Museum Menara Gentala Arasy – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Museum Menara Gentala Arasy – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Arab Melayu, Kec. Pelayangan, Kota Jambi, Jambi.

Mengunjungi museum bisa juga menjadi salah satu alternatif liburan yang menarik dan edukatif bersama keluarga dan teman dekat. Banyak museum dengan konsep menarik yang bisa dikunjungi di Indonesia. Salah satunya adalah Museum Menara Gentala Arasy yang berada di Kota Jambi yang terkenal.

Dalam museum ini terdapat menara jam yang menjulang cantik. Selain itu juga banyak koleksi sejarah lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Museum dengan konsep kekinian ini dijamin akan membuat liburan anda tambah seru. Masukkan museum terkenal satu ini ke dalam list perjalanan anda. Namun sebelum itu, yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Sejarah Singkat Museum Menara Gentala Arasy

Sejarah Museum Menara Gentala Arasy
Image Credit: Twitter @marleyhddd

Nama museum Gentala Arasy ini diambil dari kata genta yang berarti suara, tala yang berarti keselarasan, dan arasy yang mempunyai arti menggema ke langit. Sehingga makna nama Gentala Arasy adalah bunyi selaras dan menggema ke langit. Bunyi tersebut dipercaya berasal dari lonceng menara yang menandakan waktu Shalat bagi umat muslim.

Namun nama ini juga dipercaya sebagai akronim dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti. Genah adalah bahasa Melayu Jambi yang berarti tempat. Sedangkan Abdurrahman Sayoeti adalah nama salah satu gubernur Jambi yang menjabat pada tahun 1989-1999. Sehingga museum ini akan menggambarkan perkembangan Islam di Provinsi Jambi.

Museum ini resmi dibuka pada tanggal 3 September 2014. Acara peresmian tersebut dilakukan oleh Menteri Agama Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin. Museum yang melambangkan tentang perkembangan Islam di Jambi ini mempunyai beragam koleksi benda bersejarah yang menarik dan penuh dengan latar belakang cerita menarik.

BACA JUGA:  Kelenteng Hok Tek - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Koleksi Museum Menara Gentala Arasy

Koleksi Museum Menara Gentala Arasy
Image Credit: Twitter @marleyhddd

1. Peninggalan Sejarah Islam di Jambi

Koleksi museum ini cukup banyak dan mengandung cerita sejarah tentang perkembangan Islam di Jambi. Beberapa peninggalan tersebut antara lain adalah foto para ulama, peninggalan kebudayaan Islam, arsitektur Islam, naskah pendidikan Islam, hingga naskah sejarah tentang Museum Menara Gentala Arasy.

Tak hanya itu, namun disini juga anda bisa menyaksikan berbagai koleksi museum berupa buku-buku suci yang berumur sangat tua, kain kafan, mangkuk,selendang, dan banyak uang logam kuno. Ada juga jubah peninggalan Sri Sultan Mangkubumi yang masih terawat dengan baik dan dipamerkan di Museum ini.

Berbagai macam koleksi benda peninggalan sejarah di Museum Menara Gentala Arasy ini akan dipamerkan di sebuah ruangan dengan desain unik yang melingkar. Selain banyak koleksi benda bersejarah Islam, dalam museum ini juga terdapat berbagai macam koleksi tentang program rencana pembangunan Kota Jambi dan peralatan yang digunakan.

2. Menara Jam

Selain museum, namun ada juga menara jam yang dibangun setinggi 80 meter di sekitar museum. Tak hanya menara, namun didalamnya juga terdapat museum kebudayaan Jambi. Museum tersebut akan memamerkan banyak koleksi artefak sejarah Jambi yang jumlahnya hingga 100 buah.

Tak hanya itu, namun di dalam menara juga terdapat bioskop mini yang mempunyai berbagai macam tayangan budaya tentang bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. BIla dilihat dari jenis arsitektur bangunan, Menara Gentala Arasy dibangun kuat dengan karakter budaya perpaduan antara Melayu dan Islam atau Arab.

3. Jembatan Gentala Arasy

Hal lainnya yang akan menarik untuk dikunjungi adalah adanya Jembatan Pedestrian atau Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini merupakan penghubung menuju ke Menara ikonik ini. Jembatan ini dibangun melintang di atas Sungai Batanghari sehingga akan memudahkan pengunjung untuk sampai ke museum.

