Museum Budaya Sultan Badaruddin – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Museum Budaya Sultan Badaruddin – Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Sumatra adalah salah satu pulau besar di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan. Tak hanya alamnya namun juga budayanya. Palembang contohnya, menyimpan daya tariknya sendiri dengan budaya masyarakatnya hingga kini. Palembang punya museum yang menyimpan banyak artefak budaya, yaitu Museum Budaya Sultan Badaruddin.

Museum ini banyak menyimpan koleksi sejarah dari jaman Kesultanan Palembang. Museum peninggalan abad ke 19 ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Sehingga anda bisa menjadikan museum ini sebagai salah satu destinasi wisata sejarah yang seru bila berkunjung ke Palembang bersama keluarga. Yuk simak informasinya disini.

Sejarah Museum Budaya Sultan Badaruddin

Sejarah Museum Budaya Sultan Badaruddin
Image Credit: Instagram byronic21

Bangunan yang saat ini berdiri sebagai museum ini dulunya adalah istana milik Sultan Muhammad Badaruddin I yang hidup tahun 1724 hingga 1758. Namun, bentuk asli istana ini hancur karena Kolonial Belanda yang melakukan upaya penghancuran kesultanan saat itu. Penyerangan ini dilakukan pada tahun 1823.

Bangunan istana yang sudah luluh lantak ini kemudian dibangun kembali dengan gaya Eropa dan dikenal dengan nama Gedung Siput. Pada tahun 1825, bangunan ini berfungsi sebagai kantor pemerintah Kolonial Belanda. Hingga pada tahun 1920, bangunan berganti fungsi menjadi pusat pemerintahan.

Saat masa penjajahan Jepang, bangunan ini kemudian menjadi markas pusat militer. Hingga saat Indonesia merdeka, Kodam II Sriwijaya resmi menggunakan bangunan ini sebagai Markas Besar TNI. Sampai pada tahun 1984, bangunan ini kemudian akhirnya kembali ke tangan Pemkot Palembang dan menjadi Museum Budaya Sultan Badaruddin.

Koleksi Museum Budaya Sultan Badaruddin

Koleksi Museum Budaya Sultan Badaruddin
Image Credit: Google Maps Muhamad Rizqi Darojat

1. Prasasti Talang Tuo

Museum ini memiliki total seluruh koleksi sebanyak 566 buah. Kumpulan koleksi tersebut adalah simbol sejarah Palembang dari masa terdahulu hingga saat ini. Salah satu koleksi yang terkenal dari museum ini adalah Prasasti Talang Tuo. Prasasti ini adalah peninggalan Kesultanan Palembang. Namun yang dipamerkan di museum adalah replikanya saja.

BACA JUGA:  Museum Negeri Gayo - Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas

2. Tekstil

Peninggalan sejarah lainnya yang bisa anda amati di museum ini adalah kerajinan tangan, kain dan tekstil khas dari Kesultanan Palembang. Baju atau pakaian adat khas Pelembang yang dipamerkan di dalam museum ini adalah salah satu objek yang paling digemari oleh pengunjung. Hal ini karena keunikannya dan bahan yang digunakan pada jaman itu.

3. Logam

Koleksi Dimiliki di Museum Budaya Sultan Badaruddin
Image Credit: Google Maps Mazbowo

Koleksi lainnya dari museum yang terkenal di Pelembang ini adalah kerajinan logamnya. Beberapa diantaranya adalah seperti uang logam., kerajinan besi dan banyak koleksi kerajinan logan lainnya yang bisa anda amati. Koleksi peninggalan sejarah ini juga berasal dari Kesultanan Palembang dan ada juga beberapa dari kerajaan luar Palembang.

4. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Koleksi peninggalan benda bersejarah tak hanya ada dan dipamerkan di dalam museum. Namun juga bisa anda amati di luar museum. Beberapa benda bersejarah tersebut adalah seperti koleksi patung Ganesha dan patung Budha yang ditemukan pertama kali di Bukit Siguntang. Artefak ini kemudian terawat degan baik di Museum Budaya Sultan Badaruddin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Sultan Badaruddin
Image Credit: Google Maps Mewarnai Indonesia

Alamat tepat berdirinya museum ini adalah di Jl. Rumah Bari No. 3 Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Bangunan yang bergaya Eropa namun masih ada sentuhan tradisional rumah limas khas Palembang ini terletak tak jauh dari Sungai Musi. Bangunan dua lantai ini juga berlokasi di dekat kawasan Benteng Kuto Besak.

