Museum Koleksi dan Galeri Raz – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Museum Koleksi dan Galeri Raz – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dr. Mansyur No.191, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Selain mengunjungi banyak wisata alam yang asri, mengunjungi museum bisa menjadi salah satu pilihan liburan anda bersama keluarga. Indonesia mempunyai banyak peninggalan sejarah yang perlu untuk dilestarikan. Sehingga banyak sekali didirikan museum peninggalan sejarah Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu museum dengan koleksi menarik yang bisa menjadi pilihan liburan anda bersama keluarga adalah Museum Koleksi dan Galeri Raz. Museum yang berada di Kota Medan ini memang dikhususkan untuk memamerkan barang peninggalan keluarga Raz. Namun museum ini kemudian berkembang dan dibuka untuk umum. Simak penjelasannya dibawah ini.

Sejarah Singkat Museum Koleksi dan Galeri Raz

Sejarah Museum Koleksi Galeri Raz
Image Credit: Google Maps Raz Museum & Gallery

Indonesia mempunyai banyak jenis museum yang menarik untuk dikunjungi. Hampir setiap kota di Indonesia mempunyai jenis museumnya masing masing. Museum museum di Indonesia ini banyak mempunyai koleksi benda bersejarah yang unik untuk diamati. Salah satunya adalah museum di Kota Medan satu ini.

Proses didirikannya museum ini berawal dari koleksi Hj. Rahmawaty Sofyan Raz. Berawal dari hobi mengumpulkan benda kenangan keluarga, menjadikan beliau membuat sebuah museum yang bisa menampung berbagai benda kenangan yang dikumpulkannya. Museum ini kemudian resmi didirikan 25 Maret 2008 langsung oleh Menteri Pendidikan Prof. Dr. Bambang Sudibyo.

Pengelolaan museum sepenuhnya akan dilakukan oleh Raz Group sekalu keluarga pendiri museum. Banyak koleksi museum yang dipamerkan disini yang bisa menambah wawasan anda tentang kenangan masa lalu. Anda bisa mengunjungi museum unik satu ini bila berkunjung ke Kota Medan.

BACA JUGA:  Museum Goedang Ransoem - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Koleksi Museum Koleksi dan Galeri Raz

Koleksi Museum Koleksi Galeri Raz
Image Credit: Google Maps Raz Museum & Gallery

1. Koleksi Keluarga Raz

Museum Koleksi dan Galeri Raz yang terkenal di kota Medan ini mempunyai berbagai macam koleksi yang unik dan menarik untuk anda saksikan. Museum yang mempunyai bangunan Galery bertingkat 3 ini ditata dengan rapi yang dijamin akan memanjakan mata anda. Koleksi yang dipamerkan ini mempunyai banyak cerita kenangan keluarga.

Beberapa koleksi yang dipamerkan antara lain seperti aneka jenis perabot ruang tamu, koleksi pakaian, perlengkapan pengantin Sofyan Raz dan istri terdahulu hingga banyak sisa perlengkapan anak-anak, dari bayi hingga menginjak dewasa. Ada juga berbagai pernak pernik koleksi dari manca negara ketika berkunjung.

Koleksi di museum ini memang sekilas terlihat biasa saja karena dikenal dengan koleksi keluarga. Namun yang menarik adalah museum ini sudah mendapatkan peghargaan dari MURI atas koleksi museum yang dipamerkannya sangat banyak. Koleksi barang barang kenangan yang sudah di kumpulkan bertahun tahun ini akan menarik untuk diamati.

2. Koleksi Lego Paling Besar di Indonesia

Tak hanya menyimpan beragam koleksi benda keluarga Raz saja, namun Museum Koleksi dan Galeri Raz ini juga mempunyai koleksi yang sangat menarik lainnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah lego. Lego yang dipamerkan di museum ini merupakan yang paling besar yang ada di Indonesia. Koleksi inilah yang paling banyak menarik perhatian pengunjung.

Lego yang dipamerkan pada museum ini merupakan hasil dari kreativitas dan keterampilan keluarga Rahmawaty beserta anak-anaknya. Banyak bentuk lego yang ditata berjajar dan rapi pada lantai tiga museum ini. Koleksi lego ini dijamin akan memanjakan mata para pengunjung yang penasaran pada lego terbesar di Indonesia.

