan.

Mendekati area wisata, pemandangan lain akan disuguhkan yaitu berupa lahan kelapa sawit dan tanah merah. Tak jauh dari lokasi parkiran tempat wisata sendiri Anda bisa melihat adanya bukit kapur yang putih mempesona.

Goa yang memiliki panorama begitu indah dan menawan ini berada di daerah Jorong Ngalau Indah, Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Lebih tepatnya lagi kawasan wisata tersebut berada di area perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi.

Banyak sekali keseruan yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi Goa Batu Kapal. Jika Anda masih bingung dengan rute untuk mencapai lokasi wisata, maka disini Anda bisa memanfaatkan fitur dari Google yaitu Google Maps.

Dengan menggunakan fitur tersebut nantinya Anda hanya perlu mengikuti arahan yang diberikan melalui perangkat smartphone Anda. Dan tentunya hal tersebut akan terasa jauh lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps Hendra Antoni

Seperti tempat wisata lainnya, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Goa Batu Kapal maka Anda perlu membayar biaya masuk. Tiket masuk yang ditetapkan di tempat tersebut relatif murah, yaitu hanya sebesar Rp 5.000 saja. Dengan begitu Anda pun sudah puas untuk menyusuri area hutan dan berfoto di goa.

Tiket masuk sebesar Rp 5.000 hanya berlaku bagi Anda yang sudah dewasa saja. Bagi anak-anak tidak akan dikenakan biaya masuk atau gratis. Karena itu sekalipun Anda membawa anak kecil, maka tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, seperti contohnya kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat Anda perlu membayar parkir. Biaya parkir untuk motor yaitu sebesar Rp 5.000. Sedangkan Anda yang membawa mobil biaya parkir yang harus dibayar sebesar Rp 10.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Batu Kapal

Aktivitas Goa Batu Kapal SolokAktivitas Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps VIKY EZELVA

1. Menjelajah Area Wisata

Suasana gua sangat menggoda dengan hembusan udara yang tampak begitu sejuk. Ditambah lagi dengan pepohonan yang begitu hijau, sehingga mampu memberikan kesan yang begitu sejuk dan asri.

Melalui lorong-lorong gelap, nantinya Anda akan dibawa merasakan keindahan dari stalakmit dan di tempat tersebut. Selain itu, Anda juga akan melalui sungai-sungai dengan airnya yang mengalir cukup deras dan dangkal.

Keindahan dalam goa sangatlah menakjubkan, terlebih ketika Anda datang pada saat matahari tengah terik. Di bagian dinding dari goa, Anda bisa melihat dengan jelas guratan motif yang tampak begitu artistik. Guratan tersebut terbentuk secara alami seolah lukisan dari Tuhan.

Di tempat wisata ini pulalah nantinya Anda akan menemukan sebuah area terbuka yang dipenuhi dengan ilalang tinggi. Para wisatawan diperbolehkan untuk menerobos ilalang dengan mengikuti jalur yang telah ditandai.

2. Hunting Foto

Berada di Goa Batu Kapal tentu tidak akan terasa pas jika disini Anda tidak melakukan aktivitas hunting foto. Di tempat ini banyak sekali objek foto yang bisa Anda ambil. Spot foto yang tersedia sangat instagramable.

Bagi Anda yang ingin memperoleh gambar terbaik, maka waktu paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini yaitu ketika pagi menjelang siang hari. Pada saat itulah Anda akan melihat keindahan dari terobosan matahari yang membentuk garis-garis cantik di sekitar area goa.

Pastikan Anda membawa kamera ketika hendak berangkat ke tempat ini. Selain itu, jangan lupa menyiapkan sepatu gunung, senter, sepatu boot, karena di lantai gua tersebut memang sangat licin.

Aktivitas Seru Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps Zenith Halalan

3. Bersantai

Aktivitas berikutnya yang juga bisa Anda lakukan ketika berada di Goa Batu Kapal yaitu bersantai. Suasana rileks tentu bisa Anda dapatkan. Seperti yang telah diulas di atas, bahwa di gua tersebut terdapat banyak kelelawar dan burung walet.

Suara mereka yang menggema terdengar begitu nyaman. Jika Anda sudah selesai menjelajahi area wisata dan mengabadikan momen ataupun objek-objek menarik di tempat tersebut, maka tidak ada salahnya untuk Anda sekedar duduk bersantai menikmati suasana di dalam goa. Dipastikan penat karena aktivitas kerja sehari-hari akan sirna.

4. Menikmati Kuliner

Di tempat wisata ini juga telah tersedia warung yang menyediakan aneka makanan lezat bagi para wisatawan yang berkunjung. Dengan begitu Anda beserta dengan rombongan bisa menikmati santapan yang lezat dan mampu membuat lidah bergoyang. Anda tidak perlu capek-capek harus membawa bekal dari rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Batu Kapal Solok
Image Credit: Google Maps Yoserizal Abang

Goa Batu Kapal merupakan salah satu area wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik. Karena itulah, ketika Anda ke tempat ini, maka Anda bisa menemukan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas tersebut Seperti contohnya toilet umum. Toilet umum merupakan kebutuhan bagi para wisatawan ketika mereka berkunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan kedai kecil atau warung yang berada di area depan pintu masuk tempat wisata. Hal tersebut akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda yang memang tengah merasa lapar dan ingin merasakan nikmatnya kuliner khas Sumatera Barat.

Gua batu memiliki kondisi yang cukup bersih. Ketika berada di tempat ini, maka sebaiknya Anda benar-benar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di sekitar area goa sudah disediakan banyak tempat sampah untuk meminimalisir aktivitas membuang sampah sembarangan oleh para wisatawan.

Itulah ulasan lengkap mengenai Goa Batu Kapal di Solok Selatan yang perlu untuk Anda ketahui. Anda yang ingin berlibur di akhir pekan, maka bisa menuju ke tempat tersebut. Ada banyak sekali ragam aktivitas menarik dan seru yang tentunya akan sangat sayang jika dilewatkan.