Museum Si Pahit Lidah – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Museum Si Pahit Lidah – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Bindu, Kec. Semidang Aji, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Mengunjungi museum bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang seru bersama keluarga. Selain menyenangkan, anda juga bisa membawa pelajaran berharga tentang sejarah kepada anak anak. Salah satu museum yang bertema arkeologi pertama di Sumatera Selatan, yaitu Museum Si Pahit Lidah ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata.

Museum yang menyimpan banyak peninggalan arkeologi dan artefak ini mempunyai banyak cerita yang melatarbelakanginya. Sehingga berkunjung ke museum yang unik di Sumatera Selatan ini akan membuat liburan anda dan keluarga lebih berkesan. Sebelum berkunjung, yuk simak terlebih dahulu beberapa informasi berikut.

Sejarah Museum Si Pahit Lidah

Sejarah Museum Si Pahit Lidah
Image Credit: Twitter Pesona Sriwijaya

Nama museum yang berada di Sumatera Selatan ini memang cukup unik yaitu Si Pahit Lidah. Museum yang terkenal di beberapa daerah seperti Sumatera Selatan, Begkulu dan Lampung ini mempunyai cerita tersendiri penggunaan namanya. Nama yang dipilih ini berhubungan dengan cerita legenda masyarakat setempat.

Terdapatlah tokoh sejarah yang bernama Serunting Sakti yang mengasingkan diri kemudian mendapatkan kesaktian yang luar biasa. kesaktiannya ini memiliki dampak positif namun juga ada dampak negatifnya. Dampak positifnya adalah membantu memiliki keturunan untuk pasangan suami istri yang berasal dari helai rambut, atau membuat hutan menjadi lebat.

Namun dampak negatifnya adalah dari perkataannya yang bila sudah bersumpah pada orang, hewan atau benda kemudian akan berubah menjadi batu. Hal ini membuat banyak orang kemudian menjulukinya sebagai Si Pahit Lidah. Nama tokoh terkenal dalam legenda masyarakat ini kemudian dijadikan nama Museum Si Pahit Lidah.

BACA JUGA:  Museum Sultan Mahmud Badaruddin II - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Koleksi Museum Si Pahit Lidah

Koleksi di Museum Si Pahit Lidah
Image Credit: Google Maps Deden DeVa

Museum Purbakala Si Pahit Lidah ini mempunyai banyak koleksi menarik yang dipamerkan. Salah satunya adalah terdapat empat jenis kerangka dan batu-batuan yang merupakan temuan arkeolog berasal dari Gua Harimau. Selain itu terdapat juga penemuan yang menjelaskan tentang sejarah ditemukan manusia goa yang menarik.

Koleksi arkeologi atau artefak di museum ini didapatkan dari hasil penggalian yang dilakukan di sekitar Gua Putri dan Gua Harimau. Selain itu koleksi yang dipamerkan di museum arkeologi ini juga banyak berasal dari hibah koleksi masyarakat setempat yang berkaitan dengan sejarah Sumatera Selatan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Si Pahit Lidah
Image Credit: Facebook Jhey Anak Umak

Lokasi Museum arkeologi Si Pahit Lidah ini tepatnya terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Lokasi menuju museum ini cukup mudah untuk dijangkau. Sehingga bagi wisatawan asing atau dari luar kota tidak akan kesulitan bila ingin mengunjungi museum satu ini.

Terdapat 3 rute yang bisa anda gunakan. Rute yang pertama adalah dari Bandar Udara Gatot Subroto. Jarak antara bandar udara ini dengan lokasi museum adalah sekitar 82,8 km. Rute kedua bisa ditempuh dari Stasiun Baturaja dengan jarak tempuh sekitar 36,1 km. Rute ketiga dari Terminal Baturaja dengan jarak tempuh sekitar 31,9 kilometer.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Museum Si Pahit Lidah
Image Credit: Google Maps Initial_de 85 

Liburan dengan tema sejarah bisa dikemas dengan cara yang menyenangkan. Belajar tidak harus selalau di bangku sekolah saja namun juga bisa dengan berwisata. Museum arkeologi Si Pahit Lidah ini bisa menjadi salah satu alternatif lokasi wisata yang menarik di tengah kota. Lokasinya yang mudah dijangkau ini akan menjadi kemudahan untuk wisatawan.