Jumlah koleksi lego yang ada di museum ini bisa mencapai 386 dilengkapi dengan ribuan item di dalamnya. Lego tersebut dirakit menjadi berbagai macam bentuk yang menarik. Bentuk lego tersebut seperti Lego Pirates, Lego Castle, Lego City, Lego Basic, Lego Train, Lego Technic, Lego Model Team, Lego Star Wars, Lego Minecraft, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Koleksi Galeri Raz
Image Credit: Facebook Raz Museum and Gallery 

Museum unik dari Kota Medan ini memang sudah terkenal karena masuk rekor MURI. Museum yang awalnya dibangun demi kepentingan penyimpanan koleksi keluarga ini akhirnya dibuka untuk pengunjung umum. Sehingga anda juga bisa melihat koleksi di dalamnya bila penasaran dengan berbagai koleksinya.

Lokasi Museum Koleksi dan Galeri Raz ini mudah ditemukan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Hal ini karena lokasi museum berada di kawasan tengan kota sehingga akses jalan dan transportasinya bisa dilakukan dengan mudah. Lokais tepat museum ini adalah di Jalan DR. Mansyur No.162, Kota Medan masuk Provinsi Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk Museum Koleksi dan Galeri Raz

Tiket Museum Koleksi Galeri Raz
Image Credit: Facebook Raz Museum and Gallery 

Berkunjung ke museum memang menjadi pilhan liburan yang tak kalah menyenangkan namun dengan nuansa edukatif yang baik. Selain itu, berkunjung ke museum juga mempunyai harga tiket masuk yang terjangkau. Seperti masuk ke Museum Raz ini. Harga tiket masuk yang dikenakan hanya sekitar Rp 20 ribu per orangnya.

Bila anda ingin berkunjung ke museum ini maka disarankan untuk datang pada hari selasa hingga minggu. Hal ini karena museum ini akan tutup pada hari senin. Selain itu, museum ini juga akan tutup pada tanggal merah libur nasional. Buka dari pukul 9:00 hingga 16:00 WIB, menjadikan museum ini wajib masuk list perjalanan anda bersama keluarga.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Museum Koleksi Galeri Raz
Image Credit: Facebook Raz Museum and Gallery 

1. Melihat Koleksi Museum yang Menarik

Salah satu daya tarik museum ini adalah koleksi yang dipamerkannya. Tak hanya koleksi benda peninggalan keluarga yang penuh kenangan. Namun museum bersejarah ini juga menyimpan salah satu lego terbesar di Indonesia. Lego yang dipamerkan ini pasti akan membuat keluarga anda tertarik untuk melihatnya

2. Mengunjungi Berbagai Wisata Alam di Medan

Setelah mengunjungi Museum Koleksi dan Galeri Raz dan melihat berbagai macam koleksi yang menarik, anda bisa melanjutkan perjalanan ke wisata alam di Kota Medan lainnya. Berbagai macam pilihan wisata alam yang cantik dengan pemandangan asri bisa anda piliha seperti Batu Gantung, Air Terjun Dua Warna, Tangkahan, Kawah Putih Tinggi Raja atau Vihara Adhi Maitreya.

BACA JUGA:  Istana Negeri Padang - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

3. Mencoba Kuliner Khas Medan

Setelah puas berjalan jalan, anda juga bisa mencoba berbagai pilihan wisata kuliner yang dijamin lezat. Beberapa diantaranya adalah Soto Medan, Bika Ambon, Lontong Medan, Mi Gomak, Dali Ni Horbo, Bihun Bebek, Lemang hingga Kue Ombus-Ombus khas yang mempunyai citarasa yang unik.

Fasilitas di Kawasan Museum Koleksi dan Galeri Raz

Fasilitas Museum Koleksi Galeri Raz
Image Credit: Facebook Raz Museum and Gallery 

Museum yang sudah dibuka untuk umum ini mempunyai bentuk gedung 3 lantai yang megah. Museum yang terkenal karena bangunan yang modern ini juga mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Terlebih untuk wisatawan luar kota yang datang berkunjung. tentu akan lebih nyaman dengan ditunjang fasilitas umum yang memadai.

Beberapa fasilitas museum yang disediakan adalah mulai dari lahan parkir yang luas, hingga toilet umum yang terawat. Masih banyak juga fasilitas umum lainnya yang di khususkan untuk pengunjung. Lokasi museum yang mudah dijangkau juga kaan memudahkan anda mengunjungi lokasi wisata lainnya di sekitarnya.

Itulah sekilas informasi tentang Museum Koleksi dan Galeri Raz yang terkenal di Kota Medan. Museum unik yang menyimpan banyak kisah ini wajib masuk dalam list perjalanan wisata anda bisa berkunjung kota Medan. Tetap menjaga protokol kesehatan, dan siapkan perjalanan wisata anda bersama keluarga. Selamat Berlibur.