Museum Kota Lhokseumawe – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Museum Kota Lhokseumawe – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Berlibur tak hanya ke tempat wisata alam atau ke taman bermain. Anda juga bisa mencoba mengunjungi musem bersama keluarga. Liburan dengan tema edukasi yang menyenangkan bisa menjadi pilihan yang menarik. Contohnya Museum Kota Lhokseumawe. Museum terkenal di Aceh ini tak hanya menyuguhkan banyak koleksi unik namun juga berlatar cerita menarik.

Sejarah Museum Lhokseumawe

Sejarah Museum Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps mac. Armand

Museum di Kota Lhokseumawe ini pada awalnya dibangun pada tahun 2014. Pengelolaan musem ini langsung dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe. Selain itu, kepemilikan museum ini juga sepenuhnya milik pemerintah daerah. Pada proses pembangunannya sendiri, museum ini menghabiskan biaya hingga Rp 1,8 miliar.

Museum ini menampilkan bangunan yang unik tidak seperti bentuk museum pada umumnya. Musem ini dibagi menjadi bangunan induk dan balai penyimpanan padi. Bangunan induk berupa rumah adat Khas Aceh begitu memikat pengunjung yang akan datang. Tak hanya itu fasilitas di dalamnya juga bisa membuat anda nyaman menunjungi musem satu ini.

Koleksi Museum Kota Lhokseumawe

Koleksi Museum Kota Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Salman Alfarish

Tercatat koleksi barang yang dipamerkan di Museum Lhokseumawe ini cukup lengkap. Ada 88 benda bersejarah Aceh yang bisa anda lihat disini. Tak hanya bentuk nya yang unik dan penuh seni, cerita dibalik barang bersejarah peninggalan Aceh ini juga tak kalah seru. Terlebih bila anda membawa serta anak anak dalam perjalanan kali ini.

Beberapa benda yang dipamerkan di museum ini antara lain seperti, Lukisan bersejarah yang penuh makna dan cerita. Kemudian ada alat perang seperti Rincong, Pistol, Timbak, Pedeung, Parang hingga Meriam. Alat Musik Canang Cerekeh, Rapai Geleeng, Rapai Uruh, Rapai Pasee, Gendrang, Alee Tunjang, Capah, Lusong, Batee Seumepeh dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Museum Kota Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps mac. Armand

Museum Kota Lhokseumawe tepatnya berada pada Jalan Teuku Hamzah Bendanara Kelurahan Kuta Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh. Bila anda ingin mengunjungi Museum Lhokseumawe, jalur yang ditempuh cukup mudah. Anda bisa menggunakan 3 jalur kearah museum dengan akses jalan yang sudah baik.

Yang pertama adalah menggunakan jalur dari Bandar Udara Malikussaleh. Rute ini bisa dipilih bila anda menggunakan sarana pesawat terbang untuk sampai ke Aceh. Jarak dari Bandar udara ke lokasi museum bisa mencapai 30 kilometer. Sedangkan bila anda datang dari arah Pelabuhan Krg Geukueh maka jarak ke arah musem akan mencapai 17,4 kilometer.

Bila anda ingin jarak yang lebih dekat, anda bisa memilih rute dari arah Terminal Baru Lhokseumawe. Jarak dari terminal ke musem cukup dekat yaitu sekitar 2,9 kilometer. Lokasi musem ini cukup mudah ditemukan. Hal ini karena letak Museum Lhokseumawe berada persis di depan Gedung Islamic Center.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Museum Kota Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps mac. Armand

Harga tiket masuk ke musem ini sama saja baik weekend maupun weekday. Harga tiket masuk ke museum adalah sekitar Rp 10 ribu per orang. Namun kebijakan harga tiket ini bisa saja berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola Museum. Harga tiket yang terjangkau ini akan memberi anda pengalaman sejarah yang banyak.

Jam buka museum ini memang akan tergantung kondisi dan event yang akan dilakukan oleh pihak pengelola. Namun umumnya, jam buka museum ini sepanjang hari. Museum ini dibuka selama 24 jam sehingga anda bisa mengunjunginya dengan waktu kunjungan yang fleksibel tanpa harus terburu buru.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Museum Kota Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Museum Kota Lhokseumawe

1. Berfoto dengan Latar Bangunan Etnik

Museum Kota Lhokseumawe mempunyai daya tariknya sendiri, salah satunya adalah dari arsitektur bangunan. Bangunan utama museum ini tidak seperti museum lainnya yang merupakan bangunan modern. Museum ini dibangun dengan desain rumah adat Aceh yang sangat eksotis.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang bangunan indah satu ini. Selain mengenal berbagai macam benda sejarah Aceh, anda juga bisa belajar tentang rumah adat asli Aceh. Rumah adat asli Aceh memang tak banyak ditemukan terutama di Kota. Sehingga melihat pemandangan ini bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk anda dan keluarga.

2. Tour Sejarah Aceh

Banyak benda sejarah yang dipajang di dalam musem Lhokseumawe. Tercatat ada sekitar 88 benda sejarah yang bisa anda lihat disana. Tak hanya benda sejarah yang dipajang, anda juga bisa mengikuti alur sejarahnya dengan berbagai keterangan yang disajikan. Salah satunya adalah lukisan yang dipajang.

