Museum Negeri Bengkulu – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Museum Negeri Bengkulu – Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pembangunan No. 08, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Salah satu kegiatan wisata yang bisa menambah pengetahuan Anda dalam bidang sejarah yaitu berkunjung ke museum. Di Negara Indonesia sendiri terdapat banyak museum yang bisa Anda kunjungi. Tiap museum tersebut menawarkan sesuatu yang pastinya tidak akan Anda peroleh ketika berkunjung ke tempat wisata lainnya.

Salah satu museum yang cukup populer di Bengkulu yaitu Museum Negeri Bengkulu. Namun masyarakat sekitar lebih akrab menyebutnya sebagai Museum Bengkulu saja. Museum ini terletak di kawasan Singaran Pati dan memiliki gedung dengan gaya klasik serta tradisional. Jika Anda berangkat dari Benteng Marlborough, maka Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 6 kilometer.

Museum tersebut memang banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi Anda yang penasaran, maka berikut ini akan diberikan ulasan lengkap mengenai apa saja koleksi, harga tiket, lokasi dan lain sebagainya terkait Museum Bengkulu yang perlu untuk diketahui.

Sejarah Museum Negeri Bengkulu

Sejarah Museum Negeri Bengkulu
Image Credit: Google Maps Rudi Chandra Sambas

Museum yang terletak di provinsi Bengkulu ini didirikan pada tahun 1978. Museum tersebut adalah gedung yang memang dikhususkan untuk memamerkan sekaligus juga menyimpan ragam koleksi benda-benda bersejarah yang berhasil ditemukan di kawasan Bengkulu. Ada banyak sekali ragam koleksi yang bisa ditemukan di museum yang memiliki luas mencapai 9.975 m² ini.

Koleksi yang bisa ditemukan tersebut mencakup arkeologi, keramologika, etnografika, filologika serta heraldika yang mana jika Anda menjumlah semuanya total akan mencapai 3.666 buah koleksi. Bagi Anda yang merupakan penikmat wisata sejarah, maka mengunjungi Museum Bengkulu tersebut tentu menjadi sebuah aktivitas yang sangat menarik.

Terutama bagi Anda yang memang kebetulan berada di area ibu kota provinsi, maka perlu berkunjung ke Museum yang satu ini. Sebab di sanalah semua sejarah dan cerita Bengkulu dirangkum dari masa ke masa. Ada banyak sekali daya tarik yang bisa ditemukan, sehingga akan membuat Anda merasa betah untuk menyusuri seluruh area museum.

Inisiasi untuk pembangunan Museum Negeri sendiri telah dicetuskan sejak tahun 1978. Tiga tahun selanjutnya, persis di tahun 1980 barulah museum tersebut mulai diresmikan. Peresmiannya sendiri dilakukan oleh dinas kebudayaan. Dan akhirnya pada tanggal 3 Mei, museum tersebut resmi dibuka untuk umum.

Pada awalnya Museum Bengkulu menempati area dari Benteng Marlborough. Akan tetapi seiring waktu, museum mengalami relokasi. Hal itu dimaksudkan agar fasilitas serta kapasitas ruangan yang dimiliki jadi lebih memadai.

Koleksi Museum Negeri Bengkulu

Koleksi Museum Negeri Bengkulu
Image Credit: Google Maps Ruly Fauzi

1. Benda serta Naskah Kuno

Salah satu koleksi yang bisa ditemukan di Museum Negeri yaitu naskah kuno. Naskah kuno inilah yang banyak Anda temukan di Museum tersebut nantinya. Terdapat sekitar 126 buah koleksi. Dari beberapa naskah kuno terdapat teks yang masih belum bisa dialih bahasakan ke bahasa Indonesia.