Jembatan di Museum Menara Gentala Arasy ini juga menghubungkan Tepian Tanggo Rajo ke arah Jambi Kota Seberang. Keunikan dari jembatan ini merupakan pedestrian pertama dengan desain kontur meliuk seperti huruf S. Jembatan penghubung ini mempunyai panjang hingga 503 meter dan lebar sekitar 4,5 meter.

BACA JUGA:  Museum Gereja Batak Karo - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Museum Menara Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps Supri Yatno

Museum yang terkenal di Kota Jambi ini tepatnya terletak di Jembatan Pedestrian Sungai Batang Hari daerah Desa Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan Kota Jambi, Provinsi Jambi. Lokasi museum ini berada di tepian Sungai Batanghari sehingga anda akan lebih mudah menemukan lokasi ini dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Berkunjung ke museum memang menyenangkan dan juga sebagai liburan yang edukatif untuk anak anak. Selain itu, mengunjungi museum juga tak akan membuat anggaran liburan anda dan keluarga terkuras. Biaya untuk tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau. Tiket per orangnya hanya sekitar Rp 3 ribu saja.

Jam berkunjung yang ditetapkan oleh pihak pengelola adalah pada pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari buka museum adalah pada hari senin hingga minggu, yang mana museum ini akan buka setiap hari. Sehingga anda bisa dengan mudah mengatur jam kunjungan sesuai dengan jadwal liburan anda dan keluarga.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Museum Menara Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps Eva Mery

1. Mengagumi Keindahan Arsitektur Bangunan

Salah satu daya tarik Museum Menara Gentala Arasy yang terletak di Kota Jambi ini adalah keindahan arsitektur bangunannya. Bangunan museum ini memang tidak terlalu besar dengan bentuk yang dibangun seperti lingkaran. Ruangan yang indah ini digunakan sebagai lokasi pemeran banyak koleksi museum yang terawat dengan rapi.

2. Melihat Banyak Koleksi Benda Sejarah yang Terkait dengan Islam

Hal lainnya yang bisa anda lakukan di museum ini adalah dengan mengamati banyak benda peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Islam. Beberapa koleksi tersebut antara lain seperti bedug dan Al-Quran yang mempunyai ukuran sangat besar. Kedua peninggalan ini adalah tanda bahwa Kota Jambi mengambil peran penting dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia.

3. Berfoto Disekitar Menara Gentala Arasy

Tak hanya mengamati benda bersejarah, namun anda juga bisa mengambil foto disekitar museum dengan latar bangunan yang estetik. Jangan lupakan Menara Gentala Arasy yang dibangun dekat dengan museum. Menara yang mempunyai tinggi 80 meter ini akan menjadi latar foto yang esetetik dan menghiasi halaman sosial media anda.

BACA JUGA:  Prasasti Karang Berahi - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Menara satu ini cukup menarik karena dibangun dengan desain yang kental dengan budaya arab. Menara ini dibangun pada tahun 2011 dan selesai pada tahun 2014. Pembangunan menara ini dilakukan langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi. Sehingga monumen ini juga menjadi daya tarik wisatawan bila berkunjung ke museum menarik ini.

Fasilitas di Museum Menara Gentala Arasy

Fasilitas Museum Menara Gentala Arasy
Image Credit: Google Maps Radja Azwardinata

Pengelolaan museum ini langsung dilakukan oleh pemerintah Provinsi setempat. Sehingga fasilitas umum dan koleksi dalam museum akan terjaga dan terawat dengan baik. Sehingga untuk wisatawan yang ingin berkunjung tak perlu khawatir karena akan ditunjang dengan fasilitas umum yang memadai.

Itulah berapa pembahasan singkat tentang objek wisata sejarah Museum Menara Gentala Arasy di Kota Jambi yang terkenal. Museum sebagai lokasi penyimpanan berbagai peninggalan sejarah ini memang harus terus dilestarikan. Hal ini agar para generasi muda di Indonesia tetap mengingat dan mengetahui kisah perjuangan pahlawan terdahulu dan mengenang jasa-jasanya.