Gunung Dempo, Menikmati Keindahan Alam dengan Kawah Vulkanik Unik di Pagar Alam

Gunung Dempo, Menikmati Keindahan Alam dengan Kawah Vulkanik Unik di Pagar Alam
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Gunung Dempo merupakan gunung dengan puncak paling tinggi yang ada di Sumatera Selatan, yakni mencapai 3,159 Mdpl. Kepopuleran yang dimiliki oleh gunung tersebut sudah tak dapat diragukan lagi. Hal yang membuat gunung ini begitu populer adalah pemandangan alamnya yang begitu menarik dan juga menawan.

Oleh sebab itu, jangan heran bila gunung ini kerap memikat banyak orang untuk mengunjunginya, khususnya bagi para pecinta alam. Keindahan yang ada di kawasan pegunungan ini tentu begitu sayang jika tidak Anda nikmati. Terdapat bermacam-macam aktivitas seru yang mungkin dilakukan jika Anda melakukan wisata ke gunung ini.

Melakukan wisata ke Gunung Dempo ini tak harus dengan pendakian. Pasalnya, wisatawan yang datang bisa sekedar melakukan wisata di lereng gunung Pagar Alam. Setiap harinya selalu ada saja orang yang mendatangi kawasan wisata tersebut. Detail penjelasan mengenai gunung tersebut bisa Anda simak berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Dempo

Daya Tarik Gunung Dempo
Image Credit: Google Maps Yuda Setiaji Tambayong

1. Burung Jalak Hitam

Ketika wisatawan atau pendaki melalui shelter 1, maka biasanya akan berjumpa dengan burung jalak yang warnanya hitam. Hal unik dari burung jalak hitam tersebut yaitu mereka akan terus mengikuti wisatawan di sepanjang perjalanan sampai tiba di puncak Gunung Dempo.

Cerita yang telah berkembang pada kalangan pendaki pun menyebutkan kalau buruk jalak yang berwarna hitam itu adalah perwujudan dari seorang penjaga gunung tersebut. Disebutkan pula bahwa penjaga gunung tersebut bisa mengetahui niatan dari tiap wisatawan yang sedang melakukan pendakian.

2. Kumandang Azan

Cuaca yang ada di Gunung Dempo memang tak bisa diprediksi sebab selalu berubah-ubah bahkan hanya dalam waktu beberapa menit saja. Seperti misalnya saja jalur pendakian bisa ditutup oleh kabut yang terbilang pekat, sampai membuat jarak pandangnya hanya kisaran 1 m.

Hal seperti ini kerap dialami oleh pendaki yang ada di gunung tersebut. Untuk itu, biasanya pendaki akan langsung mengumandangkan azan. Uniknya, tidak lama usai azan dikumandangkan, maka kabut pun menjadi berangsung-angsur menghilang secara sendirinya.

3. Mengucapkan Salam

Gunung Dempo mempunyai 2 puncak, yaitu populer dengan nama Puncak Merapi dan Puncak Dempo. Di tengah-tengah kedua puncak itu terdapat lembah yang populer sebagai pelataran. Area tersebut menjadi pilihan untuk pendaki dalam mendirikan tenda serta istirahat sebentar sebelum kembali melanjutkan perjalanan menuju Puncak Merapi.

Terdapat sebuah tradisi yang biasanya dilakukan oleh pendaki ketika akan menuju ke pelataran Puncak Dempo. Tradisi tersebut adalah dengan mengucapkan salam terhadap sejumlah pendaki lain dari atas Puncak Dempo. Menariknya, salam itu pun pasti akan senantiasa dijawab oleh pendaki lain yang ada di pelataran.

4. Air Kawah yang Warnanya Selalu Berubah

Pada puncak gunung, tepatnya di kawasan Merapi ada sebuah kawah vulkanik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Menariknya, warna air yang ada di kawah tersebut bisa berubah hanya dengan hitungan menit saja.

Di kalangan pendaki sendiri, terdapat empat warna yang kerap terlihat di kawah ini, yaitu biru, hijau tosca, hijau tua, dan juga abu-abu. Khususnya untuk warna biru ini dianggap cukup langka sebab hanya pendaki atau wisatawan yang beruntung saja yang bisa melihatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Dempo
Image Credit: Google Maps Dody Lukas

Gunung Dempo lokasinya berada di Kabupaten Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Untuk lebih tepatnya lagi yakni di Jalan Alamsyah Ratu Prawinegara. Mengenai akses menuju ke kawasan wisata alam ini tidak akan menyusahkan Anda. Gunung tersebut letaknya kurang lebih 300 km apabila ditempuh dari pusat Kota Palembang.

Jarak yang cukup jauh tersebut akan memakan waktu Anda di perjalanan selama kurang lebih 8 jam. Selama di perjalanan, maka wisatawan nantinya akan melewati beberapa wilayah seperti Kabupaten Prabumulih serta Kabupaten Lahat.

Sebelum memulai perjalanan, Anda pun dapat memilih terminal Pagar Alam menjadi titi start keberangkatan. Nah, dari terminal tersebut Anda akan menemukan ojek ataupun mobil carteran yang tentu saja siap untuk mengantar wisatawan menuju Jalur Kamung IV.