Terdapat juga benda-benda bersejarah zaman dahulu yang dipamerkan di Museum tersebut. Salah satunya yaitu mesin cetak uang golden di zaman kolonial. Pemerintah Indonesia sendiri sempat memakai mesin tersebut untuk digunakan dalam mencetak uang republik Indonesia di zaman dahulu, tepatnya setelah masa kemerdekaan.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan beragam kain-kain tradisional, maka di museum yang terdiri atas 2 ruangan ini juga terdapat beberapa kain tenun lokal. Kain tenun lokal itu seperti contohnya kain besurek yang cukup populer bagi warga Bengkulu. Sehingga disini seringkali dipilih oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh saat mereka pulang dari Bengkulu.

2. Koleksi Budaya

Koleksi selanjutnya yaitu koleksi budaya Bengkulu. Di Museum tersebut nantinya Anda akan menemukan segala benda-benda budaya yang mana mendeskripsikan tiap kabupaten yang ada di Bengkulu. Anda bisa menemukan pakaian tradisional, rumah adat, senjata tempo dulu, perhiasan adat, pakaian pengantin baik itu untuk wanita dan pria, serta segala pernak-pernik yang menyertainya.

Semua koleksi yang dipamerkan tersebut tentunya dapat menambah pengetahuan Anda. Sehingga dengan begitu nantinya Anda tidak perlu lagi berkunjung ke seluruh wilayah jika ingin mengetahui dan mempelajari lebih dekat mengenai Bengkulu. Karena memang semuanya telah terangkum di Museum Negeri Bengkulu tersebut.

Koleksi Dimiliki Museum Negeri Bengkulu
Image Credit: Google Maps natio jiwa ksatria

3. Koleksi dari Berbagai Daerah

Jika berbicara mengenai koleksi museum yang berasal dari Bengkulu, maka disini Anda tidak boleh mengabaikan etnografi yang banyak terdapat di sana. Anda bisa menemukan banyak sekali benda budaya yang terpajang dengan rapi di etalase Museum Bengkulu tersebut.

Benda budaya yang dipajang di museum yang satu ini diambil dari banyak kabupaten serta kota yang terdapat di kawasan Bengkulu. Seperti contohnya di daerah kabupaten Kaur, Kabupaten Lebong dan Rejang Lebong. Namun bukan berarti bahwa koleksi dari 3 daerah itu saja yang bisa Anda temukan.

Melainkan juga banyak daerah-daerah lain yang benda-benda bersejarahnya di pamerkan di dalam Museum ini. Koleksi yang terkait dengan arkeologi, teknologi, numismatika serta biologi juga bisa Anda temukan dalam gedung museum.

Sebagian besar koleksi tersebut didatangkan dari area luar Bengkulu. Sehingga dengan begitu para pengunjung bisa menengok berbagai macam peninggalan purbakala. Seperti contohnya keramik, batuan dan mineral serta lukisan.

Harga Tiket dan Lokasi Museum

Tiket Museum Negeri Bengkulu
Image Credit: Google Maps NAHL’S

Untuk biaya tiket bagi para pengunjung dewasa sendiri yaitu sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk pengunjung anak-anak yaitu sebesar Rp 3.000 saja.

Anda yang ingin datang berkunjung ke Museum Negeri Bengkulu sebaiknya datang ketika pukul 8 pagi. Karena memang pada saat itulah museum baru dibuka. Sedangkan untuk jam tutupnya sendiri, museum tersebut ditutup pada pukul 3 sore. Untuk hari Sabtu dan Minggu museum tersebut tutup, sedangkan dibuka pada hari Senin hingga Jumat.

Museum Bengkulu ini berada di Jalan Pembangunan, Kecamatan Gading Cempaka, Provinsi Bengkulu. Untuk menemukan area dari museum tersebut, Anda bisa mengandalkan Google Maps. Dengan menggunakan fitur dari Google ini tentu akan lebih mudah ketika Anda harus menuju ke museum.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Museum Negeri Bengkulu
Image Credit: Google Maps Adriansyah Putera

1. Arsitektur yang Indah

Saat pertama kali Anda memasuki area museum di bagian depan, nantinya Anda bisa melewati dua buah gerbang yang mana di sini memiliki bentuk sangat unik dan juga menarik. Gerbang tersebut diadaptasi dari seni pahat Bengkulu yang sangat indah. Setelah melewati gerbang nantinya Anda akan melintasi beberapa tangga.