Sepuluh lukisan yang dipajang musem ini membuat anda bisa menikmati berbagai latar cerita di balik gambarnya. Cerita sejarah selalu menarik untuk diulas dan diceritakan kembali. Cerita sejarah akan memberikan banyak pelajaran hidup untuk manusia yang hidup di jaman ini. Selain museum, anda juga bisa mengunjungi lokasi wisata lainnya.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Lhokseumawe

Objek Wisata Terdekat dari Museum Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Te Basri

1. Wisata Religi di Islamic Center Lhokseumawe

Lokasi wisata religi ini memang sudah cukup terkenal di Lhokseumawe. Lokasinya juga tak jauh dari museum Lhokseumawe yaitu berada di depan musem. Lokasi wisata ini wajib masuk ke dalam list perjalanan anda bila mengunjungi Lhokseumawe. Daya tarik utamanya adalah bangunan masjid yang megah dengan menerapkan konsep Timur Tengah.

Kubah masjid yang terlihat kokoh dan indah membuat banyak pengunjung terpesona dengan bangunan Masjid ini. Selain megah dan indah, lokasi wisata dekat Museum Kota Lhokseumawe ini menyimpan banyak sejarah termasuk kebesaran Kerajaan Samudra Pasai. Masjid ini dibagun pada saat itu bertujuan untuk dijadikan contoh pusat peradaban

2. Wisata Alam Indah di Bukit Goa Jepang

Setelah menikmati liburan penuh edukasi di Museum Lhokseumawe dan di Masjid Peninggalan sejarah, anda juga bisa melanjutkan perjalanan wisata ke lokasi alam yang indah. Lokasi wisata ini bernama Bukit Goa Jepang. Pemandangan alam yang indah dan asri bisa anda lihat diatas bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 100 mdpl.

Namun untuk akses menuju Goa ini bukanlah berada di bukit ini namun ada di area bawah tanah. Walaupun menampilkan pemandangan yang indah, namun cerita dibalik Goa ini cukup memilukan. Bukit dan Goa Jepang ini adalah saksi bisu kekejaman penjajahan Jepang yang dilakukan pada rayat Aceh.

Goa ini dibangun karena hasil kerja paksa. Lokasi Goa ini juga sempat dijadikan tahanan bagi rakyat Aceh yang melawan Jepang. Goa ini memiliki akses pintu masuk sekitar 2×3 meter dengan panjang sekitar 60 meter. Goa ini baru dibuka menjadi lokasi wisata dengan pemandangan indah pada tahun 2015. Harga tiketnya sangat terjangku sekitar Rp 2 ribu.

3. Spot Foto Cantik di Taman Ngieng Jioh

Lokasi wisata yang dekat dengan museum Lhokseumawe selanjutnya adalah Taman Ngieng Jioh. Lokasi wisata ini memiliki banyak spot foto yang estetik. Lokasi wisata ini sudah terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun wisatawan luar kota. Lokasi wisata ini terletak di atas bukit sehingga pemandangan asri akan menjadi suguhan utama.

Walaupun lokasi wisata dekat Museum Kota Lhokseumawe ini terlihat sederhana, namun pemandangannya luar biasa. Pada bagian tengah taman terdapat tugu, kemudian ada juga deretan bangku taman cantik yang di posisikan menghadap laut lepas. Harga tiket ke lokasi wisata inipun juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 2 ribu per orangnya.

4. Wisata Alam Asri di Air Terjun Blang Kolam

Lokasi wisata alam satu ini terletak di daerah Sido Muliyo Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara. Air terjun ini sangat menarik udan wajib masuk ke dalam list perjalanan anda. Walaupun pemandangan yang disuguhkan sangat eksotis, namun lokasi wisata ini belum banyak dikenal dan masih tergolong sepi pengunjung.

Lokasi wisata eksotis alam yang masih tidak banyak orang tau ini mempunyai akses jalan yang tidak terlalu baik. Sehingga bila anda berkunjung kesana, anda memerlukan perjuangan lebih agar sampai ke lokasi wisata. Harga tiket masuk ke Air Terjun Blang Kolam cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5 ribu per orangnya.

5. Suasana Malam di Waduk Pusong

Waduk Pusong memang tidak berukuran besar, namun pemandangan alam yang disuguhkan sangat mempersona. Waduk ini lebih amai dikunjungi bila menginjak malam hari. Selain pemandangan alam yang cantik di siang hari, anda juga bisa menikmati waduk dengan hiasan lampu gantung yang berkelap kelip sehingga kesan romantis akan sangat terasa.

Lokasi wisata satu ini juga tak jauh dari Museum Kota Lhokseumawe yaitu terletak di Jalan Waduk Pusong Kecamatan Banda Sakti di Kota Lhokseumawe Aceh. Anda bisa menemukan lokasi wisata ini berada tak jauh dari Islamic Center. Sehingga para pengunjung dari Islamic Center biasanya akan langsung menuju ke lokasi wisata alam satu ini.

Berkunjung ke lokasi wisata alam memang menarik, namun tak ada salahnya bila anda sekeluarga menyempatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata edukasi seperti museum. Dengan mengetahui cerita sejarah akan memberi banyak pelajaran dan kisah teladan untuk anak anak. Tunggu apalagi, segera masukkan berkunjung ke museum ke dalam list perjalanan anda.