Nuwo Sesat Olok Gading – Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Nuwo Sesat Olok Gading – Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nuwo Sesat Olok Gading, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Bandar Lampung terkenal dengan berbagai wisata alamnya yang sangat bagus. Tidak hanya itu, salah satu ikon menarik yang banyak menyita perhatian pengunjung adalah dengan adanya wisata Nuwo Sesat Olok Gading, yang yang di dalamnya terdapat salah satu bangunan atau rumah adat khas dari Bandar Lampung.

Bila ditinjau lebih dalam lagi, kawasan wisata diatas jika di lihat dari namanya sudah menunjukkan rumah adat dari Bandar Lampung yang di sebut dengan Nuwo Sesat. Dimana bangunan ini pada zaman dahulu di bangun dengn tujuan untuk di gunakan sebagai tempat pertemuan adat bagi para purwatin untuk melakukan musyawarah.

Daya Tarik Nuwo Sesat Olok Gading

Daya Tarik Nuwo Sesat Olok Gading
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Rumah Panggung yang Berusia 132 Tahun

Jika berkunjung ke salah satu tempat wisata, maka hal yang paling pertama ditanyakan adalah daya tarik. Tidak terkecuali bila mengunjungi kawasan wisata Nuwo Sesat yang ada di Bandar Lampung. Seperti yang diketahui, jika Nuwo Sesat Olok Gading memiliki ikon berupa rumah adat yang berasal dari Bandar Lampung.

Uniknya bangunan yang megah ini sudah memiliki usia yang sangat panjang. Dimana ia sudah berdiri kokoh selama 132 tahun. Meskipun sudah melakukan beberapa kali renovasi, namun struktur bangunan yang satu ini masih mempertahankan keasliannya. Jadi ini menjadi spot daya tarik utama dari banguan yang ada di kawasan wisata Bandar Lampung.

2. Bangunan Berbentuk Panggung

Salah satu daya tarik yang bisa nada nikmati jika berkunjung di kawasan wisata yang keren ini karena memiliki struktur rumah panggung. Mengapa pada zaman dahulu rumah ini berbentuk panggung? Sebab bangunan rumah panggung untuk menghindari berbagai binatang buas yang ada di sekitar daerah Bandar Lampung.

Asal anda tahu, sebenarnya Nuwo Sesat Olok Gading Bandar Lampung ini pada zaman dahulu adalah dataran tinggi dengan suhu yang cenderung dingin. Sehingga di bangunnya konsep rumah Nuwo Sesat dengan gaya arsiterur berbentuk tingkat mampu mengurangi suhu dingin yang ada pada permukaan tanah.

Umumnya rumah yang dibuat dengan bertingkat membutuhkan pondasi yang kokoh serta akan terbuat dari semen. Namun hal itu tidak berlaku dengan rumah khas Bandar Lampung. Dimana banguann ini sangat unik ddimanata lokal hingga internasional, sebab bahan yang digunakan pada bangunan ini terbuat dari kayu yang kokoh. Bahkan untuk menambah artistik, di bagian permukaannya penuh ukiran.

3. Ukiran Khas dari Bandar Lampung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika bahan dasar yang digunakan untuk membuat Nuwo Sesat Olok Gading yang cantik ini adalah kayu yang cocok dengan ukuran yang besar. bahkan bagian permukaan dan luar banguann penuh dengan berbagai ukiran khas dari Bandar lampung. Sehingga tidak jarang jika bangunan ini masih banyak dikunjungi wisatawan, terlebih mahasiswa di bidang arsitek.

Asal anda tahu, ukiran yang ada dalam baangunan ini memiliki ciri khas seperti sulur dan jua berbagai bulatan dari berbagai macam jenis ukuran. Terlebih di bagian dekat atap, anda bakal dibuat terpukau dengan gaya arsitekturnya yang sangat detail dengan berbagai pernak-pernik ukuran yang sangat bagus.

Daya Tarik Dimiliki Nuwo Sesat Olok Gading
Image Credit: Tripadvisor.com

4. Perabotan Kerajaan Pada Zaman Dahulu

Tidak hanya bangunannya yang unik, anda juga bakal di buat terpukau dengan adanya berbagai perabotan yang suda ada sejak zaman kerajaan kuno. Berbagai perabotan yang ada dalam Nuwo Sesat Olok Gading adalah meja, lampu yang bagian casenya penuh dengan ukiran-ukiran yang sangat artistik, dan kursi yang umum ditemukan pada zaman kerajaan zaman dahulu kala.

5. Arsitekturnya yang Unik

Jangan salah bangunan yang satu ini bisa dikatakan memiliki gaya arsitektur yang sangat unik. Dimana bagian dari bangunan ini disebut ijan geladak atau sebuah tangga masuk yang telah dilengkapi dengan atap. Atap pada bangunan ini biasa disebut dengan Rurung Agung. Di dalam bangunan yang unik ini ada anjungan atau serambi yang dipakai untuk pertemuan kecil, dan bagian pusiban.