Selain itu, wisatawan pun bisa memilih untuk menggunakan kendaraan, baik transportasi umum maupun transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor untuk mencapai lokasi gunung. Dengan mengikuti petunjuk arah yang tersedia pada Google Maps, maka dapat meminimalisir tersesat di tengah perjalanan.

Biaya Wisata ke Gunung Dempo

Tiket Gunung Dempo
Image Credit: Google Maps Jag

Untuk mengunjungi ataupun melakukan pendakian di Gunung Dempo yang sangat indah ini, maka setiap wisatawan harus mengeluarkan uang guna membayar tiket masuk. Selain itu, Anda pun perlu menyiapkan biaya tambahan untuk beli makanan atau minuman. Setiap wisatawan di kawasan wisata tersebut akan dikenai tiket masuk dengan harga 5 ribu rupiah.

Tentu saja itu bukanlah sebuah harga yang mahal untuk memasuki sebuah kawasan wisata yang istimewa. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa biaya yang Anda keluarkan untuk membayar tiket masuk tersebut masih belum tergolong ke dalam biaya fasilitas yang disediakan oleh kawasan wisata.

Selain memikirkan mengenai harga tiket masuk ke sana, Anda pun perlu tahu tentang jam buka sebelum merencanakan untuk pergi ke gunung tersebut. Terdapat kabar yang begitu menggembirakan untuk Anda karena gunung ini memiliki jam operasional wisata selama 24 jam penuh.

Informasi mengenai harga tiket masuk serta jam operasional wisata tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu dan tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila Anda selalu menyiapkan kemungkinan yang terburuknya.

Untuk sekarang ini kawasan wisata tersebut belum menyediakan kontak ataupun media komunikasi yang bisa dihubungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, silahkan saja Anda untuk mengunjungi alamat yang disediakan guna memperoleh informasi yang lebih lanjut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Dempo

Aktivitas Gunung Dempo
Image Credit: Facebook Palembang 

1. Mendaki Gunung

Apalagi kegiatan utama yang dilakukan ketika berkunjung ke Gunung Dempo kalau bukan melakukan pendakian. Mendaki gunung yang indah ini membuat siapa saja merasa senang sebab banyak pengalaman yang akan didapat.

Sejauh ini, gunung tersebut telah mempunyai tiga jalur pendakian. Pertama adalah Jalur Kampung IV yang menjadi trek favorit bagi wisatawan yang baru pertama kali melakukan pendakian.

Kedua adalah Jalur Tugu Rimau yang dianggap sedikit susah untuk dilalui. Sehingga, biasanya hanya dipilih oleh pendaki yang telah professional. Jalur yang ketika adalah Jalur Jarai yang lokasinya terletak di sudut berbeda dengan jalur yang lainnya.

2. Melakukan Swafoto

Selama mendatangi Gunung Dempo, Anda akan dibuat terkesima dengan pemandangan alam yang disajikan. Selain sekedar menikmatinya, Anda sebaiknya juga mengabadikan pemandangan alam tersebut dengan cara menjadikannya sebagai latar belakang untuk swafoto. Untuk itu, selalu bawalah kamera atau smartphone supaya dapat melakukan swafoto di sana.

3. Kemah atau Camping

Bila Anda hendak melakukan pendakian hingga malam hari dan mengharuskan untuk menginap, maka kegiatan yang sangat cocok dilakukan adalah kemah atau camping. Oleh sebab itu, Anda harus membawa peralatan camping sendiri dan juga jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan makanan. Camping di kawasan gunung ini tak akan sepi sebab banyak juga pendaki lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Dempo
Image Credit: Twitter Hery Frans Pasaribu

Fasilitas yang akan ditemukan di Gunung Dempo tersebut tergolong lengkap ataupun memadai. Di sana telah terdapat toilet yang mana pasti banyak wisatawan yang membutuhkannya. Mushola pun sudah bisa digunakan bagi Anda yang beragama Islam, sehingga tetap bisa melakukan ibadah walau sedang datang ke gunung ini.

Mengenai keamanan kendaraan wisatawan, kawasan wisata ini telah menyiapkan area parkir kendaraan. Di sana pun telah dibangun sejumlah kios yang menawarkan beragam makanan, minuman, hingga oleh-oleh. Anda pun bisa menyantap makanan dengan nyaman di kios-kios yang ada di sana.

Bagi wisatawan yang hendak menginap di sekitar kawasan Gunung Dempo ini, maka pengelola di sana telah menyediakan penginapan yang dapat disewa. Mengenai harga sewa penginapan sendiri terbilang cukup terjangkau. Dijamin Anda bisa menghabiskan malam dengan nyaman dan aman di penginapan tersebut.

Nah, itulah detail penjelasan tentang Gunung Dempo yang berlokasikan di Sumatera Selatan. Mengunjungi gunung ini pastinya dapat menciptakan suatu pengalaman berkesan yang patut untuk Anda rasakan. Supaya semakin seru, maka jangan datang sendirian karena Anda bisa mengajak teman maupun saudara.

REKOMENDASI DESTINASI