Secara arsitektur sendiri, gedung dari museum ini menggunakan konsep rumah adat. Tapi meskipun begitu, gedung museum juga diberi sedikit sentuhan modern. Jika Anda memandangnya dari arah luar, maka Anda bisa melihat struktur megah dengan warna putih yang tampak mencolok.

2. Menjelajah Museum

Aktivitas berikutnya yang juga tak kalah menarik untuk Anda lakukan di sana yaitu menjelajahi seisi museum. Museum Negeri memang menawarkan banyak sekali koleksi benda bersejarah yang bisa Anda saksikan ketika berada di sana.

Karena itulah, jangan melewatkan kesempatan untuk bisa menjelajahi seluruh area yang ada di tempat tersebut. Benda-benda unik dan bersejarah bisa Anda lihat dengan jelas ketika berada di sana. Benda-benda tersebut tentunya memiliki nilai sejarah masa lalu yang menarik untuk diikuti.

Aktivitas Seru Museum Negeri Bengkulu
Image Credit: Google Maps Arry Adiatma

3. Berburu Foto

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa gedung museum memiliki arsitektur yang indah. Dengan begitu tentunya Anda bisa menjadikan gedung ini sebagai latar belakang untuk Anda berfoto. Selain itu juga terdapat banyak sekali koleksi-koleksi menarik yang bisa Anda jadikan sebagai background.

Karena itu, saat berencana untuk berkunjung ke museum pastikan ponsel Anda telah terisi penuh. Sehingga dengan begitu aktivitas mengabadikan momen dan berburu foto tidak akan terganggu.

4. Bersantai

Setelah Anda melakukan semua aktivitas tersebut dan merasa sedikit lelah, maka selanjutnya Anda pun bisa sekedar bersantai di museum. Di sana telah disediakan tempat untuk Anda bisa bersantai bersama dengan keluarga. Selain itu juga museum telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas lengkap. Sehingga Anda sebagai wisatawan akan merasa sangat terfasilitasi ketika berada di sana.

Objek Wisata Dekat Museum Negeri Bengkulu

Pantai Padang Betuah
Image Credit: Google Maps fitri yuliama

1. Air Terjun Suban

Tempat wisata terdekat pertama dengan wilayah Museum Negeri yaitu Air terjun Suban. Air terjun ini menawarkan panorama 2 buah air terjun dengan airnya yang begitu segar dan juga jernih. Anda juga akan disuguhkan pemandangan berupa pepohonan tropis yang semakin menambah sejuk udara sekitar. Bagi Anda yang ingin merelaksasikan pikiran, maka sangat cocok untuk berada di tempat ini.

2. Pantai Padang Betuah

Tempat wisata berikutnya yaitu Pantai Padang Betuah. Pantai ini memiliki keindahan alam yang begitu alami dan menawan. Berkunjung ke tempat ini selain Anda bisa menyaksikan pantai, Anda pun juga dapat melihat danau yang begitu eksotis. Aktivitas menarik yang ditawarkan Pantai Padang Betuah yaitu memancing ikan. Tempat ini dikenal dengan julukannya yaitu surga ikan.

3. Suban Air Panas Curup

Untuk rekomendasi tempat wisata terdekat dengan museum selanjutnya yaitu Suban Air Panas Curup. Berlibur ke tempat ini tentunya akan menawarkan pengalaman seru bagi Anda. Ketinggian dari air terjun itu sendiri mencapai 90 meter. Dan air yang mengalir dari air terjun tersebut terkenal sangatlah dingin.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Museum Negeri Bengkulu. Dengan mengetahui sejarah, koleksi, lokasi dan juga harga tiket, tentunya akan memudahkan Anda ketika berencana untuk mengunjungi museum yang sangat menarik dan terbesar yang ada di provinsi Bengkulu ini.