Lokasi museum yang terletak di dekat sentra Kota Palembang ini mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti Kereta LRT atau bus. Bila menggunakan LRT, maka anda tidak berhenti langsung di depan museum tetapi perlu berjalan kaki sebentar untuk tiba di depan museum.

Bila anda memilih untuk menggunakan bus, maka rute perjalanan akan dimulai dari Jalan Ampera hingga ke Pakjo Ampera. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan hingga ke Perumnas Ampera dan akan sampai di museum Sultan Badaruddin. Perjalanan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Museum Sultan Badaruddin
Image Credit: Google Maps Kiki Ardiansya

Tiket masuk Museum Budaya Sultan Badaruddin cukup terjangkau. Sehingga bila anda membawa keluarga berlibur ke museum satu ini tidak akan merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuk untuk wisatawan umum adalah sekitar Rp5 ribu per orang, untuk Turis Asing Rp 20 ribu per orang, Mahasiswa Rp 2 ribu per orang dan untuk Anak-Anak & Pelajar Rp1 ribu per orang.

BACA JUGA:  Museum Gua Harimau - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Namun harga tiket masuk ini juga masih bisa berubah sewaktu waktu tergantung pihak pengelola dan juga selama akhir pekan atau libur nasional. Sedangkan untuk jam operasionalnya cukup beragam. Pada hari senin museum akan buka dari jam 13.00 hingga jam 15.00 WIB. Sedangkan hari selasa hingga jumat buka dari 08.00 hingga 16.00 WIB.

Namun pada saat weekend, jam operasionalnya akan buka lebih awal yaitu pukul 09.00 hingga jam 15.00 WIB. Anda bisa menyesuaikan jam berkunjung ini dengan jadwal anda dan keluarga. Sehingga bisa berkunjung ke museum dalam waktu yang tepat. Siapkan perjalanan anda agar wisata menjadi lebih berkesan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Sultan Badaruddin
Image Credit: Google Maps Evan Dewangga

1. Koleksi Peninggalan Sejarah

Museum Sultan Badaruddin menyimpan banyak peninggalan sejarah yang identik dengan budaya masyarakat Palembang. Benda benda peninggalan sejarah ini dirawat dengan baik oleh pihak pengelola. Sehingga anda bisa menjadikan lokasi museum ini sebagai wisata yang menyenangkan namun masih ada unsur edukasi.

2. Lokasi Foto Estetik

Museum Budaya Sultan Badaruddin tak hanya mempunyai berbagai macam koleksi peninggalan sejarah saja, namun juga ada spot foto yang akan menarik banyak pengunjung. Anda bisa befoto dengan latar wisata museum yang estetik disini. Beberapa sudut pandang tersebut akan membuat foto anda terlihat lebih cantik.

Salah satu spot foto terbaik yang ada di Museum Sultan Badaruddin adalah di bagian halaman depan yang terdapat taman. Selain taman, disana terdapat artefak bekas peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Sehingga latar taman yang cantik dipadu dengan artefak bersejarah ini akan membuat foto anda tampak cantik.

3. Menikmati Wisata Kuliner

Setelah puas berkeliling museum, anda bisa juga meneruskan perjalanan wisata dengan wisata kuliner. Tak perlu pergi terlalu jauh, anda bisa berwisata kuliner ke bagian depan museum yang mampunyai banyak pilihan restoran. Restoran dengan sajian makanan khas Palembang ini akan melengkapi perjalanan wisata anda.

Fasilitas di Museum Budaya Sultan Badaruddin

Fasilitas di Museum Budaya Sultan Badaruddin
Image Credit: Google Maps mamaNad

Museum yang dikelola dengan baik ini mempunyai banyak fasilitas lengkap dan akan membuat pengunjung yang nyaman. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah seperti area parkir yang luas. Tak hanya itu, namun di halaman depan museum juga terdapat taman cantik yang bisa digunakan pengunjung sebagai tempat bersantai.

BACA JUGA:  Museum Koleksi dan Galeri Raz - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Fasilitas umum lainnya yang tersedia adalah seperti toilet umum dan mushola yang nyaman dan bebas tanpa pungutan biaya. Selain itu, bila anda ingin beristirahat sambil makan makanan khas Palembang maka di luar area wisata Museum Budaya Sultan Badaruddin tersedia berbagai macam restoran yang menyajikan berbagai makanan lezat.

Itulah beberapa informasi penting tentang Museum Sultan Badaruddin yang bisa anda ketahui. Sebelum berlibur, anda bisa menyiapkan jadwal perjalanan anda dan berbagai tujuan wisata menarik yang akan dikunjungi. Anda bisa memasukkan museum ini kedalam list perjalanan anda, selamat berlibur.