Gurun Pasir Telaga Biru, Destinasi Wisata yang Hits di Bintan

Gurun Pasir Telaga Biru, Destinasi Wisata yang Hits di Bintan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Telaga Biru ini dulunya berfungsi sebagai kawasan tambang bauksit dan pasir yang dikhususkan sebagai kebutuhan ekspor ke luar negeri. Akan tetapi tanpa alasan yang jelas, pemerintah setempat memilih untuk menutup kawasan tambang ini. Karena sudah terlalu lama ditinggalkan, pasir-pasir yang berada di kawasan ini membentuk gundukan-gundukan pasir layaknya gurun pasir yang berada di Gurun Sahara.

Seiring berjalannya waktu, gundukan-gundukan pasir ini dilirik oleh para wisatawan hingga menjadikannya sebagai obyek wisata. Gundukan-gundukan pasir yang terhampar disini menyuguhkan panorama instagramable yang membuat para wisatawannya banyak yang berasal dari kalangan anak muda. Selain anak muda, beberapa fotographer pun tidak bisa melewatkan panorama yang disuguhkan.

Gundukan pasir yang berada disini semakin cantik dengan adanya telaga berwarna biru yang terlihat sangat memesona. Oleh karena itu obyek wisata ini dinamakan Gurun Pasir Telaga Biru Bintan. Sangat cocok jika dijadikan sebagai spot berfoto ataupun sekedar bersantai sembari mengagumi keindahan panorama yang disuguhkan. Bagaimana, tertarik menyambangi gurun pasir di Bintan ini?

Daya Tarik yang Dimiliki Gurun Pasir Telaga Biru

Daya Tarik Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (Sohpeng Chua)

Sesuai judulnya, gurun pasir ini berlokasi di Kepulauan Riau tepatnya Kabupaten Bintan. Pengunjung yang datang berkunjung kesini tidak hanya berasal dari dalam daerah Bintan saja, tetapi juga banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah. Dengan semua daya tarik yang dimiliki oleh gurun pasir cantik ini, pantas saja kalau lokasinya tidak pernah sepi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

1. Gurun Pasir Bak Replika Gurun Sahara

Luasnya hamparan gurun pasir yang berada di obyek wisata ini menjadi saya tarik tersendiri yang dimilikinya. Pemandangannya menciptakan kesan eksotis yang begitu lekat terasa. Gundukan pasir yang ini berasal dari tambang bauksit dan pasir yang dulunya beroperasi di wilayah ini. Hingga karena semakin lama ditinggalkan, menciptakan hamparan gundukan-gundukan pasir yang begitu memikat wisatawan.

Pasir yang berada di obyek wisata ini memiliki warna putih halus dengan kerikil-kerikil kecil di dalamnya. Gurun pasir ini terlihat sangat cantik layaknya Gurun Sahara, belum lagi jika dipadukan dengan pemandangan birunya cakrawala yang berpadu dengan putihnya awan semakin menambah kesan cantik. Keindahannya pun akan semakin terasa pada saat siang hari dengan udara terik yang panas.

2. Telaga Biru di Tengah Hamparan Pasir

Layaknya oasis, gurun ini juga memiliki kumpulan air yang berupa sebuah telaga. Telaga ini berada tepat di tengah-tengah hamparan pasirnya yang luas. Telaga ini sendiri terbentuk dari galian tambang bauksit yang terlalu dalam. Warna air di telaga ini dipengaruhi juga oleh campuran tanah liat yang berada di dasarnya. Akan tetapi telaga ini terlihat sangat memikat dari kejauhan dengan gradasi warna cantiknya.

Telaga yang berada di gurun pasir ini memang menjadi daya pikat yang paling berdampak bagi jumlah kunjungan wisatawan. Sebab keindahan dari gradasi warna yang ditawarkan mampu memikat siapapun untuk datang dan berkunjung kesini. Wisatawan yang berkunjung akan menemukan sebuah telaga dengan perpaduan warna biru muda dan biru tua yang terlihat sangat cantik di tengah hamparan pasir.

3. Sentuhan Dermaga yang Terlihat Cantik

Obyek wisata ini juga memiliki dermaga layaknya obyek wisata pantai. Dermaga yang berada disini terbuat dari kayu dengan jarak yang cukup panjang. Dermaga ini membentang dari tepi telaga hingga ke tengah area telaga. Dengan keberadaan dermaga yang berada disini semakin menambah kesan cantik dari obyek wisata ini sehingga berdampak baik bagi jumlah kunjungan wisatawan yang tertarik kesini.

Dermaga yang berlokasi di obyek wisata ini terlihat kontras dengan telaga yang berwarna biru cerah dan hamparan pasir putih. Wisatawan yang tertarik untuk melihat secara langsung telaga akan langsung tertuju oleh keberadaan dermaga ini yang berdiri diatas biru cerahnya warna telaga. Kecantikan dari telaga semakin terpancar dengan bantuan dari dermaga ini. Apalagi wisatawan bisa berjalan diatasnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gurun Pasir Telaga Biru

Alamat Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (JWP)

Gurun Pasir Telaga Biru merupakan gurun pasir dengan telaga di tengah-tengahnya. Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Bintan tepatnya Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban. Lokasi obyek wisata ini berjarak sekitar 22 km jika dihitung dari Kabupaten Bintan. Lokasi gurun ini yang berada di pinggir jalan menjadikan akses jalan menuju lokasi sangat mudah dan memudahkan pengunjung kesini.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi obyek wisata berbentuk taman ini ialah sekitar 20 menit jika perjalanan dimulai dari Pelabuhan Tanjung Uban dengan jarak 17 km. Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan ditemani pemandangan hutan dataran rendah, perkebunan karet, hingga rawa-rawa. Wisatawan juga bisa melihat beberapa rumah penduduk dengan jarak yang berjauhan.