Harga tiket masuk yang dikenakan untuk masuk ke lokasi wisata ini juga sangat terjangkau. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, anda bisa membayar hanya dengan tarif tiket sekitar Rp 3 rubu saja untuk per orangnya. Namun harga toket tersebut masih relatif dan bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

BACA JUGA:  Museum Balaputra Dewa - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Anda dan keluarga bisa mengunjungi lokasi museum satu ini dengan hari yang bebas. Hal ini karena museum ini akan buka setiap hari baik weekday maupun weekend. Jam bukanya adalah pada 08.00 dan tutup pada jam 15.00 WIB. Sehingga anda bisa menyesuaikan jadwal anda dengan keluarga untuk menyempatkan berkunjung ke museum arkeologi ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Si Pahit Lidah
Image Credit: Museum.co.id

1. Mengenal Artefak Peninggalan Budaya Masyarakat

Berbagai koleksi arkeologi dan artefak yang dipamerkan di Museum Si Pahit Lidah ini berasal dari hasil penggalian dan juga dari hibah masyarakat sekitar. Sehingga berbagai macam koleksi peninggalan sejarah budaya asli masyarakat Ogan Komering Ulu dan Sumatera Selatan bisa anda saksikan disini.

Berbagai koleksi peninggalan sejarah disini dalam kondisi terawat karena dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat. Sehingga lokasi museum ini juga sering dijadikan lokasi studi mahasiswa dan juga siswa sekolah lainnya untuk kebutuhan study tour. Namun museum ini juga dibuka untuk wisatawan umum.

2. Wisata Alam di Sekitar Ogan Komering Ulu

Selain berkunjung ke museum yang unik dengan peninggalan sejarahnya, anda bisa jga melanjutkan perjalanan kelilih Kabupaten Ogan Komering Ulu yang juga punya banyak lokasi wisata seru. Terdapat banyak pilihan wisata alam yang dijamin akan membuat suasana liburan anda semakin menyenangkan.

Beberapa lokasi wisata alam tersebut adalah seperti Air Terjun Villa MAsin, Bendungan Perjaya, Bukit Batu, dan Sungai Komering. Lokasi wisata tersebut masih terletak tak jauh dari Museum arkeologi Si Pahit Lidah. Sehingga anda bisa mengunjunginya dengan waktu perjalanan yang singkat dan akses jalan yang sudah baik.

3. Mencoba Pilihan Wisata Kuliner Khas

Tak hanya mengunjungi banyak lokasi wisata saja, namun bila berkunjung ke Kabupaten Ogan Komering Ulu tak lengkap rasanya bila tidak mencoba berbagai pilihan wisata kulinernya. Beberapa kuliner khas yang wajib anda coba adalah seperti Perkedel Bayam Kukus, Sambal Ranggam, Pepes Tempoyak, hingga sajian minuman khas Kopi Durian.

Tak hanya itu, sebelum pulang dari Museum Si Pahit Lidah, anda juga bisa membawa oleh oleh khas Sumatra Selatan yang bisa anda temui di berbagai tempat. Beberapa camilan khas yang bisa anda bawa pulang adalah seperti Keripik Mumbai Ciko dan Keripik Pare yang merupakan Kuliner dan Makanan Khas Baturaja.

BACA JUGA:  6 Tempat Bersejarah di Palembang yang Menarik Dikunjungi

Fasilitas yang Tersedia di Tempat Wisata

Fasilitas di Museum Si Pahit Lidah
Image Credit: Facebook Si Kancil mencuri ketimun

Museum yang terkenal di Sumatera Selatan ini sudah dikelola dengan baik. Kepemilikan museum satu ini dibawah pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, sehingga artefak dan barang peninggalan sejarah di dalamnya dijaga dan dirawat dengan baik. Untuk pegelolaannya akan diserahkan ke Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum arkeologi Si Pahit Lidah.

Dengan pengelolaan yang baik, maka fasilitas yang disediakan untuk wisatawan juga cukup lengkap. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk berkujung ke Museum Si Pahit Lidah ini dengan membawa serta keluarga. Fasilitas dasar seperti lokasi parkir dan fasilitas umum lainnya sudah tersedia dengan perawatan yang tepat.

Itulah beberapa informasi penting tentang museum arkeologi di Sumatera Selatan ini. Museum yang menyimpan banyak benda peninggalan sejarah ini wajib masuk dalam list perjalanan wisata anda dan keluarga. Berlibur tak hanya menyenangkan namun juga syarat akan nilai pendidikan sejarah. Yuk, kunjungi museum dan lestarikan kembali sejarah budaya Indonesia.