Uniknya lagi bangunan rumah khas Bandar Lampung ini terdapat ruang tetabuhan yang berguna untuk menyimpan alat musik tradisional dan yang terakhir ada ruang Gajah Merem atau sebuat tempat untuk istirahat bagi para peyimbang. Hal lain yang sangat khas dan perlu di acungi jempol adalah adanya hiasan payung besar di bagian atapnya dari Nuwo Sesat Olok Gading.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Nuwo Sesat Olok Gading
Image Credit: Eloratour.wordpress.com

Bila anda ingin mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, maka bisa langsung datang ke wilayah Bandar Lampung. Tepatnya berada dalam Kampung Negeri Olok Gading, kawasan Teluk Betung. Wisata yang satu ini ramai dipadati pengunjung baik dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

Jika anda datang dari Pulau Jawa, maka bisa mengikuti rute di bawah ini, dimulai dengan pelabuhan Bakauheni menuju ke pusat dari Kota Bandar Lampung. Biasanya untuk menuju lokasi ini bisa ditempuh menggunakan jalur darat, udara atau air. Jika menggunakan bus biasanya jauh lebih murah sekitar 10 hingga 40 ribu. Lanjutkan menuju Ramayana Karang. Lalu menuju ke Nuwo Sesat Olok Gading.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket Nuwo Sesat Olok Gading
Image Credit: Google Maps donny a. dyamandica

Sama dengan berbagai tempat wisata yang lainnya, jika nada berkunjung ke kawasan rumah adat Bandar Lampung ini, maka ia juga memiliki jam operasional yang panjang. Sebab kawasan wisata ini buka 24 jam. Namun biasanya pengunjung bakal mendatangi kawasan ini sekitar pagi hingga sore hari.

Jangan berfikir jika mengunjungi kawasan wisata rumah adat dengan segudang daya tarik ini bakal di budget mahal. Sebab bagi pengunjung yang datang hanya disuruh untuk meminta izin kepada penjaga rumah adat ini, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun. Namun biasanya wisata yang hadir akan memberikan uang tambahan secara sukarela untuk biaya perawatan bangunan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Nuwo Sesat Olok Gading
Image Credit: Popbela.com

1. Menyaksikan Bangunan Rumah Panggung yang Berusia 132 tahun

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda lakukan jika mengunjungi Nuwo Sesat Olok Gading. Salah satu yang bisa anda lakukan bersama keluarga adalah dengan menyaksikan bangunan rumah panggung yang sudah berdiri kokoh sejak 132 tahun lamanya. Mungkin terkesan biasa, namun jangan salah jika sudah masuk area dalamnya, anda bakal dibuat terpukau dengan segala pernak-perniknya.

2. Belajar Terkait Arsitektur Bangunannya yang Khas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bangunan ini memiliki gaya arsitektur yang sangat khas, sehingga sangat cocok digunakan untuk wisatawan arsitek. Sebab mulai dari atap hingga permukaannya dipenuhi dengan hiasan yang unik. Bahkan bangunan ini juga memiliki beberapa ruang yang berbeda dengan rumah adat pada umumnya.

Berbagai ruang yang dimaksud adalah tetabuhan untuk menyimpan alat musik tradisional gajah merem guna istirahat bagi para peyimbang, anjungan atau serambi ruang pertemuan kecil, dan bagian pusiban. Bahkan bagian atap Nuwo Sesat Olok Gading terdapat hiasan payung besar yang melambangkan tingkatan kepenyimbangan pada masyarakat.

3. Belajar Filosofi Rumah Adat Bandar Lampung Nuwo Sesat

Disana nada juga bisa belajar terkait filosofi dari bangunan Nuwo Sesat. Seperti mengapa rumah khas Lampung didirikan dekat sungai serta memiliki deret berjajar sejauh jalur utama yang membelah kampung dan lain sebagainya. Berbagai filosofi seperti harus menaiki tangga depan hingga sebelah samping juga mempunyai nilai historis tersendiri.

Dalam konstruksi rumah ini juga memuat banyak filosofi. Seperti bangunannya yang cenderung besar dengan tujuan untuk menjauhi serbuan hewan liar. Tidak hanya itu, adanya lapisan papan pada rumah adat juga bisa meminimalisir kehancuran dan bisa bertahan jika terjalin gempa. Sebab letak Lampung atau bangunan bersejarah ini berada di pertemuan lempeng Asia dan Australia.

4. Mengambil Gambar

Bagi wisatawan yang datang rasanya tidak afdol jika belum mengabadikan momen dengan mengisi feed instagram dengan berbagi foto keren. sebab di kawasan ini memiliki pemandangan serta spot foto yang sangat keren. Sehingga tidak jarang banyak pengunjung yang datang untuk tujuan edukasi sekaligus mengabadikan momen menarik pada rumah Nuwo Sesat.

Fasilitas yang Tersedia di Nuwo Sesat Olok Gading

Fasilitas Nuwo Sesat Olok Gading
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Area Istirahat

Sama dengan kawasan wisata pada umumnya, jika nada mengunjungi Nuwo Sesat bakal di mudahkan dengan adanya area istirahat yang nyaman dan aman. Tidak hanya satu, anda bakal menjumpai berbagai tempat untuk melepas lelah setelah melakukan perjalanan panjang di kawasan wisata Nuwo Sesat Olok Gading

2. Spot Foto

Anda juga bakal di kejutkan dengan berbagai spot foto yang menarik. Bulai dari latar bangunan rumah adat khas bandar Lampung, hingga rea lainnya. tidak jarang banyak wisatawan juga mengabadikan momen di area dalam rumah sambil melihat peninggalan berbagai peraboran zaman dahulu.

3. Penginapan

Di area wisata yang satu ini, anda juga bisa melepas lelah setelah perjalanan lama menuju lokasi dengan adanya penginapan. Anda hanya cukup jalan beberapa meter, disana bakal disajikan banyak pilihan penginapan dengan harga dan desain yang bervariasi. Penginapan yang ada di sana diantaranya hotel, guest house, hingga apartemen.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas adalah Nuwo Sesat Olok Gading, merupakan destinasi yang dalamnya terdapat rumah adat khas dari Bandar Lampung. Tempat wisata ini memiliki daya tarik berupa rumah panggung berusia 132 tahun, bangunan berbentuk panggung dengan berbagai ukiran khasnya, perabotan kerajaan zaman dahulu, dan gaya arsitektur yang keren.