Selepas menyusuri perjalanan yang berkelok-kelok, wisatawan akan tiba di destinasi tujuan. Wisatawan langsung disambut langsung oleh sebaran pasir putih yang berbentuk gundukan. Wisatawan yang telah menginjakkan kaki disini akan merasakan aura gurun yang berada di Afrika sana, yaitu Gurun Sahara. Hal ini didukung oleh gundukan pasir putihnya yang berpadu dengan birunya langit, sangat memesona.

Harga Tiket Masuk Gurun Pasir Telaga Biru

Harga Tiket Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (Abdu Jabbar)

Tempatnya yang memiliki pemandangan cantik dari gundukan pasirnya ini mampu memikat siapapun untuk datang dan menghabiskan waktu liburannya disini. Lokasinya yang sering disama-samakan dengan Gurun Sahara juga menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Gurun Pasir Telaga Biru Bintan. Belum lagi ditambah dengan keberadaan telaga berwarna birunya yang menambah kecantikan.

Wisatawan yang tertarik untuk menyambangi gurun pasir dengan sejuta daya tariknya ini bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 2.000 sebagai tarif parkir kendaraan beroda dua. Sedangkan Rp. 5.000 sebagai tarif parkir untuk kendaraan beroda empat. Dengan kata lain, obyek wisata ini gratis, wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Bagaimana, sudah tertarik untuk kesini?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gurun Pasir Telaga Biru

Kegiatan di Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (Citra P)

1. Mengabadikan Momen dari Beragam Sudut Gurun Pasir

Cantiknya panorama yang ditawarkan dari obyek wisata ini sudah tidak perlu ditanya lagi. Wisatawan bisa mengabadikan momen dari beragam sudut gurun pasir disini dengan cara mengambil beberapa potret foto. Mulai dari gurun pasir, telaga hingga dermaga. Bahkan, untuk wisatawan yang ambisi dalam meraup followers Instagram, Gurun Pasir Telaga Biru juga menyediakan beragam spot foto.

Kecantikan gurun pasir dapat wisatawan manfaatkan sebagai latar belakang foto untuk menghasilkan jepretan foto yang maksimal. Selain itu, telaganya yang cantik menjadi surga bagi para fotografer. Puncak pengambilan foto yang cantik ialah pada saat siang hari dengan pencahayaan yang cukup dari matahari.

2. Menyusuri Telaga Birunya yang Cantik dengan Perahu

Telaga yang memiliki warna air biru cerah ini menjadi daya tarik yang sangat dipuja oleh pengunjungnya. Wisatawan bisa menikmati cantiknya telaga disini dengan cara menaiki perahu untuk menyusuri telaga hingga kebagian tengahnya. Wisatawan yang menaiki perahu akan merasa seakan berada di negeri dongeng dengan air telaga yang berwarna sangat cantik serta dikelilingi oleh hamparan pasir putih.

Kegiatan Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (Herie Purwanto)

3. Berjalan Santai Diatas Dermaga

Keberadaan dermaga yang berada di Gurun Pasir Telaga Biru ini tidak hanya difungsikan sebagai dekorasi cantik saja, akan tetapi wisatawan juga bisa menggunakannya. Wisatawan bisa berjalan diatas dermaga kayu yang terlihat begitu alami ini. Sembari melihat telaga birunya yang sangat menenangkan jiwa, wisatawan akan betah berlama-lama disini. Wisatawan pun bisa berfoto dari dermaga cantik ini.

Fasilitas yang Tersedia di Gurun Pasir Telaga Biru Bintan

Fasilitas i Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (Muhammad Fadl Insani)

Letaknya yang berada dekat dengan Pelabuhan Tanjung Uban tepatnya hanya 17 km serta berada di pinggir jalan menjadikan Gurun Pasir Telaga Biru tidak sedikit pun kekurangan dalam hal fasilitas. Keberadaannya yang difungsikan sebagai destinasi wisata para wisatawan juga menjadikan fasilitas yang ada disini tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir.

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini disediakan secara swadaya oleh masyarakat setempat, tepatnya warga Desa Busung. Fasilitas yang disediakan seperti halnya toilet yang bisa wisatawan gunakan untuk keperluan. Warung-warung untuk mengganjal lapar wisatawan ketika berkunjung disini, sehingga wisatawan tidak perlu repot-repot membawa bekal saat berlibur di gurun ini.

Gurun pasir yang berlokasi di Kabupaten Bintan ini juga memiliki fasilitas jembatan kayu yang sudah dibangun sejak awal obyek wisata ini dibuka, kira-kira tahun 2017 lalu. Akses jalan menuju obyek wisata pun sudah memadai. Jadi, bisa disimpulkan bahwa fasilitas yang disediakan sudah tergolong lengkap dan memadai. Wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai hal fasilitas ketika berkunjung kesini.

Demikianlah beberapa hal mengenai Gurun Pasir Telaga Biru di Bintan yang telah diuraikan diatas. Lokasinya yang eksotis dan cantik dengan pemandangan hamparan luas dari gundukan pasir begitu memikat wisatawan. Selain itu, biru cerah warna telaganya pun semakin menambah kesan cantik yang dipancarkan dari gurun pasir ini. Bagaimana, apakah Anda berencana untuk berkunjung ke destinasi ini?